Close Pop up

17 Ide Kerja Sampingan di Rumah dengan Untung Besar

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Ingin memiliki penghasilan tambahan tapi bingung mau kerja sambilan apa? Tenang, di artikel ini KitaLulus akan memberikan beberapa referensi kerja sampingan di rumah yang mudah untuk kamu jalankan namun tetap menguntungkan.

Simak dengan cermat hingga akhir, yuk!

Ide Kerja Sampingan di Rumah

Ide Kerja Sampingan di Rumah

Harga kebutuhan hidup semakin meningkat, tetapi penghasilan segitu-segitu saja. Ini saatnya kamu memutar otak supaya bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu caranya yaitu dengan mencari kerja sampingan di rumah.

Berikut daftar pekerjaan yang bisa kamu kerjakan di rumah dengan mudah.

1. Penulis Lepas

Penulis tidak bisa dianggap sebagai pekerjaan yang remeh. Meskipun terkesan mudah dikerjakan karena terlihat hanya mengetik saja, tetapi banyak ilmu yang harus dikuasai untuk dapat menghasilkan tulisan yang bagus.

Ada beberapa jenis penulisan yang bisa kamu coba. Penulis cerita fiksi yang berarti kamu harus paham bagaimana membangun karakter yang baik dan membuat alur cerita yang menarik.

Penulis konten SEO sehingga kamu harus memahami hal-hal dasar tentang ilmu tentang search engine optimization. Atau script writer untuk naskah Podcast atau film maupun drama yang artinya kamu harus paham teknis penulisan naskah tersebut.

Nah, jika kamu bisa menulis dengan salah satu kemampuan di atas, hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

2. Editor Lepas

Ide kerja sampingan di rumah yang kedua adalah menjadi editor lepas. Editor yang dimaksud adalah editor tulisan, ya. Jenis editor tulisan ada bermacam-macam, mulai dari editor buku hingga editor artikel SEO.

Bayarannya juga lumayan, lho. Biasanya, editor buku akan dibayar dengan hitungan per halaman buku yang diedit, yang paling murah adalah Rp2.500 per halaman. Untuk editor artikel SEO bisa dibayar per artikel atau per tulisan yang diedit. Untuk per tulisan biasanya paling murah adalah Rp75.000.

3. Penerjemah Lepas

Memiliki penguasaan bahasa asing yang baik? Ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah, lho. Yap, menjadi penerjemah lepas. Kamu dapat menerjemahkan artikel, jurnal, hingga buku. Hitungan bayarannya bisa per halaman tulisan atau per project.

4. Desainer Grafis

Bagi kamu yang memiliki kemampuan mendesain yang baik, bisa mengoperasikan Adobe Photoshop hingga Illustrator, sebaiknya manfaatkan untuk kerja sampingan di rumah. Bayarannya lumayan, lho.

Bahkan, kamu bisa dikontrak oleh brand-brand besar hingga dibutuhkan untuk membantu para startup yang sedang berkembang. Atau kamu bisa bekerja sama dengan agensi digital untuk menjadi rekanan dalam bekerja sama dengan klien mereka.

5. Fotografer Produk

Fotografer Produk

Jika fotografer wedding atau wisuda harus keluar rumah dan menemui klien mereka untuk bekerja, hal tersebut tidak berlaku untuk fotografer produk. Kamu hanya perlu menyiapkan ruang khusus di rumah yang bisa kamu desain sedemikian rupa untuk melakukan sesi pemotretan produk.

Sehingga ini dapat menjadi ide kerja sampingan di rumah yang cukup menjanjikan dan patut untuk kamu coba.

Baca Juga: Apa Itu Side Hustle, Bedanya dengan Side Job, Tips Memulainya

6. Reseller

Kamu memiliki kemampuan menjual yang baik? Maka, menjadi reseller adalah jalan ninja yang jitu untuk mendapatkan penghasilan tambahan di rumah dengan mudah.

Ada banyak brand, baik baru maupun yang sudah besar, membuka kesempatan untuk menjadi reseller. Kamu bisa mendaftar sesuai prosedur yang ditentukan. Biasanya, kamu akan diberitahu untuk membeli sekian produk dengan nominal tertentu.

Harga yang didapat tentu jauh lebih miring sehingga ketika dijual lagi, kamu akan mendapatkan keuntungan yang banyak.

7. Dropshipper

Jika kamu tidak punya modal untuk menjadi reseller, maka menjadi dropshipper adalah solusinya. Ide kerja sampingan di rumah ini hanya membutuhkan handphone dan jaringan internet.

Kamu pun hanya perlu mempromosikan barang dari seller utama. Ketika ada yang ingin membeli produknya, kamu tinggal meneruskan ke pihak seller utama dan mereka yang akan memproses pengirimannya. Mudah, bukan?

8. Membuka Jastip

Jangan bayangkan membuka jastip berarti harus ke tempat penjual aslinya, ya. Ada banyak jastip yang bisa dikerjakan di rumah, kok. Sebenarnya konsep ini mirip dengan reseller. Namun, jika reseller harus membeli dahulu dengan nominal sekian, maka jastip jarak jauh ini tidak demikian.

Upah yang kamu dapat juga bukan dari seller, melainkan dari pembeli yang akan memberikan tip dengan nominal tertentu sebagai balas jasa karena telah membantu membelikan barang yang dia inginkan.

