Info Magang Bakti BCA 2022, Syarat, Tahapan, dan Cara Daftar

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Magang bakti BCA– Siapa sih yang tidak mau berkarier di salah satu bank swasta terbesar di Indonesia seperti Bank BCA? Memiliki reputasi yang bergengsi, Bank BCA kerap kali menjadi perusahaan untuk dituju para fresh graduate. Apakah kamu salah satunya? Jika ya, kebetulan, bank mentereng satu ini lagi buka program Magang Bakti BCA!

Mungkin dari teman-teman KitaLulus ada yang belum tahu apa itu Magang Bakti BCA? Yuk, simak artikel ini untuk lebih mengenal program hebat dari Bank BCA ini! Utamanya untuk kamu yang memang tertarik dengan dunia perbankan, jangan sampai ada yang di-skip ya!

Apa Sih Magang Bakti BCA Itu?

Syarat program magang bakti bca 2022

Program Magang Bakti BCA merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Bank BCA untuk merekrut talent terbaik dari lulusan SMA/SMK hingga Diploma yang memang berminat di dunia perbankan, tetapi belum memiliki pengalaman yang mumpuni di bidang tersebut. Bank BCA memang rutin membuka program ini di setiap tahunnya.

Jangan salah ya, Teman-teman, meskipun program ini adalah program magang, tetapi tak jarang peserta Magang Bakti BCA diangkat menjadi karyawan tetap bahkan mendapatkan reward atas kerja kerasnya dalam melayani nasabah.

Nantinya, di akhir masa magang, kamu bisa mendapatkan sertifikat resmi sebagai internship BCA serta tunjangan beasiswa loh.

Posisi Tersedia dalam Magang Bakti BCA 2022

Terdapat 3 posisi yang tersedia yang bisa kamu apply dalam program Magang Bakti BCA ini, yaitu customer service, teller, dan customer service untuk pembukaan rekening online. Untuk gambaran job desk-nya tentu saja kamu tidak asing lagi dengan teller dan petugas customer service di sebuah bank, bukan?

Untuk posisi customer service di bagian pembukaan rekening online, kamu nantinya akan bertanggung jawab untuk memberikan arahan kepada calon nasabah yang ingin membuka rekening tanpa harus datang ke bank BCA secara langsung serta memberikan informasi dalam melakukan transaksi di aplikasi BCA.

Syarat Mengikuti Program Magang Bakti BCA 2022

Untuk mempelajari apa saja syarat yang harus kamu persiapkan untuk mengikuti Magang Bakti BCA ini, yuk simak penjelasan berikut!

  • Warga Negara Indonesia
  • Lulusan SMA/SMK dengan nilai rerata minimal 70 untuk rapor semester 5 dan 6 
  • Lulusan D1–D3 dan S1 dengan IPK minimal 2,50
  • Berusia maksimal 24 tahun
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak pernah terlibat dengan kasus kriminal apa pun
  • Mampu berkomunikasi dengan sopan dan ramah
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama masa permagangan
  • Belum pernah mengikuti seleksi Magang Bakti BCA sebelumnya
  • Bersedia ditempatkan di seluruh cabang BCA di wilayah kota seleksi

Khusus untuk posisi customer service bagian pembukaan rekening online hanya tersedia satu lokasi tes dan penempatan, yaitu Banten. 

Untuk durasi magang ini adalah selama 1 tahun dengan sistem kerja shift sesuai jadwal yang ditentukan.

Cara Mendaftar Program Magang Bakti BCA

Tahapan seleksi magang bakti bca 2022

Cara mendaftar Magang Bakti BCA ini terbilang mudah dilakukan. Kamu cukup mengakses karir.bca.co.id/magang-bakti untuk kemudian mengisi data-data yang dibutuhkan. Apa saja data yang harus disiapkan untuk bisa mengisi formulir pendaftaran? Simak penjelasan berikut ini ya.

1. Posisi Pekerjaan

Pilih posisi yang kamu minati. Jika posisi yang kamu lamar adalah teller atau customer service, kamu juga harus memilih lokasi tes yang kamu inginkan. Di sini, kamu juga harus mengisi sumber informasi dari mana kamu mendengar program Magang Bakti ini.

2. Informasi Personal

Informasi personal diisi dengan nama lengkap, nomor KTP, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, alamat domisili, nomor telepon, status perkawinan, dan informasi mengenai pendidikan terakhir.

