Mudah & Praktis, Ini Dia Cara Membuat CV di Word + Template CV Gratis & ATS Friendly

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu senjata terpenting bagi para pencari kerja. Banyak orang mengira pembuatan CV butuh skill desain tinggi. Padahal, CV sudah bisa dibuat hanya dengan Microsoft Word, lho! Jika tidak ingin membuang waktu untuk desain template CV Word sendiri, kamu bahkan bisa mengunduhnya langsung dari internet, lalu mengeditnya.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat template CV di Word. Tapi, kita tidak akan berhenti disitu saja. Lebih jauh lagi, kita akan membahas komponen-komponen CV, cara membuat CV yang ATS-friendly, dan bagaimana cara menentukan template CV Word terbaik untukmu. Scroll ke bawah untuk info lengkapnya.

Apa Saja yang Harus Dimasukkan dalam CV?

Komponen curriculum vitae yang benar

Sebelum kita membuat template CV Word, pertama-tama kita akan membahas apa saja yang wajib dimasukkan ke dalamnya. Tanpa salah satu dari komponen di bawah ini, CV kamu akan berkurang nilainya di mata HRD. Jadi, pastikan kamu tidak melewatkannya, ya!

1. Biodata Diri

Komponen CV paling pertama yang harus dimasukkan adalah biodata diri secara umum. Dalam bagian ini, kamu bisa memasukkan nama lengkap, alamat, nomor yang bisa dihubungi, dan sosial media yang dipunya. Data-data tersebut wajib kamu sebutkan untuk memudahkan HRD perusahaan menghubungimu.

Meski demikian, ada beberapa data diri yang boleh tidak kamu sebutkan jika tidak diminta, misalnya nomor KTP, usia saat ini, jenis kelamin, foto diri, dan status pernikahan. Tujuannya adalah untuk menjaga objektivitas HRD saat melihat CV-mu.

2. Riwayat Pendidikan dan Organisasi

Pada bagian ini, cukup masukkan pendidikan terakhir saja, seperti SMA atau kuliah. Sebutkan nama institusi pendidikan, jurusan atau program studi yang kamu ambil serta kamu juga boleh memasukan Nilai akhir atau IPK sebagai poin plus.

Jika kamu selama pendidikan aktif di organisasi, kamu bisa memasukkan pengalaman organisasi ke dalam CV. Tuliskan posisi dan jelaskan kontribusimu. 

3. Pengalaman Kerja

Urutkan dari pengalaman kerja dari yang terbaru. Cantumkan nama perusahaan, posisi, tahun bekerja, serta job desc kamu. Pengalaman kerja di sini bisa magang, part time, maupun freelance. Selain itu, pastikan kamu juga memasukkan ringkasan pencapaian atau load kerja dari pekerjaan sebelumnya.

Contoh:

Administrator Gudang (2019 - 2020)

PT. Lintas Sarana Prestasi

  • Mengurus keluar masuknya barang sejumlah rata-rata 15 ribu/hari
  • Mendokumentasikan transaksi dengan lengkap rata-rata 300 ribu transaksi/bulan
  • Melakukan check up data rutin tiap 1X/minggu
  • Menghubungkan data lintas sheet menggunakan rumus advanced Excel
  • Menyajikan ringkasan data dalam bentuk diagram dan chart kepada manajer operasional 1X/minggu
  • Menganalisa data dan memberikan saran kebijakan berdasarkan data dalam rapat mingguan operasional

4. Keahlian atau Prestasi

Tunjukkan bahwa kamu adalah kandidat yang pantas untuk posisi itu. Cantumkan skill atau prestasi yang kamu miliki yang sesuai dengan kualifikasi lowongan. Hindari menulis baini dengan icon bintang  untuk mengukur kemampuan.  

Berikan ukuran yang tidak ambigu dan kamu juga punya validasi yang mendukung skill tersebut. Misalnya, sertifikat kursus atau lampiran berupa portofolio. 

