Lengkap! Ini 7 Cara Membuat CV ATS Friendly yang Menarik, HR Dijamin Suka

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

CV ATS friendlyCurriculum vitae atau CV selalu menjadi syarat utama ketika akan melamar kerja. Namun, membuat CV tidak hanya sekadar menyusun riwayat pendidikan, pengalaman, dan keahlian loh. Daftar riwayat hidup kamu harus memenuhi standar format CV ATS friendly.

Namun, masih banyak jobseeker yang belum mengetahui apa itu CV ATS friendly. Padahal, dengan mengirim CV yang sudah memenuhi standar tersebut, lamaran kamu akan terbaca oleh mesin lho. Dan sebaliknya, jika CV kamu memiliki template yang terlalu rumit, persentase untuk lolos kurasi HRD akan sulit.

Jika kamu belum mengetahui CV yang ramah mesin ATS, kamu bisa menyimak artikel ini. KitaLulus akan membahasnya dengan detail, mulai dari apa yang dimaksud dengan ATS friendly, keuntungan, hingga cara membuat CV yang ramah ATS.

Yuk, langsung disimak saja artikel hingga selesai!

BACA JUGA: 9 Pertanyaan User Interview Paling Sering Muncul dan Tips Menjawabnya

Apa Itu CV ATS Friendly?

Apa itu cv ats friendly

Applicant tracking system atau yang biasa disingkat ATS adalah sistem yang digunakan HRD untuk melakukan traksi CV. Sistem inilah yang sedang banyak dibahas belakangan ini karena mempermudah pekerjaan HRD untuk melakukan seleksi CV yang masuk.

Menggunakan sistem komputer tentu saja harus memenuhi standar yang ditetapkan. Maka dari itu, pembahasan tentang CV ramah ATS sangat penting, terlebih untuk jobseeker yang menarget perusahaan-perusahaan besar.

CV ATS friendly akan memberikan kamu kepastian untuk lolos skrining pada seleksi administrasi. Namun, tentu saja kamu juga harus memenuhi persyaratan pendaftaran di posisi yang kamu tuju. Sebab, dalam sistem juga menyimpan data-data syarat untuk melakukan seleksi CV tersebut. 

Alur Kerja ATS

Setelah tahu apa itu ATS friendly, kamu pasti paham kan kalau CV yang diproses dengan mesin ATS akan di-screening oleh mesin, bukan manusia? Oleh karena itu, kamu juga harus paham bagaimana cara kerja mesin ATS saat menyeleksi CV.

Lengkapnya tentang alur kerja ATS dari awal hingga akhir adalah sebagai berikut:

  • HR memasukkan kriteria kandidat karyawan ke mesin ATS dalam bentuk keyword, mulai dari jurusan, skill, pengalaman kerja, dan semacamnya.
  • HR memasukkan data kandidat karyawan berupa CV ke dalam sistem deteksi ATS.
  • Mesin ATS akan mendeteksi kandidat karyawan berdasarkan kriteria yang ditentukan di awal.
  • Usai proses deteksi, mesin ATS akan mengirim notifikasi bahwa proses deteksi selesai, dan menunjukkan CV yang sudah ter-screening ke HR untuk diproses ke tahap selanjutnya.

Melihat alur kerja di atas, artinya jika CV kamu tidak ATS-friendly ATAU sudah ATS-friendly tapi tidak mengandung keyword yang disyaratkan HR, CV-mu otomatis tidak akan lolos screening.

Keuntungan CV ATS Friendly

Keuntungan CV ramah ATS

Kenapa sekarang CV kamu harus ATS friendly? Padahal, sebelum ramai pembahasan tentang sistem traksi berkas lamaran ini, kita bisa mengirim CV dengan format apa pun. Hal ini tentu saja berkaitan dengan perkembangan teknologi yang ada. 

Pada perusahaan yang berskala besar dan ketika melakukan rekrutmen pasti memiliki pendaftar hingga puluhan ribu, ATS ini sangat berguna.

