Info Karir dan Lowongan Kerja Shopee 2022, Cek Posisi yang Dibuka dan Syaratnya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Karir Shopee– Kabar menggembirakan datang dari Shopee untuk kamu yang ingin berkarir di dunia startup, utamanya e-commerce. Peluang karir Shopee 2022 sedang dibuka dan ada lebih dari 2.100 posisi yang bisa kamu lamar loh!

Shopee menjadi platform belanja online yang terdepan di Asia Tenggara bahkan Taiwan. Menjadi tim Shopee tentu saja merupakan pencapaian yang membanggakan. Tapi, susah tidak ya untuk masuk ke sana? Persyaratannya rumit atau tidak ya? Apakah peluangnya besar?

Daripada hanya bertanya-tanya tanpa mendapat kejelasan, langsung simak saja yuk artikel ini hingga akhir. Kamu akan tahu posisi apa saja yang dibuka di karir Shopee tahun ini yang bisa kamu sesuaikan dengan kualifikasimu.

Alasan Bergabung Menjadi Tim Shopee

Info karir dan lowongan shopee 2022

Biasanya, apa sih yang jadi pertimbanganmu ketika menarget suatu perusahaan untuk kamu lamar? Nama besarnya? Benefit yang ditawarkan? Gajinya yang bisa sampai dua digit? Atau jenjang karirnya yang memang sesuai dengan impian kamu?

Di Shopee sendiri menawarkan 4 hal berikut yang bisa kamu dapatkan ketika bergabung bersama Tim Shopee.

1. Pertumbuhan Perusahaan yang Signifikan

Pada 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di 7 negara Asia, yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan. Di tahun yang sama, Shopee juga melaksanakan Shopee University di Taiwan untuk memberikan edukasi kepada para penjual yang menjadi mitra Shopee.

Tiga tahun kemudian, Shopee mencatat 600 juta transaksi yang dilakukan. Shopee juga memiliki Gross Merchandise Value sebesar $10 miliar, membuatnya jadi aplikasi ecommerce dengan GMV terbesar di Asia. Wah, perkembangan yang sangat pesat, kan?

Sekarang, Shopee menjadi platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan. Tentunya peluang karir Shopee tahun ini dan seterusnya akan sangat menjanjikan, bukan?

2. Budaya yang Seru dan Kolaboratif

Budaya kerja shopee

Lingkungan Shopee dikenal sebagai lingkungan kantor yang playfull dan youthful karena memang sebagian besar karyawannya adalah anak muda. Namun, meskipun demikian, karir Shopee juga memiliki sisi kompetitif yang tinggi. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan jenjang karirnya ya.

Selain itu, Shopee juga sering mengadakan kolaborasi dengan berbagai brand bahkan perusahaan lain. Dengan begini, relasi kamu akan semakin luas dan itu tentu bagus untuk menunjang karir kamu.

3. Tersebar di Banyak Negara

Sejak pertama diluncurkan, Shopee sudah tersebar di 7 negara dan semuanya aktif untuk berkembang sehingga value perusahaan meningkat. Sekarang, Shopee semakin meluas. Shopee sudah melebarkan ke lebih dari 15 negara di berbagai benua, mulai dari Asia hingga Amerika.

4. Banyak Dianugerahi Penghargaan

Sejak tahun 2017, Shopee aktif mendapatkan penghargaan akan perkembangan dan inovasi yang diciptakan. Tahun lalu, Shopee bahkan mendapatkan 4 penghargaan, yaitu:

  • #2 Most Desirable IT & Technology Company to Work For by Singapore's 100 Leading Graduate Employers Survey 2021
  • #6 Most Desirable Company to Work For by Singapore's 100 Leading Graduate Employers Survey 2021
  • Golden Employer Award by China Europe International Business School (CEIBS) 2021
  • Top 30 Graduate Employers by GradPhilippines Top 100 Graduate Employer Awards 2021

Seperti yang kamu lihat, 3 dari 4 penghargaan di atas adalah penghargaan pada Shopee sebagai graduate employer atau perusahaan perekrut lulusan kampus terbaik. Jadi kamu nggak perlu meragukan lagi reputasi Shopee di kalangan lulusan sekolah, anak kuliah, dan fresh graduate.

