Apa Itu Data Entry? Ini Tugas, Gaji, dan Skill yang Wajib Dikuasai

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Data entry adalahData entry adalah salah satu posisi yang hampir ada di setiap perusahaan. Posisi data entry dibutuhkan perusahaan untuk membantu memproses informasi dan memastikan data tersebut akurat dan tersimpan dengan baik.

Sebagian orang ada yang mengira data entry itu sama dengan admin. Apakah benar seperti itu? Nah, agar kamu bisa tahu lebih dalam mengenai posisi data entry, mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawab, gaji hingga lowongannya, simak dalam artikel di bawah ini. ya!

Apa Itu Data Entry?

Data entry adalah proses memindahkan data dari fisik menjadi data digital yang dapat diolah oleh software. Sementara itu, mengutip dari Indeed, data entry adalah pekerjaan yang melibatkan penggunaan berbagai proses mulai dari mengetik dan merekam suara kemudian memasukkan data tersebut ke dalam komputer.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang data entry tidak hanya sekadar memasukkan data mentah ke komputer, tapi juga memproses pemilihan data apakah data tersebut relevan atau tidak. Posisi data entry sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan karena ia harus memasukkan data dalam jumlah yang besar dan banyak dalam waktu singkat. 

Apa itu data entry

Banyak orang yang menyamakan pekerjaan data entry dan admin, padahal keduanya berbeda. Data entry adalah pekerjaan yang lebih mengarah kepada proses input data, sedangkan posisi admin lebih kepada mengurusi kebutuhan administrasi perusahaan. Dengan kata lagi, job desk dari admin lebih luas dari data entry yang hanya fokus pada proses penginputan data.

Biasanya, peran data entry banyak sekali dibutuhkan di industri seperti ritel, transportasi, keuangan, dan pelayanan kesehatan.

Tanggung Jawab dan Tugas Data Entry

Dalam menjalankan tugasnya, seorang data entry tidak hanya menginput data saja, ada tugas lainnya yang mesti dikerjakan, diantaranya:

  • Mempersiapkan dan menyortir dokumen sebelum data dimasukkan ke dalam komputer.
  • Menginput data ke dalam database milik perusahaan.
  • Memeriksa dan memastikan keakuratan data yang sudah diinput ke dalam database.
  • Melakukan penyesuaian informasi dan data yang tidak lengkap.
  • Membuat backup data yang menjadi bagian dari rencana kontingensi.
  • Menanggapi permintaan informasi dari anggota yang berwenang.
  • Menguji sistem database baru dan pembaruan dari perangkat lunak.
  • Mengelola dokumen dan catatan yang dimiliki perusahaan dengan baik.
  • Menyiapkan laporan yang relevan sesuai dengan kebutuhan divisi terkait.
  • Menerima dan memproses invoice untuk pembayaran dan memperbarui rincian invoice.

Selain dari tugas yang disebutkan di atas, seorang data entry juga memiliki tanggung jawab lainnya sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Tugas IT Support di Perusahaan

Skill yang Diperlukan Data Entry

Skill data entry

Di perusahaan, data entry memiliki peran penting guna meminimalisir beban administrasi, efisiensi biaya, dan memastikan sumber data berasal dari sumber yang tepat. Oleh karena itu, mereka harus memiliki beberapa skill yang bisa menunjang pekerjaan mereka, sebagai berikut ini:

1. Mengoperasikan Komputer

Skill data entry yang pertama dan sangat wajib dikuasai adalah mengoperasikan komputer dengan baik. Hal ini agar dapat memasukkan dan mengedit data dengan mudah dan cepat. 

Program yang wajib dikuasai adalah Microsoft Excel dan Microsoft Word untuk memasukkan data berupa angka dan membuat report dari data tersebut.

2. Mengetik Cepat dan Cermat

Salah satu skill yang wajib dipunyai seorang data entry yang akan berkutat dengan banyak data adalah kemampuan mereka untuk mengetik dengan cepat. Hal ini karena mereka harus memasukkan data dalam jumlah banyak setiap harinya dalam waktu singkat. 

Selain dapat mengetik dengan cepat, mereka juga perlu memperhatikan akurasi data agar tidak terjadi kesalahan memasukkan data.

3. Komunikasi yang Baik

Skill yang wajib dimiliki data entry

Agar bisa sukses menjadi seorang data entry, skill komunikasi juga diperlukan. Hal ini karena saat bekerja di kantor, kamu akan berhubungan dengan berbagai divisi yang membutuhkan data, misalnya divisi pemasaran, keuangan, dan sebagainya. 

Tanpa memiliki kemampuan berkomunikasi, tentu akan membuat kamu kesulitan dan kebingungan.

4. Perhatian pada Detail

Data entry adalah pekerjaan yang memerlukan perhatian kepada detail, hal ini karena data yang kamu masukkan dibutuhkan perusahaan untuk mengambil tindakan selanjutnya. Bayangkan bila kamu salah memasukkan data, bisa jadi kamu menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Rata-Rata Gaji Data Entry di Indonesia

Gaji data entry di Indonesia

Di Indonesia, rata-rata gaji data entry ada di kisaran UMR. Akan tetapi, nominal ini bisa terus bertambah sesuai lama kerja dan pengalaman yang dimiliki. Selain itu, seorang staf data entry juga bisa berkembang menjadi posisi lain seperti data strategist. Dengan demikian, gajinya pun juga akan meningkat.

Lowongan Data Entry Terbaru di Indonesia

Tidak sulit menemukan lowongan data entry karena pekerjaan ini memang sangat dicari-cari oleh perusahaan. Lowongan data entry tersedia baik itu freelance, remote, bahkan yang in-house.

Biasanya lowongan data entry ini bersifat kontrak selama satu tahun, jika dirasa performa kamu bagus, perusahaan bisa saja menjadikan kamu karyawan tetap. Kamu bisa menemukan lowongan data entry tanpa keluar rumah hanya dari smartphone melalui aplikasi KitaLulus. Di sana, ada banyak lowongan termasuk data entry. 

Cara daftar KitaLulus juga mudah, kamu cukup download di PlayStore, kemudian masuk dengan Google dan lengkapi data diri. Kemudian kamu bisa mencari lowongan data entry yang sesuai denganmu. 

Nantinya, lamaranmu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD, sehingga kamu bisa dengan mudah mem-followup lowongan. Tertarik? Download KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!