4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar, Tips, & Cara Membuatnya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Contoh surat lamaran kerja di bank- Salah satu yang paling menentukan dalam proses penerimaan adalah surat lamaran kerja. Tidak terkecuali ketika kamu melamar di bank. Untuk kamu yang baru pertama kali, tentu kamu membutuhkan contoh surat lamaran kerja di bank. Dengan contoh ini, kamu bisa mendapatkan referensi membuat surat yang benar.

Tentunya ini jadi hal yang penting karena surat lamaran menjadi pembeda kamu dengan para kandidat lainnya. Surat lamaran yang benar juga bisa memperbesar peluang kamu untuk lolos dalam tahap seleksi. Ingin tahu bagaimana membuat surat lamaran kerja di bank yang baik dan benar? Intip yuk cara membuatnya dan contohnya di bawah ini!


Kenapa Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank Penting?

Apakah kamu masih bertanya-tanya, apa pentingnya membuat surat lamaran di zaman modern ini? Ets, jangan salah, surat lamaran kerja masih memiliki fungsi penting terutama bila kamu ingin melamar kerja di bank. 

Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini alasan mengapa membuat surat lamaran kerja itu penting.

1. Bukti Tertulis

Surat lamaran menjadi bukti tertulis pelamar. Mulai dari bukti identitas, latar belakang pendidikan hingga tanda tangan sebagai bukti pertanggungjawaban. Hal ini tentu menjadi acuan dan pertimbangan dalam proses penerimaan.


2. Sebagai Media Komunikasi

Tidak hanya jadi bukti tertulis, surat lamaran di bank juga menjadi media komunikasi antara kamu dengan perusahaan yang kamu lamar. Sehingga perusahaan bisa mengetahui identitas dan informasi terkait tentang dirimu.


3. Bahan Pertimbangan

Surat lamaran menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan oleh pihak HRD. Pasalnya latar belakang pendidikan dan pengalaman pelamar tertera jelas dalam surat tersebut. 


BACA JUGA: 4 Contoh Lamaran Kerja di Rumah Sakit & Formatnya yang Benar


Hal Penting dalam Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank

Komponen surat lamaran kerja di bank

Ketika kamu membuat surat lamaran kerja di bank, ada hal-hal penting yang kamu perhatikan agar surat lamaran tersebut tersusun dengan baik dan benar. 

1. Buat Surat Lamaran dengan Singkat dan Jelas

Hindari menuliskan hal yang tidak terlalu penting dalam surat lamaran kerja. Tulislah hanya pengalaman kerja, identitas, dan skill yang kamu miliki. Buat itu tetap singkat tapi memiliki daya tarik yang mampu mencuri perhatian HRD.


2. Utamakan Ketelitian

Banyak pelamar yang mengirim satu surat lamaran untuk beberapa perusahaan sekaligus. Sebenarnya hal ini harus kamu hindari karena hal ini menghilangkan kesan personal dari surat lamaran. Jangan membuat copy paste seluruh surat lamaran, coba sebutkan nama bank yang kamu tuju dengan benar. Tulis juga posisi yang kamu lamar di bank tersebut dengan jelas. 


3. Sampaikan Rasa Antusias

Hal yang tidak kalah penting yang perlu kamu masukkan dalam surat lamaran adalah rasa antusias kamu untuk dapat bergabung dengan bank. Dengan menunjukkan rasa antusias, HRD akan menilai bahwa kamu adalah orang yang siap untuk bekerja.


Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank

cara membuat surat lamaran kerja di bank

Membuat surat lamaran kerja juga ada caranya. Nah, bagi kamu yang mungkin belum tahu, coba ikuti cara membuat surat lamaran kerja di bank di bawah ini.

1. Masukkan Kepada Siapa Surat Ditujukan

Pertama, kamu harus cari tahu kepada siapa surat lamaran kerja di bank akan ditujukan. Surat tersebut mungkin saja ditujukan untuk tim HRD, Manager, atau posisi lainnya. Pastikan pula wilayah cabang kantor bank yang ingin kamu lamar


2. Jelaskan Maksud dan Tujuan Melamar 

Membuat surat lamaran adalah kesempatan untuk kamu menjelaskan maksud dan tujuan melamar pekerjaan sehingga HRD dapat lebih memahami alasan, kebutuhan, serta latar belakang kamu melamar kerja. 


