17 Contoh Perkenalan Bahasa Inggris, Singkat dan Mudah Diingat

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Perkenalan Bahasa Inggris— Bahasa Inggris menjadi bahasa yang paling banyak diketahui di dunia. Menjadi bahasa internasional, bahasa Inggris memang menjadi salah satu penunjang untuk karir, lho. Lalu, bagaimana ya dialog perkenalan bahasa Inggris yang menarik?

Perkenalan dengan bahasa Inggris ini seringkali kita jumpai di beberapa momen, seperti ketika meeting atau presentasi dengan klien hingga ketika kita bergabung di komunitas. Jika kamu belum terbiasa dengan bahasa Inggris, kamu bisa menyimak beberapa contoh perkenalan bahasa Inggris di artikel ini.

KitaLulus sudah menyiapkan 17 contoh perkenalan bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan referensi untuk digunakan nantinya. Simak artikel ini hingga akhir ya!

BACA JUGA: 17 Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Buat Lulusan SMA sampai Fresh Graduate

Cara Perkenalan Bahasa Inggris

Cara perkenalan bahasa Inggris

Sebelum membahas contoh perkenalan bahasa Inggris, KitaLulus ada tips untuk kamu dalam berkenalan menggunakan bahasa Inggris, diantaranya:

  • Sapa lawan bicara terlebih dahulu.
  • Sampaikan maksud perkenalan.
  • Kenalkan diri dengan sopan.
  • Sampaikan terima kasih atas kesempatan perkenalannya.
  • Jangan lupakan gestur tubuh yang menyenangkan dan kontak mata ke lawan bicara.

17 Contoh Perkenalan Bahasa Inggris Singkat dan Terjemahan

Contoh perkenalan bahasa Inggris singkat

Berikut KitaLulus bagikan 17 contoh perkenalan bahasa Inggris sebagai referensi kamu ya. Kamu bisa mengubah kosakata yang nyaman untuk kamu nantinya jika ingin menggunakannya.

1. Perkenalan Diri saat Interview

“Hello, Mr./Mrs. (mention their name)... Thank you for the opportunity that was given to me. My name is Ayu Larasati, you can call me Laras. I graduated from the Department of Indonesian Literature of Padjadjaran University. I used to work as a Community Officer at Ruangguru. I am responsible for managing several parent and school communities that Ruangguru works with. With my experience, I believe I can contribute to this company to occupy a position as Community Marketing.”

(Halo, Bapak/Ibu (sebutkan namanya)... Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Perkenalkan, nama saya adalah Ayu Larasati, Anda dapat memanggil saya Laras. Saya lulusan dari jurusan Sastra Indonesia, Universitas Padjajaran.

Saya pernah bekerja sebagai Community Officer di Ruangguru. Di sana, saya bertanggung jawab untuk mengurus beberapa komunitas orang tua dan sekolah yang bekerja sama dengan Ruangguru. Dengan pengalaman saya tersebut, saya yakin dapat berkontribusi di perusahaan ini untuk menempati posisi sebagai Community Marketing.)

2. Perkenalan Bahasa Inggris Sebagai Anak Magang Baru

“Hello, sir/madam. Thank you for the opportunity given to me. My name is Gina Saraswati. I am currently studying in the Department of Communication Studies at the State University of Jakarta. I'm here as a new intern for the Social Media section. I will try my best to be able to contribute according to the responsibilities given. With my abilities still lacking, I also ask everyone for help. Thank you.”

(Halo, Bapak/Ibu. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Perkenalkan, nama saya Gina Saraswati. Saya sekarang sedang menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Jakarta. Saya di sini sebagai pemagang baru untuk bagian Media Sosial.

Saya akan berusaha yang terbaik untuk dapat berkontribusi sesuai tanggung jawab yang diberikan. Dengan kemampuan saya yang masih kurang, saya juga memohon bantuan kepada semuanya. Terima kasih.)

BACA JUGA: 4 Contoh Percakapan Bahasa Inggris dan Artinya + Tips Belajar Agar Lebih Cepat Lancar

3. Percakapan Perkenalan Sebagai Karyawan Baru

“Hi everybody. I am Gayatri, and you can call me Aya. I currently occupy the position of Project Officer. Maybe it will be my job to directly interact with some of you, so please help. Thank you.”

(Halo, semuanya. Saya Gayatri, bisa dipanggil Aya. Saya saat ini menempati posisi sebagai Project Officer. Mungkin nanti tugas saya langsung berinteraksi dengan beberapa dari kalian, jadi mohon bantuannya. Terima kasih.)

4. Perkenalan Saat Presentasi Dengan Klien

Dialog perkenalan bahasa inggris

“Good morning. I am Risma. I am the Project Manager who will lead this morning's presentation as well as the person in charge of the project that we will do together with several members of my team. Thank you.”

