Pendapatan Besar, Ini Dia 12 Pekerjaan Ilmu Komunikasi Terbaik 2022

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Pekerjaan ilmu komunikasi— Tidak sedikit dari calon mahasiswa yang tertarik untuk mengambil jurusan ilmu komunikasi di kampusnya. Alasan yang paling umum adalah cakupan pekerjaan ilmu komunikasi cukup luas dibandingkan dengan jurusan lainnya. Benarkah demikian?

Pada umumnya, jurusan ilmu komunikasi memiliki banyak disiplin ilmu. Termasuk di dalamnya, ada periklanan, pemasaran, hubungan masyarakat, jurnalistik, media, dan lainnya yang berhubungan dengan hal-hal yang berbau komunikasi.

Di era digital seperti ini, banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk pekerjaan ilmu komunikasi. Tapi sebenarnya, seperti apa sih prospek kerja ilmu komunikasi itu? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

BACA JUGA: Mau Kuliah Sambil Kerja? Bisa! Ini 7 Tips, Manfaat, & Pilihan Universitasnya

Sekilas Tentang Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi adalah

Sebelum kita membahas 12 prospek kerja ilmu komunikasi terbaik, kamu sebaiknya memahami dulu apa itu jurusan ilmu komunikasi.

Dirangkum dari beberapa sumber, jurusan ilmu komunikasi adalah sebuah jurusan atau studi yang mempelajari bagaimana proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui beberapa media.

Bagi kamu yang masih ragu dalam memilih jurusan ilmu komunikasi, ada beberapa disiplin ilmu yang akan kamu pelajari nantinya. Seperti periklanan, desain, media, komunikasi massa, hubungan masyarakat, jurnalistik, public speaking, dan ilmu komunikasi lainnya.

Cakupan studi di jurusan ini sangat luas. Maka dari itu, pekerjaan ilmu komunikasi pun memiliki cakupan yang luas juga. Umumnya, prospek kerja ilmu komunikasi akan berada di media.

Tapi tidak menutup kemungkinan jika kamu mendapatkan pekerjaan ilmu komunikasi di perusahaan selain media. Terlebih untuk perusahaan yang memang membutuhkan seseorang dengan latar belakang pendidikan ilmu komunikasi.

Ada beberapa pengetahuan dan keahlian yang harus kamu miliki untuk mendapatkan pekerjaan ilmu komunikasi, diantaranya:

  • Kemampuan untuk berbicara di depan umum atau public speaking
  • Kemampuan dan pengetahuan dasar untuk mendesain
  • Kemampuan dan pengetahuan dasar fotografi atau videografi
  • Kemampuan untuk berpikir secara kreatif, out of the box atau without the box
  • Kemampuan dasar untuk menulis kreatif
  • Teamwork
  • Kemampuan untuk membangun komunikasi yang baik dengan banyak orang
  • Problem solving
  • Dan lain sebagainya yang berhubungan dengan komunikasi

Ada banyak pilihan pekerjaan ilmu komunikasi yang bisa kamu pilih. Bahkan kamu bisa bebas mengeksplorasi, karena notabene prospek kerja ilmu komunikasi lebih luas daripada bidang lainnya.

12 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Terbaik Tahun 2022

Prospek kerja ilmu komunikasi terbaik

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa, cakupan pekerjaan ilmu komunikasi sangat luas. Tidak hanya terpaku pada satu prospek saja, melainkan ada banyak prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa kamu tekuni, berikut beberapa daftarnya.

1. Sosial Media Specialist

Di era digital seperti saat ini, semakin banyak perusahaan yang mulai menggunakan media sosial untuk kebutuhan promosi dan menjangkau audiensnya. Sosial media specialist adalah salah satu dari sekian banyak pekerjaan ilmu komunikasi yang bisa kamu tekuni.

Untuk pekerjaan ilmu komunikasi yang satu ini, kamu harus bisa melakukan analisis pola komunikasi audiens atau pengikut dan optimasi akun instagram yang kamu kelola. Selain itu kemampuan untuk menulis caption dengan baik juga wajib kamu miliki.

2. Media Planner

Media planner adalah pekerjaan ilmu komunikasi yang bisa kamu tekuni lainnya. Terutama untuk kamu yang tertarik dengan dunia digital marketing. Kamu bisa mengkaji atau melihat berbagai preferensi publik melalui media yang digunakan.

Tugas utama dari prospek kerja ilmu komunikasi ini adalah untuk merencanakan dan memastikan bahwa kampanye pemasaran sudah berada di media yang tepat dengan cara yang paling efisien. Kamu juga perlu melakukan analisis dan memprediksi hasil yang akan didapatkan dari kampanye tersebut.

BACA JUGA: Panduan Foto Lamaran Kerja Profesional: Ukuran, Kriteria, Tips, & Hal yang Perlu Dihindari

3. Brand Manager

Pekerjaan ilmu komunikasi lainnya yang bisa kamu tekuni adalah brand manager. Posisi ini memiliki tanggung jawab untuk mengawasi citra produk atau layanan perusahaan di mata masyarakat.

Prospek kerja ilmu komunikasi ini akan meminta kamu untuk melakukan analisis respon pelanggan terhadap produk atau jasa yang dikeluarkan perusahaan berdasarkan faktor-faktor tertentu.

Selain itu, kamu juga akan diminta untuk berperan dalam mempromosikan produk atau jasa tersebut. Mulai dari periklanan hingga komunikasi dengan masyarakat untuk meningkatkan penjualan.

4. Public Relation

Rekomendasi pekerjaan ilmu komunikasi terbaik

Prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya adalah public relation. Pekerjaan ini membutuhkan keahlian untuk dapat berpikir secara strategis terkait membentuk persepsi masyarakat di media.

