5 Contoh Resume Lamaran Kerja, Dijamin Cepat Dapat Kerja!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Contoh resume lamaran kerja– Apakah kamu pernah akan melamar kerja, diwajibkan melampirkan resume, tatapi kamu justru melampirkan CV saja? Jika pernah, berarti kamu belum memahami apa itu resume. Di artikel ini, kamu akan belajar beberapa contoh resume lamaran kerja.

Beberapa contoh resume lamaran kerja yang bisa kamu pelajari di artikel KitaLulus ini adalah untuk berbagai tujuan. Mulai dari khusus untuk fresh graduate, keperluan magang, keperluan beasiswa, hingga resume berbahasa Inggris.

BACA JUGA: Mudah & Praktis, Ini Dia Cara Membuat CV di Word + Template CV Gratis & ATS Friendly

Apa Itu Resume?

Beberapa orang mungkin sering menyamakan resume dengan CV. Padahal, resume tidak sama dengan curriculum vitae atau CV. Perbedaan itu sangat kentara dari panjang hingga tujuan penulisannya. Sebab, jika CV lebih banyak digunakan untuk urusan melamar kerja, resume memiliki berbagai jenis untuk berbagai keperluan.

Resume lamaran kerja sebenarnya adalah ringkasan dari CV. Di dalamnya terdapat data diri singkat, jenjang pendidikan, pengalaman karir, hingga ringkasan yang menjelaskan keunggulan diri. Namun, resume tidak selengkap CV.

CV akan memberikan penjelasan yang jauh lebih lengkap dibanding resume. Jika resume hanya satu halaman, CV bisa memiliki panjang hingga dua halaman. Hal ini tentu saja karena harus menjelaskan pengalaman yang didapat selama menempuh pendidikan dan berkarir, secara singkat tentu saja.

Jadi, jangan samakan resume dengan CV lagi ya. Sebab, ada banyak perusahaan yang meminta pelamar kerja untuk melampirkan resume dan CV.

Bagian-Bagian Resume

Resume memiliki template pasti sehingga kamu tidak perlu bingung ketika menulisnya. Terdapat beberapa bagian yang bisa kamu pelajari sehingga nantinya bisa tahu apa saja yang harus ditulis dalam resume kamu.

1. Tempat dan Tanggal Penulisan Resume

Bagian ini ditulis dengan kota dan tanggal penulisan resume. Biasanya terletak di bagian kanan atas resume.

Contoh:

Bandung, 23 Juli 2022

2. Hal dan Lampiran

Format resume adalah ditulis satu halaman mirip dengan penulisan surat. Ada bagian Perihal atau Hal dan Lampiran yang nantinya diisi dengan berapa jumlah berkas yang kamu lampirkan. Berkas bisa berupa scan atau fotokopi KTP, ijazah, transkrip nilai, dan lainnya.

Contoh:

Hal : Resume Lamaran Kerja

Lampiran : 6 berkas 

3. Nama, Perusahaan, dan Alamat Resume Ditujukan

Siapa yang kamu tuju dalam resume? Bagian ini bisa kamu isi dengan nama HRD (jika tahu), nama perusahaan, dan alamat perusahaan.

Contoh:

Yth. HRD PT Terus Melangkah Maju

Jalan Kaliurang KM 7, Yogyakarta

4. Salam pembuka

Salam pembuka diisi dengan salam netral dan profesional. Biasanya yang digunakan dalam surat pembuka adalah “Dengan hormat,”.

5. Paragraf Pembuka

Paragraf pembuka biasanya berisi tentang kapan dan dari mana kamu mendapatkan informasi lowongan kerja tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menjelaskan maksud mengirim resume.

Contoh:

Dengan surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk melamar pekerjaan untuk posisi Account Executive. Informasi mengenai lowongan kerja ini saya peroleh dari akun LinkedIn PT Terus Melangkah Maju pada 19 Juli 2022 lalu.

BACA JUGA: Panduan Tokcer Membuat CV Fresh Graduate | Dijamin Dilirik HRD Perusahaan!

6. Data Diri Kamu

Data diri ini akan berisi nama lengkap, nomor yang bisa dihubungi, hingga pendidikan terakhir. Data ini nantinya yang digunakan oleh HRD untuk mengetahui apakah kamu memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk menempati posisi yang sedang dicari.

Contoh:

Adapun data diri saya adalah sebagai berikut.

Nama : Sandi Aulia

Tempat, tanggal lahir : Bandung, 19 November 1998

Jenis kelamin : Perempuan

Pendidikan terakhir : S-1 Akuntansi

Alamat : Jalan Parahyangan, Nomor 19, Bandung

Nomor telepon : 0812345+++

7. Keunggulan Diri Kamu

Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan mengenai pengalaman kerja atau organisasi kamu secara singkat. Jelaskan juga tentang keunggulan yang kamu miliki.

Contoh: 

Saya telah memiliki pengalaman sebagai Account Executive di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Selama waktu transisi saya usai dari perusahaan sebelumnya, saya banyak mengikuti pelatihan di bidang akuntansi untuk menunjang karir saya ke depannya.

8. Daftar Lampiran

Komponen resume lamaran kerja

Di awal, kamu menulis berapa berkas yang kamu lampirkan. Biasanya, berkas-berkas ini adalah yang diminta oleh perusahaan untuk kandidat lampirkan sehingga bisa mengecek background kandidat.