(Selamat pagi. Saya Risma. Saya adalah Project Manager yang akan memimpin presentasi pagi ini sekaligus penanggung jawab untuk project yang nantinya akan kita lakukan bersama dengan beberapa anggota tim saya. Terima kasih.)

5. Perkenalan Sebagai Karyawan Baru di Sebuah Meeting

“Hi everybody. My name is Tata. I am the new Marketing Officer as a replacement for Ms. Safitri. I will be responsible for all things related to marketing, both for product campaigns, brands, and companies. Thank you.”

(Halo, semuanya. Nama saya Tata. Saya adalah Marketing Officer baru sebagai pengganti dari Kak Safitri. Saya akan bertanggung jawab tentang segala hal yang berkaitan tentang marketing, baik untuk kampanye produk, brand, maupun perusahaan. Terima kasih.)

6. Perkenalan di Sebuah Seminar Saat Akan Bertanya

“Good afternoon. My name is Keke. I have attended your seminars several times, especially those related to digital advertising. I'm glad I now have the opportunity to ask a direct question. So, what I want to ask is…..”

(Selamat siang. Nama saya Keke. Saya sudah mengikuti seminar Bapak/Ibu beberapa kali, terutama yang berkaitan tentang digital advertising. Saya senang sekarang bisa berkesempatan untuk bertanya langsung. Jadi, yang ingin saya tanyakan adalah…)

7. Perkenalan Bahasa Inggris untuk Menjelaskan Pekerjaan

“Hello. My name is Yaya. Now I work as a Web Developer in an IT company in Singapore. I am responsible for creating websites for several clients to do maintenance on the website for later updates if needed.”

(Halo. Nama saya Yaya. Sekarang saya bekerja sebagai Web Developer di sebuah perusahaan IT di Singapura. Saya bertanggung jawab dalam pembuatan website beberapa klien hingga melakukan maintenance terhadap website tersebut untuk kemudian dilakukan pembaruan jiba dibutuhkan.)

8. Perkenalan Bahasa Inggris Sebagai Murid Baru

“Hello, all my friends. How are you? My name is Sesa. I was previously in grade 11 IPA 2 and now at 12 IPA 3. My hobbies are reading books and watching movies. If you need good movie and book recommendations, I've got them all, hehe. I think my introduction will suffice. Please if anyone wants to ask. Thank you.”

(Halo, teman-teman semua. Apa kabar? Nama aku Sesa. Aku sebelumnya dari kelas 11 IPA 2 dan sekarang di 12 IPA 3. Hobi aku membaca buku dan menonton film. Kalau kalian butuh rekomendasi film dan buku bagus, aku punya semua, hehe. Kurasa perkenalanku cukup. Silakan kalau ada yang mau tanya. Terima kasih.)

9. Perkenalan Bahasa Inggris Sebagai Student Exchange

“Hi everybody. Introducing, I'm Gery. I am an exchange student from the University of Indonesia. I chose the University of Sydney in the Department of Culture because I want to learn more about world culture because I know the teachers here are very competent with teaching materials that I can later apply to my future career.”

(Halo, semuanya. Perkenalkan, saya Gery. Saya merupakan student exchange dari Universitas Indonesia. Saya memilih Universitas Sydney di jurusan Kebudayaan ini karena saya ingin belajar lebih dalam mengenai kebudayaan dunia karena saya tahu pengajar di sini sangat kompeten dengan materi pengajaran yang nantinya dapat saya terapkan untuk karir saya nantinya.)

BACA JUGA: 7 Cara Presentasi Bahasa Inggris yang Baik dan Contoh Kalimatnya

10. Perkenalan Bahasa Inggris dengan Teman Baru

“Hey. I'm Keanu. I come from Jakarta. I am currently studying in 3rd semester at the University of Jember majoring in Psychology. Nice to meet you.”

(Hey. Saya Keanu. Saya berasal dari Jakarta. Saat ini saya sedang berkuliah semester 3 di Universitas Jember di jurusan Psikologi. Senang bertemu denganmu.)

11. Perkenalan di Sebuah Organisasi

“Hello, good afternoon. My name is Tiara. I joined this organisation because I wanted to develop my talent for singing. I've been in a singing competition several times. Hopefully we can share knowledge about singing and others. Thank you. Nice to meet you all.”

(Halo, selamat sore. Nama aku Tiara. Aku bergabung di organisasi ini karena aku ingin mengembangkan bakatku tentang bernyanyi. Aku pernah beberapa kali ikut kompetisi bernyanyi. Semoga kita bisa saling berbagi ilmu tentang bernyanyi dan lainnya. Terima kasih. Senang untuk berkenalan dengan kalian semua.)

