Cara Kerja di Australia, Ini Syarat yang Harus Kamu Penuhi

Muhammad Farih Fanani

Berpengalaman menulis artikel populer dan SEO di berbagai media online.

Isi Artikel

Australia adalah negara tetangga Indonesia yang mempunyai tingkat kemakmuran jauh di atas kita. Maka tidak heran jika banyak tenaga kerja Indonesia yang rela mencari cara kerja di Australia demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Semakin penasaran bagaimana cara kerja di Australia dan apa saja syarat yang harus disiapkan? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Persiapkan Hal Ini Sebelum Kerja di Australia!

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Kerja di Australia

Sebelum bekerja di Australia, alangkah baiknya kamu mempersiapkan beberapa hal berikut.

1. Menentukan Pekerjaan

Pertama-tama, kamu perlu menggali diri sendiri, mengetahui pekerjaan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Dalam konteks ini, kamu juga harus mempunyai keahlian khusus yang memungkinkan kamu untuk bisa diterima bekerja di luar negeri.

Dilansir dari Livecareer, yang jadi masalah utama para pencari kerja di luar negeri adalah tidak tahu pekerjaan apa yang mereka inginkan. Alhasil mereka kesulitan mendapatkan pekerjaan. Maka dari itu, penting bagi kamu menentukan jenis pekerjaan yang ingin kamu tekuni.

2. Melakukan Riset

Riset adalah hal yang sangat penting dalam semua hal, termasuk mencari kerja di Australia. Di negeri Kanguru, dunia kerja sangatlah kompetitif. Kamu akan sulit mendapatkan pekerjaan jika tidak memiliki kualifikasi khusus.

Maka dari itu, carilah informasi tentang peluang kerja yang belum banyak diminati. Caranya adalah dengan memanfaatkan situs pencari kerja online atau kamu juga bisa langsung berkunjung ke website perusahaan yang kamu inginkan.

3. Mempersiapkan Visa Kerja

Visa kerja juga termasuk syarat bekerja di Australia yang harus kamu siapkan. Cara mendapatkan visa kerja di Australia termasuk susah-susah gampang. Inilah yang menjadi pembeda antara tenaga kerja legal dan ilegal.

Untuk bisa mendapatkan visa kerja kamu akan dihadapkan pada syarat-syarat tertentu. Seperti memiliki keterampilan bahasa Inggris, memiliki tabungan dengan nominal tertentu, dan lain sebagainya. Kabar baiknya, Australia menyediakan visa Working Holiday yang bisa dimanfaatkan oleh turis yang sedang liburan sambil bekerja.

Visa tersebut dibuat khusus untuk orang berusia 18 sampai 30 tahun yang ingin liburan dan bekerja di Australia. Namun, visa ini hanya berlaku selama 12 bulan saja. Jika ingin bekerja lebih lama, kamu bisa mengajukan Second Working Holiday.

Baca Juga: 7 Cara Kerja Luar Negeri Lulusan SMA dan Contoh Pekerjaannya

4. Penyetaraan Kualifikasi Kerja

Sebelum bekerja di Australia, kamu mungkin juga perlu melakukan penyetaraan kualifikasi kerja. Hal ini merupakan kebijakan pemerintah Australia terhadap pekerja yang berasal dari luar negeri.

Ada beberapa pekerjaan yang mendapatkan kemudahan untuk mengajukan visa yaitu pekerjaan di bidang teknisi dan mekanik. Selain kedua pekerjaan tersebut, kamu diwajibkan mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Australia.

Untuk memahami lebih detail tentang penyetaraan kualifikasi dan pengakuan kerja di Australia, kamu bisa mengunjungi website internationaleducation.gov.au dan tradesrecognitionaustralia.gov.au.

5. Membuat Rekening Bank Australia

Memiliki rekening bank di negara tempat kamu akan bekerja adalah syarat mutlak agar bisa bekerja di Australia. Hal ini dilakukan agar memudahkan perusahaan saat memberikan gaji kepada karyawannya.

