Close Pop up

Daftar Perusahaan Terindikasi Penipuan Berkedok Lowongan Kerja, Hati-hati!

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Di era modern dan serba mudah seperti saat ini, banyak lowongan kerja yang disebarkan melalui media sosial atau aplikasi chat. Namun, kamu harus tetap hati-hati dengan beberapa daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja.

Pasalnya, masih banyak orang yang mengambil keuntungan dari orang lain dengan cara menipu, termasuk salah satunya memberimu alamat perusahaan palsu.

Oleh karena itu, KitaLulus akan menjelaskan ciri-ciri lowongan kerja palsu dan daftar perusahaan yang diduga penipuan berkedok lowongan kerja. Mari kita simak penjelasan di bawah ini agar kamu bisa lebih waspada dan hati-hati.

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu

Tidak sedikit orang menjadi korban dari perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja. Banyaknya orang yang membutuhkan pekerjaan menjadi salah satu alasan dibaliknya tindak kejahatan ini.

Nah, biar kamu bisa lebih waspada dan hati-hati, kamu perlu tahu ciri-ciri lowongan kerja palsu dari daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja, di antaranya:

1. Informasi Sumber Lowongan Kerja Tidak Valid

Ciri-ciri lowongan kerja palsu yang pertama adalah informasi sumber lowongan kerja tidak valid. Bahkan tidak sedikit yang mengatasnamakan perusahaan ternama dan membuka lowongan dalam jumlah banyak.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa langsung melakukan pengecekan di situs resmi perusahaan terkait lowongan pekerjaan tersebut. Jika ternyata di situs resmi perusahaannya tidak ada informasi apa pun, ada kemungkinan info lowongan tersebut adalah indikasi penipuan.

2. Email yang Digunakan Tidak Resmi

Biasanya perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja menggunakan email yang tidak resmi. Ciri-cirinya adalah menggunakan domain umum seperti yahoo.id, gmail.com, dan lainnya.

Perusahaan resmi akan menggunakan email dengan domain resminya sendiri. Jarang yang menggunakan domain umum seperti yang disebutkan. Maka dari itu, Anda patut mencurigai bila suatu perusahaan tidak menggunakan domain email resmi.

Selain itu, berhati-hatilah ke penipu yang pakai email dengan nama perusahaan tapi website-nya berbeda. Misalnya kamu dapat email dari hrd@indofood.net yang mengaku dari Indofood, padahal website asli Indofood adalah indofood.com bukan indofood.net.

3. Tata Bahasa yang Berantakan

Ciri-ciri info lowongan kerja palsu lainnya adalah menggunakan tata bahasa yang berantakan dan cenderung tidak baku. Tahukah kamu, pada dasarnya setiap perusahaan memiliki tim rekrutmen profesional yang tentunya akan menggunakan tata bahasa yang baik.

Jika kamu mendapatkan info lowongan kerja dengan tata bahasa berantakan, kamu bisa asumsikan bahwa perusahaan tersebut kurang dapat dipercaya. Jika ragu, coba konfirmasi informasinya dengan mengecek apakah nama perusahaan tersebut masuk daftar perusahaan yang diduga penipuan berkedok lowongan kerja.

4. Bekerja Sama dengan Pihak Ketiga

Tidak sedikit modus penipuan kerja dari perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Misalnya jasa travel atau jasa penginapan. Biasanya, para pelamar kerja akan diminta mentransfer sejumlah uang dengan alasan biaya untuk pihak ketiga tersebut.

Hal ini umum ditemukan pada info lowongan kerja yang mengharuskan para pelamar melakukan tes atau interview di luar kota.

Perlu diketahui, perusahaan resmi justru akan mencantumkan bahwa mereka tidak melakukan kerja sama dengan pihak ketiga manapun. Sebaiknya kamu tetap waspada dan selalu mengecek kembali info lowongan kerja yang kamu dapatkan.

5. Formulir Pengisian yang Tidak Jelas

Satu lagi ciri-ciri info lowongan kerja palsu dari daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja, yaitu formulir pengisian yang tidak jelas. Maka dari itu, kamu harus lebih hati-hati dalam membuka tautan dari pihak yang tidak kamu kenal. Modus penipuan ini bisa mengambil data pribadi kamu, lho.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah biasanya perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja akan meminta kamu mengirimkan foto selfie dengan KTP, foto kartu rekening, atau foto mengenai data pribadi. Apabila kamu menemukan hal seperti itu, lebih baik langsung tutup formulir tersebut, ya!

