15 Kerja Online Untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba!

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Sudah kewajiban kita sebagai pelajar untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Kita berkewajiban dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. Akan tetapi tidak sedikit mereka yang juga melakukan kerja online untuk pelajar. Hal ini biasanya dilakukan untuk menambah uang jajan, menabung, atau sekedar untuk mengasah kemampuan dengan dibayar.

Nah, salah satu keuntungan dari kerja online untuk pelajar ini adalah waktu yang fleksibel. Sehingga bisa diselesaikan tanpa harus terburu-buru. Selain itu, sistem kerja yang jarak jauh (remote) juga sangat memudahkan para pelajar untuk bisa selalu hadir mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Tapi sebenarnya, ada nggak sih kerja online untuk pelajar? Bukannya semua pekerjaan itu minimal untuk yang sudah memiliki pengalaman, ya? Sebagai pelajar yang belum memiliki pengalaman banyak, apa bisa bekerja sambilan? Jangan cemas! Kamu bisa mendapatkan jawabannya di sini.

Beragam Kerja Online Untuk Pelajar

Jika dilihat lebih luas, sebenarnya banyak kerja online untuk pelajar yang bisa kamu coba. Enaknya lagi, kerja online ini tidak membutuhkan banyak pengalaman. Jadi, yuk cek beberapa kerja online yang bisa kamu coba!

1. Freelance Writer

Kerja online untuk pelajar pertama yang bisa kamu coba adalah freelance writer. Jika kamu gemar dan memiliki bakat di bidang menulis, wajib cobain kerja online yang satu ini. Kamu bisa mendaftarkan diri di beberapa website yang membuka kanal menulis. Seperti Get Craft, Remotivi, IDN Times, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa mencari pekerjaan freelance writer di beberapa situs pencari kerja. Jangan lupa untuk melatih kemampuan menulismu dengan melakukan banyak latihan, membaca, dan juga belajar. Siapa tahu kerjaan online untuk pelajar ini cocok di kamu.

2. Bisnis Jualan Online

Apakah kamu merasa punya bakat di bidang wirausaha? Bisa cobain nih bisnis jualan online. Kerja online untuk pelajar yang satu ini hanya membutuhkan ketekunan dan keuletan kamu sebagai pemilik bisnis. Jago masak atau bikin kue? Kreasikan idemu untuk dijual.

Nah untuk mendapat banyak pelanggan, kamu bisa mengunggahnya di media sosial. Tarik banyak pelanggan melalui media campaign yang unik, menarik, dan inovatif. Sistem kerja online untuk pelajar ini bisa dibikin menggunakan sistem PO agar kamu tidak kelelahan dalam menerima pesanan.

3. Game Online

Memangnya ada game online yang menghasilkan cuan? Ada dong, masa enggak. Kamu bisa mencoba bermain game yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Sekarang sudah banyak game online yang hanya bermodalkan internet tapi mendatangkan cuan. Seperti, Axie Infinity, Market Glory, dan Coin Republic. Eits, tapi perlu diingat, jangan terlena sampai lupa waktu ya! Sebaiknya kerjakan dulu tugas-tugas dan kewajibanmu, baru bermain game.

4. Penerjemah

Jago bahasa asing? Kamu bisa cobain kerja online untuk pelajar yang satu ini. Yup, apa lagi kalau bukan jadi penerjemah. Kamu bisa mencoba untuk menerjemahkan jurnal, artikel pendek, cerita pendek, dan/atau tulisan-tulisan pendek lainnya sebagai permulaan.

Alat yang dibutuhkan pun hanya laptop dan jaringan internet. Salah satu cara agar semakin jago sebagai penerjemah, kamu bisa bergabung dengan berbagai komunitas bahasa asing. Nah, untuk menjaga kredibilitas, kamu bisa mengambil tes TOEFL atau TOEIC agar banyak orang yang menggunakan jasa penerjemah mu.

5. Freelance Graphic Designer

Kerja online untuk pelajar selanjutnya cocok untuk kamu yang jago dan suka desain serta memiliki banyak portofolio. Untuk menarik hati para klien, kamu bisa membuat portofolio yang bagus dan unik.

Selanjutnya, kamu bisa melakukan promosi melalui media sosial atau menawarkan jasa desain ke teman-teman. Kamu juga bisa mencari kerja online untuk pelajar sebagai freelance graphic designer ini di situs pencari kerja.

6. Guru Privat Online dan/atau Offline

Meski saat ini kegiatan belajar mengajar tatap muka atau offline sedang dibatasi, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mencari cuan. Kerja online untuk pelajar yang mendatangkan keuntungan berikutnya adalah dengan menjadi guru privat online dan/atau offline.

Biasanya, para orang tua mempekerjakan guru privat untuk memberikan pelajaran tambahan untuk anaknya. Hanya saja saat ini semua aktivitas dibatasi menjadi online, jadi kamu bisa mengajar melalui jarak jauh. Nanti jika pandemi sudah berakhir, kamu bisa mengajar tatap muka.

7. Guru Musik

Tidak hanya memberikan pelajaran sekolah saja, banyak orang tua yang mempekerjakan guru musik untuk anaknya. Jika kamu jago dalam bermusik, kamu bisa mencoba kerja online untuk pelajar yang satu ini.

