7 Pekerjaan yang Cocok untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Ada Jenjang Karir!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Pekerjaan untuk Lulusan SMA– Memiliki jenjang pendidikan tinggi memang menjadi suatu privilese tersendiri untuk jobseeker. Namun, bukan berarti kamu harus pesimis jika pendidikan terakhir kamu adalah SMA loh. Karena faktanya, saat ini ada banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA, baik di perusahaan swasta, BUMN, atau multinasional.

Jadi, lulusan SMA bisa kerja apa sih? Banyak pilihannya! Kalau kamu belum punya bayangan ingin kerja apa setelah lulus SMA, KitaLulus punya daftar pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA di bawah ini (dan bisa sambil kuliah juga).

7 Pekerjaan untuk Lulusan SMA, Gaji Besar dan Bisa Sambil Kuliah

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA

Banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu lamar dengan riwayat pendidikan terakhir SMA. Bahkan, beberapa pekerjaan juga bisa kamu lakukan meskipun masih menjadi pelajar SMA loh.

Berikut ini 7 pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA sebagai referensi kamu cari kerja nanti. Sebagian besar lowongan kerja lulusan SMA di bawah ini berpotensi menghasilkan gaji besar, bahkan menjanjikan jenjang karir yang bagus, lho!

1. Sales Marketing

Pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA yang pertama adalah sebagai sales marketing, atau tenaga pemasar produk. Saat ini, ada banyak perusahaan yang menerima (dan bahkan hanya menerima) sales marketing dengan pendidikan terakhir SMA, lho!

Tidak memiliki passion di bidang sales? Eits, jangan berpikir begitu dahulu. Dengan menjajal posisi sales marketing, kamu bisa memiliki career path yang bagus loh. Kenapa? Sebab, sekarang banyak perusahaan yang membutuhkan sosok karyawan yang mampu “mempengaruhi pembeli”.

Sales marketing dikenal gigih dan memiliki kemampuan komunikasi yang hebat dan itu adalah soft skill yang dibutuhkan banyak posisi.

Jika kamu berhasil mencapai target perusahaan, kamu bisa mendapat upah besar yang bahkan melebihi nominal gaji. Selain itu, kamu juga berkesempatan meniti jenjang karir lebih cepat, tidak peduli pendidikan terakhirmu adalah SMA.

BACA JUGA: 15 Kata-Kata Promosi Produk Terampuh & Tips Membuatnya

2. Penulis

Lowongan kerja untuk lulusan SMA

Untuk menjadi penulis, kamu bahkan tidak perlu memiliki pendidikan tinggi. Kuncinya hanya kamu rajin membaca dan tidak lelah belajar dari apa yang kamu baca.

Biasanya, posisi penulis diremehkan karena banyak perusahaan yang memberi upah penulis dengan rendah. Namun, jika kamu menekuninya dengan sungguh-sungguh, kamu bisa loh mendapatkan penghasilan tinggi.

Sebut saja penulis keren seperti Ika Natassa, Raditya Dika, hingga Dewi Lestari yang menulis fiksi dan mendapatkan royalti hingga puluhan juta dalam sekali terbit. Lalu penulis-penulis buku motivasi seperti Henry Manampiring dengan Filosofi Terasnya yang laris manis di pasaran.

Jika kamu tidak memiliki concern untuk menulis buku, kamu bisa juga kok menjajal posisi Content Writing dengan menulis artikel populer. Banyak website kepenulisan juga yang membuka kesempatan untuk kontributor dan akan membayar tulisan tersebut jika lolos kurasi tayang.

FYI, gaji penulis website di Indonesia bisa mencapai Rp300 ribu sampai Rp10 juta per bulan, lho! Tanpa ada permintaan latar belakang pendidikan spesifik! Asal kamu bisa menulis sesuai kemauan klien, kamu akan dibayar sesuai kapasitasmu.

3. Pengajar Bimbel

Banyak siswa-siswi SD, SMP, bahkan SMA yang membutuhkan tambahan belajar. Tidak semuanya mengikuti bimbel di suatu lembaga, tetapi juga mempekerjakan pengajar bimbel lepas.

Buat kamu yang ingin menekuni bidang pendidikan, menjadi pengajar bimbel adalah salah satu opsi pekerjaan untuk lulusan SMA yang bisa diambil. Gaji pengajar bimbel lumayan besar, bisa Rp25 ribu - Rp200 ribu per pertemuan, tergantung lembaga bimbel dan tingkat kemampuanmu.

Saat ini, ada banyak lembaga bimbel membuka lowongan kerja lulusan SMA yang juga sedang berkuliah. Jadi, kamu bisa mencari pendapatan sebagai pengajar bimbel di sela-sela waktu kuliahmu.

4. Bisnis Online

Berbisnis online jangan langsung diartikan dengan harus memiliki modal besar ya. Kamu bisa mulai dengan menjadi reseller bahkan dropshipper yang tidak perlu modal sama sekali.

Kunci untuk menjalankan bisnis online dengan sukses adalah jangan lelah untuk berpromosi serta harus pintar membaca situasi. Misal, bulan ini sedang ramai blus untuk ibu hamil, kamu coba menjadi supplier yang menjual blus ibu hamil. Kamu harus selalu update dengan hal viral dan konsisten menawarkannya.

5. Input Data

Pekerjaan untuk lulusan SMA berikutnya adalah input data. Posisi ini tidak meminta spesifikasi yang terlalu tinggi kok, kamu cukup memiliki kemampuan mengoperasikan komputer dan software di dalamnya, seperti Ms. Office.

Tugasnya adalah untuk memasukan data ke dalam sistem perusahaan. Harus teliti ya karena bisa fatal akibatnya jika salah memasukan data.