6. Kualifikasi yang Terlalu Mudah

Pada umumnya, sebuah posisi membutuhkan beberapa kualifikasi tertentu yang harus dipenuhi oleh calon kandidat. Beda halnya dengan info dari daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja. Mereka akan memberikan kualifikasi pekerjaan yang terlalu mudah.

Misalnya hanya melampirkan CV dan tidak apa-apa jika kamu belum memiliki pengalaman. Bahkan, untuk posisi tertentu pun tidak ada kualifikasi pendidikan khusus. Jika kamu menemukan hal seperti itu, maka hampir bisa dipastikan bahwa info tersebut berasal dari perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja.

7. Penawaran Gaji yang Tidak Masuk Akal

Zaman sekarang, siapa sih yang tidak mau mendapatkan gaji besar? Biasanya untuk mendapatkan gaji besar, harus diimbangi dengan minimal pengalaman pekerjaan juga.

Tapi info dari daftar perusahaan yang diduga penipuan berkedok lowongan kerja, malah bisa memberikan penawaran gaji yang tidak masuk akal.

Mereka akan memberikan gaji besar untuk lulusan fresh graduate yang belum memiliki pengalaman. Nah, sebaiknya kamu jangan terlalu tergiur dengan tawaran gaji besar ini, ya! Sebab bisa jadi kamu masuk ke dalam modus daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja.

Baca juga: Melamar Kerja Melalui Calo Pabrik, Bolehkah? - KitaLulus

Daftar Perusahaan yang Terindikasi Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

perusahaan terindikasi penipuan

Selain waspada dengan mengetahui ciri-ciri info lowongan kerja palsu, kamu juga harus hati-hati terhadap beberapa daftar perusahaan yang terindikasi penipuan berkedok lowongan kerja.

Berikut nama-nama perusahaan yang perlu kamu waspadai:

  1. PT Mitra Utama Global
  2. PT Personal Pratama
  3. PT Personal Development
  4. PT Trinanda Bayo Perkasa
  5. PT Multi Strada Development
  6. PT Utama International
  7. PT Mitrama Indo
  8. PT Mitra Company
  9. PT Global Semesta Mandiri
  10. PT Amitex Karya Utama
  11. PT High Tech Center
  12. PT Inti Global Wijaya
  13. PT Tramalindo
  14. PT Inti Tama Karsa
  15. PT Asia Mitra
  16. PT Circle Indo Tama
  17. PT Marsa Indo
  18. PT Pansiga
  19. PT Rifan Financindo Berjangka
  20. PT Bandung Eco Sinergi Teknologi (BEST)
  21. PT Republik Indonesia Finance
  22. PT Melia Sehat Sejahtera
  23. PT Mitra Alfa Sukses
  24. PT Artha Sarana Technology
  25. One More International
  26. PT Solid Gold Berjangka
  27. PT Simbiotik Multitalenta Indonesia
  28. PT Shanrip Group Tangerang
  29. PT Midtou Aryacom Futures
  30. PT Globalindo Sarana Perkasa
  31. PT Jabontara Kencana Manufacturing
  32. PT Cyber Futures
  33. PT Artha Group Surabaya
  34. PT JBA Indonesia
  35. PT Otoparts Group Indonesia
  36. PT Cakra Pelita Investa
  37. PT East Cape Mining Corporation (ECMC)
  38. PT Eka Pioneer Assetindo
  39. PT Exist Assetindo
  40. PT Glory Golden Indonesia
  41. PT Golden Bird (Index Golden Bird)
  42. PT Golden Traders Indonesia Syariah
  43. PT Gracia Invexindo
  44. PT Indoboclub
  45. PT Indoglobal Samrey International
  46. PT Investasi Mandiri
  47. PT Legion Artha Mulia
  48. Aset Profit
  49. Best Link
  50. Bisnis Cermat Anda
  51. BJ City
  52. CV Kebun Mas Indonesia

Perlu diketahui bahwa beberapa dari perusahaan di atas ada juga yang merupakan perusahaan asli, namun ada pihak yang menyalahgunakannya untuk menipu para pelamar. Jadi, pastikan kamu lebih hati-hati ketika mendapat tawaran lowongan kerja dari kantor tersebut.