Pekerjaan ini memberikan penghasilan yang menjanjikan, lo. Untuk permulaan, kamu bisa bergabung dengan komunitas musik atau mengunjungi situs yang bisa menghubungkan kamu dengan klien. Asyik, kan? Hobi dan passion kamu dalam bermusik bisa menghasilkan cuan.

8. Admin Online Shop

Bisnis online memang merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan jika dijalankan dengan sungguh-sungguh. Namun, tidak semuanya bisa mengurus bisnis yang dijalankan. Oleh karena itu banyak yang membutuhkan admin online.

Kerja online untuk pekerja yang satu ini hanya membutuhkan laptop dan handphone. Selain itu kamu juga harus fast respon untuk menanggapi pelanggan. Dan jangan lupa pelajari fitur platform yang digunakan oleh pemilik.

9. Freelance Data Entry

Kamu suka angka dan jago menggunakan excel? Yuk, cobain jadi freelance data entry. Kerja online untuk pelajar yang satu ini bertugas untuk menginput data penting. Biasanya banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi ini. Pekerjaan sampingan yang satu ini bisa menjadi sumber pemasukan menjanjikan.

10. Jual Foto

Fotografi merupakan salah satu hobi dan pekerjaan yang mudah dan banyak peminatnya. Jika kamu memiliki banyak foto-foto bagus di gallery laptop, coba deh untuk dijadikan stok foto dan jual di internet. Kerja online untuk pelajar yang satu ini bisa jadi penghasilan tambahan, lo.

Saat ini sudah banyak situs jual-beli foto yang memberikan bayaran fantastis. Seperti Shutterstock, Dreamstime, iStockphoto.com, dan lainnya. Pastikan foto yang kamu jual memiliki kualitas yang bagus dan resolusi gambar tinggi.

11. Freelance Video Editor

Kini, banyak orang yang membuat konten video untuk dijadikan pundi-pundi rupiah. Tapi sayangnya, tidak semua orang memiliki skill yang mumpuni untuk mengedit sebuah video keren. Banyak youtuber atau orang-orang tertentu yang membuka lowongan untuk freelance video editor.

Nah, jika kamu bisa mengoperasikan aplikasi edit video seperti Adobe Premiere Pro, Adobe After Effects, Lightworks, Shortcut, dan lainnya, bisa cobain kerja sampingan satu ini. Selain menghasilkan cuan, kerja online untuk pelajar ini bisa memperluas koneksi kamu.

12. Voice Over Talent

Voice over talent adalah orang yang mengisi suara pada video, iklan, live event, atau media lainnya. Salah satu syarat untuk menjadi voice over talent adalah dengan memiliki intonasi dan penekanan suara yang baik ketika menyampaikan pesan.

Kelebihan dari kerja online untuk pelajar ini adalah bisa dilakukan di rumah dan hasilnya bisa dikirim lewat email atau cloud. Selain itu kamu juga harus jago menggunakan aplikasi edit video atau aplikasi lainnya untuk meminimalisir suara bising yang muncul pada saat merekam suara.

13. Dropshipper

Kamu ingin kerja online untuk pelajar yang mudah dan praktis? Kamu bisa mencoba untuk menjadi dropshipper. Kelebihan dari pekerjaan ini adalah kamu tidak perlu pusing mikirin stok barang yang ada, packing barang, dan pengiriman barang.

Kamu hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Saat ini sudah banyak bisnis online yang membuka kesempatan untuk menjadi dropshipper. Selain itu kamu juga bisa menambah pengalaman dan belajar bisnis online.

14. Driver Online

Kini pekerjaan menjadi driver online sudah menjamur di Indonesia. Banyak orang yang menjadikan kerja online untuk pelajar ini sebagai pekerjaan sampingan yang menjanjikan. Jika kamu memiliki SIM A atau SIM C dan ingin mendapatkan uang jajan tambahan, bisa mencoba pekerjaan yang satu ini.

Waktu bekerjanya pun sangat fleksibel. Kamu bisa memilih kapan mau bekerja dan kapan untuk pulang. Selain itu, dengan adanya driver online membuat mobilitas masyarakat menjadi sangat mudah. Ditambah kamu juga jadi semakin hafal jalan-jalan di kota-kota besar.

15. Berjualan Pulsa

Meski kini sudah banyak yang memasang wifi di rumah masing-masing, tapi keberadaan pulsa tetap dibutuhkan. Pasalnya untuk membuat SIM card terus menyala adalah dengan rutin mengisi pulsa. Modal kerja online untuk pelajar ini juga tidak terlalu besar.

Kamu hanya membutuhkan ponsel dan mendaftarkan diri di agen-agen pulsa terdekat. Selain itu, kamu juga bisa berjualan pulsa listrik. Kelebihannya adalah pekerjaan ini tidak menyita waktu banyak dan bisa dilakukan dari mana saja dan kapanpun yang kamu mau.

Cari Pekerjaan di Aplikasi KitaLulus

Apakah kamu tergiur dengan kerja online untuk pelajar di atas? Nanti jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman, kamu bisa melamar kerja full time di beberapa perusahaan. Kamu juga bisa mencari pekerjaan di aplikasi KitaLulus, lo.

Download aplikasi KitaLulus di Play Store sekarang juga. Aplikasinya mudah digunakan, cepat, dan tentunya aman. Jadi kamu tidak perlu ragu dan khawatir lagi. Dapatkan pekerjaan impianmu mulai dari sekarang!


Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!