Berikut ini cara penulisan skill yang tepat:

  • Language: Proficient in English with IELTS score 7,5
  • Social Media: Able to use Hootsuite, Adobe Photoshop, Instagram Analytics

Cara Membuat Template CV di Word yang Menarik dan ATS-Friendly

Cara membuat template CV yang menarik di Word

Setelah paham apa saja yang perlu kamu masukkan ke dalam CV, kali ini kita akan membahas cara membuat CV yang ATS-friendly, tapi tetap menarik. Tapi sebelumnya, kita akan membahas dulu apa itu ATS-friendly.

ATS adalah singkatan dari Applicant Tracking System, yaitu sistem deteksi otomatis identitas kandidat karyawan melalui tools tertentu. Dengan digunakannya ATS, HRD bisa membaca ribuan CV dengan lebih cepat dan menyaringnya sesuai keperluan perusahaan.

Cara kerja ATS mirip dengan mesin scan, yang bisa membaca data secara otomatis dan menyalin info sesuai keperluan. Oleh karena itu, jika format yang kita pakai tidak tepat, CV kita tidak akan terbaca sistem, dan akhirnya kita pun gugur di tahap awal.

Di bawah ini ada beberapa tips agar CV kamu tetap ATS-friendly.

1. Gunakan Desain Sederhana

Tips membuat CV ATS-friendly pertama adalah gunakan desain seminimalis mungkin. Alih-alih menarik perhatian recruiter, terlalu banyak visual akan membuat CV-mu sulit terbaca. Oleh karena itu, tidak masalah jika kamu tidak bisa aplikasi desain dan hanya bisa memakai template CV Word. Justru template-template semacam itu yang akan lebih mudah terbaca mesin ATS.

2. Jangan Pakai Lebih dari 3 Warna

Selain desain, kamu juga perlu memperhatikan kombinasi warna di dalam CV. Sebenarnya, membuat CV dengan background putih polos tidak masalah. Akan tetapi, jika kamu ingin memberi warna untuk personal branding, pastikan untuk menggunakan 2 - 3 warna saja.

3. Pilih Font yang ATS-Friendly

Supaya mempermudah mesin ATS membaca CV, gunakanlah jenis huruf (font) yang mudah terbaca komputer, misalnya:

  • Times New Roman
  • Calibri
  • Cambria
  • Arial
  • Helvetica
  • Verdana
  • Georgia
  • Tahoma

Selain itu, jangan lupa jaga konsistensi ukuran font, ya! Misalnya untuk subheading/title, kamu bisa menggunakan ukuran 14 pt, sedangkan untuk bagian description kamu dapat memakai ukuran 12 pt.

4. Hindari Penggunaan Ilustrasi untuk Menjelaskan Skill

Apakah kamu termasuk orang yang suka menulis skill di CV dalam bentuk skala/diagram batang? Di zaman sekarang, HRD cenderung tidak menyukai penggunaan ilustrasi semacam itu. Daripada memakai ilustrasi untuk menjelaskan skill yang kamu punya, lebih baik berikan deskripsi singkat sebagai “bukti” kamu benar-benar memiliki skill tersebut.

5. Masukkan Keyword yang Dicari HRD

Tips membuat CV ATS-friendly yang terakhir adalah masukkan keyword kualifikasi yang dicari HRD. Supaya lebih efisien, biasanya HRD menggunakan fitur search untuk mencari kandidat karyawan berdasarkan skill atau tools yang dikuasai.

Cara mengetahui apa saja keyword yang sedang dicari HRD tidak susah, kok! Cukup perhatikan deskripsi lowongan kerja dan lihat kualifikasi tertera di sana. Misalnya, kamu melamar untuk posisi Social Media Specialist. Kamu bisa memasukkan keyword keahlian seperti content planning, copywriting, atau KOL research.

