Close Pop up

7 Contoh Jawaban "Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami"

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Ditinjau oleh
Kamila Fakhra Fahima
Isi Artikel

Dalam proses wawancara kerja, salah satu pertanyaan yang sering sekali HRD tanyakan adalah “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

Pertanyaan yang susah-susah gampang ini bisa menjebak kamu bila salah menjawab, lho! Namun tenang saja, KitaLulus akan memberikan tips yang tepat menjawab pertanyaan tersebut. So, disimak ya!

Alasan HRD Mengajukan Pertanyaan Tersebut

Sebelum kita membahas tentang jawaban apa yang sesuai ketika HRD bertanya alasan bergabung dengan perusahaan, penting juga kamu mengetahui kenapa pertanyaan itu diajukan kepada setiap kandidat.

Alasan HRD mengajukan pertanyaan ini saat wawancara adalah mengetahui sejauh apa persiapan kamu menghadapi proses wawancara.

Satu pertanyaan ini bisa memberikan gambaran kepada HRD, apakah sebelumnya kamu sudah mencari tahu informasi seputar perusahaan atau belum.

Selain itu, pertanyaan tersebut juga untuk mengetahui apakah kamu tipe orang yang memikirkan karirmu dan apa yang kamu cari.

Kenapa begitu? Perusahaan tidak ingin merekrut orang yang melamar semua lowongan di internet tanpa perhitungan. Perusahaan menginginkan karyawan yang punya tujuan dan menginginkan pekerjaan yang spesifik. Bukan hanya sekadar bekerja saja.

Tidak hanya itu saja, dengan pertanyaan ini, HRD jadi bisa mengetahui juga seperti apa ekspektasi kamu ketika nanti menjadi karyawan.

Tips Menjawab Pertanyaan “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

Agar kamu dapat menyusun jawaban yang tepat saat wawancara nanti, coba ikuti tips menjawabnya berikut ini.

1. Lakukan Research Sebelum Interview

Hal paling utama yang harus kamu lakukan adalah research. Ini penting agar kamu bisa lebih mengenal perusahaan yang kamu lamar.

Kamu harus mengetahui perusahaan seperti apa yang sedang kamu lamar tersebut, termasuk kegiatannya, produknya, nilai inti, visi misi, dan sebagainya.

2. Fokus pada Keunggulan Perusahaan yang Berkaitan dengan Keunggulanmu

Saat HRD menanyakan alasan kamu ingin bergabung dengan perusahaan, hindari menjawabnya dengan jawaban seperti “Karena perusahaan sedang membuka lowongan”, “Sedang membutuhkan pekerjaan”, atau “Sedang membutuhkan uang”.

Sangat tidak disarankan untuk menjawab seperti ini. Memang jawaban ini jujur, namun tidak akan membuat HRD puas dan senang.  HRD justru akan menilai kamu lugu dan naif.

Daripada menjawab seperti itu, cobalah untuk fokus pada kelebihan perusahaan. Kamu juga bisa sambungkan dengan keahlian kamu yang dapat mendukung perkembangan perusahaan.

3. Tunjukan Semangatmu terhadap Posisi yang Dilamar

Gunakan pertanyaan tersebut untuk memperlihatkan antusias kamu terhadap posisi yang kamu lamar. 

Perlihatkanlah jika kamu benar-benar tertarik bergabung dengan perusahaan. Untuk memperlihatkan semangat ini, tentunya kamu sudah memiliki modal pengetahuan yang cukup tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

4. Jelaskan Kaitan antara Posisi yang Kamu Lamar dengan Keterampilan dan Pengalaman

Selama proses penerimaan karyawan, keterampilan serta pengalaman kerja akan sangat berpengaruh menjadi bahan pertimbangan. Agar peluangmu semakin terbuka untuk diterima, sebutkan keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki.

Lalu kaitkan dengan posisi yang sedang dilamar dengan bahasa yang tenang, tegas, dan meyakinkan. Dengan begini, HRD akan punya penilaian plus terhadap kepribadian kamu.

Kalau belum fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja bagaimana?

Tenang, untuk fresh graduate kamu bisa mengaitkannya dengan visi misi perusahaan. Kaitkan tujuanmu bergabung dengan visi misi yang dimiliki oleh perusahaan.

Tapi, sebelum menjawab, pastikan kamu sudah mempelajari setiap poin yang ada pada visi dan misi, ya.

5. Tetap Santai dan Rileks

Gunakanlah kata-kata yang sopan saat mulai berbicara dengan HRD. Usahakan tetap tenang dan jangan terbata-bata.

Sedikit bocoran buat kamu, HRD bisa menilai kamu sebagai pribadi yang mudah gugup atau tidak kurang persiapan. Akan lebih baik jika sebelum melakukan wawancara kamu menenangkan diri terlebih dahulu.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris dan Jawabannya

Contoh Jawaban “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami”

Jawaban dari pertanyaan ini pastinya beragam. Tapi tidak ada salahnya untuk mempelajari jawabannya yang tepat dan mengena di akal dan hati interviewer agar kamu bisa lolos seleksi!

1. Ceritakan Skill dan Pengalamanmu yang Membuatmu Sampai di Tahap Ini

“Alasan saya ingin bekerja di sini adalah karena saya melihat diri saya berkembang dengan profesional di posisi ini. Sejak saya lulus kuliah, saya memiliki pengalaman kerja yang berkaitan dengan kepenulisan, jurnalisme, marketing, dan advertising. Saya yakin bahwa saya bisa mengaplikasikan kemampuan yang saya miliki tersebut untuk posisi Digital Marketing di perusahaan ini.”

