Contoh CV Bahasa Indonesia Menarik, Gratis Template!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Salah satu kesalahan umum dalam membuat CV adalah menggunakan format yang tidak beraturan. Lantas, seperti apa contoh CV bahasa Indonesia yang menarik bagi perusahaan?

Perlu dipahami bahwa CV merupakan dokumen yang sangat penting dalam melamar kerja. Melalui dokumen tersebut, rekruter dapat menilai apakah kamu kandidat yang cocok dengan yang mereka cari.

Sebagai pemula, tak perlu bingung jika diminta menyetorkan CV, sebab kali ini KitaLulus akan memberikan tips membuat CV bahasa Indonesia yang baik dan benar lengkap dengan contohnya.

Tips Membuat CV Bahasa Indonesia

Tips Membuat CV Bahasa Indonesia

Untuk lebih memudahkan kamu dalam pembuatan CV bahasa Indonesia, simak tips dari KitaLulus berikut.

1. Tulis Data Diri Secukupnya

Bagian data diri juga biasa disebut dengan kepala CV. Hal ini karena letaknya ada di paling atas halaman. Nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email harus ada guna memudahkan perekrut menghubungimu.

Pastikan untuk tidak mencantumkan informasi yang terlalu pribadi atau tidak relevan dengan pekerjaan yang dituju.

2. Buat Deskripsi Diri dengan Singkat

Deskripsi diri adalah paragraf singkat yang menggambarkan diri kamu. Kamu bisa menyoroti keterampilan, minat, hingga pencapaian terbesar yang pernah kamu raih yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang kamu lamar. Penulisan deskripsi diri cukup 3-4 kalimat saja, ya.

3. Tulis Pengalaman Kerja yang Relevan

Bagi kamu yang punya banyak pengalaman sebelumnya, tak perlu menuliskan semuanya di CV karena itu akan membuat CV terlalu panjang dan bertele-tele. Sebaliknya, cukup tuliskan pengalaman yang terkini dan relevan dengan posisi yang dilamar.

Kamu juga bisa menuliskan pencapaian yang bisa mendukung lamaran kamu. Gunakan poin-poin untuk merinci deskripsi pekerjaan atau jobdesk dan prestasi yang diraih di setiap posisi sebelumnya.

Baca Juga: Contoh CV Fresh Graduate SMA Tanpa Pengalaman + Tipsnya

4. Tulis Riwayat Pendidikan

Cantumkan riwayat pendidikan terakhir kamu. Sertakan nama institusi, program studi, gelar yang diperoleh, dan tahun lulus. Jika ada kursus atau pelatihan tambahan yang relevan dengan bidang pekerjaan, sebaiknya juga disebutkan.

5. Cantumkan Keterampilan yang Sesuai

Soroti keterampilan atau skill yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, baik itu hard skill maupun soft skills. Misalnya, keterampilan bahasa, pemrograman, manajerial, atau komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi CV kamu.

6. Gunakan Font yang Mudah Dibaca

Dalam contoh CV ATS bahasa Indonesia, kamu harus memahami bahwa ada jenis huruf atau font yang dianjurkan dan harus dihindari. Pilihlah font yang jelas, mudah dibaca, dan profesional seperti Arial, Times New Roman, atau Calibri.

Sebaliknya, jangan gunakan font yang terlalu dekoratif yang dapat membuat perekrut kesulitan membaca CV mu.

Baca Juga: Panduan Membuat CV ATS Friendly + Unduh Template Gratis

7. Buat Desain yang Sederhana

Kamu tidak perlu menghias CV kamu dengan berbagai ornamen. Cukup gunakan desain yang simpel dan profesional. Perhatikan juga tata letaknya rapi serta hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok.

Jika kamu kesulitan membuat desain CV yang simpel dan profesional, kamu bisa download template CV gratis dari KitaLulus. Template ini bisa kamu edit sesuai kebutuhan di Microsoft Word, lho!

Kesalahan Umum dalam Membuat CV

Kesalahan Umum dalam Membuat CV

Mengingat peran penting CV saat melamar kerja, maka kamu harus membuatnya dengan baik dan benar. Jangan sampai kamu terburu-buru, sehingga malah membuat CV kamu banyak kesalahan.

Berikut beberapa kesalahan umum dalam membuat CV bahasa Indonesia yang perlu kamu hindari:

1. CV Terlalu Panjang

Salah satu kesalahan yang sering terjadi dalam pembuatan CV adalah membuatnya terlalu panjang, lebih dari 2 halaman. Terkadang, pelamar cenderung ingin mencantumkan setiap detail pengalaman yang dimiliki, sehingga CV terlalu banyak memuat informasi.

Hal ini dapat membuat perekrut kesulitan untuk menemukan informasi penting yang relevan dengan posisi yang dilamar. Sebaiknya, fokuslah pada informasi yang relevan dan penting, seperti pengalaman kerja terkini dan pencapaian yang menonjol.

CV yang singkat, padat, tetapi informatif, cenderung lebih efektif dalam menarik perhatian perekrut. Gunakan poin-poin utama untuk menyoroti keahlian dan prestasi yang paling relevan dengan posisi yang dituju.

2. Tidak Disesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Banyak kandidat cenderung menggunakan CV yang sama untuk semua jenis pekerjaan tanpa menyesuaikannya dengan posisi yang dilamar. Ini bisa menjadi kesalahan fatal karena setiap pekerjaan membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang berbeda.

Maka dari itu, sesuaikan setiap CV dengan pekerjaan yang dituju, dengan menekankan keterampilan dan pengalaman yang paling relevan dengan kebutuhan perusahaan.

3. Tata Letak dan Desain yang Buruk

Satu hal yang sering tidak disadari oleh pelamar adalah desain CV yang kurang menarik atau tata letak yang membingungkan. Kemudian CV yang sulit dibaca atau terlalu penuh dengan dekorasi grafis juga dapat mengurangi daya tariknya.

Sebaiknya, gunakan tata letak yang bersih, mudah dibaca, dan sederhana. Pastikan informasi penting terletak di bagian atas halaman untuk menarik perhatian perekrut secara cepat dan efektif.

Mau bikin CV tanpa repot memikirkan tata letak dan desain? Kamu bisa membuat CV online di HP secara gratis dengan aplikasi KitaLulus.

Baca juga: 10 Contoh CV Bahasa Inggris Menarik dan Struktur Isinya

Contoh CV Bahasa Indonesia

Supaya kamu semakin mudah memahami CV bahasa Indonesia, berikut KitaLulus berikan contohnya. Kamu juga bisa mengunjungi halaman template CV dari KitaLulus untuk melihat lebih banyak contoh CV untuk berbagai posisi.

1. Contoh CV Bahasa Indonesia Tanpa Pengalaman

2. Contoh CV Bahasa Indonesia dengan Pengalaman

Buat CV Online dengan Template di KitaLulus

Itulah contoh CV lamaran kerja bahasa Indonesia dan tips membuatnya yang bisa kamu jadikan pedoman.

Apakah kamu masih bingung? Untungnya, KitaLulus memiliki fitur buat CV gratis. Di sini kamu bisa langsung melihat berbagai pilihan template CV bahasa Indonesia yang menarik dan sesuai standar HRD.

Selain itu, ada juga fitur AI yang bisa membantu kamu mengisi deskripsi pekerjaan sesuai dengan bidang kerjamu, lho!

Setelah CV siap, waktunya untuk kamu melamar kerja di aplikasi KitaLulus. Ada banyak loker dari perusahaan ternama yang menantimu. Jadi, tunggu apalagi? Segera lamar pekerjaan impianmu sekarang!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!