Selain daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja, kamu juga harus waspada terhadap beberapa alamat kantor bodong penipuan kerja di bawah ini.

  1. RT001/RW09 No:25, Cipinang Besar Utara, Rawa Bunga, Kec. Jatinegara, Jakarta Timur (Di bawah fly over Kampung Melayu dan sebelah Graha Tanjung Bunga Internasional)
  2. Jl. Suryopranoto No:85A (nomor rumah yang sering dipakai biasanya 82/83/84/86) Petojo Selatan, Harmoni, Jakarta Pusat (Samping Bank Panin dan samping Panorama World)
  3. Jl. Madrasah 11 No:1A RT008/RW10, Duren Sawit, Jakarta Timur
  4. Jl. Letjend Suprapto No:30 F/G, Harapan Mulya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat. (Samping Bank BCA KCP Cempaka Putih dan samping SPBU Pertamina Galur)
  5. Jl. Letjend Suprapto No:60/61, Blok A-J, Cempaka Putih, Jakarta Pusat (Samping Hotel D’Arcici dan belakang Bank Mega)
  6. Jl. Taman Harapan Indah H01 No:62, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi
  7. Grand Wisata Marketplace, Pintu Timur Blok PRS No:21, Grand Wisata, Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat (Depan KFC Grand Wisata)
  8. KARAWACI OFFICE PARK Blok H no 32 LIPPO KARAWACI, TANGERANG
  9. Jalan Rusli Hakim No:1A/1C Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (Gedung Pena Tour, Samping Duo Fitnes dan belakang Alfamart)

Biasanya, daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja juga bisa mengirimkan email dengan domain seperti berikut:

  1. dhefin@mayoraindah.com
  2. keihin.pt@gmail.com
  3. denso@officer.my.id
  4. kaihinmfgind@gmail.com
  5. Dunlop_tyres@hr-recruiters.com
  6. indofoodcbp@hr-office.online
  7. gteckindonesia@gmail.com
  8. hrd@mandirijayamotor.com
  9. iei_recruitment@career-epson.com
  10. vvcobain@gmail.com
  11. rekrutmen@career-indofood.my.id
  12. adminindofood@indosolution.net
  13. ade-kiyokuni@hrdrekrutmen.com

Bahkan beberapa dari daftar perusahaan penipuan berkedok lowongan kerja ada yang sampai menelepon, lho. Jika kamu menerima telpon dari beberapa nomor di bawah ini, harap jangan diangkat, ya!

  1. Kantor Jasa Keuangan Medan: 081268529290
  2. PT Sansan Saudaratex Jaya: 081388641658
  3. Fimel Collection: 081311624402
  4. PT Wahana Jaya Prima: 083167063583
  5. Asahindi Logistik: 085691735770
  6. PT Indophone Manufacturing: 081398890539
  7. PT Fortis Tissue: 081219642883
  8. Airlines Tadika Putri: 087755064331
  9. Asahindo Logistik: 085691735770
  10. PT Inovasi Sinar Terang: 08229730895

Demikianlah penjelasan mengenai daftar perusahaan terindikasi penipuan berkedok lowongan kerja, ciri-ciri info lowongan kerja palsu, hingga alamat, email, dan nomor telepon yang sering digunakan. Ada baiknya jika kamu selalu waspada dan berhati-hati saat mendapatkan info lowongan kerja, ya!

Nah, jika kamu mau melamar kerja dengan aman, kamu bisa gunakan aplikasi KitaLulus. KitaLulus adalah platform cari kerja teraman di Indonesia, karena semua perusahaan yang tergabung di KitaLulus telah terverifikasi oleh tim profesional serta sistem berteknologi canggih. Berkat dukungan pengguna, KitaLulus terpilih sebagai Google Play Best App of 2022!

Dapatkan kesempatan melamar kerja dengan mudah, aman, dan terpercaya bersama 3 juta pelamar aktif perbulannya. Yuk download aplikasi KitaLulus di Play Store secara gratis sekarang juga!

Baca juga: 17 Tips Mengikuti Job Fair Agar Langsung Dapat Kerja

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!