3. Tulis Informasi Pribadi

Dalam surat lamaran kerja, informasi pribadi sangat penting. Dengan data diri HRD bisa mengetahui siapa pelamar. Selain itu, HRD jadi dapat lebih mudah menghubungimu melalui kontak pribadi yang kamu cantumkan. Namun, data pribadi yang kamu tulis hanya yang penting saja, seperti nama lengkap, alamat, kontak, pendidikan terakhir. 


4. Tonjolkan Pencapaian dan Skill

Tulislah pencapaian serta skill yang kamu miliki pada surat lamaran kerja di bank. Hal ini guna meninggalkan kesan yang mendalam kepada HRD sehingga memilihmu untuk memasuki tahap berikutnya. 


5. Cantumkan Semua Dokumen

Cantumkan dokumen yang menjadi syarat lamaran pada surat lamaran. Hal ini untuk membantu HRD memproses lamaran kerja dengan cepat. Ini bisa menjadi poin plus untuk kamu karena inisiatif tinggi. 


6. Akhiri dengan Citra yang Mengesankan

Pada bagian akhir surat lamaran kerja di bank, kamu ucapkan terima kasih serta kalimat yang menggambarkan kesungguhan serta harapan kamu untuk bisa mengisi posisi tersebut. Dengan begitu HRD akan melihat kesungguhan dan sisi profesional dari kamu.


Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Baik dan Benar

Contoh surat lamaran kerja di bank

Menulis surat lamaran kerja di bank tidaklah sulit, apalagi bila kamu sudah dibantu dengan contoh surat lamaran kerja di bank, menulisnya akan terasa lebih mudah. Berikut ini beberapa contoh surat lamaran kerja di bank untuk referensi:

1. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank untuk Fresh Graduate

Jakarta, 01 Februari 2022


Hal : Lamaran Pekerjaan

Lampiran : 8 Lembar


Kepada Yth.

Bapak/Ibu Staff Personalia Bank BNI Syariah

Di Tempat


Berdasarkan informasi yang saya dapat di media cetak dan akun resmi PT Bank Mandiri Tbk mengenai program Walk Interview Lowongan Kerja di Bank BNI Syariah Cabang Jakarta Pusat per tanggal 30 Januari 2022. Bersama dengan surat ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan untuk posisi Analisis Data di Perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin.


Adapun data diri saya sebagai berikut:


Nama : Ade Surya. S.Si

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 14 Februari 1998

Status : Belum Menikah

Pendidikan Terakhir : S1 Statistik Terapan

Alamat : jl. Pegangsaan Raya No 1, Jakarta Pusat

No. HP : 0811 2222 3333

Email : adesurya@gmail.com


Saya merupakan Alumni Program Studi Statistik di Institute Pertanian Bogor yang lulus dengan IPK 3,87  dengan predikat pujian (Cumlaude). Saya memiliki keahlian dalam membaca dan menganalisis data dalam ukuran kecil maupun besar baik manual maupun dengan bantuan Software Analisis Data seperti SPSS atau mengembangkan program analisis data berbasis bahasa C, C++, C#, Ruby dan Kotlin. Saya juga mampu bekerja dalam tekanan baik secara individu maupun dalam tim.


Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :


  1. Fotokopi KTP
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Fotokopi Piagam Penghargaan 2nd Position in International Big Data Analyzing 2008 Held by Unicef in Abu Dhabi
  6. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku
  7. Fotokopi Surat Keterangan Berbadan Sehat
  8. Fotokopi Sertifikat IELTS Score 7.50
  9. Pas Foto 4 x 6


Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberikan kesempatan untuk mengikuti tes wawancara sehingga saya dapat memberikan penjelasan lebih detail mengenai potensi diri saya di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.


Demikian surat lamaran ini saya ajukan, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.


Jakarta, 14 Oktober 2020

Ade Surya S.Si


2. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BCA

Pasuruan, 24 Oktober 2020


Perihal : Lamaran Pekerjaan


Kepada Yth,

HRD Bank BCA

Kantor Cabang Pasuruan

Pasuruan


Dengan hormat,


Sehubungan dengan informasi yang saya dapatkan dari media sosial, bahwa Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan sedang membuka lowongan kerja untuk posisi teller. Sehingga saya yang bertanda tangan di bawah ini:


Nama : Fitria Rahma

Tempat/Tgl Lahir : Pasuruan, 02 Januari 1995

Jenis Kelamin         : Perempuan

Pendidikan : S1 Perbankan

Telp : 089123456787

Alamat : Jl. Hang Tuah, No. 56, Kota Pasuruan


Dengan ini bermaksud untuk mengajukan lamaran pekerjaan di Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan sebagai teller sesuai dengan yang Bapak/Ibu butuhkan.