Terlebih saat ini, hampir semua perusahaan di Australia sudah menggunakan metode transfer untuk menggaji karyawannya. Maka dari itu, sebagai salah satu cara kerja di Australia, kamu perlu membuat rekening bank Australia.

6. Memiliki Tax File Number (TFN)

Salah satu syarat bekerja di Australia adalah kamu perlu memiliki Tax File Number (TFN). TFN adalah nomor pribadi di sistem perpajakan Australia yang dipakai untuk keperluan membayar pajak. Jika kamu tidak punya TFN maka kamu harus membayar pajak hingga 46%.

Cara mendapatkan TFN sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi kantor Australian Taxation Office (ATO) atau kamu juga bisa mendapatkannya secara online melalui situs ato.gov.au.

Baca Juga: 15 Sertifikasi Gratis dan Internasional, Cocok untuk Upgrade Skill!

Cara Mencari Kerja di Australia

Cara Mencari Kerja di Australia

Jika di Indonesia, kamu bisa mencari kerja dengan mudah melalui aplikasi pencarian kerja seperti KitaLulus, mengikuti job fair, atau lewat situs perusahaan langsung.

Lantas bagaimana cara melamar kerja di Australia? Simak penjelasannya berikut.

1. Melalui Platform Online

Platform online adalah salah satu platform terbaik sebagai media cari kerja di Australia, mulai dari lulusan SMA, sarjana, dan lainnya. Beberapa situs pemberi kerja di luar negeri yang bisa kamu coba adalah Indeed, Seek, Career One, Jora, dan sebagainya. 

2. Mendaftar ke Lembaga Rekrutmen

Cara kerja di Australia yang kedua adalah dengan langsung mendaftar ke lembaga yang merekrut tenaga kerja di sana. Mereka kemudian akan menilai apakah kamu layak atau tidak untuk bekerja di luar negeri.

Selain itu, lembaga rekrutmen ini biasanya akan membantu kamu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan spesialisasi kamu.

3. Menghubungi Pemberi Kerja

Terakhir, cara mendapatkan pekerjaan di Australia adalah dengan menghubungi atau menemui langsung pemberi kerja. Salah satu contoh bidang pekerjaan yang banyak dicari di Australia adalah hospitality, seperti hotel, restoran, atau bar.

Baca Juga: Mau Kerja di Singapura? Ini Dia Keuntungan, Cara, Syarat dan Loker yang Paling Dicari

Gaji Kerja di Australia

Tak sedikit orang yang mencari kerja di luar negeri tertarik karena gajinya menggiurkan. Di Australia sendiri, sebenarnya besaran gaji pekerja akan sangat tergantung pada industri dan jabatan yang dilamar.

Namun dilansir dari Talent, gaji rata-rata pekerja full time di Australia per tahun adalah sekitar 74.174 Dollar Australia (AUD) atau setara dengan Rp753,7 juta. Jika dihitung per bulan, maka gaji rata-ratanya sekitar 6.181 AUD atau Rp62,8 juta.

Berikut kisaran rata-rata gaji pekerja di Australia:

  • Karyawan full time: 74.174 AUD (Rp753,7 juta) per tahun atau 38,04 AUD (Rp386 ribu) per jam
  • Posisi entry-level: mulai dari 59.719 AUD (Rp606,8 juta) per tahun
  • Pekerja berpengalaman: gaji hingga 118.759 AUD (Rp1,2 miliar) per tahun

Baca Juga: 10+ Pekerjaan Remote yg Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Itulah penjelasan tentang cara kerja di Australia lulusan SMA maupun kuliah yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan keahlianmu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi KitaLulus.

Di aplikasi KitaLulus, kamu akan menemukan ribuan lowongan pekerjaan yang bisa kamu filter berdasarkan lokasi perusahaan, jenis pekerjaan, jenjang pendidikan, hingga gaji yang diharapkan.

Tunggu apalagi? Yuk unduh aplikasinya sekarang juga dan lamar pekerjaan impianmu dengan lebih mudah!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!