Cara Membuat CV di HP Gratis, Bisa Menarik Perhatian HRD!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Siapa bilang bikin CV itu ribet? Sekarang, kamu bisa membuat CV lamaran kerja secara online dengan menggunakan HP dan internet saja, lho! Yup, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara buat CV dari HP secara gratis. Selain itu, ada juga beberapa tips agar contoh CV lamaran kerja yang kamu buat jadi lebih menarik. Simak yuk!

Cara Membuat CV di HP

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk membuat CV lewat HP. Namun, yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi pembuat CV gratis seperti KitaLulus.

Di KitaLulus, sudah disediakan beberapa template CV sesuai standar HRD dan ramah ATS. Jadi, kamu tak perlu lagi pusing-pusing memikirkan desain dan format CV yang benar. Ikuti panduan berikut untuk tahu cara menggunakannya.

1. Unduh Aplikasi KitaLulus di HP

Pertama-tama, kamu perlu mengunduh aplikasi KitaLulus di Play Store. Jika kamu sudah pernah mengunduh aplikasi KitaLulus sebelumnya, maka kamu tinggal update ke versi terbaru.

Buat akun terlebih dahulu. Jika sudah, masuk ke menu ‘Akun’ di bagian bawah beranda, lalu klik ‘CV’. Untuk saat ini, fitur aplikasi pembuat CV online hanya tersedia bagi pengguna Android.

2. Pilih Template CV

Setelah itu, pilih template CV lamaran kerja yang kamu mau. Tersedia beragam tipe template mulai dari yang sederhana sampai yang bisa memasukkan foto. 

3. Lengkapi Profil

Langkah berikutnya, kamu akan diminta melengkapi profil atau data diri yang akan dicantumkan di dalam CV, seperti penjelasan singkat tentang kamu, kontak aktif, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, kemampuan yang dikuasai, hingga portofolio.

Nah, menariknya, kamu bisa mengisi deskripsi pekerjaan menggunakan bantuan AI. Jadi kamu tinggal pilih bidang pekerjaanmu sebelumnya, lalu AI akan buatkan deskripsinya.

Dengan mengisi semua informasi tersebut akan membuat CV kamu lebih menonjol dan menarik di mata HRD.

4. Cek Kembali Isi CV

Setelah seluruh data terisi, otomatis data tersebut akan dicantumkan sesuai dengan format template CV yang kamu pilih sebelumnya. Cek kembali isi CV guna memastikan semua informasi sudah benar dan tidak ada typo.

Baca Juga: Panduan Membuat CV ATS Friendly + Unduh Template Gratis

5. Unduh CV atau Gunakan untuk Melamar Kerja

Terakhir, kamu tinggal unduh CV buatanmu dalam format PDF sehingga bisa disebar sesuai kebutuhan atau langsung digunakan untuk melamar kerja di KitaLulus. Yup, KitaLulus juga menyediakan ribuan info loker dari berbagai perusahaan di Indonesia yang semuanya bisa kamu lamar secara online kapan pun dan di manapun.

Tips Membuat CV yang Baik

CV adalah ‘senjata utama’ kamu dalam melamar kerja. Maka, penting untuk membuatnya semenarik mungkin agar memberikan kesan pertama yang baik. Di bawah ini ada tips membuat CV yang baik dan benar yang bisa kamu ikuti.

1. Batasi Halaman CV

Ketika baru pertama kali membuat CV, mungkin kamu berpikir bahwa semakin banyak halaman menunjukkan bahwa kamu merupakan kandidat yang hebat. Padahal nyatanya tidak demikian.

CV adalah ringkasan singkat tentang diri kamu, jadi akan lebih baik jika informasi di dalamnya kamu sampaikan secara singkat, padat, dan jelas. Disarankan untuk membatasi CV maksimal 2 halaman saja, atau 1 halaman juga lebih baik.

Ini karena HRD biasanya menerima banyak CV masuk dalam setiap lowongan, jadi mereka tidak punya banyak waktu untuk membaca CV kamu yang panjang itu.

2. Isi Informasi yang Relevan

Pastikan seluruh informasi yang kamu cantumkan dalam CV relevan dengan posisi yang dilamar. Misal, kamu melamar kerja di posisi Social Media Specialist. Maka, kamu jangan mencantumkan pengalaman kerja dan skill kamu yang berkaitan dengan finansial. Kemampuan dalam Finance tidak berkorelasi dengan tugas Social Media Specialist.

3. Gunakan Kata Kunci yang Sesuai

Tahukah kamu bahwa CV juga harus dibubuhi dengan keyword? Terlebih pada CV ATS Friendly, keyword itu sangat penting. Misal, kamu melamar kerja di bidang Digital Marketing, maka gunakan kata-kata seperti Social Media, SEO, content, marketing, dan lainnya yang berkaitan dengan Digital Marketing.

Keyword ini berguna supaya CV kamu lolos mesin ATS di antara ribuan CV lainnya. Dan jika pihak perusahaan mencari suatu keyword, CV kamu pasti muncul karena memiliki kata kunci yang sesuai.

4. Gunakan Font Profesional

Jangan sekali-kali menggunakan font Chiller, Comic Sans, dan font melengkung aneh lainnya. Gunakan font profesional seperti Arial, Times New Roman, atau Georgia sehingga memudahkan HRD untuk membacanya.

5. Cantumkan Kontak Aktif

Percuma saja CV kamu sudah tampil cantik, padat, dan memuat data relevan jika kamu tidak mencantumkan kontak. Bagaimana nanti HRD menghubungi kamu saat berkas kamu lolos seleksi?

6. Buat Desain Sederhana

Sudah tidak zaman membuat CV dengan hiasan seperti kartu undangan nikahan. Ada banyak ornamen di sana-sini berharap tampil cantik, padahal justru terlihat mengganggu.

Pastikan kamu hanya menggunakan desain simpel saat membuat CV. Jika memang harus mencantumkan foto, gunakan foto profesional. Bisa menggunakan pas foto atau foto biasa dengan pose yang simpel.

Baca Juga: 6 Cara Membuat CV di Canva Gratis Beserta Contohnya

Demikian penjelasan tentang cara membuat CV di HP gratis. Semoga bermanfaat buat kamu yang saat ini sedang berjuang meraih pekerjaan impian!

KitaLulus adalah aplikasi pencarian kerja terbaik dan pembuat CV online. Seluruh template yang disediakan sudah sesuai standar HRD dan ramah mesin ATS. Kamu dapat mengunduh CV yang kamu buat dalam bentuk PDF secara gratis. Selain itu, kamu juga bisa langsung menggunakan CV tersebut untuk melamar kerja di perusahaan impianmu melalui aplikasi KitaLulus.

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!