12. Perkenalan di Sebuah Komunitas tentang Hobi

Contoh dialog perkenalan bahasa Inggris dan terjemah

“Hey, everyone. I'm Brian. I have loved photography since high school. When I was in college, I joined the campus Photography UKM. And here, I want to deepen my photography knowledge by joining Lensa. I hope we can learn from each other. Nice to meet and get to know you all.”

(Hei, semua. Saya Brian. Saya menyukai fotografi sejak SMA. Saat kuliah, saya bergabung dengan UKM Fotografi kampus. Dan di sini, saya ingin lebih memperdalam ilmu fotografi dengan bergabung dengan komunitas Lensa. Semoga kita bisa saling belajar bersama. Senang bertemu dan kenal dengan kalian semua.)

13. Perkenalan dengan Tetangga Baru

“Hey. I'm Evan, your neighbour who's two houses from here. I saw you just moved in. Nice to meet you. Good luck here. If you need help, you can come to my house.”

“Hei. Aku Evan, tetangga kamu yang ada di dua rumah dari sini. Aku tadi melihat kamu baru saja pindah. Senang bertemu dengan kamu. Semoga betah di sini. Jika butuh bantuan, kamu bisa ke rumahku.”

14. Perkenalan Bahasa Inggris dengan Rekan Kerja Baru

“Hello, Aya. Nice to meet you. I'm Hani. I'm from the Partnerships department. If later you need data for content about Partnership, you can contact me.”

(Halo, Aya. Senang bertemu kamu. Aku Hani. Aku dari bagian Partnership. Kalau nantinya kamu butuh data-data untuk konten tentang Partnership, bisa hubungi aku ya.)

15. Perkenalan Bahasa Inggris Disertai Ajakan

“Hey, Rani. I'm Ghani, a new employee from the Creative Department. I heard you talking yesterday about the Thor movie and I like your review about that movie. Would you be willing to be a guest on the Creative Department's regular program of film reviews? Incidentally, this week we will discuss Thor.”

(Hei, Rani. Aku Ghani, karyawan baru dari Departemen Creative. Aku kemarin dengar kamu ngomongin tentang film Thor dan aku suka dengan penilaian kamu tentang film tersebut. Apa kamu bersedia untuk menjadi tamu di acara reguler Departemen Creative tentang ulasan film? Kebetulan pekan ini kami akan membahas tentang film Thor.)

16. Perkenalan Diri sebagai Turis dan Bertanya Jalan

“Hey, my name is Clarissa. I'm on vacation here. I've been looking for where the public toilets are located. Can you show it?”

(Hei, nama aku Clarissa. Saya sedang berlibur di sini. Saya sejak tadi mencari di mana letak toilet umum. Bisakah kamu menunjukannya?)

17. Perkenalan dengan Teman Baru di Media Sosial

Dialog perkenalan bahasa Inggris di media sosial

“Hello. My name is Wulan. I just found one of your content on Instagram’s Explore. I like the material you share. Can we be friends on Instagram so we can share about Marketing? Thank you.”

(Halo. Nama aku Wulan. Aku baru saja menemukan salah satu konten kamu di Explore Instagram. Aku suka dengan materi yang kamu bagikan tersebut. Bolehkah kita berteman di Instagram sehingga bisa saling berbagi tentang Marketing? Terima kasih.)

BACA JUGA: PIC Artinya Person In Charge, Cari Tahu Tugas, Skill, dan Nominal Gajinya Yuk!

Yang pasti, perkenalan bahasa Inggris cukup singkat saja jika memang tidak diminta untuk menjelaskan diri kamu dengan detail ya. Selain menjaga privasi juga untuk menghemat waktu. Yang penting perkenalan diri kamu menarik dan kamu juga mengatakannya dengan percaya diri. 

Jika kamu ingin mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa ikut komunitas. Di aplikasi KitaLulus, ada berbagai komunitas yang bisa kamu ikuti. Di sana, kamu bisa saling berbagi informasi penting dengan anggota komunitas lainnya, terutama belajar improve kemampuan bahasa Inggris kamu.

Cara bergabungnya mudah kok. Kamu hanya perlu instal aplikasi KitaLulus di Playstore lalu lakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu. Dengan begitu, kamu sudah bisa bergabung ke komunitas apa saja yang ada di aplikasi KitaLulus.

Sekaligus, nantinya kamu bisa melihat-lihat lowongan kerja yang mungkin sesuai dengan karir impian kamu. Ada lebih dari 50.000 lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia.

Langsung saja yuk instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu dan dapatkan pengalaman mencari kerja dan improve kemampuan diri #LebihMudah dan menyenangkan.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!