17 Tips Mengikuti Job Fair Agar Langsung Dapat Kerja

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Job fair adalah– Sebagai jobseeker, pasti kamu melakukan berbagai usaha untuk mendapatkan pekerjaan, bukan? Salah satu usaha yang kamu lakukan adalah mengikuti job fair. Tidak heran, job fair adalah cara paling efektif untuk mencari melamar dengan mudah bahkan kamu bisa menambah relasi baru.

Jika kamu sedang akan mengikuti job fair, kamu bisa menyimak artikel ini. KitaLulus akan menjelaskan tentang 17 tips mengikuti job fair supaya lamaran ke perusahaan incaranmu bisa diterima.

Langsung saya yuk simak artikelnya hingga akhir!

BACA JUGA: Dear Jobseeker, Ikuti Tips Cari Kerja Ini Agar Bisa Menemukan Pekerjaan Secepatnya

Kelebihan dan Kekurangan Mengikuti Job Fair

Kelebihan dan kekurangan job fair

Apa pun jalur melamar kerja sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk job fair. Jika kamu masih menimbang untuk mengikuti acara ini, sebaiknya kamu mempelajari plus dan minusnya berikut ini.

1. Kelebihan Mengikuti Job Fair

Kelebihan mengikuti job fair adalah sebagai berikut:

  • Kesempatan untuk melamar pekerjaan menjadi lebih mudah karena langsung bertemu dengan staff HR perusahaan.
  • Kamu memiliki kesempatan untuk melakukan observasi tentang perusahaan lebih dalam.
  • Bisa bertanya secara langsung kepada staff perusahaan tentang kemampuan yang dibutuhkan pada posisi yang dibuka.

2. Kekurangan Mengikuti Job Fair

Ada kelebihan, tentu saja ada kekurangan. Berikut adalah kekurangan ketika mengikuti sebuah job fair:

  • Banyaknya pelamar membuat perusahaan tidak begitu fokus.
  • Waktu yang terbatas membuat perusahaan tidak mengeksplor minat dan bakat pelamar.
  • Mungkin ada perusahaan yang kamu minati, tetapi posisi yang kamu inginkan tidak tersedia.

Tips Mengikuti Job Fair

Tips mengikuti job fair

Mengikuti job fair adalah suatu kesempatan yang penuh keuntungan. Kamu bisa dengan cepat mendapatkan karir yang kamu inginkan. Namun, prosesnya tentu saja tidak instan. Bahkan, untuk bisa sukses dalam melamar kerja melalui job fair ada tipsnya loh.

Di sini, KitaLulus akan menjelaskan beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat mengikuti job fair. Siap sukses dalam melamar pekerjaan di job fair? Yuk, langsung simak tips berikut!

1. Cari Tahu tentang Job Fair

Tips mengikuti job fair yang pertama adalah kamu harus tahu tentang detail job fair. Cari tahu kapan, di mana, dan oleh siapa job fair diadakan. Jangan sampai kamu tertinggal hari atau bahkan lupa. Jadi, catat dengan baik di agenda kamu. Kalau perlu, pasang alarm supaya tidak lupa.

2. Pelajari Perusahaan yang Mengikuti Job Fair

Setelah tahu kapan dan di mana job fair diadakan, hal selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah line up perusahaan yang ada di dalamnya. Teliti satu per satu perusahaan apa saja yang terdaftar. Pelajari dengan baik profil perusahaan tersebut.

3. Tentukan Perusahaan Incaranmu

Dari sekian banyak perusahaan yang terdaftar di job fair, pastinya ada satu atau dua perusahaan yang menarik perhatian kamu, kan? Tandai dengan baik perusahaan itu dan cari tahu lebih dalam. Jika perlu, cari tahu perusahaan tersebut sedang membuka peluang untuk posisi apa di website atau media sosial mereka.

BACA JUGA: Bosan Di-ghosting HRD? Coba Walk In Interview Aja! | Pelajari Selengkapnya Di Sini

4. Buat CV & Resume Sesuai Posisi yang Dilamar

Cara ikut job fair

Curriculum vitae atau CV kamu belum diperbarui? Perbaiki terlebih dahulu. Tambahkan informasi yang terbaru tentang diri kamu secara profesional. Jika perlu, siapkan beberapa CV dan template resume dengan style dan isi berbeda untuk nantinya digunakan sesuai dengan profil posisi dan perusahaan yang akan kamu lamar.

5. Berlatih untuk Wawancara

Latih diri kamu untuk wawancara. Hal ini karena saat mengikuti job fair, kemungkinan lanjut ke tahap interview sangat tinggi. Jadi, jangan sampai nantinya kamu tergagap saat melakukan tanya-jawab dengan HRD ya.

6. Siapkan Berkas yang Dibutuhkan

Meskipun kamu belum tahu posisi apa saja yang dibuka saat job fair untuk kamu lamar, tetapi kamu harus tahu perkiraan berkas yang dibutuhkan. Beberapa berkas secara umum yang dapat kamu siapkan adalah:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah yang dilegalisir
  • Fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir
  • Resume atau surat lamaran kerja
  • Daftar riwayat hidup atau CV
  • Portofolio (tergantung posisi yang dilamar)

7. Jaga Kesehatan

Tips mengikuti job fair terpenting saat kamu sudah memperhatikan semuanya adalah menjaga kesehatan. Jika kamu sudah siap dengan berbagai dokumen, lancar berlatih wawancara, tapi ternyata kondisi kamu sakit, tentu saja menjadi sia-sia kan persiapannya? Jadi, pastikan kamu sehat ya, baik fisik maupun mental.