Tahap awal untuk melakukan seleksi CV yang tidak sesuai aturan akan bisa dilakukan dengan mudah oleh sistem. Jadi, HRD tidak perlu repot memiliki satu per satu calon kandidat yang hanya asal apply tanpa memperhatikan persyaratan.

Alasan detailnya mengapa CV kamu harus ATS friendly adalah sebagai berikut.

  • Mempermudah proses seleksi sehingga tidak memakan waktu lama.
  • Meminimalisir biaya rekrutmen.
  • CV kamu tampak lebih profesional dan lebih rapi.
  • CV kamu akan langsung dikenali oleh sistem.
  • Potensi CV kamu masuk seleksi lebih besar.

BACA JUGA: 5 Cara Menjawab Psikotes Gambar Orang dan Indikator Penilaiannya

Ciri-ciri CV ATS Friendly

Bingung apakah selama ini CV kamu sudah ATS friendly atau belum? Jika daftar riwayat hidup kamu sudah memenuhi ciri-ciri berikut, berarti sudah bisa lolos traksi otomatis sistem yang dipakai ya:

  • Diketik dalam bahasa Inggris karena lebih mudah dipahami oleh ATS, tetapi tidak melarang calon kandidat membuat CV dalam bahasa Indonesia, kok.
  • CV tidak boleh lebih dari 2 halaman.
  • Menggunakan font standar karena lebih mudah terbaca oleh ATS. Font tersebut adalah Arial, Times New Roman, Calibri, Helvetica.
  • Bagian Experience, Skill, Education menggunakan heading sebagai highlight.
  • Mencantumkan bagian penting dengan jelas supaya ATS bisa langsung mendeteksinya.
  • Menggunakan template CV yang standar, tidak dihias terlalu ramai.
  • Pengalaman kerja ditulis dari yang terbaru, begitu pun pengalaman organisasi hingga riwayat pendidikan.
  • CV disimpan dalam format .doc, .docx, atau .pdf.

Cara Membuat CV ATS Friendly

Cara membuat CV ATS friendly

Setelah mengetahui ciri-ciri CV ATS friendly di atas, ternyata kamu menyadari selama ini CV kamu belum memenuhi kriteria tersebut? Jangan khawatir, kamu bisa menyimak penjelasan berikut untuk tahu cara membuat CV ATS friendly sehingga nantinya lolos skrining HRD ya.

1. Pelajari Posisi yang Akan Dilamar

CV ramah ATS memang akan membantu kamu lebih mudah lolos seleksi berkas yang dilakukan oleh sistem. Tapi, tidak ada artinya jika kamu tidak memenuhi kriteria posisi yang dilamar. Oleh karena itu, cara membuat CV ATS friendly yang pertama dan utama adalah pelajari dulu posisi yang kamu incar.

Jika misal posisi yang kamu lamar mewajibkan memiliki pengalaman di bidang yang sesuai minimal 2 tahun, tetapi pengalaman kamu di bawah 1 tahun, CV kamu akan otomatis tertolak sistem. Sebab, sistem langsung mengeliminasi isi CV yang tidak sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh HRD.

2. Gunakan Template CV yang Standar

Template CV ATS friendly akan lebih monoton. Template ini akan mempermudah ATS untuk mendeteksi hal-hal penting dalam dokumen yang diperiksa, seperti informasi diri, kontak, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, dan lainnya.

Jika kamu tidak menggunakan template yang sesuai, beberapa informasi tidak dapat dibaca dengan baik. 

3. Jangan Desain CV dengan Heboh

Jika kamu sudah mengikuti template dengan benar, jangan modifikasi template dengan mendesain CV lagi. Mungkin, maksud kamu agar lebih kreatif, tetapi sistem ATS lebih menyukai hal-hal standar.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot pakai tools desain yang berat di laptop ya! Sebenarnya, membuat CV ATS friendly dengan Microsoft Word atau Canva saja sudah cukup.

4. Masukan Keyword Sesuai yang Dibutuhkan Perusahaan

Cara membuat CV ATS friendly berikutnya adalah masukkan keyword sesuai yang dibutuhkan perusahaan tempatmu melamar. Misal, kamu ingin melamar posisi sebagai front end engineer. Tulis keyword yang sesuai, seperti Javascript, HTML, HTTP, dan lainnya.

