Ini Dia Cara Membuat CV Fresh Graduate SMA yang Menarik + Contohnya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Setelah lulus SMA/SMK, ada beberapa pilihan yang bisa diambil. Apakah langsung melanjutkan ke perguruan tinggi atau mencari kerja. Jika kamu memutuskan langsung mencari kerja, kamu perlu menyiapkan CV fresh graduate SMA.

Membuat CV mungkin pengalaman pertama untukmu, pasti kamu merasa bingung dan tidak tahu mulai darimana. Untuk memudahkanmu membuat CV tamatan SMA, coba lihat contohnya dalam artikel ini, ya!

Cara Membuat CV Fresh Graduate SMA

Tidak sedikit fresh graduate SMA atau SMK yang kurang percaya diri dan bingung membuat CV. Bingung apa saja yang harus ditulis dan bagaimana menonjolkan diri sementara belum memiliki pengalaman kerja. 

Meskipun tanpa pengalaman kerja, bukan berarti kamu tidak bisa membuat CV yang menarik. Nih, kami berikan cara membuat CV fresh graduate SMA yang menarik walau tidak ada pengalaman kerja. 

1. Tulis Data Diri dengan Jelas

Bagian ini wajib sekali ada di CV, kalau tidak bagaimana perusahaan tahu siapa kamu. Data diri ini biasanya berisi nama lengkap, tanggal lahir, alamat, nomor handphone dan email. Jika kamu memiliki media sosial LinkedIn, kamu juga bisa tambahkan informasi tersebut di CV-mu.

2. Deskripsikan Siapa Dirimu

Ceritakan siapa dirimu dalam satu paragraf. Dengan begitu, HRD bisa tahu siapa kamu dan bagaimana kamu mendeskripsikan dirimu. Menurut EnhanCV, cobalah buat bagian ini dengan mendalam, serta berkaitan dengan skill dan pekerjaan yang sedang kamu lamar.

Contoh CV fresh graduate SMA bagian deskripsi diri:

Lulusan SMA yang memiliki ketertarikan di bidang akuntansi. Berpengalaman dalam melakukan pembukuan laporan keuangan sekolah dan mengatur dana OSIS. Terbuka untuk peluang kerja di bidang akuntansi.

3. Tonjolkan Kemampuan Diri

Cobalah tonjolkan apa saja kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki yang bisa menjadi nilai tambah dirimu. Kamu bisa menuliskan hard skill seperti menguasai software Microsoft Office, pembukuan, mengetik 10 jari. Maupun juga soft skill seperti kepemimpinan, berpikir kritis, bekerja dalam tim, dan lain sebagainya.

4. Prestasi atau Pencapaian

Menambahkan prestasi atau pencapaian yang pernah kamu dapatkan saat sekolah bisa menjadi nilai tambah seorang fresh graduate. 

Jika ada, kamu bisa memasukkan kejuaraan apa yang pernah kamu ikuti, beasiswa yang kamu dapatkan, menjadi brand ambassador, atau penghargaan lainnya.

5. Hobi dan Minat

Mungkin kamu berpikir "memang menuliskan hobi relevan untuk CV fresh graduate SMA?"

Nah, justru dengan menambahkan hobi bisa menjadi nilai tambah penting agar HRD bisa mengenal karakter kamu lebih jauh, contohnya hobi membaca buku yang bisa menjelaskan kamu adalah orang yang memiliki pemikiran terbuka. Jadi, cobalah masukkan beberapa hobi atau minat ke dalam CV kamu. 

6. Cantumkan Pengalaman Organisasi

Pengalaman mengikuti organisasi atau terlibat di kepanitiaan sekolah adalah salah satu yang sering kali dicari perusahaan dari para kandidat. 

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan organisasi, menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang bisa bekerja sama dalam tim. Untuk itu, penting sekali menuliskan bagian organisasi pada CV lulusan SMA. 

