17 Macam Kerja Online Mengetik dengan Gaji Menggiurkan

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Tahukah kamu, mengetik bisa menjadi salah satu ide side hustle atau kerja sampingan, lho! Pasalnya, di era seperti sekarang, banyak bisnis mulai merambah ke dunia digital. Jadi, peluang kerja online mengetik pun semakin meningkat.

Menariknya lagi, pekerjaan mengetik ini bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menggiurkan. Penasaran apa saja macam-macam kerja online mengetik tersebut? Langsung saja simak daftarnya berikut, ya!

Macam-Macam Kerja Online Mengetik

Sebaiknya kamu tidak meremehkan kemampuan mengetik. Sebab dari mengetik, banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Ada berbagai pekerjaan freelance hingga remote working dengan basic kemampuan mengetik. Berikut contohnya yang bisa kamu coba.

1. Content Writer

content writer

Content writer adalah contoh kerja online mengetik yang pertama. Jenis pekerjaan ini sangat populer karena demand-nya memang tinggi. Banyak perusahaan yang mencari content writer.

Content writer biasanya akan dibayar per artikel dengan kisaran harga Rp50.000–Rp200.000 per 500 kata.

2. Fiction Writer

Suka menulis cerita fiksi? Kembangkan terus kemampuan itu, ya. Karena ketika kamu terbiasa menulis, gaya cerita kamu juga akan semakin luwes. Perbanyak membaca juga untuk mencari referensi story telling hingga pengembangan karakter.

Sekarang, ada banyak platform penulisan cerita yang akan memberikan bayaran ke kamu ketika cerita kamu dibaca, seperti aplikasi Wattpad, Fizzo, Rakata, hingga Karya Karsa.

Kamu juga bisa mengirim cerpen, puisi, hingga novelet ke majalah. Pada umumnya bayarannya adalah Rp750.000–Rp1.000.000 per cerpen, Rp500.000–Rp1.000.000 per 5 puisi, dan Rp500.000–Rp1.500.000 per novelet.

3. Copywriter

Kerja online mengetik berikutnya adalah copywriter. Jika kamu memiliki kemampuan analisis customer hingga pembuatan kata-kata catchy untuk sebuah brand, bisa banget nih untuk menjadi copywriter.

Semakin tinggi kemampuan kamu, bayaran kamu tentu akan semakin mahal. Per bulan, kamu bisa memperoleh Rp4.000.000–Rp6.000.000 lho sebagai copywriter lepas. Menarik, kan?

4. Blogger

Menulis blog pernah menjadi tren di tahun 2000-an. Jika kamu hingga sekarang masih menulis di blog, ini akan menjadi bekal yang sangat baik karena banyak kerja online mengetik yang bisa kamu dapat. Biasanya, perusahaan akan mengajak kerja sama untuk menulis konten guna mendapatkan backlink.

Bahkan, jika kamu memasang iklan di blog, kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih tinggi. Kira-kira, kamu bisa memperoleh Rp5.000.000–Rp10.000.000 per bulan dari adsense blog kamu.

5. Ghostwriter

Menjadi penulis, tetapi nama kamu tidak dicantumkan sebagai penulis tersebut. Itu namanya ghostwriter. Hal tersebut wajar di industri kepenulisan. Bayarannya mahal, lho. Biasanya, untuk penulisan satu buku sebagai ghostwriter, kamu bisa mendapatkan minimal Rp2.000.000 dengan kontrak jual putus.

6. Script Writer

Jika content writer identik dengan tulisan berupa artikel untuk di-publish di website, maka script writer akan menghasilkan naskah film, sinetron, hingga podcast. Tentu saja gajinya sangat menggiurkan. Kamu bisa mendapatkan kisaran Rp5.000.000–Rp20.000.000 per naskah.

Baca juga: 15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba - KitaLulus

7. Proofreader

proofreader

Proofreader adalah korektor tulisan. Kerja online mengetik ini berbeda dengan editor. Proofreader hanya mengoreksi kesalahan tanda baca hingga typo saja. Bayaran proofreader biasanya di hitung per halaman tulisan yang ia koreksi, dengan harga sekitar Rp1.500–Rp15.000 per halaman.

8. Editor

Korektor tulisan yang memiliki tugas lebih banyak dibanding proofreader adalah editor. Kerja online mengetik ini akan melakukan koreksi dari mulai koherensi paragraf hingga melakukan penyuntingan mayor pada tulisan. Bayaran pada umumnya per tulisan yang dikoreksi, sekitar Rp500.000–Rp1.500.000 atau Rp5.000–Rp25.000 per halaman.

9. Reviewer

Suka memberikan review pada produk yang kamu beli? Kamu bisa menjadi reviewer profesional, lho! Kamu dapat mengakses website yang membuka peluang untuk review produk.