2. Menyambungkan Visi Misi Perusahaan dengan Pengalaman dan Keterampilan

“Saya membaca di situs resmi perusahaan, bahwa perusahaan Anda memiliki visi untuk menyediakan kosmetik yang aman dan terjamin.

Latar belakang pendidikan saya sebagai lulusan SMK teknik kimia tentu akan akan sangat membantu perusahaan dalam menjamin kualitas produk kosmetik.”

3. Memanfaatkan Peluang dan Tantangan yang Dihadapi oleh Perusahaan

“Saya mengetahui perusahaan ini sedang berencana untuk membuka cabang di beberapa kota di Indonesia. Dengan pengalaman saya sebagai sales produk serta kemampuan komunikasi yang baik,  saya yakin keterampilan tersebut akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaan.”

4. Menggunakan Pandangan Pribadi Serta Pengetahuan Tentang Produk Perusahaan

“Saya adalah seorang fresh graduate. Saya ingin mendapatkan pekerjaan pertama saya, dan saya memutuskan untuk bekerja di hotel ini karena saya percaya hotel ini punya pelayanan yang memuaskan bagi para tamu.”

5. Jelaskan Bagaimana Kamu Akan Menikmati Bekerja di Posisi Tersebut

“Membantu seseorang untuk mempelajari hal baru telah menjadi passion saya. Saat saya bersekolah dan menempuh perkuliahan, saya terbiasa menjadi tutor bagi teman-teman dan adik tingkat saya. Saya merasa bahwa mengajar adalah kehidupan saya dan saya tidak bisa memikirkan posisi yang lebih baik daripada melakukan hal yang saya suka secara profesional.”

Baca juga: 10 Contoh Jawaban 'Ceritakan tentang Diri Anda' Saat Interview

6. Selalu Berikan Jawaban yang Spesifik

“Saya ingin bekerja di sini karena saya sangat menyukai produk dari perusahaan Anda. Saya sudah menggunakan ponsel Semangka sejak pertama kali dirilis. Menurut saya, ponsel Semangka memiliki teknologi yang paling user-friendly di antara ponsel lainnya di pasaran. Saya ingin berkontribusi dengan seluruh kemampuan saya mengenai teknologi untuk bekerja di perusahaan ponsel yang selalu mengedepankan kepuasan pelanggan ini.”

7. Berkatalah dengan Jujur

“Sebelum mendaftar di posisi ini, saya akui bahwa saya tidak mengetahui banyak hal mengenai perusahaan Anda.

Oleh karena itu, saya melakukan beberapa research untuk mempersiapkan sesi wawancara ini. Setelah mengumpulkan banyak data, saya harus mengakui bahwa  hasil kerja perusahaan ini sangat mengagumkan. Saya benar-benar tertarik untuk turut terlibat dalam desain interior, di mana perusahaan ini telah dan selalu melakukannya dengan sangat baik selama ini.

Sebagai seorang interior designer yang telah berpengalaman selama 5 tahun, saya yakin saya bisa memberi nilai tambah bagi perusahaan ini.”

Kesalahan Umum saat Menjawab

Ketika diberikan pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami, ada sejumlah kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan oleh pelamar. Supaya kamu tidak mengulang kesalahan yang sudah-sudah, berikut ini yang harus kamu hindari.

1. Terlalu Umum

Banyak dari para pelamar ketika mendapatkan pertanyaan ini, memberikan jawaban yang terlalu umum yang berlaku untuk semua perusahaan.

Misalnya memberikan jawaban karena perusahaan bagus. Tentu HRD akan senang dengan pujian ini, tapi kamu bukanlah orang pertama yang memuji demikian sehingga itu tidak akan meninggalkan kesan.

2. Terlihat Belum Melakukan Riset

HRD dapat melihat apakah kamu sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi tentang perusahaan apa belum. 

Tidak melakukan riset juga akan membuat kamu kesulitan menemukan keunggulan perusahaan, yang pada akhirnya membuat kesempatan kamu untuk mendapatkan pekerjaan hilang.

Oleh dari itu, sebelum hari wawancara, yuk cari tahu informasi tentang perusahaan.

3. Tidak Antusias

Hindarilah jawaban dan sikap kurang antusias. Hal ini akan membuat HRD berpikir dua kali untuk menerima kamu karena terlihat tidak sungguh-sungguh.

Duh, sayang banget ya kalau sampai seperti itu. Kamu harus terlihat meyakinkan untuk menjawab pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini. 

Baca juga: Hindari Bohong Saat Interview Kerja Mengenai 5 Hal Ini

Beberapa contoh di atas merupakan jawaban yang bisa kamu berikan kepada HRD saat ditanya mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami. 

Intinya, kamu harus memperlihatkan bahwa kamu mengerti betul tentang perusahaan tersebut dan bagaimana kamu bisa berkontribusi.

Jangan lupa untuk mempelajari pertanyaan wawancara lainnya, ya! Kamu bisa tonton video berikut untuk memantapkan persiapan interview kamu.

Setelah tahu bocoran wawancara, jangan lupa untuk download aplikasi KitaLulus!

Kamu bisa menemukan ribuan lowongan yang tersedia. Melamar di KitaLulus dijamin aman jadi kamu tidak perlu takut, karena semua perusahaan yang tergabung di KitaLulus telah terverifikasi oleh tim profesional serta sistem berteknologi canggih.

Berkat kepercayaan pengguna, KitaLulus terpilih sebagai Google Play Best App of 2022! Dapatkan kesempatan melamar kerja dengan mudah, aman, dan terpercaya bersama 3 juta pelamar aktif per bulannya.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!