Info Karir dan Lowongan PT. KAI, Syarat, dan Gajinya 2022

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Karir PT. Kereta Api Indonesia– Sebagai salah satu BUMN paling terkenal, info karir PT. Kereta Api Indonesia (KAI) termasuk yang paling dicari job seeker. Selain memiliki banyak lowongan kerja untuk berbagai jurusan, PT. KAI juga memiliki jenjang karir yang bagus dan jumlah gaji menarik.

Apakah kamu salah satu jobseeker yang tertarik menjadi karyawan PT. KAI? Sedang mencari apa saja peluang karir PT. KAI yang tersedia untukmu di tahun 2022? KitaLulus punya penjelasan lengkapnya di bawah ini, simak sampai habis ya!

10 Posisi Karir PT. Kereta Api Indonesia (KAI) yang Tersedia

Dikutip dari recruitment.kai.id di tahun 2022, saat ini ada sekitar 10 posisi karir PT. KAI yang bisa kamu jadikan pilihan. Pembukaan rekrutmennya mungkin tidak selalu ada sepanjang tahun, akan tetapi kamu bisa mengeceknya dengan rutin. Siapa tahu tiba-tiba tersedia lowongan PT. KAI yang kamu cari, kan?

Lebih lengkap tentang 10 posisi karir PT. KAI bisa kamu simak di bawah ini.

1. Masinis

Lowongan masinis pt kereta api indonesia

Siapa sih yang tidak tahu posisi Masinis di kereta api? Secara awam, masinis adalah pengemudi kereta api.

Masinis bertanggung jawab untuk mengoperasikan kereta api, yaitu mempercepat, memperlambat, atau menghentikan kereta api sesuai dengan sinyal yang ada. Nantinya, seorang Masinis akan didampingi oleh Asisten Masinis.

Jika kamu bercita-cita menjadi Masinis, siap-siap untuk bersaing dengan ribuan orang ya karena posisi ini yang paling banyak digemari. 

2. Pengatur Perjalanan Kereta Api

Info karir PT KAI 2022

Terdapat 8 tugas utama bagi Pengatur Perjalanan Kereta Api, yaitu:

  • Melayani KA berangkat di stasiun awal
  • Melayani KA langsung di stasiun
  • Melayani KA datang di stasiun
  • Melayani Kereta Api berangkat di stasiun antara
  • Melayani langsir
  • Melaksanakan uji coba pengereman dinamis
  • Menjalankan KA sesuai dengan prosedur
  • Serah terima dinasan petugas KA

Petugas ini nantinya akan ada di bidang operasi dan pemasaran yang masing-masingnya harus secara profesional melayani perjalanan kereta api serta pelanggan.

3. Kondektur

Kesempatan karir PT. Kereta Api Indonesia berikutnya yang bisa kamu incar adalah posisi kondektur.

Mungkin, kamu paling kenal posisi ini karena di setiap perjalanan kereta api, kondekturlah yang selalu siap sedia dihubungi oleh penumpang jika ada masalah teknis di dalam kereta. Biasanya nomor kondektur akan dipampang di setiap gerbong supaya mudah dihubungi.

Kondektur memang menjadi juru hubung antar staf sehingga perjalanan kereta berlangsung baik dengan tim solid. Mereka bahkan memiliki semboyan 7S, yaitu senyum, sapa, salam, sopan, santu, semangat, dan siap melayani.

4. Teknisi Sarana Perkeretaapian

Lowongan PT. KAI keempat yang juga sering dibuka adalah posisi Teknisi Sarana Perkeretaapian, yang memiliki tugas mengecek hingga merawat seluruh komponen tentang kereta api, mulai dari gerbong, lokomotif, hingga sarana lain yang bergerak di atas rel.

5. Teknisi Jalan Rel dan Jembatan

Seperti halnya Teknisi Sarana Perkeretaapian, Teknisi Sarana Rel dan Jembatan juga bertugas memelihara hal-hal teknis yang mendukung laju transportasi kereta api. Posisi ini bertanggung jawab secara penuh untuk memelihara dan merawat seluruh urusan rel kereta api, termasuk peristiwa luar biasa hebat yang terjadi di jalur kereta api.

6. Teknisi Sinyal, Telekomunikasi, dan Listrik

Saat kamu transit di suatu stasiun, apakah kamu pernah melihat petugas yang sedang naik tiang listrik di dekat stasiun? Itu adalah Teknisi Sinyal, Telekomunikasi, dan Listrik. Petugas ini menjaga dan merawat dengan baik seluruh sinyal yang mengatur laju kereta api sehingga tetap aman dan nyaman sesuai dengan rambu-rambunya.

7. Administrasi

Lowongan PT KAI untuk lulusan SMA SMK

Buat kamu yang punya latar belakang non-teknisi, peluang karir PT. Kereta Api Indonesia sebagai tenaga administrasi bisa dicoba.

Petugas administrasi menghabiskan waktu di kantor stasiun. Tanggung jawab mereka adalah memastikan seluruh data-data transaksi bisnis PT Kereta Api Indonesia di wilayah mereka berjalan dengan baik, mulai dari transaksi keuangan, sumber daya manusia, produksi, hingga aset lainnya.

8. Paramedis

Lowongan PT KAI 2022 terbaru

Lowongan PT. KAI terakhir yang bisa kamu target adalah posisi paramedis.

FYI, setiap petugas PT Kereta Api Indonesia melakukan cek kesehatan secara rutin guna memastikan kondisi mereka dalam keadaan baik sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu. Pengecekan ini dilakukan oleh paramedis loh.

