20 Kata-Kata Motivasi Kerja Terbaik, Bikin Semangat dan Produktif!

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Kata-kata motivasi kerja– Buat kamu yang baru kerja atau sudah bekerja pasti membutuhkan motivasi kerja agar lebih semangat. Tapi sebenarnya, kita perlu nggak sih kata-kata motivasi kerja?

Tahukah kamu bahwa, motivasi dibutuhkan untuk mencapai atau mengerjakan suatu hal? Motivasi ini timbulnya dari diri kita sendiri sebagai bentuk sebuah keinginan. Nah, maka dari itu beberapa orang terkadang membutuhkan kata-kata motivasi kerja agar bisa lebih bersemangat.

Kata-kata motivasi kerja ini tidak hanya didapatkan dari orang tersayang, keluarga, atau pasangan saja, lho. Bahkan dari diri kamu sendiri pun bisa! Penasaran?

Yuk, simak selengkapnya terkait pengertian, tujuan motivasi kerja, hingga kata-kata motivasi kerja yang bisa bikin kamu semangat di bawah ini!

BACA JUGA: Memahami Quarter Life Crisis, Penyebab, & 7 Cara Mengatasinya

Apa Itu Motivasi Kerja?

apa itu motivasi kerja

Sebelum kita membahas tentang tujuan dan kata-kata motivasi kerja, kira-kira kamu sudah paham belum tentang pengertian motivasi kerja itu sendiri?

Bagi sebagian orang beranggapan bahwa motivasi kerja adalah suatu bentuk penyemangat untuk memacu keinginan kita menyelesaikan pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan di kantor saja, tetapi juga pekerjaan di rumah.

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa motivasi kerja adalah bentuk kemauan kerja yang muncul karena dorongan dari dalam diri karyawan dari hasil gabungan kebutuhan pribadi, pengaruh lingkungan, dan sosial.

Motivasi kerja adalah sebuah kondisi yang berpengaruh dalam membangkitkan, mengarahkan, dan memelihara perilaku yang memiliki hubungannya dengan lingkungan kerja.

Secara garis besar, pengertian dari motivasi kerja adalah sebuah dorongan yang bisa membuat seseorang memiliki semangat, keinginan, dan kemauan yang tinggi untuk berkontribusi demi mencapai tujuan.

Ada beberapa indikator yang menjadi motivasi kerja, misalnya antara lain:

  • Daya pendorong
  • Kemauan
  • Kesukarelaan
  • Tanggung jawab
  • Kewajiban
  • Tujuan

Tujuan Motivasi Kerja

tujuan kerja penuh motivasi

Ketika bekerja, tentu ada kalanya kita dilanda rasa bosan, penat, dan lelah untuk menyelesaikan pekerjaan. Nah, kalau kamu di posisi seperti itu, apa yang akan kamu lakukan?

Sebagian orang biasanya mencari motivasi kerjanya masing-masing atau beristirahat sejenak sambil cari aktivitas lain yang menyenangkan. Tapi apakah kamu tahu tujuan motivasi kerja itu sendiri? Ini beberapa di antaranya:

1. Untuk Meningkatkan Retensi Karyawan

Pada dasarnya, karyawan baru memiliki tingkat motivasi kerja yang tinggi. Namun bukan berarti hal ini akan terus sama dari hari ke hari. Tugas perusahaan di sini adalah untuk memberikan fasilitas pendukung yang bisa menjaga motivasi kerja karyawan.

Misalnya saja seperti menghargai karyawannya, memberikan lingkungan kerja yang nyaman, hingga memiliki budaya perusahaan yang baik. Apakah di tempat kerja kamu sudah memberikan hal tersebut?

2. Membantu Kegiatan Operasional Perusahaan

Tahukah kamu bahwa, karyawan yang memiliki motivasi kerja tinggi bisa membantu kegiatan operasional perusahaan? Hal ini disebabkan karena adanya kemauan dari karyawan untuk ikut terlibat.

Coba bayangkan jika kamu tidak memiliki motivasi kerja yang tinggi. Tentu kamu akan merasa malas hanya untuk datang ke kantor. Selain itu, motivasi kerja yang tinggi juga bisa memberikan hasil terbaik di evaluasi performa kerja kamu, lho.

3. Merasa Tidak Cepat Puas

Karyawan dengan motivasi kerja yang tinggi cenderung tidak akan cepat puas pada apa yang sudah dikerjakannya. Artinya, ia akan memberikan pekerjaan dengan kualitas terbaik.

