Hari Libur Desember 2023, Rayakan Natal dengan Damai

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Desember telah datang dan artinya tahun 2023 akan segera berakhir. Namun, bulan ini terasa hangat karena akan ada satu perayaan besar. Perayaan ini akan menjadi hari libur Desember 2023 sekaligus hari libur terakhir di tahun ini.

Penjelasan lengkap tentang hari libur Desember 2023 bisa kamu simak di bawah ini, ya!

Libur dan Cuti Natal 2023

Hari Raya Natal menjadi perayaan yang suci nan meriah bagi umat Kristiani. Akan ada pohon natal penuh lampu di ruang tamu, kumpul keluarga besar, hingga tukar kado yang akan merekatkan persaudaraan.

Kabar gembira, tahun ini tanggal 25 Desember yang menjadi tanggal paten perayaan Natal jatuh pada Hari Senin. Tidak hanya itu, kita juga akan mendapatkan satu hari cuti bersama pada Selasa, 26 Desember 2023.

Wah, ini akan menjadi long weekend menyenangkan yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat, beribadah, hingga berkumpul bersama teman dan keluarga.

Baca Juga: Daftar Lagu Natal Terbaru yang Bikin Nuansa Natalmu Berbeda

Makna Natal untuk Selalu Diteladani

hari natal

Merasakan lahirnya Yesus, itulah makna Natal yang kerap dipahami semua orang pada umumnya. Namun, di samping itu, Natal atau Christmas memiliki makna tersendiri bagi umat Kristiani. Berikut beberapa maknanya.

  1. Kesukacitaan terhadap karunia Tuhan yang selalu diberikan di sepanjang tahun.
  2. Pemahaman untuk berbagi dengan keluarga dan saudara yang membutuhkan.
  3. Rasa syukur terhadap berkat yang kita rasakan dalam hidup.
  4. Merekatkan tali persaudaraan terhadap keluarga yang telah lama tidak jumpa.
  5. Memperbaiki komunikasi dengan Tuhan karena selama ini kerap lebih fokus dengan urusan duniawi.

Tradisi Natal di Indonesia

Ada banyak tradisi perayaan Natal yang bisa kamu jumpai di setiap daerah, tiap tanggal 24-26 Desember. Bahkan, ada juga wilayah yang merayakan Natal selama sebulan penuh, lho. Berikut beberapa tradisi Natal yang biasa diselenggarakan di Indonesia.

1. Barapen

Barapen merupakan tradisi perayaan Natal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Papua. Mereka biasanya akan membakar batu untuk kemudian digunakan sebagai pemanggang babi. Daging babi yang sudah masak akan disantap bersama.

2. Rabo-Rabo

Ada satu wilayah di Jakarta yang bernama Kampung Tugu. Di sana mayoritas penghuninya adalah keturunan Portugis. Nah, tradisi Rabo-Rabo ini merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Tugu untuk merayakan Natal.

Tradisi Rabo-Rabo akan dilaksanakan setelah Misa dengan bermain musik keroncong dan menari bersama.

3. Upacara Lettoan

Toraja memiliki tradisi khusus untuk merayakan Natal, yaitu Upacara Lettoan. Fakta uniknya, Upacara Lettoan adalah kegiatan pembukaan festival untuk memperingati Hari Lahir Yesus ini. Festival kemudian akan dirayakan selama bulan Desember penuh dengan melaksanakan karnaval, wisata kuliner, pementasan seni, dan lainnya.

Baca Juga: Kartu Ucapan Selamat Natal Terbaik untuk Rekan Kerja, Bisa Dibuat Pakai Aplikasi Lho!

Itulah informasi tentang perayaan Natal sebagai hari libur Desember 2023. Selamat Natal dan menyambut tahun baru dengan khidmat dan damai!

Perasaan damai juga harus kamu miliki untuk menyambut masa depan penuh harapan dengan mendapat pekerjaan yang kamu senangi. Jika sekarang kamu belum menemukan pekerjaan yang sesuai keinginan kamu, jangan khawatir, KitaLulus dapat membantu.

Kamu dapat menginstal aplikasi KitaLulus untuk melamar kerja ke perusahaan yang kamu impikan. Kamu akan mendapatkan akses ke 92.000 lebih informasi loker dari 50.000+ perusahaan bonafit di Indonesia.

Tenang, seluruh proses rekrutmen melalui aplikasi KitaLulus tidak dipungut biaya alias gratis. Yuk lamar kerja di KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!