Mengintip Angka UMR Jogja 2021, Yuk Ketahui Nominalnya!

Shirley Candrawardhani

Passion menulis di bidang karir dan bisnis. Mulai aktif menulis dari 2012 dan sampai kapan pun.

Isi Artikel

Kota Jogja dikenal sebagai salah satu kota budaya yang dalam perekonomiannya didapatkan dari sektor-sektor industri pengolahan, perdagangan, hotel, resto, wisata, jasa sewa, dan yang lainnya. Semakin banyak wisatawan yang datang, baik lokal atau pun mancanegara, perekonomian di kota Joga juga mengalami peningkatan. Sama halnya dengan UMR Jogja 2021.

Informasi seputar UMR Jogja 2021 menjadi salah satu yang masih sering dicari oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang bekerja di pabrik atau perusahaan. Mereka tentunya akan mengacu pada UMR suatu tempat untuk menyesuaikan apakah mereka menerima upah atau bayaran yang layak dan sesuai.

Sektor-sektor yang memberikan banyak kontribusi untuk perekonomian di kota Jogja adalah sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor bangunan, dan sektor transportasi dan telekomunikasi. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Yogyakarta memutuskan untuk menaikkan UMR Jogja 2021.

Lalu, berapakah kisaran angka UMR Jogja 2021?

Rincian UMR Jogja 2021

Perlu diketahui, penetapan UMR ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap pekerja bisa mendapatkan upah penghasilan yang layak sesuai dengan keadaan wilayah mereka bekerja. Setiap daerah memiliki standar penetapan UMR-nya masing-masing. Termasuk Yogyakarta.

Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X, menetapkan untuk menaikkan angka UMR Jogja 2021. Hal ini berdasarkan atas rekomendasi para Bupati atau Walikota bersama dengan Dewan Pengupahan masing-masing wilayah.

Berdasarkan Keputusan Gubernur DIY Nomor 319/KEP/2020 yang ditandatangani Sri Sultan Hangku Buwono X pada 31 Oktober 2020, UMR Jogja 2021 naik menjadi Rp2.069.530,00 dari tahun sebelumnya Rp2.004.000,00. Angka ini naik sebanyak 3,27%.

  • 2021 : Rp2.069.530,00
  • 2020 : Rp2.004.000,00
  • 2019 : Rp1.864.400,00
  • 2018 : Rp1.709.150,00

Hal ini juga berimbas dengan kota-kota lainnya di Yogyakarta. Bahkan kenaikan angkanya pun cukup signifikan. Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berharap, dengan adanya kenaikan UMR Jogja 2021 dapat meningkatkan perekonomian pekerja dan banyak usaha yang terus berkembang dan beroperasi.

Terlebih Yogyakarta terkenal akan makanan khasnya seperti gudeg dan bakpia. Jika banyak wisatawan yang datang ke Kota Budaya ini, maka besar kemungkinan angka UMR Jogja akan mengalami kenaikan di tahun depan. Hal ini karena perekonomian masyarakat semakin berkembang.

Selain itu, beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenaikan angka UMR juga berdasarkan pada:

  • Kebutuhan suatu kota
  • Indeks harga konsumen (HIK)
  • Kemampuan, perkembangan, dan kelangsungan perusahaan
  • Upah pada umumnya yang berlaku di daerah tertentu dan antar daerah
  • Kondisi pasar kerja
  • Tingkat perkembangan perekonomian dan pendapatan per kapita

Itulah penjelasan lengkap tentang UMR Jogja 2021. Saat ini KitaLulus belum menyediakan lowongan di kota Jogja 2021. Namun, jangan khawatir! KitaLulus sedang membuka banyak lowongan pekerjaan di beberapa kota besar di Jabodetabek, Bandung, Makassar, dan Surabaya. Kamu cukup download aplikasi KitaLulus di Play Store dan daftar kerja di kota-kota di atas. Yuk, dapatkan pekerjaan bersama KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!