Adapun pengalaman pekerjaan saya adalah pernah bekerja di bank swasta di Kota Pasuruan selama kurang lebih selama 2,5 tahun. Ada pula berupa pengalaman dan ilmu yang saya peroleh dari mengikuti beberapa seminar dan workshop yang berkaitan dengan dunia akuntansi maupun perbankan.


Tidak hanya itu, bersama ini saya juga melampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pertimbangan untuk Bapak/Ibu, antara lain:


  1. Fotocopy KTP
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy Transkrip Nilai
  5. Pasfoto Terbaru Ukuran 4 x 6
  6. Fotocopy SKCK


Besar harapan saya untuk bisa bergabung menjadi salah satu teller Bank BCA Kantor Cabang Pasuruan.  Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

 

Hormat Saya,

Fitria Rahma


3. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank Syariah

Surabaya , 1 Februari 2022


Kepada Yth,

HRD Bank Mandiri Syariah

Cabang Surabaya

Jl. Diponegoro No. 6, Manukan, Surabaya


Lampiran: 5 (lima) lembar

Hal: Surat lamaran kerja


Dengan hormat,

Sehubungan dengan informasi yang saya baca di berita harian di Koran Sindo terkait dengan dibukanya lowongan pekerjaan di Bank Mandiri Syariah untuk di bagian Teller, maka dengan ini saya bermaksud untuk mengajukan surat lamaran kerja guna dapat menempati posisi tersebut.

 

Adapun data diri saya sebagai berikut:


Nama : Maulida Dini

Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 22 Juni 1993

Jenis Kelamin : Perempuan

Pendidikan : S1 Manajemen, Universitas Wijaya Kusuma

Alamat : Jl. Sikatan VII, Manukan Surabaya

Agama : Islam

No Telepon : 0856-0678-0878

E-mail : maulidadini@gmail.com


Bersama dengan surat ini, berikut saya lampirkan dokumen administratif:


  1. Fotocopy ijazah
  2. Fotocopy transkrip nilai akademik
  3. Fotocopy riwayat hidup
  4. Fotocopy SKCK
  5. Pas foto 4x6 sebanyak 4 (empat) buah
  6. Fotocopy pengalaman kerja 


Demikian surat lamaran kerja ini saya buat berdasarkan kondisi yang sebenarnya. Apabila di kemudian hari terdapat perbedaan, saya sepenuhnya siap bertanggung jawab. Atas perhatian dan kerjasamanya saya sampaikan terima kasih.


Surabaya, 1 Februari 2022

Hormat saya,

Maulida Dini


4. Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank BRI

Jakarta, 13 Februari  2022


Perihal: Lamaran Pekerjaan


Kepada

Yth. Bapak/Ibu Kepala Bagian Personalia

PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

Cabang Depok

Alamat cabang BNI tertuju

di (Kota Cabang BNI tertuju)


Dengan hormat,


Sebagaimana informasi pada Koran Kompas pada tanggal 11 Februari 2022, bahwa PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. sedang membuka lowongan kerja pegawai.

Berdasarkan informasi tersebut saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan sebagai pegawai di PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. pada bagian frontliner.


Berikut data personal saya;


Nama : Rudi Widodo

Tempat/Tanggal Lahir : Jayapura, 01 Maret 1995 

Pendidikan Terakhir : D3 Perbankan 

Alamat : Jl. Surabaya no. 5 a, Jakarta

Telepon/Hp : 0898989898

Email : rudiwidodo@email.com


Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan pula data-data berikut;


  1. Daftar riwayat hidup
  2. Fotokopi KTP
  3. Foto berwarna 4x6
  4. Fotokopi ijazah terakhir legalisir
  5. Fotokopi transkrip nilai legalisir
  6. Surat keterangan belum menikah


Demikian surat lamaran pekerjaan ini, besar harapan saya untuk bisa diterima menjadi pegawai di lingkungan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu, saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya

Rudi Widodo



Bagaimana dengan contoh surat lamaran kerja di bank di atas? Sangat membantumu, kan? Jangan lupa untuk membaca ulang surat lamaran sebelum mencetak dan mengirimnya untuk menghindari typo. 

Jika kamu masih mencari lowongan kerja di bank, KitaLulus bisa menjadi tempat yang tepat untuk menemukannya. Ada banyak lowongan di bidang perbankan yang bisa kamu lamar. Jangan takut melamar di KitaLulus karena semua lowongan sudah melalui proses verifikasi jadi dijamin bebas lowongan palsu. Yuk, temukan pekerjaan impianmu di KitaLulus, sekarang!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.