Tidak hanya itu, paramedis juga bertanggung jawab melakukan cek kesehatan saat rekrutmen hingga ketika sertifikasi. 

9. Pramugara/Pramugari

Kata siapa lowongan pramugara dan pramugari hanya tersedia untuk pesawat saja? Guna menjaga kepuasan pelanggan, PT. KAI juga menyediakan pramugara/pramugari, lho! Mereka disebut juga sebagai train attendants.

Lebih membahagiakannya, peluang karir PT. KAI sebagai train attendant ini terbuka bagi lulusan SMA dan SMK juga.

10. Cleaning Service

Peluang karir PT. Kereta Api Indonesia terakhir dan tak kalah kerennya adalah sebagai cleaning service. Banyak orang mengira posisi cleaning service kurang berkelas. Tapi, beda kondisinya kalau kamu jadi cleaning service PT. KAI!

Tidak seperti cleaning service kantor yang harus membersihkan seantero gedung, kamu hanya bertugas di gerbong-gerbong tertentu saja.

BACA JUGA: Mau Kuliah Sambil Kerja? Bisa! Ini 7 Tips, Manfaat, & Pilihan Universitasnya

Syarat Umum Menjadi Karyawan PT. KAI

Syarat mengikuti seleksi karir PT KAI

Karir PT. KAI terbuka untuk siapa saja dengan pendidikan minimal SMA/SMK. Oleh karena itu, buat kamu yang lulusan sekolah menengah saja, tidak perlu minder buat mendaftarkan diri di lowongan PT. KAI ya!

Standar umum untuk menjadi karyawan PT Kereta Api Indonesia adalah minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun untuk lulusan SMA/SMK, maksimal usia 27 tahun untuk lulusan D-3, dan maksimal 30 tahun untuk lulusan S-1. 

PT Kereta Api Indonesia masih menetapkan minimal tinggi badan untuk pelamar. Nilai minimal berbeda-beda di setiap posisi, tetapi pada umumnya untuk perempuan adalah minimal 155 cm dan untuk laki-laki minimal 160 cm, khusus untuk Masinis dan Pengatur Perjalanan Kereta Api harus minimal 165 cm.

Cara Mengikuti Seleksi Karir PT. Kereta Api Indonesia

Saat ini, belum dibuka kembali lowongan kerja di PT Kereta Api Indonesia setelah penutupan rekrutmen BUMN beberapa saat lalu. Namun, jika kamu ingin aktif memantau supaya tidak tertinggal informasi, kamu bisa secara reguler mengakses website rekrutmen KAI.

Jika kamu baru pertama kali mengecek dan belum mendaftar akun di sana, segera buat akun supaya saat ada pembukaan PT Kereta Api Indonesia karir langsung melamarnya. Lakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi nama lengkap, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, email, username, serta kode verifikasi.

Setelah buat akun, lakukan verifikasi dengan cara masuk ke email pendaftaran dan klik tautan yang dikirim lalu menyalin kode verifikasi di email tersebut untuk verifikasi akun.

Kamu nantinya sudah bisa login ke akun kamu untuk keperluan lamaran posisi di PT Kereta Api Indonesia. Namun sebelumnya, kamu bisa mengisi seluruh data dengan lengkap, mulai dari data biodata personal, riwayat pendidikan terakhir, serta mengunggah beberapa berkas seperti foto diri, salinan KTP, ijazah, dan transkrip nilai dalam bentuk PDF.

Info Gaji Karyawan PT. KAI Tahun 2022

Syarat lowongan PT KAI 2022

Setelah tahu banyak hal mengenai lowongan hingga cara mengikuti seleksi karir PT. Kereta Api Indonesia, kamu tentu saja penasaran dengan gaji di sana, kan? Berikut daftar gaji sesuai posisi karyawan KAI yang bisa kamu ketahui.

  • Masinis Rp12.000.000
  • Kondektur Rp6.500.000
  • Pramugara/Pramugari Rp4.000.000
  • Marketing Staff Rp4.000.000
  • Customer Service Rp4.000.000
  • Front Liner Rp2.500.000
  • Security Rp2.000.000
  • Ticketing Staff Rp2.000.000
  • Magang Cleaning Service Rp1.500.000

Perbedaan gaji ini tentu saja ditentukan oleh beberapa faktor, seperti:

  • Golongan
  • Jabatan
  • Masa Kerja
  • Pendidikan
  • Kompetensi

Di luar gaji bulanan tersebut tentu saja masih ada beberapa tunjangan untuk kesejahteraan karyawan, seperti bonus hingga THR.

BACA JUGA: Pentingnya Attitude Dunia Kerja & 5 Contoh Utamanya, Apa Saja?

Itulah hal-hal yang bisa kamu pelajari mengenai karir PT Kereta Api Indonesia yang bisa kamu sesuaikan dengan kualifikasi diri kamu.

Untuk informasi lowongan kerja lainnya sesuai passion, kamu bisa nih mencari tahu di KitaLulus dengan cara yang tak kalah mudahnya, yaitu dengan install aplikasi KitaLulus di playstore. Seluruh perusahaan yang tergabung di KitaLulus sudah melalui kurasi yang ketat sehingga tidak akan terjadi penipuan loker yang merugikan pencari kerja.

Yuk, tunggu apalagi, segera install KitaLulus di handphone kamu dan cari loker yang sesuai dengan minat atau jurusan kamu. Dengan KitaLulus, kamu bisa #LebihMudah mendapatkan pekerjaan impian!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!