Tidak hanya itu, motivasi kerja karyawan yang tinggi akan memunculkan passion dalam bekerja. Sehingga pekerjaan menjadi lebih kondusif dan memberikan hasil yang bagus.

4. Mendorong Kreativitas, Komitmen, dan Energi Karyawan

Kreativitas adalah salah satu pendorong karyawan untuk terus melahirkan ide-ide segar dan baru. Untuk menghasilkan kreativitas tentu dibutuhkan energi. Kedua hal ini menghasilkan komitmen karyawan untuk terus memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

BACA JUGA: Pentingnya Attitude Dunia Kerja & 5 Contoh Utamanya, Apa Saja?

Kata-kata Motivasi Kerja Untuk Karyawan

Contoh kata-kata motivasi kerja untuk karyawan

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dan tujuan motivasi kerja, sekarang saatnya kamu mengingat beberapa kata-kata motivasi kerja untuk karyawan.

Berikut beberapa kata-kata motivasi kerja untuk karyawan dari tokoh-tokoh dunia yang menginspirasi:

  • Konsentrasi penuh pada pekerjaanmu. Sinar matahari tidak akan membakar sampai kamu berhasil fokus – Alexander Graham Bell
  • Kamu berlari menjalani hari atau hari menjalankan dirimu? – Jim Robin
  • Jangan berharap sesuatu bisa menjadi lebih mudah. Semoga kamu bisa menjadi lebih baik lagi – Jim Robin
  • Orang yang memindahkan gunung diawali dengan membawa batu-batu kecil – Confucius
  • Kebahagiaan tidak hanya jika kamu memiliki uang. Melainkan terletak pada kegembiraan pencapaian dalam usaha kreatif – Franklin D Roosevelt
  • Masa depan tergantung pada apa yang kamu lakukan hari ini – Mahatma Gandhi
  • Jika kamu ingin hidup bahagia, fokuslah pada tujuan bukan pada orang atau benda – Albert Einstein
  • Prajurit yang sukses adalah seorang biasa dengan fokus seperti laser – Bruce Lee
  • Ini bukan tentang ide, melainkan tentang mewujudkan ide tersebut – Scott Belsky
  • Kita harus percaya bahwa kita dikaruniai sesuatu dan hal tersebut harus dicapai – Marie Curie
kata kata motivasi kerja dari tokoh terkenal

Di bawah ini ada kata-kata motivasi kerja untuk karyawan dari banyak orang, di antaranya adalah:

  • Berlomba-lombalah dalam kerja keras agar menjadi yang terbaik demi kebahagiaan keluarga
  • Pada dasarnya manusia memiliki potensi dan kesempatan yang sama. Maka jangan pernah menyerah untuk mendapatkan yang terbaik
  • Melihat cahaya matahari merupakan tanda bahwa Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk bekerja
  • Bekerjalah dengan baik agar kamu juga akan dipertemukan dengan orang baik
  • Jadilah yang unik ketika sedang bekerja agar kamu bisa dilihat. Lebih baik menjadi aneh tapi bermanfaat dibandingkan mengikuti gaya orang lain tapi merugikan
  • Apabila kita menginginkan hal besar terjadi di dalam hidup kita, maka kita juga harus siap untuk melakukan perjuangan yang lebih besar juga
  • Lakukan segala sesuatu dengan semaksimal mungkin. Maka kamu akan mendapatkan hasil yang sama dengan usahamu
  • Segala sesuatunya akan terasa menyenangkan, apabila kamu mau bersyukur dengan setiap hal-hal kecil yang sudah didapat
  • Buruh itu bukan pekerja hina, karena buruh memberikan dan mencurahkan setiap keringatnya untuk kepentingan orang lain
  • Keberhasilan dalam kehidupan hanya bisa didapatkan ketika kamu mau berjuang dan bekerja keras

Nah itulah beberapa kata-kata motivasi kerja untuk karyawan yang bisa menjadi penyemangat untuk kamu. Kalau perlu, kamu bisa tulis salah satu atau beberapa kata motivasi di atas dan tempelkan di kaca atau dinding kamar. Baca dan resapi setiap kali kamu mengawali hari.

Apabila kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa mencarinya di aplikasi KitaLulus, lho. Saat ini KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Kamu cukup download aplikasi KitaLulus di Play Store, install dan lengkapi profilemu. Temukan ribuan pekerjaan yang siap dilamar kapanpun dan dimanapun. Bersama KitaLulus, melamar pekerjaan menjadi #LebihMudah dan tentunya dijamin aman.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!