5 Tahap Tes Medical Check Up untuk Kerja yang Harus Dilewati dan Biayanya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Medical check up untuk kerja– Apakah kamu pernah diminta untuk melakukan medical check up untuk kerja? Tapi apakah kamu tahu apa itu medical check up atau tes MCU?

Secara garis besar medical check up atau tes MCU adalah jenis pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang dilakukan kepada pasien. Tahapan ini dimulai dari wawancara medis, pemeriksaan klinis, pemeriksaan riwayat kesehatan, hingga pemeriksaan organ vital di bagian dalam dan juga luar.

Kira-kira mengapa ada permintaan tes medical check up untuk kerja? Tes medical check up meliputi apa saja? Berapa biaya medical check up yang harus dikeluarkan? Simak jawaban selengkapnya di penjelasan bawah ini.

BACA JUGA: Kamu Harus Tahu, Ini 10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Karyawan

Apa itu Medical Check Up?

Apa itu tes medical check up atau MCU

Apa itu medical check up? Seperti yang disebutkan sebelumnya, tes MCU adalah pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh yang dilakukan kepada pasien melalui beberapa tahap pemeriksaan. Tujuannya adalah untuk mendeteksi potensi penyakit sejak dini.

Lalu medical check up meliputi apa saja? Tahapan pemeriksaan tes MCU adalah dimulai dari wawancara medis, pemeriksaan klinis, pemeriksaan riwayat kesehatan, hingga pemeriksaan organ vital bagian dalam dan juga luar.

Biasanya, tahapan medical check up untuk kerja ini bisa dilakukan setelah kamu dinyatakan lulus interview user. Namun ada beberapa perusahaan yang meminta syarat ini setelah kamu mendapatkan offering letter.

Selengkapnya tentang tujuan tes medical check up adalah sebagai berikut:

  1. Memeriksa potensi penyakit sejak dini
  2. Melakukan identifikasi kondisi terkait gangguan kesehatan sejak dini
  3. Mencari tahu akan kebutuhan jenis vaksin tertentu
  4. Memilih dan memastikan gaya hidup yang sehat untuk dijalani
  5. Pencegahan resiko penyakit yang kemungkinan terjadi di masa depan
  6. Memastikan kesehatan seseorang untuk jenis pekerjaan tertentu
  7. Melindungi pemberi kerja dan karyawan secara transparansi.

BACA JUGA: Bisa Online, Ini Dia 3 Cara Mengaktifkan BPJS Kesehatan dari Perusahaan ke Mandiri

Tahapan Tes Medical Check Up atau MCU

Tahapan tes medical check up perusahaan

Tentu kamu bertanya-tanya medical check up meliputi apa saja. Terutama tes medical check up untuk kerja yang perlu kamu lakukan. Namun perlu diketahui bahwa, setiap fasilitas kesehatan memiliki prosedur tahapan tes MCU yang berbeda-beda.

Secara garis besar, berikut beberapa tahapan yang harus dilakukan pada medical check up untuk kerja dan tes MCU adalah:

1. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Pada tahap pemeriksaan riwayat kesehatan, biasanya pasien akan melakukan tanya jawab dengan dokter terkait keluhan kesehatan yang dialami dan riwayat kesehatan pasien dan keluarganya.

Selain itu, dokter juga akan menanyakan terkait gaya hidup yang kamu jalani selama ini, seperti pola makan, kegiatan olahraga, kebiasan merokok, hingga mengonsumsi minuman beralkohol.

2. Tes Narkoba dan Alkohol

Jika perusahaan mewajibkan kamu untuk mengambil tes medical check up untuk kerja, maka tes narkoba dan alkohol adalah salah satu prosedur yang tidak boleh dilewatkan. Tahukah kamu, hampir setiap perusahaan mewajibkan adanya tes ini?

Kamu akan menjalani tes urin dengan tujuan untuk menghindari kecelakaan saat kerja, meningkatkan produktivitas, hingga mengurangi tanggung jawab untuk perusahaan. Selain itu, setiap fasilitas kesehatan memiliki prosedur berbeda-beda untuk jenis prosedur yang satu ini.