Jika kamu sudah sering melakukan review dengan ulasan yang objektif, kamu akan terpilih menjadi tester yang diminta mengulas produk tersebut. Selain mendapat produk gratis, kamu juga akan mendapatkan bayaran sekitar Rp300.000–Rp750.000 per review.

10. Mediator Grup Komunitas

Ada banyak perusahaan yang sekarang mengembangkan komunitas untuk menarik target market mereka. Nah, ketika mereka banyak membuka grup komunitas, ada beberapa mediatornya bukan dari karyawan internal, melainkan pekerja lepas.

Tugas mediator ini adalah keep in touch dengan anggota grup dan merespons setiap pertanyaan mereka. Gajinya cukup besar, yaitu sekitar Rp2.500.000–Rp5.000.000 per bulan.

11. Transkripsi

Kerja online mengetik selanjutnya adalah transkripsi. Sudah pernah dengar? Pekerjaan ini adalah mengetik rekaman suara atau video. Rekaman bisa berupa wawancara, video dokumenter, hingga film.

Kenapa harus diketik? Karena biasanya untuk data kepenulisan hingga membuat ulang naskah. Gaji transkripsi sekitar Rp100.000–Rp300.000 per 15 menit rekaman.

12. Penulis Subtitle

Bagi kamu yang suka menonton film dan punya keahlian menerjemahkan bahasa, tak ada salahnya kamu coba menjadi penulis subtitle. Ada banyak lowongan kerja online mengetik sebagai penulis subtitle yang dapat kamu temukan di internet. Gajinya cukup tinggi, yaitu sekitar Rp3.000.000–10.000.000 per bulan.

13. Penerjemah

Selain menjadi penulis subtitle, dengan kemampuan yang kamu miliki, kamu juga dapat menjadi penerjemah. Kamu bisa menawarkan jasa untuk menerjemahkan jurnal, artikel, hingga buku. Kamu bisa memperoleh minimal Rp1.000.000 per satu artikel pendek.

Baca Juga: Interpreter Adalah: Tugas, Skill, Bedanya dengan Translator

14. Data Entry

data entry

Ide kerja online mengetik selanjutnya yaitu data entry atau input data. Jenis pekerjaan ini sangat sederhana, bahkan tak memerlukan skill khusus.

Terkadang kamu hanya diminta memasukkan data ke spreadsheet atau memasukkan informasi ke sistem komputer perusahaan. Upah yang dapat kamu terima dari pekerjaan ini rata-rata adalah Rp200 ribu per jamnya.

15. Content Planner

Ada banyak agensi yang baru buka biasanya belum memiliki sumber daya manusia yang cukup. Maka dari itu, dia membuka lowongan freelance untuk para content planner-nya.

Nantinya kamu akan memegang per klien mereka dengan membuat rencana konten media sosial per bulan. Tenang, biasanya tidak banyak, kok, hanya sekitar 15–30 rencana konten saja. Bayarannya akan dihitung per konten, sekitar Rp25.000–Rp50.000 per konten.

16. Mengetik Ulang Dokumen

Zaman sudah canggih, serba teknologi. Namun, banyak perusahaan yang dahulunya belum menerapkan digitalisasi dokumen. Oleh karena hal itu, ada banyak peluang kerja online mengetik ulang dokumen. Bayarannya biasanya Rp500.000–Rp1.000.000 per project.

17. UX Writer

Pengembangan website dan aplikasi marak dilakukan akhir-akhir ini. Ada banyak pihak yang bertugas dalam pengembangannya, mulai dari programmer hingga penulis. Penulisnya tidak sembarangan, melainkan yang memahami bagaimana kenyamanan user nantinya. Nah, penulis ini disebut sebagai UX Writer.

Nah, saat ini ada banyak peluang menjadi UX Writer sebagai tenaga lepas. Jadi, kamu bisa melakukan kerja online mengetik ini secara jarak jauh. Gajinya tinggi, yaitu sekitar Rp3.500.000–Rp15.000.000 per project.

Itulah 17 jenis kerja online mengetik yang dapat kamu coba. Tanpa perlu keluar rumah, kamu sudah bisa menghasilkan keuntungan hanya dengan bermodalkan mengetik. Sistem kerjanya juga fleksibel, jadi kamu masih bisa mengatur banyak waktu untuk teman, keluarga, bahkan me time. Menyenangkan, bukan?

Jika kamu tertarik dengan pekerjaan online ini, kamu bisa mencarinya di platform pencarian kerja teraman di Indonesia yaitu KitaLulus. Aplikasi KitaLulus memiliki beragam jenis lowongan kerja, mulai dari remote atau WFH, freelance, hingga full time. Cukup ketikkan saja posisi yang ingin kamu lamar, maka akan muncul ribuan perusahaan yang sedang buka lowongan.

Yuk, segera temukan side hustle sesuai passion kamu dengan mudah, aman, dan terpercaya bersama aplikasi KitaLulus! Instal aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!