8 Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan dan Formatnya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Ada banyak alasan orang berhenti kerja. Ketika kita tidak merasa cocok atau ingin mengembangkan karir, maka mengajukan resign adalah jalan terbaik. Tapi, apakah kamu sudah tahu contoh surat pengunduran diri karyawan yang baik dan benar?

Pengunduran diri adalah hal yang sensitif, oleh karena itu kamu perlu membuat surat resign agar tidak meninggalkan kesan buruk atau tidak profesional. Bila kamu belum tahu bagaimana cara membuat surat pengunduran diri kerja dari perusahaan, tenang, artikel berikut akan mengulasnya. Yuk simak!

Sekilas tentang Surat Pengunduran Diri Karyawan

Mungkin beberapa orang melihatnya sepele, tapi surat pengunduran diri karyawan ini memegang peranan penting apabila kamu mengajukan proses resign kerja.

Surat pengunduran diri kerja adalah surat yang dibuat sebagai pernyataan formal mengenai alasan pengunduran diri dari perusahaan atau instansi.

Dengan mengajukan surat resign, artinya kamu telah mengikuti ketentuan dan keluar dengan mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Selain itu, surat pengunduran diri kerja juga akan memberikan waktu kepada perusahaan untuk mencari penggantimu tanpa tergesa-gesa.

Alasan Penting Membuat Surat Pengunduran Diri

Ketika kamu hendak resign, membuat surat pengunduran diri dari perusahaan adalah hal yang penting. Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu membuat surat ini.

1. Menunjukkan Profesionalitas

Dengan membuat surat pengunduran diri, kamu menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang memiliki profesionalisme tinggi. Sehingga, setelah resign pun kamu akan memiliki kesan dan citra baik dari atasan serta rekan-rekan di tempat kerja lamamu.

2. Memberitahu Perusahaan untuk Segera Mencari Pengganti

Ketika kamu menyerahkan surat pengunduran diri kerja kepada HRD atau atasan, maka secara otomatis kamu juga memberitahu kepada mereka untuk segera mencari penggantimu.

Jika kamu resign tanpa pemberitahuan tertulis, hal ini bisa membuat perusahaan kesulitan mencari pengganti dan mem-backup pekerjaan yang akan kamu tinggalkan.

Oleh karena itu, surat  pengunduran diri penting dibuat untuk membantu HR menyiapkan proses rekrutmen guna mencari pengganti.

3. Memberi Informasi yang Jelas tentang Status Karyawan

Surat resign juga memberikan kejelasan terkait statusmu di perusahaan. Dengan kata lain, ketika kamu menyerahkan surat tersebut dan perusahan menyetujuinya, maka kamu tidak lagi ada sangkut pautnya dengan perusahaan tersebut.

4. Menjaga Hubungan Baik dengan Perusahaan

Surat pengunduran diri karyawan dapat menjaga hubungan baik antara kamu dan perusahaan, walaupun kamu ingin meninggalkan perusahaan.

Menjaga hubungan baik ini sangat penting sebab kita tidak tahu di masa depan mungkin saja kita akan memerlukan bantuan dari perusahaan yang dulu tempat kita bekerja.

Format Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Baik dan Sopan

Format Surat Pengunduran Diri Karyawan

Dalam pembuatannya, surat pengunduran diri perlu ditata dengan baik agar bisa dipahami dan terlihat sopan. Jika mungkin ini adalah pengalaman pertama kamu mengajukan surat pengunduran diri kerja, simak formatnya berikut.

1. Kepala Surat

Bagian kepala surat berisikan tempat dan tanggal pembuatan surat pengunduran diri, nama penerima, serta alamat yang dituju.

2. Isi Surat

Secara umum, surat resign yang baik dan sopan berisi hal-hal seperti:

  • Data diri
  • Maksud dan tujuan pembuatan surat resign
  • Apresiasi terhadap perusahaan selama masa kerja
  • Ucapan permohonan maaf
  • Harapan kepada perusahaan

3. Penutup

Bagian penutup dalam surat pengunduran diri kerja biasanya berisikan ucapan terima kasih. Kemudian pada bagian bawah dilengkapi dengan nama dan tanda tangan pembuat surat.

Baca Juga: 8 Pertanyaan Exit Interview yang Biasa Diajukan HR, Bisa Dibuat Latihan Nih!