3. Pemeriksaan Tanda Vital

Pemeriksaan tanda vital juga merupakan rangkaian dari tahapan medical check up untuk kerja yang harus kamu ikuti. Biasanya tanda-tanda vital yang akan diperiksa meliputi frekuensi denyut jantung, frekuensi pernapasan, suhu tubuh, hingga tekanan darah.

4. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik di tes medical check up untuk kerja biasanya meliputi pengukuran tinggi dan berat badan, hingga pemeriksaan seluruh kondisi tubuh dari kepala hingga kaki.

Kemudian pemeriksaan dilanjutkan dengan memeriksa mata, hidung, telinga, hingga organ dalam tubuh. Dalam tes medical check up untuk kerja, tahapan ini bertujuan mengukur kemampuan fisik calon karyawan untuk melakukan tugas tertentu.

Biasanya perusahaan akan meminta pemeriksaan kekuatan otot dan kekuatan tubuh secara menyeluruh. Para prakteknya, perusahaan lebih menyukai apabila hasil pemeriksaan stamina, fleksibilitas, dan kekuatan dinyatakan bagus dalam tes medical check up untuk kerja.

5. Pemeriksaan Medis

Tahapan selanjutnya dalam tes medical check up untuk kerja adalah pemeriksaan medis. Biasanya kamu akan diminta untuk menjalani pemeriksaan tekanan darah, penglihatan, jantung, perut, anggota tubuh, dan tulang belakang.

Pada beberapa jenis pekerjaan tertentu, kamu akan diminta untuk melakukan pemeriksaan rontgen dada, tes pendengaran, tes paru-paru, hingga MRI dan/atau EKG pada tes medical check up untuk kerja.

Berapa Biaya Medical Check Up untuk Melamar Kerja?

Biaya tes medical checkup perusahaan atau MCU

Setiap fasilitas kesehatan memberikan rincian biaya medical check up yang berbeda. Hal ini tergantung pada jenis tes MCU yang kamu ambil. Namun untuk tes medical check up untuk kerja biasanya berkisar Rp262 ribu sampai Rp500 ribu.

Jika kamu mengambil jenis tes MCU lainnya, maka biaya medical check up bisa dimulai dari Rp324 ribu hingga Rp2 juta.

Contoh Hasil Medical Check Up yang Benar dan Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui tahapan tes medical check up dan informasi biayanya, kali ini KitaLulus akan menunjukkan beberapa contoh hasil MCU yang baik dan bisa mendukung proses melamar kerja. Selengkapnya tentang contoh hasil medical check up perusahaan adalah sebagai berikut:

Contoh Hasil Medical Check Up Perusahaan 1

Contoh hasil medical checkup perusahaan

Contoh Hasil Medical Check Up Perusahaan 2

Contoh hasil medical checkup untuk kerja

Itulah penjelasan terkait tes medical check up untuk kerja, tahapan yang dilakukan, hingga biaya yang harus kamu keluarkan. Mengingat biaya medical check up yang tidak sedikit, maka ada baiknya jika kamu bertanya dulu aspek apa saja yang harus diperiksa sebelum melakukan tes MCU.

Jika kamu berencana mencari pekerjaan baru setelah lebaran nanti, kamu bisa mencarinya di aplikasi KitaLulus, lho. Kamu akan menemukan banyak pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan passion kamu.

Cara melamar kerja di KitaLulus sangatlah mudah! Kamu cukup membuat profil di platform KitaLulus dan isi dengan selengkap mungkin, setelah itu bebas deh mengirim lamaran ke perusahaan-perusahaan impianmu!

Selain #LebihMudah, melamar kerja di KitaLulus juga diproses lebih cepat dan trasnparan, lho. Dengan adanya fitur Whatsapp HRD, kamu bisa melakukan follow up lamaran langsung ke HR tempatmu melamar, menyenangkan bukan?

Jadi tunggu apalagi? Ayo instal aplikasi KitaLulus sekarang dan mulai buru karir yang kamu impikan!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!