Ingin Resign Tapi Ditawari Counter Offer Gaji, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Counter offer gaji– Di saat kita mengajukan resign untuk memulai karier baru, ada saja godaan yang kerap menggoyahkan niat kita. Salah satunya adalah counter offer gaji yang ditawarkan perusahaan. 

Biasanya perusahaan akan menawari kita kenaikan gaji sekian persen agar kita mengurungkan niat dan tetap bertahan di perusahaan tersebut. Jika dalam situasi seperti ini, sebenarnya apa yang harus kita lakukan, menerima atau menolak? Nah, untuk tahu lebih jelasnya, simak dalam artikel berikut ini, ya!

Apa Itu Counter Offer Gaji?

Counter offer artinya

Counter offer adalah penawaran yang dibuat oleh perusahaan sebagai bentuk tindakan ketika karyawan yang dinilai potensial dan punya kinerja baik mengajukan resign dengan pindah ke perusahaan lain. Dengan mengajukan counter offer artinya perusahaan ingin kamu mempertimbangkan kembali niat untuk resign. 

Biasanya perusahaan akan menawari kenaikan gaji atau promosi. Namun, lebih sering berupa kenaikan gaji karena kenaikan gaji adalah “hal instan” dan dapat terlihat. Selain itu, banyak karyawan yang mengajukan resign karena merasa gaji yang mereka dapatkan sudah tidak sesuai.

BACA JUGA: 12 Alasan Mengajukan Resign Mendadak Tanpa Tinggalkan Kesan Buruk

Alasan Perusahaan Melakukan Counter Offer

Kehilangan karyawan potensial adalah mimpi buruk bagi perusahaan, karena untuk menemukan karyawan seperti itu bukanlah perkara gampang. Oleh sebab itu, ketika ada karyawan yang potensial mengajukan resign terlebih untuk pindah ke perusahaan lain. Perusahaan akan sebisa mungkin memberikan penawaran yang menjanjikan bagi karyawan tersebut. 

Tapi, apakah hanya itu saja alasan perusahaan melakukan counter offer? Tidak, ternyata memang ada alasan lainnya, seperti:

  • Perusahaan sadar untuk mencari pengganti karyawan untuk posisi tersebut cukup sulit dan memakan waktu.
  • Meminimalkan biaya perekrutan dan pelatihan karyawan pengganti.
  • Menghindari memberikan beban kerja berlebih kepada seluruh tim karena karyawan yang resign.
  • Mempertahankan pengetahuan yang dimiliki karyawan tentang proses bisnis perusahaan.
  • Mencegah karyawan bersangkutan untuk pindah ke kompetitor.

Bagaimana Proses Counter Offer?

Counter offer biasanya dilakukan setelah atasan mengetahui besaran offering yang kamu terima dari calon perusahaan baru. Setelah itu, perusahaan akan mengajukan counter offer kenaikan gaji yang disesuaikan dengan penawaran yang kamu dapat dari calon perusahaan baru.

Jika kamu termasuk orang yang mendapat counter offer gaji, pastikan info tersebut tidak bocor ke orang lain ya, terutama terkait besar nominal yang ditawarkan HR padamu. Sebab ada kemungkinan timbul kecemburuan, karena tidak semua orang berkesempatan mendapat counter offer.

Apakah Harus Menerima atau Menolak Counter Offer?

Cara menolak counter offer HR

Mendapatkan counter offer adalah situasi yang membuat galau. Kita tidak bisa bohong kalau tawaran gaji dari perusahaan membuat kita tergiur yang membuat kita ingin menerima counter offer. Namun, di satu sisi ada karier baru yang menanti kita di calon perusahaan baru yang membuat kita ingin menolak counter offer

Nah, jika seperti ini apa yang harus kita lakukan? Sebenarnya, keputusan menerima atau menolak counter offer kembali lagi kepada alasan mengapa kamu mengajukan resign. Untuk membantu kamu mengambil sikap, coba perhatikan hal berikut ini!

