3 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik & Strukturnya yang Benar

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Surat pengunduran diri karyawan pabrik- Di manapun kamu bekerja, membuat surat resign adalah salah satu aturan etika saat mengundurkan diri, termasuk saat kamu bekerja di pabrik. Sama seperti jenis surat resign lainnya, surat pengunduran diri karyawan pabrik juga punya struktur dan aturan masing-masing.

Ingin tahu bagaimana struktur surat pengunduran diri karyawan pabrik yang benar? Simak penjelasan sekaligus contohnya dalam artikel berikut ini.

Surat Pengunduran Diri Menurut Undang-Undang

Aturan resign menurut undang-undang

Ketentuan mengenai pembuatan surat pengunduran diri karyawan sebenarnya sudah diatur dengan sangat jelas dalam pedoman Dinas Ketenagakerjaan, di mana dikatakan bahwa karyawan yang ingin mengundurkan diri setidaknya menyerahkan surat pengunduran diri 30 hari sebelum berhenti kerja.

UU No 13 Tahun 2003 terkait dengan ketenagakerjaan juga menegaskan bahwa pencatatan karyawan yang mengundurkan diri dilakukan setidaknya 30 hari. Bila pihak melanggar maka bisa dikenakan sanksi sesuai dengan undang-undang.

Struktur Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Surat pengunduran diri karyawan menjadi salah satu syarat administratif dari suatu pabrik yang nantinya akan diberikan kepada manajer HRD dan kemudian akan disampaikan kepada atasan atau direktur.

Pada umumnya, setiap perusahaan memiliki ketentuan mengenai persuratan termasuk juga mengenai surat pengunduran diri karyawan. Secara garis besar struktur surat pengunduran diri karyawan pabrik antara lain:

1. Kota dan Tanggal

Bagian ini ditulis di sisi atas pojok kanan dan menunjukkan tempat dan waktu kapan surat dibuat.

2. Kepada Siapa Surat Ditujukan

Lalu, pada bagian atas sebelah kiri, umumnya ditulis dengan kepada siapa surat tersebut diajukan. Bisa kepada HRD, direktur atau manajer perusahaan

3. Salam Pembuka

Dalam surat formal termasuk surat pengunduran diri karyawan pabrik, salam pembuka merupakan hal yang pokok. Salam pembuka ini menunjukkan rasa hormat kepada penerima surat.

4. Isi

Dalam isi surat pengunduran diri karyawan ini kamu menjelaskan niat kamu menulis surat ini. Sedikit tips untuk kamu dalam menulis isi surat pengunduran diri adalah tulislah secara singkat, jelas, sopan, dan relevan dengan kondisi yang sesungguhnya.

Bagian ini harus kamu tulis dengan baik dan benar karena akan menunjukkan profesionalitas dan sikapmu.

5. Penutup

Setelah menuliskan isi, bagian terakhir adalah penutup. Biasanya bagian ini berisikan ucapan rasa terima kasih serta permohonan maaf kepada perusahaan bila terdapat kesalahan yang pernah dilakukan selama bekerja. Tidak lupa, sampaikan juga harapan baik kamu kepada perusahaan dan bagaimana kamu berharap kedepannya komunikasi tetap terjalin.

BACA JUGA: Contoh Surat Pengunduran Diri dalam Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik

Sekalipun kamu mengundurkan diri dengan alasan logis, kamu tetap harus membuat surat pengunduran diri. Nah, jika kamu seorang karyawan pabrik yang ingin mengundurkan diri, berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Ringkas

Contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik

2. Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Operator Produksi

Bandung, 28 Februari 2022

Kepada Yth :

Kepala PT. Makmur Jaya Langgeng

di Jln. Rajawali Timur, Bandung

Jawa Barat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya selaku karyawan PT. Makmur Jaya Langgeng berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai karyawan dan undang-undang kerja, maka saya yang bertanda tangan di bawah ini;

Nama : Cipto Aditya

Departemen : Produksi

Jabatan : Operator Produksi

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Makmur Jaya Langgeng karena ingin fokus melanjutkan usaha keluarga. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur perusahaan. Saya berharap pihak perusahaan mengerti dan menerima permohonan pengunduran diri saya. Serta dapat memberikan hak-hak selaku karyawan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran. Terima kasih atas perhatian dan dukungannya selama ini.

Hormat Saya,

Cipto Aditya

3. Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik Posisi Staff

Cikarang, 9 Maret 2022

Yth. Manager HRD PT Makmur Agung

Jl. Pahlawan  No. 18, Cikarang

Dengan hormat,

Saya, Febri selaku staf supply chain bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT Makmur Agung per 10 April 2022, karena ingin fokus melanjutkan pendidikan S1.

Saya ucapkan terima kasih atas kesempatan dan pengalaman kerja yang telah diberikan selama 2 tahun ini. Mohon maaf apabila selama bekerja, saya melakukan kesalahan yang mungkin merugikan perusahaan.

Demikian surat ini saya tulis tanpa paksaan dari pihak manapun. Semoga PT Makmur Agung akan semakin maju dan sukses selalu.

Hormat saya,

Febrianto

Nah, itulah penjelasan lengkap mengenai surat pengunduran diri karyawan pabrik. Bagaimana, sekarang kamu sudah lebih pahamkan mengenai pembuatan surat resign?

Ketika kamu mengajukan resign, hal yang harus jadi pertimbangan adalah sesegera mungkin menemukan pekerjaan baru. Salah satu cara mudahnya adalah dengan aplikasi KitaLulus. Di aplikasi KitaLulus kamu bisa menemukan ribuan lowongan yang tersebar di 15 kota di Indonesia. 

Selain itu, melamar kerja di KitaLulus juga mudah tak perlu keluar rumah, cukup bermodalkan internet kamu bisa melamar pekerjaan sana sini dan lamaran langsung masuk ke WhatsApp HRD, lho! Yuk, #LebihMudah dapat pekerjaan baru di KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!