BACA JUGA: 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Ada Jenjang Karir!

Lowongan Kerja Shopee yang Tersedia 2022

Peluang karir Shopee dibagi menjadi 4 tingkatan yang disesuaikan dengan posisi yang ada. Jadi, peluang karir Shopee ini terbuka untuk kamu, mulai dari fresh graduate hingga yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Shopee juga membuka kesempatan karir untuk mahasiswa yang sedang berkuliah melalui program magangnya. Langsung simak yuk penjelasan lengkapnya dan posisi yang juga sedang dibuka.

1. Lowongan Karir Magang Shopee (Internship)

Karir magang shopee untuk fresh graduate

Buat kamu yang sedang mencari peluang karir magang di Shopee, perusahaan ini punya program khusus yang dinamai Shopee Apprentice Program. Jalur karir ini khusus ditujukan kepada mahasiswa yang ingin bekerja Shopee sebagai internship.

Program ini khusus tersedia di 8 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina Singapura, Thailand, Taiwan, Vietnam. dan China.

Kamu bisa langsung membuka laman web career.shopee.co.id lalu klik tab Mahasiswa. Semua informasi lengkap ada di sana.

Saat ini dibuka 79 posisi untuk bisa kamu lamar dalam program internship-nya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Marketing
  • Legal & Finance
  • Project Management
  • Graphic Designer
  • Business Development & Partner
  • Campus Recruitment
  • Online Marketing
  • Regional Marketing
  • Tech Branding

2. Lowongan Karir Shopee Fresh Graduate

Lowongan karir shopee untuk fresh graduate

Tingkat entry level ini cocok untuk kamu yang fresh graduate dengan pengalaman kerja 0 hingga 1 tahun. Posisi yang tersedia bermacam-macam, seperti:

  • Seller Acquisition
  • Business Development Product
  • Legal & Finance 
  • Key Opinion Leaders Acquisition
  • Talent Acquisition
  • Quality Assurance
  • Copywriter
  • Retail Planner

Saat ini, jumlah peluang karir Shopee fresh graduate jika ditotal ada sebanyak 301 posisi yang tersebar di berbagai negara, seperti Indonesia dan Singapura.

3. Experienced Hire

Lowongan karir shopee gaji besar

Peluang karir Shopee untuk tingkat Experienced Hire, minimal pengalaman kerja yang ditentukan adalah 5 tahun, atau sesuai syarat setiap posisinya. Terdapat lebih dari 1.500 posisi yang bisa kamu lamar loh. Berikut beberapa posisinya:

  • Engineering and Technology - IT Infrastructure Operations
  • People - Onboarding Trainer
  • Customer Operations Trainer
  • Engineering and Technology - Data Engineer
  • Cross Border eCommerce - Cross Border Analyst
  • Business Development and Partnership - Category Campaign Management
  • Business Development and Partnership - Campaign Management Project
  • Legal and Finance - Accounting (Logistic)

4. Lowongan Shopee Tingkat Manager

Untuk tingkatan manager, tentu saja kamu harus memiliki pengalaman yang mumpuni sehingga bisa memimpin tim dengan baik. Sebanyak 246 posisi tersedia untuk tingkat ini, seperti:

  • Operations - Shopee Xpress, Hub Lead (Batang)
  • Operations - Customer Operations Team Leader
  • Engineering and Technology - IT Senior Operations Specialist
  • Business Development and Partnerships - Seller Management Manager
  • Operations - Shopee Xpress, City Operation Lead
  • Operations - Shopee Xpress, Middle Mile Fleet & Pool Management Lead
  • People - Recruitment Lead, Business Intelligence & Engineering

Proses Rekrutmen Shopee

Proses rekrutmen shopee

Setelah membahas apa saja peluang karir dan lowongan Shopee yang bisa kamu coba, sekarang saatnya kamu tahu bagaimana proses seleksinya.