Contoh:

Dalam resume ini, saya lampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

  • Curriculum vitae terbaru
  • Portfolio terbaru
  • Scan KTP
  • Scan ijazah
  • Scan transkrip nilai
  • Scan surat pengalaman kerja

9. Paragraf Penutup

Dalam paragraf penutup, kamu harus menghindari kalimat permohonan untuk diterima di perusahaan tersebut. Jadi, kamu cukup menuliskan bahwa seluruh data yang kamu tulis benar adanya dan berterima kasih kepada pihak HRD yang melakukan seleksi pada berkas yang kamu kirimkan.

Contoh:

Seluruh data yang saya cantumkan di atas adalah benar adanya. Jika di kemudian hari terdapat ketidakbenaran atas data yang saya lampirkan, saya siap untuk bertanggung jawab.

Demikian surat lamaran kerja ini saya tulis. Atas perhatian Bapak/Ibu HRD PT Terus Melangkah Maju, saya ucapkan terima kasih.

10. Salam Penutup

Salam penutup bisa menyesuaikan dengan salam pembuka. Kamu bisa menuliskan, “Hormat saya,”. Peletakan salah penutup ini adalah di atas tanda-tangan kamu yang biasanya diletakan di bagian kanan bawah.

11. Tanda Tangan dan Nama Terang Kamu

Jika resume yang kamu kirim adalah bentuk soft file, kamu bisa mencantumkan tanda-tangan elektronik.

BACA JUGA: Langkah Membuat CV yang Baik di Mata HRD untuk Para Pencari Kerja

Contoh Resume Lamaran Kerja

Setelah mengetahui bagian-bagian yang harus dituliskan ke dalam resume, berikut KitaLulus berikan contoh resume lamaran kerja yang bisa kamu jadikan inspirasi.

1. Contoh Resume Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate

Untuk fresh graduate dengan pengalaman kerja yang minim atau bahkan belum ada, kamu bisa menjelaskan tentang pengalaman organisasi atau magang kamu. Tentang informasi ini bisa kamu isi di bagian keunggulan diri kamu setelah data diri.

Contoh resume lamaran kerja untuk fresh graduate:

Contoh resume lamaran kerja fresh graduate

2. Contoh Resume Lamaran Kerja untuk yang Berpengalaman

Untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, kamu juga bisa melampirkan portfolio yang berisi jobdesk yang kamu selesaikan dari perusahaan sebelumnya. Lampirkan juga surat yang menyatakan kamu pernah bekerja di suatu perusahaan untuk meyakinkan perusahaan yang kamu lamar bahwa data yang kamu berikan benar adanya.

Contoh: 

Contoh resume lamaran kerja berpengalaman

3. Contoh Resume Lamaran Kerja untuk Magang

Belakangan ini, internship banyak dicari oleh perusahaan. Program magang memang menjadi program yang win-win solution untuk pihak perusahaan maupun pemagang. Pemagang membutuhkan pengalaman sebelum memasuki dunia kerja dan pihak perusahaan membutuhkan karyawan dengan cost upah yang tidak setinggi karyawan tetap.

Biasanya, pemagang adalah mahasiswa atau bahkan fresh graduate SMA atau dari universitas. Jadi, pengalaman masih minim. Dengan begitu, contoh resume lamaran kerja untuk magang bisa kamu simak di bawah ini.

Contoh resume untuk magang atau internship

4. Contoh Resume Pribadi untuk Beasiswa

Beasiswa memang tidak terkait dengan dunia kerja. Namun, contoh resume satu ini tidak bisa kita hindari karena menempuh pendidikan menjadi hal penting untuk kita mendapatkan karir yang diimpikan. Banyak pula karyawan yang juga memutuskan untuk berkuliah sambil bekerja.

Jika kamu sedang mencari beasiswa, kamu bisa menggunakan contoh resume pribadi untuk beasiswa berikut ini.

Contoh resume untuk beasiswa

5. Contoh Resume Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Tidak jarang, sebuah perusahaan mewajibkan calon kandidat untuk menggunakan bahasa Inggris di beberapa dokumen, baik itu CV, portofolio, hingga resume. Jika kamu sekarang sedang melamar kerja di perusahaan dengan syarat demikian, berikut adalah contoh resume lamaran kerja bahasa Inggris yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Contoh resume lamaran kerja bahasa inggris

BACA JUGA: Tutorial Cara Lamar Kerja Di Aplikasi KitaLulus | Mudah, Cepat, Aman!

Itulah berbagai contoh resume lamaran kerja yang bisa kamu pelajari dan jadikan inspirasi untuk keperluan yang sedang kamu butuhkan. Yang pasti, kamu harus mengetahui dengan baik untuk apa kamu menulis sebuah resume sehingga apa yang akan kamu tulis di dalamnya relevan ya.

Jika kamu sekarang sedang menjadi job seeker dan kesulitan mencari lowongan kerja yang relevan dengan kualifikasi ataupun passion kamu, aplikasi KitaLulus dapat membantu. Di KitaLulus, kamu bisa melakukan filter lowongan kerja dengan berbagai cara, seperti nama posisi, nama perusahaan, hingga kota domisili. Bahkan, nantinya kamu bisa melihat posisi dengan gaji tertinggi. Jadi lebih mudah, kan?

Tidak hanya informasi lowongan kerja yang berjumlah lebih dari 50.000, kamu juga dapat menikmati berbagai fitur di aplikasi KitaLulus, mulai dari komunitas sampai latihan soal CPNS!

Tunggu apalagi, yuk langsung instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Dapatkan pengalaman mencari kerja dengan #LebihMudah di manapun dan kapanpun kamu membutuhkannya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!