Pekerjaan ilmu komunikasi yang satu ini akan memintamu untuk membuat siaran pers hingga meyakinkan atau menekankan citra dan reputasi positif perusahaan kepada masyarakat.

5. Content Marketing

Dalam pekerjaan ilmu komunikasi, seorang content marketing akan bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan terhadap konten perusahaan yang ada di media. Konten tersebut bisa berupa gambar, video, infografik, atau podcast.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diminta untuk membuat strategi konten di berbagai media dengan tujuan memperluas jangkauan komunikasi perusahaan untuk pemasaran. Biasanya prospek kerja ilmu komunikasi ini berangkat dari content writer dan content creator.

6. Content Writer

Pekerjaan content writer untuk anak komunikasi

Content writer atau biasa disebut sebagai penulis merupakan salah satu pekerjaan ilmu komunikasi yang populer. Salah satu tugas utama dari seorang content writer adalah untuk membuat atau menghasilkan karya tulisan atau konten yang menarik untuk diunggah di media online.

Umumnya, tulisan yang dibikin akan berbentuk artikel dan caption sosial media. Tidak hanya menulis, prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga kualitas desain, gambar, hingga tulisan yang dihasilkan agar bisa berkaitan dengan visi perusahaan.

7. Copywriter

Ada content writer, ada copywriter. Meskipun sama-sama penulis, pada praktiknya pekerjaan ilmu komunikasi ini berbeda, lho. Seorang copywriter lebih berfokus untuk menulis segala kebutuhan pemasaran dengan menarik agar bisa menjangkau target pasar.

Biasanya spesialisasi untuk prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini adalah penulisan blog, kampanye iklan, slogan perusahaan, email pemasaran atau newsletter, penulisan brosur, dan lainnya yang berhubungan dengan pemasaran perusahaan.

8. Editor

Prospek kerja ilmu komunikasi salah satunya adalah editor

Jika kamu memiliki cukup pengalaman di bidang penulisan konten, mungkin pekerjaan ilmu komunikasi sebagai editor cocok untuk kamu tekuni. Tugas dan tanggung jawab utama dari pekerjaan ini adalah untuk melakukan evaluasi konten yang diproduksi oleh para creator dan penulis.

Tidak hanya itu, prospek kerja ilmu komunikasi ini juga berperan pada pembuatan editorial plan untuk satu bulan ke depan, hingga membuat pedoman konten yang nantinya akan diikuti oleh para creator dan penulis.

9. Event Planner

Selanjutnya ada pekerjaan ilmu komunikasi sebagai seorang event planner. Jika kamu adalah orang yang senang merencanakan sebuah acara dan mampu mengeluarkan ide-ide segar, maka kemungkinan besar pekerjaan ini cocok untuk kamu.

Prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini membutuhkan cara berpikir yang terstruktur dan terorganisir. Hal ini dapat membantumu untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk sebuah acara. Bahkan jika diperlukan, kamu juga harus melakukan analisis pada preferensi calon pelanggan.

10. Reporter

Reporter, salah satu pilihan karir jurusan ilmu komunikasi

Satu lagi pekerjaan ilmu komunikasi yang tidak kalah populer, yaitu reporter. Kemampuan yang harus dimiliki jika kamu berminat menjadi seorang reporter adalah public speaking atau berbicara di depan umum.

Sebab, sebagian besar tugas dari salah satu prospek kerja ilmu komunikasi ini adalah untuk menyampaikan berita secara live report di media online atau TV. Tapi kamu juga bisa menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau media online, atau secara lisan untuk disampaikan melalui radio.

11. Penyiar Radio

Menjadi seorang penyiar radio adalah salah satu prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa kamu tekuni lainnya. Terutama untuk kamu yang suka ngomong, menghibur, dan menyukai dunia broadcasting.

Kamu juga harus memiliki kemampuan public speaking untuk pekerjaan ilmu komunikasi yang satu ini. Sebab, meskipun tidak langsung bertatap muka, kamu akan melakukan interaksi dengan banyak orang.

12. Produser

Prospek karir jurusan ilmu komunikasi adalah

Satu lagi pekerjaan ilmu komunikasi untuk kamu yang menyukai dunia broadcasting, yaitu produser. Produser adalah seseorang yang sudah ahli untuk menemukan dan menciptakan sebuah proyek acara baik di TV atau radio.

Tidak hanya itu, di prospek kerja ilmu komunikasi satu ini, kamu juga harus bisa mengatur segala biaya proyek, mencari crew atau tim yang berkompeten, hingga melakukan pengawasan terhadap seluruh kegiatan pra produksi hingga pasca produksi.

Demikianlah penjelasan mengenai pekerjaan ilmu komunikasi dan prospek kerja ilmu komunikasi yang bisa kamu tekuni. Jadi, tertarik untuk melamar yang mana, nih?

Buat kamu anak jurusan ilmu komunikasi yang bingung pengen cari kerja, tenang, kan sekarang ada KitaLulus! Di KitaLulus, ada banyak profesi untuk jurusan komunikasi yang bisa kamu lamar, baik yang full time, part time, atau bahkan freelance.

Bukan cuma lengkap dan menyediakan lowongan hingga ke level kecamatan, KitaLulus juga punya fitur Whatsapp HRD. Jadi setelah kirim lamaran, kamu bisa tanya langsung ke HRD perusahaan soal progres seleksi yang kamu ikuti.

Seru kan, cari kerja di KitaLulus? Yuk, buka KitaLulus dan kejar karir impianmu sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!