Contoh organisasi untuk CV SMA:

- Ketua OSIS SMA Unggul periode 2018-2019

- Sekretaris Pentas Seni SMA Unggul 2020

BACA JUGA: Mencantumkan Pengalaman Organisasi Di CV Itu Penting Gak Sih? 

Hal yang Harus Dihindari saat Membuat CV Fresh Graduate SMA

tips membuat cv fresh graduate sma

Ada banyak faktor yang menentukan apakah CV kamu dianggap layak untuk dilirik dan dipertimbangkan. CV menarik di mata HRD tidak melulu soal desain CV yang bagus.  Membuat CV juga ada seninya! Di bawah ini, beberapa hal yang harus kamu hindari saat membuat CV, pastikan kamu tidak melakukannya, ya!

1. Menuliskan Informasi yang Tidak Perlu dan Tidak Relevan

Contohnya, kamu memasukkan suku dan ras pada bagian data pribadi yang mana itu bukanlah hal yang perlu dicantumkan. Atau kamu mencantumkan kemampuan mekanik padahal kamu akan melamar menjadi accounting staff. 

2. Melebih-lebihkan Informasi atau Berbohong

Saat membuat CV, kejujuran adalah hal yang penting. Kamu harus menuliskannya apa adanya sesuai dengan kenyataan. Menuliskan informasi berlebihan tentang kemampuan yang kamu miliki tidak otomatis kamu akan langsung diterima. 

Malah ini bisa jadi bumerang untuk diri sendiri ketika tahap interview kamu tidak bisa membuktikan apa yang kamu tulis di CV.

3. Desain yang Terlalu Ramai dan Mencolok

Hindari menggunakan terlalu banyak font, warna, grafis yang membuat CV terasa sesak. Contoh CV fresh graduate SMA yang baik adalah desainnya tidak berlebihan.  Coba ikuti aturan simple ini, jenis font tidak lebih dari 2, warna background tidak bertabrakan dengan warna font agar bisa terbaca, dan spasi minimal 1,5.

4. Copy-Paste

Hal ini harus sangat-sangat kamu hindari, menggunakan satu CV yang sama untuk melamar belasan perusahaan dengan industri dan posisi yang berbeda. Sangat dianjurkan untuk menyesuaikan konten dalam CV sesuai dengan industri perusahaan dan posisi yang kamu lamar. 

5. Bahasa Gado-gado

Hindari menggunakan bahasa campur-campur Indonesia dan Inggris layaknya gado-gado. Kamu cukup pilih salah satu saja, ya!

Contoh CV Fresh Graduate SMA yang Menarik

Ada beragam contoh CV fresh graduate SMA yang bisa kamu jadikan referensi di mana di dalam CV tersebut sudah berisikan informasi-informasi penting seperti yang disebutkan di atas. Yuk, lihat contoh-contohnya!

1. Contoh CV Fresh Graduate SMA dengan Desain Sederhana

Contoh CV Fresh Graduate SMA dengan Desain Sederhana

2. Contoh CV Fresh Graduate SMA Tanpa Pengalaman Kerja

Contoh CV Fresh Graduate SMA Tanpa Pengalaman Kerja

Jika kamu sudah berhasil membuat CV fresh graduate seperti contoh di atas, jangan lupa untuk menyimpannya dengan nama yang jelas. Tujuannya agar HRD bisa dengan mudah mencari CV kamu. Hindari menulis nama file aneh-aneh yang tidak ada hubunganya dengan namamu.

Saat CV siap, artinya kamu juga sudah siap untuk melamar kerja. Lowongan pekerjaan untuk SMA bisa dengan mudah kamu temukan di KitaLulus. Kamu bisa menemukan berbagai peluang pekerjaan dari berbagai industri seperti marketing, sales, customer service dan masih banyak lagi. Jadi tunggu apa lagi? Segera mulai karier impianmu bersama KitaLulus!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.