Contoh CV Magang yang Baik dan Benar Serta 7 Tips Membuatnya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman kerja adalah dengan mengikuti program magang. Melamar magang tidak jauh berbeda prosesnya dengan melamar pekerjaan, di mana kamu harus mengirim lamaran dengan mengajukan CV kamu. Oleh sebab itu, sebelum magang pastikan kamu menyiapkan CV yang baik. Nah, bagaimana contoh CV magang di mata HRD?

Tak perlu bingung, KitaLulus akan memberikanmu beberapa tips menyusun CV magang yang baik lengkap dengan contohnya di artikel ini, disimak, ya!

7 Tips dalam Membuat CV Magang

Secara umum, terdapat beberapa poin penting yang perlu kamu cantumkan ke dalam CV magang. Apabila kamu merasa bingung apa saja poin yang perlu kamu cantumkan dalam CV, coba ikuti tips berikut ini!

1. Tambahkan Deskripsi Diri dan Karier Objektif

Deskripsi diri berisi satu paragraf yang menggambarkan dirimu. Bagian ini menjadi hal pertama yang dilihat HRD, jadi pastikan kamu membuatnya semenarik mungkin.

Kamu bisa menuliskan skill yang paling menonjol dan relevan dengan lowongan. Atau kamu juga bisa mencantumkan kontribusi apa yang bisa kamu berikan di perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan tujuan karier yang ingin kamu capai.

Dengan menuliskan deskripsi diri yang jelas, HRD akan mudah mengenal dirimu, ini juga bisa menjadi nilai plus, lho.

2. Cantumkan Hard Skill

Perusahaan tidak begitu saja menerima anak magang. Apa lagi anak magang yang punya hard skill seadanya.  Jika kamu memiliki sertifikat pelatihan, cobalah cantumkan dalam CV. Atau jika kamu belum punya, cobalah cari pelatihan online bersertifikat yang bisa kamu ikuti. 

3. Pengalaman Organisasi

Sebagai orang yang baru ingin magang, kamu pasti belum memiliki pengalaman kerja yang cukup. Nah, dalam contoh CV magang kamu bisa memasukkan pengalaman organisasi atau kepanitiaan. 

Dengan memasukkan pengalaman organisasi, HRD akan tahu bahwa kamu adalah pelajar yang aktif dan mengerti tentang konsep organisasi dan kepemimpinan. Selain itu, kamu juga dianggap dapat bekerja sama dengan tim.

4. Sertakan Portofolio

Portofolio adalah contoh pekerjaan yang pernah kamu kerjakan. Jika kamu belum memilikinya, tenang saja kamu bisa menggantinya dengan tugas yang pernah kamu kerjakan. 

Namun, tidak sembarangan tugas bisa kamu cantumkan sebagai portofolio. Pastikan tugas yang kamu masukkan relevan dengan lowongan yang ingin kamu lamar, atau tugas tersebut punya nilai sukses. Contohnya esai kamu dimuat di portal berita, tugas seperti ini bisa kamu lampirkan. 

5. Buat Secara Sederhana

Tidak perlu bertele-tele, langsunglah to the point saat kamu menuliskan semua informasi dalam CV. Buatlah sesederhana mungkin tanpa mengurangi informasi di dalamnya. 

Kamu bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Cukup pilih salah satu saja, hindari mencampurnya. Namun, bila kamu menggunakan bahasa Indonesia, beberapa bahasa tidak perlu kamu terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Misalnya nama organisasi yang pernah kamu ikuti yang menggunakan bahasa Inggris. 

6. Perhatikan Tata Letak

Contoh CV magang yang baik adalah memerhatikan tata letak. Jangan sampai tata letak justru membingungkan HRD ketika membaca CV kamu. Tata letak tersebut mencakup informasi yang harus ada dalam CV, cobalah pisahkan setiap poin dalam CV dengan penggunaan font dan ukuran font yang berbeda. Dengan begini CV akan mudah terbaca.

7. Buat CV ATS Friendly

Perusahaan besar biasanya menggunakan mesin ATS untuk memfilter CV. Nah, cobalah buat CV yang sesuai format ATS. Tips agar CV bisa lolos ATS, cobalah simpan CV dengan format PDF, usahakan perbanyak teks di CV dan jangan terlalu mengutamakan visual pada CV.

BACA JUGA: Mudah dan Praktis, Ini Dia Cara Membuat CV Word 

Do dan Don’t Membuat CV Magang

Tips membuat cv magang yang bagus dan menarik

Dalam membuat CV magang, ada hal yang perlu kamu perhatikan demi menghindari kesalahan yang bisa merugikanmu. Jika kamu ingin segera mendapat panggilan magang, cobalah perhatikan hal-hal yang perlu kamu lakukan dan hal yang tidak boleh kamu lakukan dalam contoh CV magang di bawah ini:

Do's

  • Tulislah menggunakan bahasa yang sopan.
  • CV ditulis dengan padat dan singkat.
  • Tulis informasi yang penting yang relate dengan lowongan yang ingin dilamar.
  • Fokus pada pencapaianmu.
  • Desain CV menarik.

Don't

  • Typo atau salah ketik dalam penulisan.
  • CV terlalu panjang layaknya esai.
  • Menulis informasi tidak sesuai fakta dan berlebih-lebihan
  • Menggunakan alamat email dengan nama yang tidak profesional.
  • Desain CV terlalu apa adanya.

Referensi Contoh CV Magang yang Baik, Benar, dan Menarik

CV merupakan representasi dirimu sendiri. Jadi jangan biarkan CV kamu apa adanya, buatlah CV yang kreatif agar menarik. Terdapat contoh CV magang yang bisa kamu jadikan referensi, sebagai berikut.

1. Contoh CV Magang Berbahasa Inggris

Contoh CV magang bahasa Inggris

2. Contoh CV Magang Bahasa Indonesia

Contoh CV magang bahasa Indonesia

3. Contoh CV Magang ATS Friendly

Contoh CV magang ATS friendly

Itulah contoh CV magang yang bisa kamu jadikan referensi. Dengan CV yang baik, kesempatan untuk magang pun bisa terbuka lebar.

Saat ini mencari lowongan magang juga tidak sulit, salah satunya bisa kamu temukan di KitaLulus. Di sana, kamu bisa menemukan lowongan magang dari berbagai bidang industri yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Gowa. Kamu tak perlu takut lowongan tersebut palsu, karena semua lowongan sudah melalui tahap verifikasi oleh tim KitaLulus, jadi dijamin, aman. Yuk, temukan tempat magang terbaik di KitaLulus!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.