6. Pramugari/Pramugara

Pekerjaan untuk lulusan SMA gaji besar

Mungkin, pramugari atau pramugara menjadi salah satu posisi yang banyak diminati oleh pelajar SMA, utamanya yang dari SMK. Selain karena bisa dilamar dengan riwayat pendidikan SMA, pramugari/pramugara diminati karena dikenal memiliki gaji besar dengan relasi kerja luas–dan bisa jalan-jalan!

Di Indonesia, ada dua jenis pekerjaan untuk lulusan SMA di bidang kepramugarian yang bisa kamu lamar, yaitu di perusahaan penerbangan dan PT. Kereta Api Indonesia.

Yap, KAI juga membuka lowongan sebagai pramugari/pramugara, lho. Jika kamu berhasil masuk sebagai train attendant di PT. KAI, kamu akan dapat gaji lumayan, jenjang karir menjanjikan, dan status karyawan BUMN sekaligus, menarik kan?

5. Anak Buah Kapal

Pekerjaan untuk lulusan SMA yang terakhir adalah pekerjaan dengan pengalaman seru, tetapi juga memiliki risiko tinggi. Risiko yang dimaksud adalah kamu bisa tidak pulang ke rumah sampai berbulan-bulan!

Menjadi anak buah kapal berarti kamu harus ikut berlayar ke luar kota bahkan ke luar negeri dalam jangka waktu yang lama. Namun, asiknya adalah kamu bisa ikut jalan-jalan, memiliki pengalaman yang menegangkan, sekaligus mendapatkan gaji tinggi.

BACA JUGA: Info Karir dan Lowongan PT. KAI, Syarat, dan Gajinya 2022

3 Perusahaan Prestise Penyedia Lowongan Kerja Lulusan SMA

Lowongan BUMN untuk lulusan SMA SMK

Pekerjaan untuk lulusan SMA tidak melulu dibuka oleh perusahaan kecil kok. Bahkan, ada perusahaan BUMN yang juga membuka peluang untuk lulusan SMA. Apa saja perusahaan tersebut? Sebenarnya perusahaan yang menyediakan pekerjaan untuk lulusan SMA ada banyak, tapi berikut Top 3-nya versi KitaLulus.

1. PT Kereta Api Indonesia

PT Kereta Api Indonesia terkenal ramah untuk job seeker lulusan SMA. Bahkan, posisi masinis, kondektur, dan pramugari juga bisa loh ditempati oleh lulusan SMA, karena persyaratannya memang minimal lulusan SMA/SMK.

Tertarik untuk mengecek apa saja lowongan kerja lulusan SMA yang bisa kamu lamar di PT. KAI? Langsung saja kunjungi situs resminya di https://recruitment.kai.id/ ya!

2. Bank BCA

Lowongan BCA untuk lulusan SMA SMK

Siapa sangka, bank multinasional sekelas BCA juga menyediakan lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA? Gajinya besar dan ada tunjangannya lagi!

Bank BCA memiliki program Magang Bakti BCA yang dibuka untuk lulusan SMA hingga fresh graduate. Posisi yang biasa dibuka adalah untuk customer service dan teller.

Namun, meskipun statusnya magang, tapi kamu bisa diangkat menjadi karyawan tetap loh! Peserta magang bakti juga tetap diberi apresiasi berupa bonus jika memiliki reputasi bagus di mata nasabah. Beberapa lulusan magang bakti juga ada yang mendapat bonus jalan-jalan ke luar negeri sebagai apresiasi.

BACA JUGA: 29 Posisi Tersedia! Simak Info Karir BCA 2022, Syarat, dan Tahapan Seleksinya

3. PT Pertamina Tbk

Siapa sih yang tidak kenal perusahaan BUMN satu ini? Pertamina yang memang menjadi perusahaan minyak dan gas terbaik di Indonesia dengan standar global juga bisa dimasuki oleh lulusan SMA.

Pertamina memiliki program internship untuk lulusan SMA dan mahasiswa aktif. Dengan memiliki pengalaman pernah bergabung di Pertamina, tentu saja bagus untuk portofolio kamu, kan?

BACA JUGA: Peluang Karir Pertamina 2022: Syarat, Benefit, dan Info Gaji Terbaru

Situs Freelance untuk Lulusan SMA yang Sedang Kuliah

Pekerjaan untuk lulusan SMA sambil kuliah

Untuk kamu yang masih berstatus mahasiswa tapi ingin mendapatkan tambahan uang, kamu bisa loh mengambil job sebagai freelancer. Ada banyak website penyalur freelancer dan kepada perusahaan yang mencari pekerja lepas, berikut 7 situsnya:

  • Peopleperhour
  • Sribulancer
  • Freelancer
  • Upwork
  • Projects
  • College Recruiter
  • Fiverr

Bagaimana? Pekerjaan untuk lulusan SMA mana yang paling kamu minati dan ingin diseriusin untuk dapat jenjang karir yang bagus? Apa pun posisinya, yang penting kamu harus selalu loyal, disiplin, dan bekerja keras ya. 

Dan, buat kamu yang bingung mencari loker yang sesuai dan terpercaya, langsung install aplikasi KitaLulus aja yuk di Playstore!

KitaLulus bukan sekadar aplikasi untuk mencari loker loh. Di sana kamu bahkan bisa belajar untuk persiapan kerja, seperti tes SKD hingga soal-soal psikotes lengkap bisa kamu pelajari! 

Yang paling keren, kamu juga bisa loh join komunitas di aplikasi KitaLulus. Di sana juga ada komunitas lulusan SMA yang secara aktif berbagi informasi loker serta sharing ilmu.

Tunggu apalagi? Yuk, langsung install KitaLulus aja di handphone kamu. Jadikan pengalaman mencari kerja #LebihMudah dengan KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!