8. Kenakan Pakaian Rapi & Sopan

Tidak perlu terlalu formal mengenakan kemeja putih dan bawahan hitam plus sepatu pantofel. Kamu cukup mengenakan pakaian yang rapi dan sopan.

9. Datang Lebih Awal

Trik dapat kerja dari job fair

Datangnya seawal mungkin ke venue job fair. Sebab, saat kamu datangnya lebih siap daripada waktu dibukanya job fair, sudah dipastikan waktu menunggumu untuk melakukan seleksi juga semakin lama karena banyaknya pelamar.

10. Perhatikan Rute dengan Efektif

Nah, tips mengikuti job fair yang ini jangan sampai kamu lewatkan. Banyaknya perusahaan yang terdaftar, akan semakin banyak booth atau stand. Rute akan terlihat rumit. Biasanya ada denah booth perusahaan. Perhatikan denah tersebut untuk bisa mengakses rute job fair dengan efektif ya.

BACA JUGA: 17 Contoh Deskripsi Diri yang Menarik Buat Lulusan SMA sampai Fresh Graduate

11. Pelajari Posisi yang Akan Kamu Apply

Sudah sampai di booth perusahaan incaranmu? Tugas selanjutnya adalah pelajari posisi yang dibuka. Apakah ada posisi yang bisa kamu apply? Jika bisa, cari tahu syarat dan ketentuannya. Berkas apa saja yang harus dikumpulkan.

12. Bersemangat dan Profesional

Tunjukkan sikap antusiasme selama mengikuti job fair. Namun, jangan sampai berlebihan. Tetap bersikap profesional juga ya supaya tidak menimbulkan kesan kurang baik.

13. Gunakan Kesempatan Berbincang dengan HR

Cara melamar kerja di job fair

Biasanya, para staff HR perusahaan akan hadir untuk menyeleksi pelamar secara langsung. Bahkan bisa saja manajer HR juga menjaga booth. Gunakan kesempatan tersebut untuk berbincang secara langsung. Tanyakan hal-hal yang kamu ingin ketahui tentang perusahaan yang kamu incar.

14. Perluas Networking

Mengikuti job fair memang bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan. Para pengunjung job fair secara tidak langsung juga menjadi saingan kamu karena bisa saja mereka melamar posisi di perusahaan yang sama dengan kamu.

Akan tetapi, kamu tidak boleh menutup diri dan bersikap tak peduli kepada para pengunjung lain, lho. Cari kenalan dan perluas relasi. Mungkin saja kamu tidak berjodoh dengan peluang di job fair, tetapi dengan memiliki relasi yang luar, informasi lowongan kerja bisa kamu dapatkan dari mana saja.

15. Apply Posisi yang Sesuai Kualifikasi Kamu

Kamu tidak perlu melamar banyak posisi di banyak perusahaan. Targetkan posisi yang benar-benar kamu inginkan supaya lebih efektif. Jangan sampai nantinya ada jadwal wawancara yang bertabrakan dan kamu menjadi melewatkan wawancara di posisi yang sebenarnya sangat kamu inginkan.

16. Jangan Tinggalkan Area Job Fair Sebelum Waktu Berakhir

Waktu job fair biasanya terhitung lama. Meskipun lelah, kamu jangan tinggalkan venue job fair sebelum waktunya berakhir ya. Sebab, bisa saja kamu mendapatkan undangan wawancara atau tes.

17. Lakukan Follow Up

Tips mengikuti job fair yang terakhir adalah melakukan follow up. Jika memang nantinya kamu dipanggil tes hingga wawancara, biasanya HRD akan mengatakan bahwa kamu akan diberitahu setelah waktu yang ditentukan.

Nah, ketika waktu yang ditentukan sudah tiba, tetapi kamu belum mendapatkan kabar, kamu tidak perlu takut untuk melakukan follow up.

BACA JUGA: 25 Pertanyaan Interview Kerja yang Biasa Diajukan HRD dan Cara Jawabnya

Itulah tips mengikuti job fair yang bisa kamu terapkan. Melamar kerja melalui job fair adalah hal yang memberikan banyak keuntungan untukmu. Jadi, berdoa selalu semoga saat mendapatkan panggilan wawancara atau tahap seleksi lainnya selalu lancar dan sukses.

Jika acara job fair belum ada di waktu dekat padahal kamu sedang mencari lowongan kerja dengan cepat, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. Instal aplikasi KitaLulus melalui Playstore di smartphone kamu untuk mendapatkan informasi lowongan kerja #LebihMudah.

Ada lebih dari 50.000 lowongan kerja di KitaLulus dari berbagai perusahaan di Indonesia. Cara mencarinya juga mudah. Setelah melakukan registrasi hanya dengan masuk ke akun Google kamu, ketikkan nama posisi, nama perusahaan, atau kota tujuan kamu di kolom pencarian lowongan kerja. Setelah itu pilih posisi yang yang cocok dengan kualifikasi kamu.

Langsung instal aplikasi KitaLulus aja dan dapatkan karir impianmu dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!