3. Kerabat yang Bisa Dihubungi

Kerabat yang bisa dihubungi oleh pihak Bank BCA untuk kontak darurat bisa kamu isi dengan nama lengkap kerabatmu, nomor telepon aktif, serta hubungan antara kamu dan kerabat tersebut.

4. Riwayat Pendidikan

Untuk riwayat pendidikan, pilih dengan pendidikan terakhir kamu, SMA/SMK, Diploma atau S1. Nantinya, informasi yang harus kamu isi adalah nama institusi pendidikan, jurusan, tahun lulus, dan nilai terakhir.

5. Organisasi Sekolah/Sosial

Di bagian ini, kamu bisa mengisi sebanyak-banyaknya organisasi yang kamu ikuti. Namun, disarankan adalah organisasi yang memang relevan dengan posisi yang kamu lamar.

Informasi yang harus kamu isi adalah nama organisasi, posisi kamu di organisasi tersebut, tanggal masuk, dan tahun selesai.

6. Pengalaman Kerja

Jika kamu sebelumnya sudah memiliki pengalaman bekerja, baik secara part time  maupun freelance, bisa diisi di bagian Pengalaman Kerja ini dengan memberitahu nama perusahaan lama kamu, posisi, tanggal mulai kerja, dan tanggal berakhirnya.

7. Unggah Foto

Terakhir, kamu harus mengunggah foto terbaru kamu dengan ukuran maksimal 300 KB. Setelah foto berhasil diunggah, klik bagian “bersedia” untuk kemudian klik daftar.

Tahapan Seleksi Magang Bakti BCA

Cara daftar program magang bakti bca 2022

Terdapat 4 tahapan seleksi untuk kamu bisa lolos dalam program Magang Bakti BCA ini, yaitu diantaranya:

1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi ini adalah proses seleksi data-data yang kamu submit melalui website BCA sebelumnya. Nantinya, kamu akan tersaring dari puluhan ribu pendaftar magang untuk kemudian lolos dan melakukan tes online.

2. Tes Online

Tes online akan berisi tes kemampuan dasar, logika, hingga psikotes. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengetahui bagaimana kamu melakukan pemecahan masalah ketika dihadapkan suatu situasi rumit di dunia kerja.

3. Wawancara

Setelah di tes online kamu lolos, kamu akan masuk ke tahap wawancara. Di sini kamu akan ditanyai mengenai pengetahuan kamu akan magang bakti hingga perusahaan Bank BCA. Di tahap ini HRD dan user melakukan cross check data apakah sesuai dengan formulir yang kamu submit.

4. Tes Kesehatan

Tes kesehatan menjadi seleksi akhir dari tahapan Magang Bakti BCA. Di dalam tes kesehatan kamu akan diukur tinggi badan, berat badan, tes buta warna, hingga tes kesehatan menyeluruh mengenai kondisi organ tubuh kamu.

BACA JUGA: 5 Tahap Tes Medical Check Up untuk Kerja yang Harus Dilewati dan Biayanya

Berapa Gaji Program Magang Bakti BCA?

Untuk setiap peserta magang, besaran gaji bisa saja tidak sama karena disesuaikan dengan kinerja pemagang dan daerah penempatan. Namun, dari setiap tahunnya, gaji karyawan Magang Bakti BCA ada di rata-rata Rp5.500.000 untuk gaji bersih bulanannya.

Selain gaji bulanan, pemagang juga mendapatkan tunjangan magang dari Bank BCA sebesar Rp14.000.000 dari total setahun selama magang. Gaji yang cukup tinggi bukan untuk karyawan magang?

Sudah tidak sabar untuk mendaftar di Magang Bakti BCA? Yuk, segera apply. Namun, karena biasanya yang ikut bisa sampai ribuan, tentu saja proses seleksi bisa memakan waktu yang cukup lama sehingga kamu harus sabar ya!

Untuk mengetahui loker yang sesuai dengan karir yang kamu mau, yuk langsung saja unduh KitaLulus di Playstore. KitaLulus bisa membuat kamu #LebihMudah memilih karir yang kamu inginkan tanpa harus bingung dan takut mengetahui apakah perusahaan tersebut resmi dan tidak melakukan penipuan atau tidak.

Dengan KitaLulus kamu juga bisa tahu mana perusahaan yang membuka loker untuk WFH sehingga kamu bisa bekerja secara remote deh. Tunggu apalagi? Ayo instal KitaLulus sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!