Pengertian IT Support, Tugas, Job Desk, Kemampuan, & Info Gaji IT Support Terbaru

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Teknologi adalah salah satu bidang penyedia lowongan kerja terbanyak saat ini. Salah satu pekerjaan di bidang teknologi yang sedang sangat digemari adalah IT support. Sama seperti namanya, IT support adalah orang yang berperan membantu memecahkan berbagai masalah teknologi yang dimiliki perusahaan. 

Tapi, lebih detilnya, apa itu IT support? Apa saja tugas dan tanggung jawabnya? Berapa sih gaji IT support di Indonesia? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Apa Itu IT Support?

Secara definitif, pengertian IT support adalah seseorang atau suatu tim yang bertugas menjadi pelaksana dan pemelihara sistem informasi teknologi dalam sebuah perusahaan.

Beberapa hal yang termasuk dalam tanggung jawab IT support adalah sistem intra-koneksi perusahaan, yang meliputi LAN, internet, database, dan sebagainya. Selain itu, IT support juga bertanggung jawab ke hal-hal yang berkaitan dengan jaringan dan teknologi, seperti modem, komputer, kabel, dan masih banyak lagi.


Perbedaan IT Support dan Programmer

IT support adalah

Profesi IT support sering disangka sama dengan programmer karena sama-sama bekerja dengan komputer. Padahal pekerjaan keduanya berbeda. Programmer adalah orang yang mampu menyelesaikan masalah dan menciptakan produk  menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML,  Java, PHP, dan lain-lain.  

Sementara itu, IT support berperan untuk melakukan maintenance perangkat lunak dan keras dari sisi pengguna. Jika pengguna dalam perusahaan mengalami keluhan dalam penggunaan laptop, IT support adalah orang pertama yang dicari.


Job Desk IT Support

Dari pengertian IT support yang dibahas sebelumnya, tentu kamu sudah sedikit mendapatkan gambaran seperti apa tugas IT support. Akan tetapi, supaya lebih jelas, di bawah ini terdapat rincian poin-poin tugas seorang IT support perusahaan:

  1. Memastikan komputer yang digunakan dapat berfungsi normal/berjalan seperti seharusnya.
  2. Harus memastikan bahwa semua komputer yang digunakan oleh pengguna terhubung ke jaringan.
  3. Melakukan pengecekan  jika aplikasi-aplikasi yang dipakai berfungsi
  4. Cek dan update sistem operasi dan aplikasi yang dijalankan oleh pengguna.
  5. Bertugas melakukan backup terhadap semua data agar aman dan jika sistem mengalami gangguan, kamu perlu restore data dari backup system yang ada.
  6. Bertanggung jawab terhadap mesin pendukung semacam printer, scanner dan lain sebagainya.
  7. Menjadi  pihak yang turut menjaga keamanan sistem lewat berbagai tools seperti scanning dengan antivirus dan lain sebagainya.
  8. Melakukan pengaturan terhadap browser yang digunakan. 
  9. Bertugas juga untuk cek dan perbaiki bila sewaktu-waktu ada masalah pada jaringan komputer.


6 Kemampuan IT Support yang Wajib Dimiliki

Tugas IT support

Jika kamu berminat mencari lowongan kerja IT support, sambil mempersiapkan CV, ada beberapa skill atau kemampuan yang perlu kamu kuasai. Selengkapnya tentang kemampuan IT support adalah sebagai berikut:

1. Menguasai Sistem Operasi

Kemampuan IT support yang pertama adalah menguasai sistem operasi. Hal yang perlu kamu kuasai adalah cara pemasangannya hingga pengoperasiannya. 


2. Tahu dan Menguasai Sistem Jaringan

Penguasaan terhadap sistem jaringan juga termasuk skill wajib yang harus dimiliki seorang IT support. Kamu harus mengerti bagaimana sistem jaringan kabel maupun nirkabel. 