Jastip jarak jauh ini sudah lama dipraktikkan oleh fans K-Pop yang sering kali menjadi tangan kedua untuk membeli album dan berbagai merchandise K-Pop langsung dari Korea Selatan.

9. Data Entry

Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang,, banyak perusahaan yang melakukan peralihan dari cara konvensional ke digital. Nah, untuk perusahaan lama yang memiliki data-data manual dalam catatan tangan, biasanya membutuhkan banyak tenaga untuk menyalin data tersebut ke bentuk digital.

Itulah mengapa banyak freelance untuk melakukan data entry. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan kerja sampingan di rumah dengan mudah dan mendapatkan side income yang tinggi.

10. Blogger

Blogger

Salah satu kemampuan menulis yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yaitu menjadi blogger. Kemampuan menulis ini juga harus dibarengi dengan pengetahuan akan ilmu-ilmu dasar tentang SEO.

Ketika nantinya blog kamu sudah besar dengan banyak pengunjung, kamu akan diajak kerja sama oleh brand-brand ternama untuk memberikan review produk hingga mendapatkan backlink dari blog kamu.

Baca Juga: 7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dan Kelola Keuangan

11. Membuka Les Online

Ide kerja sampingan di rumah selanjutnya yaitu membuka les online. Kamu bisa membuka les sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Bisa ilmu sains, sosial, musik, bahasa, dan sebagainya.

Kamu juga dapat membuka les online dengan jam fleksibel. Dengan begitu, murid yang kamu dapat tidak hanya dari lingkungan sekitar, tetapi juga dari berbagai kota.

12. Content Creator

Menjadi content creator yang sukses lalu bisa menjadi influencer besar menjadi impian di zaman yang serba digital ini. Namun, perjalanan untuk mencapai titik tersebut tidak bisa instan.

Kamu harus konsisten dalam membuat konten dan cerdik dalam membangun personal branding sehingga berbeda dari konten kreator lainnya dan mendapatkan audiens sendiri.

13. Pengisi Survei Online

Ingin mendapat cuan hanya dari rebahan? Kamu bisa menjadi pengisi survei online sebagai ide kerja sampingan di rumah. Ada banyak perusahaan hingga kelompok tertentu yang biasanya mengadakan survei untuk mendapatkan data yang mereka inginkan. Biasanya, mereka akan memberikan komisi untuk pengisi survei dalam jumlah nominal tertentu.

14. Melakukan Review Produk

Ada banyak website yang menawarkan komisi untuk melakukan review produk berbayar. Awalnya, kamu memang melakukan ulasan pada produk yang kamu pakai sendiri.

Namun, jika ternyata ulasan yang kamu buat bagus dan suatu brand tertarik, kamu bisa dikirim produk untuk memberikan ulasan. Tidak hanya itu, nantinya kamu juga akan diberi bayaran dengan nominal sekitar Rp200.000–Rp1.000.000 per project ulasan.

15. Menjadi Admin Media Sosial Lepas

Digital marketing menggeser peran cara pemasaran konvensional. Penggunaan media sosial juga dinilai sangat bermanfaat untuk membangun reputasi brand, mendongkrak penjualan, hingga memperluas target market.

Maka dari itu, banyak agensi digital yang membuka loker admin media sosial lepas untuk memegang berbagai akun kliennya. Nah, jika kamu suka bermain media sosial, hobi tersebut bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari kerja sampingan di rumah sebagai admin media sosial lepas.

16. Menjual Foto Online

Tahu website seperti shutterstock, pexels, atau unsplash, kan? Selain sebagai tempat mengunduh foto secara gratis, di sana juga ada banyak foto yang berbayar. Nah, kamu bisa membuat akun di website demikian untuk menjual foto hasil jepretanmu, misalnya foto-foto alam, langit, orang, makanan, dan lainnya.

Bayaran dengan menjual foto seperti itu bahkan menggunakan dolar, lho. Biasanya harga foto bisa kamu tentukan dalam kisaran nominal $5–$25.

17. Ikut Program Affiliate

Program Affiliate

Program affiliate sedang banyak dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan, bahkan e-commerce. Keuntungannya lumayan banget. Kamu bisa menghasilkan sekitar jutaan hingga ratusan juta dalam sebulan hanya dari menjadi afiliator.

Caranya juga mudah. Kamu cukup mendaftar untuk menjadi affiliate lalu kamu akan mendapatkan kode atau link tertentu. Bagikan kode atau link tertentu kepada calon pembeli. Ketika mereka menggunakan kode atau link saat membeli suatu produk, kamu akan mendapatkan komisi.

Baca Juga: 17 Macam Kerja Online Mengetik dengan Gaji Menggiurkan

Itulah berbagai ide kerja sampingan di rumah yang bisa kamu coba. Dengan begitu, meskipun hanya di rumah, kamu bisa tetap produktif dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk kamu yang ingin mencari kerja remote atau freelance, aplikasi KitaLulus memiliki banyak loker dengan sistem kerja tersebut. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus lalu lakukan registrasi dengan masuk ke akun Google kamu yang aktif.

Ada lebih dari 92.000 loker yang bisa kamu lamar dari 70.000+ perusahaan kredibel di seluruh Indonesia. Lokernya juga sudah pasti bebas dari penipuan, jadi tak perlu takut melamar, deh! Yuk, gunakan aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!