Alasan Menerima Counter Offer

Faktanya, lebih dari 50% karyawan menerima counter offer pada saat diajukan. Biasanya pertimbangan cukup sederhana, karena kamu tidak lagi perlu susah-susah beradaptasi di perusahaan baru dan kamu pun mendapatkan kenaikan gaji yang kamu harapkan. Hal ini tidak terdengar buruk untuk diambil.

Jika memang alasan kamu resign adalah karena gaji, menerima counter offer bisa kamu pilih. Namun, pastikan lagi jika memang kenaikan gaji tersebutlah yang benar-benar kamu harapkan.

Alasan Menolak Counter Offer

Kebanyakan recruitment specialist berpendapat sebaiknya kamu menolak counter offer dari perusahaan. Kenapa? Ketika kamu mendapatkan counter offer mungkin saja kamu terlihat unggul, karena perusahaan ingin mempertahankan kamu.

Tapi, faktanya tidaklah demikian. Itu justru tanda bahwa sejak awal perusahaan hanya memikirkan jangka pendek. Perusahaan akan lebih memikirkan biaya dan kerugian yang akan didapat saat kamu resign. Mereka perlu mencari pekerja lainnya yang cocok untuk menggantikanmu. 

Ada baiknya kita memikirkan lebih dalam mengapa perusahaan justru memberikan penawaran yang menguntungkan saat kita ingin resign.

Jika perusahaan merasa kita layak mendapatkan kenaikan gaji, mengapa baru ditawarkan saat kita mengajukan resign?

Selain hal itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa kamu sebaiknya tidak menerima counter offer, antara lain:

1. Masalah Tidak Terselesaikan dengan Counter Offer

Ketika kamu menerima counter offer satu-satunya yang berubah adalah gaji yang mengalami kenaikan. Tapi, bagaimana dengan masalah lainnya yang selama ini membuat kamu mengalami stres kerja? Misal jam kerja yang berlebihan, rekan kerja yang membuat tidak nyaman, atau hal lainnya yang membuatmu tidak nyaman dalam bekerja.

Menerima counter offer mungkin membuat kamu senang, setidaknya dalam beberapa waktu kedepan, namun kamu masih menghadapi masalah yang sama. 

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menolak counter offer dan memulai sesuatu yang baru di perusahaan baru.

2. Tidak Ada Kesempatan untuk Mengembangkan Karier

Perusahaan mungkin saja memberikan offering yang menarik untuk menahan kita resign. Tapi pikirkan kembali, apakah perusahaan memberikan kesempatan kita untuk mengembangkan karier? Jika tidak ada, keputusan untuk menolak counter offer adalah hal tepat.

3. Loyalitasmu akan Dipertanyakan 

Tidak peduli seberapa baik hubunganmu dengan atasan, jika kamu menerima counter offer, loyalitas kamu akan dipertanyakan di masa depan. Bahkan, kamu ada kemungkinan tidak akan menjadi karyawan pertama yang dipilih saat ada promosi jabatan.

Mengundurkan diri bisa menghancurkan kepercayaan di awal dan bisa menghambat kariermu di masa depan. Jadi, walaupun kamu mendapatkan counter offer yang bagus, kemungkinan besar kamu akan lebih maju di perusahaan baru.

4. Peluang Baru

Cara menyikapi counter offer perusahaan

Menolak counter offer dan menerima tawaran perusahaan baru bisa membuka peluang baru bagi kariermu ke tingkat berikutnya. Kantor barumu mungkin menawarkan peluang pengembangan karier yang lebih baik atau, setidaknya menawarkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru.

Nah, itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang counter offer. keputusan untuk menerima dan menolak tawaran tersebut sepenuhnya kembali lagi kepada dirimu. Dengan mempertimbangkan pro dan kontra.

Jika kamu memutuskan untuk mencari peluang karier yang baru, semua bisa #LebihMudah di KitaLulus. Ada ribuan lowongan dari berbagai industri dan perusahaan terkemuka yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa mengirim lamaran langsung ke WhatsApp HRD semua dilakukan tanpa keluar rumah hanya lewat smartphone mu. Yuk, dapatkan pekerjaan impian di KitaLulus, sekarang! 

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!