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Karyawan

Surat resign termasuk surat formal, jadi kamu harus memastikan surat tersebut ditulis dengan ringkas, padat, tanpa bertele-tele. Supaya lebih paham, coba ikuti juga cara membuat surat pengunduran diri kerja di bawah ini.

1. Isi Surat Harus Positif dan Ringkas

Dalam membuat surat pengunduran diri, buatlah seringkas mungkin. Coba pikirkan baik-baik alasan pengunduran diri yang kamu lakukan. Sangat tidak diperkenankan menulis kata-kata kebencian atau sakit hati terhadap perusahaan. 

2. Periksa Kebijakan Perusahaan Terkait Pengunduran Diri

Alangkah baiknya sebelum kamu membuat surat pengunduran diri kerja, cek peraturan atau kebijakan yang diberlakukan perusahaan terkait pengunduran diri. Biasanya ini bisa kamu temukan di surat kontrak kerja.

Hal-hal yang kamu perlu perhatikan di antaranya terkait apakah ada denda, bagaimana jalur administrasinya, dan sebagainya.

3. Komunikasikan Niat Pengunduran Diri dengan Atasan

Jika kamu sudah ada niat untuk mengundurkan diri, cobalah komunikasikan niat tersebut kepada atasan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi miskomunikasi. Alasan yang kamu ajukan kepada atasan juga akan menjadi acuan dalam surat pengunduran diri kerja yang kamu buat.

4. Selesaikan Segala Tanggung Jawab

Jangan lupa untuk menyelesaikan segala tanggung jawabmu sebelum hari terakhir di kantor. Sehingga proses transisi pekerjaanmu ke orang baru bisa lebih mudah serta sebagai bentuk tanggung jawabmu kepada perusahaan.

Baca juga: Ingin Resign Tapi Ditawari Counter Offer Gaji, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Jenis-jenis Surat Pengunduran Diri Karyawan

Surat pengunduran diri karyawan dari tempat kerja memiliki dua jenis, yaitu one month notice dan two week notice. Penjelasan tentang jenis surat tersebut adalah sebagai berikut:

1. One Month Notice

One month notice adalah pemberitahuan yang terhitung satu bulan sebelum kamu resmi mengundurkan diri dari perusahaan.  Dengan memberikan one month notice, kamu memberikan waktu kepada perusahaan untuk mencari penggantimu. 

Surat pengunduran diri one month notice banyak digunakan sebagai standar syarat pengunduran diri banyak perusahaan.

2. Two Week Notice

Pemberian ini diberikan dua minggu sebelum kamu resmi mengundurkan diri dari perusahaan. Untuk mengajukan surat pengunduran diri ini, kamu harus punya alasan yang benar-benar logis. Bila kamu tidak memiliki alasan yang logis, pengunduran dirimu bisa ditolak oleh atasanmu.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan yang Baik dan Benar

Di atas kamu sudah mengetahui tentang seluk beluk surat mengundurkan diri. Nah, agar kamu lebih paham, berikut ini beberapa contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa kamu jadikan referensi dengan berbagai alasan dan tujuannya.

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Berbahasa Inggris

2. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

Contoh Surat Pengunduran Diri dari Pabrik

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja yang Baik dan Sopan

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

Contoh Surat Pengunduran Diri Sederhana

5. Contoh Surat Resign Bahasa Indonesia

Contoh Surat Resign Bahasa Indonesia

6. Contoh Surat Resign di Masa Percobaan

Contoh Surat Resign di Masa Percobaan

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Hotel

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Hotel

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Domisili

Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pindah Domisili

Itulah beberapa contoh surat pengunduran diri yang bisa kamu jadi referensi. Ingat ya, setelah kamu mengajukan pengunduran diri, kamu harus menyelesaikan semua tanggung jawabmu dengan baik. 

Setelah kamu mengajukan surat pengunduran diri, kamu bisa mencari lowongan pekerjaan baru di KitaLulus.

Melamar kerja di KitaLulus pastinya #LebihMudah karena kamu tidak perlu keluar rumah cukup lewat aplikasi dan bisa temukan pekerjaan dari perusahaan ternama yang tersebar di 15 kota di Indonesia. Yuk, temukan pekerjaan impian lebih mudah di KitaLulus sekarang!

Baca juga: Tidak Jadi Mengundurkan Diri? Ini Contoh Surat Batal Resign untuk Diserahkan ke HR

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!