Close Pop up

Apa Itu Loan Service? Ini Pengertian, Tugas, dan Gajinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Loan service adalah istilah yang akan banyak kamu temui dalam dunia perbankan. Petugas yang menangani loan service disebut sebagai loan service officer. Jika kamu ingin memahami bidang kerja ini dengan baik, simak artikel berikut hingga akhir, ya!

Apa Itu Loan Service?

Apa Itu Loan Service

Loan service bisa kamu pahami dengan mudah sebagai layanan pinjaman. Layanan ini tentu saja disediakan oleh industri perbankan kepada perusahaan atau nasabah yang membutuhkan biaya pinjaman, baik dalam jumlah besar maupun kecil sesuai dengan syarat dan ketentuan. Loan service juga bisa dilakukan oleh perusahaan non-bank yang memang mengkhususkan perusahaannya untuk memberikan layanan pinjaman.

Secara langsung, istilah loan service dapat merujuk pada kewajiban yang harus dilakukan oleh peminjam untuk melakukan pelunasan pinjaman. Pelunasan yang dimaksud adalah pembayaran pinjaman yang disertai dengan bunga secara tepat waktu sesuai ketentuan dan kesepakatan di awal.

Baca Juga: 11 Jenis Peminjaman Modal Usaha Terpercaya dan Mudah, Cocok untuk Pemula!

Perbedaan Loan Service dan Loan Officer

Mungkin kamu merasa bingung mengenai perbedaan loan service dan loan officer. Loan service adalah layanan pinjaman yang biasa dilakukan oleh perusahaan perbankan maupun non-bank. Nah, layanan ini menyediakan berbagai produk pinjaman, seperti pinjaman modal.

Kemudian sebagaimana dijelaskan di awal, petugas yang melakukan pekerjaan di bidang layanan peminjaman disebut sebagai loan service officer. Nah, sebutan lain untuk loan service officer adalah loan officer.

Sebagai karyawan, terdapat berbagai aturan mengikat yang ditentukan oleh tempat kerja. Tergantung perusahaan, petugas loan officer akan memberikan pinjaman kepada customer ketika mereka sudah memenuhi persyaratan dengan jaminan atau tanpa jaminan.

Seperti halnya petugas lainnya di perusahaan perbankan, seorang loan officer harus menguasai product knowledge dengan baik. Dengan begitu, dia bisa mudah menjelaskannya kepada calon customer dan mampu menyarankan jenis pinjaman yang sesuai kebutuhan mereka.

Tugas Loan Service Officer dan Besaran Gajinya

Tugas Loan Service Officer

Loan service adalah industri yang banyak dibutuhkan oleh pengusaha yang sedang membutuhkan dana darurat. Maka dari itu, layanan ini banyak dicari sehingga bidang kerjanya tentu berjangka panjang untuk tahun-tahun ke depan.

Nah, jika kamu bekerja sebagai loan officer, nantinya kamu akan memiliki tugas dan tanggung jawab seperti berikut.

  • Melakukan kontak langsung dengan peminjam atau calon peminjam untuk melakukan pinjaman melalui telepon atau kunjungan langsung.
  • Memberikan penjelasan lengkap tentang produk pinjaman yang dimiliki perusahaan sehingga customer bisa mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan.
  • Memberikan arahan kepada calon peminjam dana tentang syarat yang dibutuhkan untuk mendapatkan pinjaman sehingga prosesnya bisa lebih singkat dan berjalan baik.
  • Menyiapkan dokumentasi pinjaman ketikan peminjam sudah berhasil memenuhi syarat yang ditentukan.

Dengan daftar tugas loan service di atas, gaji yang diperoleh adalah pada kisaran Rp5.000.000 hingga Rp6.000.000 per bulannya. Nominal gaji loan service officer bisa berbeda-beda di setiap bank atau perusahaan pinjaman, tergantung pada kondisi keuangan hingga seberapa kompleks tugas yang dilakukan.

Baca Juga: Sekarang Bisa Ajukan Pinjaman Bank dengan Youtube, Ini Syaratnya

Demikian informasi terkait apa itu loan service yang bisa kamu pelajari. Untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai loan officer memang membutuhkan kesabaran. Maka dari itu, jika ingin menempati posisi ini, kamu harus memiliki kemampuan komunikasi dan manajemen emosi yang baik.

KitaLulus memiliki banyak artikel terkait tugas dan tanggung jawab berbagai posisi di dunia kerja. Kamu bisa menyimaknya dengan membuka blog KitaLulus dan klik bagian Seputar Kerja.

Selain itu, KitaLulus juga punya banyak lowongan kerja dari beragam kategori yang bisa kamu lamar kapan pun dan di mana pun. Melamar kerja di KitaLulus sangat mudah. Kamu cukup menginstal aplikasi KitaLulus di PlayStore atau AppStore, lalu isi data diri kamu dengan lengkap. Setelah itu kamu bisa mencari pekerjaan sesuai keinginan.

Dilengkapi sistem profesional dan berteknologi canggih, KitaLulus menjamin semua loker yang tersedia aman dari penipuan. Jadi, kamu dapat melamar kerja tanpa worry, deh! Yuk, segera lamar pekerjaan impianmu melalui aplikasi KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!