Close Pop up

General Banking Staff: Tugas dan Tanggung Jawab, Syarat, Gaji

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

General banking staff adalah posisi di level staf yang ada dalam sebuah bank. Biasanya, posisi ini dibuka untuk semua jurusan. Jadi, bagi kamu yang ingin berkarir di industri perbankan, pelajari apa itu general banking staff beserta tugas dan tanggung jawabnya.

Jangan khawatir, KitaLulus sudah merangkum informasinya untuk kamu. Simak, yuk!

Apa Itu General Banking Staff?

Jika diartikan, general banking staff adalah staf umum bank. Apabila kamu bekerja di posisi ini, kamu akan ditempatkan di beberapa bidang kerja sesuai dengan area kerja yang harus kamu garap. Misal, staf umum bank khusus perkreditan dan pendanaan.

Karena ada berbagai area kerja dengan kekhususan tugas, biasanya karyawan-karyawan akan mendapatkan rotasi kerja dalam kurun waktu tertentu. Pihak bank pun akan memberikan pelatihan dan pendidikan sesuai dengan area kerja baru di mana karyawan tersebut ditempatkan.

Maka dari itu, pada umumnya, semua general banking staff adalah sosok yang akan mengetahui berbagai produk bank. Dengan begitu, dia akan dengan mudah mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya secara maksimal.

Tugas General Banking Staff

Tugas General Banking Staff

Berikut daftar tugas dari staf bank umum.

1. Konsultasi Produk

Tidak semua nasabah mengetahui dengan jelas bagaimana menggunakan produk perbankan. Bahkan, dalam pembukaan rekening juga nasabah harus memilih jenis rekening yang sesuai kebutuhannya.

Di sinilah peran staf bank umum diperlukan. Ia akan memberikan edukasi kepada nasabah dengan menjelaskan produk yang tersedia sehingga nasabah benar-benar tahu produk apa yang mereka butuhkan.

2. Pembukaan Rekening

Pembukaan rekening tentu saja menjadi tugas general banking staff yang paling banyak diketahui. Pembukaan rekening ini bisa ditargetkan kepada nasabah baru atau nasabah lama.

3. Penawaran dan Penjualan Produk

Seorang staf bank umum memang harus memiliki product knowledge yang bagus. Hal ini dikarenakan mereka bertugas menawarkan produk-produk yang dimiliki bank, seperti kredit, investasi, asuransi, hingga pinjaman kepada nasabah yang juga tertarik untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.

4. Analisis Informasi Nasabah

Tugas general banking staff selanjutnya adalah melakukan analisis informasi nasabah. Analisis ini nantinya akan menghasilkan data-data akurat tentang nasabah sehingga pihak bank bisa menawarkan produk bank yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

5. Menangani Keluhan Nasabah

Staf bank umum juga menangani keluhan nasabah. Penanganan keluhan ini memang tidak menyeluruh karena nantinya dari staf bank umum akan melakukan follow up keluhan tersebut ke bagian yang terkait untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi nasabah.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Teller Bank, Tugas, Syarat, dan Gajinya

Syarat Menjadi General Banking Staff

Syarat Menjadi General Banking Staff

Seperti halnya posisi perbankan umum lainnya, general banking staff adalah posisi yang bisa dimasuki oleh semua orang dari berbagai jurusan. Namun, ada beberapa bank yang memang mengkhususkan suatu jurusan supaya tugas yang dikerjakan linear.

Nah, jika kamu ingin mengikuti rekrutmen bersama BUMN, beberapa bank seperti Mandiri, BTN, hingga BRI biasanya akan mengkhususkan suatu jurusan atau mengecualikan jurusan.

Kamu bisa menyimak daftar syarat menjadi staf umum bank berikut ini untuk memahami lebih lanjut. Berikut merupakan syarat umum yang biasanya ditentukan oleh bank dalam proses rekrutmennya.

  1. Lulusan S-1, jurusan menyesuaikan ketentuan dari bank yang membuka rekrutmen.
  2. IPK minimal 2,75–3,00 dari 4,00, nilai minimal tergantung ketentuan bank yang membuka rekrutmen.
  3. Warga Negara Indonesia (WNI).
  4. Belum menikah dan tidak berencana menikah selama ikatan dinas atau kontrak awal, pada umumnya 1–2 tahun.
  5. Usia maksimal 24–27 tahun, tergantung ketentuan dari bank yang membuka rekrutmen.
  6. Tinggi badan minimal untuk laki-laki adalah 160 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm.
  7. Memiliki penampilan yang menarik.
  8. Tidak memiliki hubungan keluarga dengan karyawan di bank yang sedang membuka rekrutmen.
  9. Bersedia ditempatkan di cabang mana pun.

Gaji General Banking Staff

Gaji general banking staff adalah sekitar Rp3.800.000–Rp7.800.000. Nominal gaji ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi perusahaan, kota domisili perusahaan, dan pengalaman karyawan.

Selain gaji, kamu akan mendapatkan berbagai tunjangan, bonus, asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, dana pensiun, hingga potongan harga ketika akan membeli produk bank. 

Baca Juga: 4 Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar, Tips, & Cara Membuatnya

Cara Melamar General Banking Staff

Ada banyak cara melamar posisi sebagai staf umum perbankan, seperti mengirim surat lamaran melalui pos, email, website resmi bank terkait, hingga job platform.

Nah, kelebihan jika kamu melamar melalui job platform adalah kamu tidak perlu repot untuk mengecek satu per satu bank yang ada di Indonesia untuk tahu bank mana yang sedang membuka rekrutmen untuk posisi tersebut.

Maka dari itu, kamu bisa gunakan aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus bisa kamu unduh di smartphone secara gratis. Lakukan registrasi, kemudian cari “general banking staff” di kolom pencarian loker. Setelah itu kamu akan mendapatkan daftar loker dari berbagai bank yang sedang membutuhkan kandidat sesuai kualifikasinya.

Tenang, semua loker yang ada di KitaLulus sudah pasti aman dan bebas dari penipuan. Tunggu apalagi? Ayo gunakan aplikasi KitaLulus untuk meraih karir impian kamu! Dengan KitaLulus, kamu bisa melamar kerja dengan mudah, di mana pun dan kapan pun!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!