Jika tidak tahu bagaimana cara menganalisa keyword yang dipakai HR, kamu bisa membaca ulang job desk dan kualifikasi dalam lowongan kerja. Pastikan kamu memasukkan keyword-keyword sesuai yang tertera dalam lowongan tersebut.

5. Gunakan Format ATS Friendly

Format ATS friendly lainnya adalah penggunaan font, panjang CV, hingga penulisan. ATS hanya mampu mendeteksi beberapa jenis huruf saja. Jadi, jangan sampai kamu menulis CV dengan menggunakan font Chiller ya. Bahkan, jika seleksi berkas bukan menggunakan sistem, CV kamu auto tertolak oleh HRD-nya.

Penulisan yang sesuai ATS adalah dari kiri ke kanan. Jadi, pastikan kamu menulis bukan dari kanan atas ya. Dan pastikan juga CV kamu tidak lebih dari 2 halaman, bahkan lebih disarankan cukup 1 halaman saja.

6. Simpan File dengan Benar

Poin keenam cara membuat CV ATS friendly adalah simpan berkas dalam format yang benar, yaitu .doc atau .pdf. Sebab, sistem ATS umumnya hanya bisa membaca berkas dalam format dokumen dan PDF.

7. Lakukan Uji Coba Mandiri

Setelah selesai menyusun CV yang ATS friendly, pastikan kamu melakukan uji coba sendiri. Kamu bisa melakukan uji coba dengan CV tester yang bisa kamu cari di Google. Nilai yang baik biasanya di atas 80.

Jangan ragu juga untuk meminta penilaian dari orang lain apakah CV kamu mudah dibaca dan dipahami atau tidak. Sebab, meskipun nantinya seleksi awal dilakukan sistem, tetapi HRD akan mengeceknya kembali untuk melakukan seleksi selanjutnya.

BACA JUGA: Apa Itu Tes Kraepelin? Ini Tujuan, Cara Mengerjakan, dan Tipsnya

Contoh CV ATS Friendly Bahasa Indonesia

ATS memang lebih mudah mendeteksi bahasa Inggris daripada bahasa Indonesia. Namun, hal tersebut bukan berarti kamu hanya bisa menulis CV dalam bahasa Inggris ya. Jika tidak ada persyaratan khusus supaya CV kamu harus berbahasa Inggris, tentu saja kamu bisa menulisnya dalam bahasa Indonesia.

Nah, berikut adalah contoh CV ATS friendly berbahasa Indonesia yang bisa kamu tiru formatnya.

Contoh CV ATS friendly

BACA JUGA: Kisi-kisi Pertanyaan Wawancara dan Tips Menjawab agar Sukses Hadapi HRD

Dengan CV ATS friendly, kamu bisa melamar dengan mudah di perusahaan manapun sesuai dengan pengalaman kamu. Jika kamu seorang pekerja kreatif, seperti videografer, designer graphic, hingga creative writer juga tidak perlu khawatir. Desain riwayat pekerjaan kamu mungkin biasanya tertampil lebih kreatif, tidak semonoton CV yang sesuai ATS, tetapi kamu masih tetap bisa melampirkan portofolio kok di formulir seleksi.

Yuk, mulai di-update CV kamu supaya lebih ramah ATS sehingga lolos seleksi awal. Kalau bingung mencari informasi lowongan kerja di mana, kamu langsung saja download aplikasi KitaLulus di Playstore.

Dengan aplikasi KitaLulus, proses submit CV #LebihMudah. Sebab, kamu bisa langsung terhubung ke WhatsApp resmi HRD di perusahaan tujuan kamu. Lebih terpercaya kan?

Tidak hanya bisa mencari lowongan kerja sesuai keinginanmu, di aplikasi KitaLulus juga memiliki fitur komunitas dan soal psikotes. Bisa sekaligus menambah relasi dan wawasan, kan?

Yuk, tunggu apalagi? Segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!