3. Menguasai Program Komputer

Sebagai orang yang akan diandalkan dalam segala urusan komputer, kamu juga harus menguasai pemrograman komputer. Kamu harus tahu jenis-jenis program komputer, fungsinya, cara pemasangannya, pengoperasiannya, hingga bagaimana cara mengatasi masalahnya.


4. Penanganan Virus dan Malware

Seperti yang kita tahu, komputer rentan terhadap virus dan malware. Nah, sudah menjadi tugas IT support untuk mengatasinya. Karena itulah, kamu juga harus memiliki kemampuan menangani virus dan malware.


5. Mengetahui Masalah Komputer dengan Cepat

Kemampuan IT support yang tidak kalah penting yang harus dikuasai adalah kemampuan untuk mengetahui masalah pada perangkat dengan cepat. Semakin cepat kamu bisa mengetahui masalah dan mengatasinya, tentu akan semakin cepat pengguna untuk kembali bekerja.


6. Komunikasi

Teknisi IT harus mengomunikasikan masalah teknis kepada pengguna dari berbagai kalangan di perusahaan. Itu artinya mereka harus mampu menjelaskan masalah dan perbaikan dengan cara yang mudah dipahami termasuk ke orang yang gaptek. Kemampuan komunikasi di sini, tidak hanya berbicara tapi juga mendengar berbagai keluhan pengguna.


BACA JUGA: Admin Support adalah Pekerjaan Penting di Perusahaan Ketahui Apa Saja Tugasnya!


Latar Belakang Pendidikan IT Support

latar belakang pendidikan IT support

Latar belakang untuk menjadi IT support cenderung fleksibel, semua tergantung pada syarat lowongan kerja. Biasanya jenjang pendidikan untuk menjadi IT support minimumnya adalah D3 atau S1 di bidang IT atau terkait. Namun beberapa perusahaan atau organisasi mau menerima lulusan SMK selama memiliki kemampuan yang setara dengan ketentuan. 


Jenjang Karir IT Support

Pekerjaan IT support memiliki jenjang karir yang baik. Kamu bisa memiliki prospek karir menjadi computer system analyst, network support specialist, juga termasuk help desk analyst.


Info Kisaran Gaji IT Support di Indonesia

Masalah gaji IT support jadi salah satu yang sering ditanyakan. IT support gaji kisarannya adalah UMR kota masing-masing hingga Rp6.000.00 sampai Rp7.000.000. Tentunya gaji ini bisa lebih besar tergantung  organisasi atau perusahaan tertentu. Selain itu, gaji juga bisa bergantung pada kemampuan atau beratnya tugas yang diemban.


Perusahaan Apa Saja yang Membutuhkan IT Support?

Hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga teknis di bidang IT. Apalagi saat ini semakin banyak perusahaan dan bisnis yang mengimplementasikan IT, artinya teknisi IT support semakin dibutuhkan.  Berikut ini perusahaan-perusahaan yang membutuhkan bidang pekerjaan tersebut:

  1. Perusahaan software
  2. Perbankan dan finansial
  3. Elektronik
  4. Perusahaan UKM dan bisnis besar yang sudah mengimplementasikan IT dalam bisnisnya
  5. Sekolah dan universitas
  6. Organisasi publik


Itulah bahasan lengkap tentang apa itu IT support, tugas, job desk, syarat kemampuan, dan kisaran rata-rata gaji IT support di Indonesia! Setelah tahu informasi tersebut, apakah kamu semakin tertarik berkarir sebagai seorang support teknologi perusahaan? Jika ya, yuk langsung cari lowongan kerja IT support di KitaLulus!

Tidak cuma mudah, di KitaLulus proses lamaran kerjanya juga cepat dan aman, lho! Dengan adanya fitur follow up ke HRD perusahaan langsung, kamu bisa bertanya tentang progres lamaranmu, sekaligus berkonsultasi soal apa saja persyaratan yang bisa kamu lengkapi. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, kejar karir IT support impianmu bersama KitaLulus!


Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.