Proses rekrutmen di Shopee tentu sama seperti proses rekrutmen di perusahaan lain. Namun, kamu tidak perlu mengirim lamaran melalui email atau menggunakan aplikasi lain karena Shopee memiliki website rekrutmen sendiri.

Kamu bisa menyimak penjelasan berikut untuk tahu bagaimana proses detailnya.

1. Submit Formulir Pendaftaran

Pertama-tama, kamu perlu masuk ke laman web karir Shopee dan memilih posisi yang kamu minati. Sebelumnya, kamu bisa memilihnya berdasarkan pengalaman yang kamu miliki dan cocok masuk di tingkatan mana: internship, entry level, experienced hire, atau manager.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa kok memilih kota atau negara yang ingin kamu tuju. Jika memang kantor di kota atau negara yang kamu pilih sedang memiliki posisi yang bisa dilamar, maka akan tersedia posisi yang bisa kamu klik.

Setelah yakin ingin melamar di posisi tersebut, kamu klik posisinya, pelajari syarat tercantum seperti maksimal umur, jurusan, hingga keahlian yang harus dimiliki. Lalu klik Daftar Sekarang di bawah nama posisi.

Kamu nantinya akan disuruh untuk mengisi formulir, seperti nama, nomor telepon, email, domisili, pendidikan, hingga pengalaman kerja. Kamu juga harus mengunggah CV dan portofolio kamu dalam format PDF, ukuran maksimal 2MB.

2. Interview Online

Tahap seleksi di shopee

Jika kamu lolos seleksi administrasi, kamu akan dihubungi untuk melakukan interview melalui telepon. Proses ini dilakukan untuk cross check data, apakah kamu memasukan keterangan sesuai atau tidak.

3. Tes Online

Jika kamu masuk ke dalam shortlisted candidate setelah interview online, kamu akan disuruh untuk melakukan tes online. Tes akan terdiri dari kemampuan dasar dan psikotes dengan rentang waktu tertentu.

BACA JUGA: 5 Jenis Tes Psikotes Gambar Saat Rekrutmen Kerja dan Tipsnya

4. Interview Offline

Seleksi karir Shopee selanjutnya adalah interview offline untuk kamu yang dinyatakan lolos tes online. Interview ini mengharuskan kamu datang ke kantor Shopee. Jadi, datang tepat waktu dan kenakan pakaian yang sopan ya!

5. Offering Letter

Setelah 4 tahap seleksi di atas berhasil kamu lalui dengan baik dan dinyatakan lolos, tahap selanjutnya tentu saja proses tanda tangan offering letter. Biasanya, offering letter akan dikirimkan ke email. Pada proses ini, juga masih bisa berdiskusi mengenai isi kontraknya ya.

Itulah proses seleksi di karir Shopee yang bisa harus kamu pelajari ya, apalagi jika kamu ingin berkarir di platform belanja online ini. Selama menunggu pemanggilan interview, kamu bisa kok melamar di tempat lain.

Jika kamu ingin mencari loker sesuai dengan kota tempat tinggal kamu, cari saja di KitaLulus. Install terlebih dahulu aplikasi KitaLulus di Playstore lalu lakukan registrasi. Bahkan sebelum kamu melakukan registrasi, kamu juga bisa loh melihat daftar loker. Tinggal setting kota sesuai yang kamu tuju saja.

Dengan KitaLulus, proses melamar kerja menjadi #LebihMudah sehingga tidak perlu ribet menyiapkan berkas cetak dan lainnya. Kamu juga bisa terhindar dari perusahaan bodong karena di KitaLulus, proses lamaran kamu langsung diteruskan ke nomor WhatsApp staff HRD perusahaan tujuan kamu. 

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!