3 Cara Membuat CV dengan Template CV Word, Gratis!

Template CV Word dan cara menggunakannya

Untuk membuat CV di Microsoft Word sebenarnya semakin mudah. Kamu bisa menggunakan template CV Word yang tersedia atau mengunduhnya sendiri di berbagai situs internet. Berikut ini langkah-langkah membuat CV di Microsoft Word dengan template.

1. Cara Membuat CV dengan Template CV Word Bawaan

Sebagai informasi, Microsoft ternyata punya template CV Word bawaan di dalam sistemnya, lho! Berikut ini cara mengakses fitur tersebut dan memanfaatkannya untuk membuat CV:

  • Buka dokumen baru.
  • Bila kamu menggunakan Word 2007, klik Installed Template, untuk Word 2010 bisa klik menu Sample Template. Apabila menggunakan Word 2011, klik New From Template. Sementara di Word 2013, kamu akan langsung menemukan template CV.
  • Jika sudah, kamu pilih Resume and Cover Letter, pilih template CV yang ingin kamu gunakan.
  • Klik Create maka template CV Word yang sudah kamu pilih akan muncul sebagai dokumen baru.  Nah, kamu bisa mengedit dengan memasukkan data dirimu.

BACA JUGA: Tips dan Cara Membuat CV Bahasa Inggris

2. Download Template CV Word di Internet

Jika perpustakaan template CV di Microsoft Word kurang memuaskan, kamu bisa mengunduh template baru dari website resmi Microsoft atau situs-situs penyedia template CV Word lainnya. Di bawah ini adalah contoh cara download di situs template CV resmi dari Microsoft:

  • Pastikan laptop/PC kamu terkoneksi dengan internet. 
  • Klik menu file dan pilih submenu New.
  • Kamu akan menemukan kolom Search for online templates, pada kolom tersebut, ketik CV atau resume. Kamu juga bisa klik di sini untuk akses langsung ke situs tersebut.
  • Kemudian, klik Enter.
  • Microsoft Word akan menampilkan berbagai pilihan template yang bisa kamu download secara gratis. 
  • Pilih salah satu yang kamu sukai, kemudian klik Create dan tunggu hingga proses download selesai.
  • Jika sudah, template bisa digunakan dan kamu bisa mengedit teks sesuai yang kamu inginkan.

3. Membuat Template CV Word Sendiri

Tidak ingin memanfaatkan template CV bawaan dari Word? Kamu bisa kok berkreasi dengan template CV Word buatan sendiri. Jika kamu ingin mencobanya, berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka Microsoft Word, dan buatlah dokumen baru.
  • Atur margin dengan membuka tab Layout dan klik Margin. Untuk ukuran margin terbaik adalah "1" untuk margin bawah dan "0,63" untuk margin samping. Klik ok jika sudah.
  • Atur bagian header CV, bagian ini biasanya mencakup nama pengguna, jabatan saat ini, nomor telepon, email. Pastikan nama ditulis dalam ukuran huruf 14-16 pt. Pilih juga font yang formal dan terbaca jelas.
  • Setelah selesai membuat header, spasi dua kali untuk membuat summary atau ringkasan CV mengenai dirimu. Buat kata "Summary" sedikit lebih besar dan tebal. Di bawah judul, tulislah beberapa kalimat tentang ringkasan CV.
  • Masukkan informasi pribadi secara berurutan mulai dari pendidikan, pengalaman kerja, dan skill.
  • Atur penempatan informasi pribadi dengan menyisipkan tabel untuk setiap bagian. Kamu bisa kreasikan desain tabel, misalnya membuat garis putus-putus.
  • Isi semua data diri dengan jelas, jika sudah klik Save.


Demikian panduan cara membuat CV yang menarik dan ATS-friendly dengan template CV Word! Sudah siap melamar pekerjaan sekarang? Kalau CV-nya belum jadi, yuk segera buka aplikasi Microsoft Word di PC dan susun CV-mu sekarang juga! Setelah itu, browse ratusan lowongan kerja favorit di KitaLulus dan pilih pekerjaan favoritmu untuk dilamar! 


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.