10 Pekerjaan Paling Dicari di 2024, Siapkan Dirimu!

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Menjelang pergantian tahun, banyak fresh graduate maupun pekerja profesional yang menggali informasi mengenai pekerjaan paling dicari 2024. Hal ini karena informasi tersebut dapat berguna untuk mengembangkan kemampuan hingga membuka kesempatan baru.

Penasaran apa saja tren pekerjaan yang paling banyak dicari di tahun 2024 nanti dan alasannya? Simak informasinya berikut.

Bidang Kerja yang Banyak Dicari 2024

Bidang Kerja yang Banyak Dicari 2024

Di tahun 2024, diprediksi bidang kerja yang banyak dicari adalah bidang teknologi. Hal ini seiring dengan adanya revolusi digital yang mengharuskan semua industri beradaptasi dari sistem konvensional ke sistem digital.

Dilansir dari Kompas, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengungkap akan ada 17 pekerjaan baru di bidang teknologi dalam beberapa tahun ke depan.

Berikut deretan bidang yang diprediksi akan banyak dicari di tahun 2024:

  1. Perkembangan dan Pengumpulan Data
  2. Bidang Sales
  3. Promosi/Pemasaran Digital
  4. Pengembangan Produk Digital
  5. Teknologi dan Informasi
  6. Operasional

Bidang-bidang tersebut masih tetap menjadi idaman dalam pengembangan karir, tetapi mungkin akan semakin canggih dalam pengerjaan secara sistemnya. Ada banyak tools yang harus kamu pelajari lebih lanjut untuk bisa mengembangkan sistem kerja yang lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: 9 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan Bagi Lulusan Baru

Daftar Pekerjaan Paling Dicari di 2024

pekerjaan yang banyak dicari

Dilansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah pekerjaan yang diprediksi memiliki peluang besar di tahun 2024.

1. AI Engineer

Tahun 2023 kita sudah banyak dikejutkan dengan perangkat lunak berbasis AI yang bisa membantu pekerjaan atau bahkan menggantikan suatu bidang kerja. Nah, kehadiran AI ini tidak selamanya berakibat buruk untuk sistem kerja konvensional.

Kamu bisa belajar tentang teknologi secara lebih dalam dan membuka peluang karir di bidang AI sebagai seorang AI Engineer. Ciptakan perangkat lunak berbasis AI yang lebih canggih lagi.

2. Digital Marketing

Pemasaran digital atau digital marketing akan terus dibutuhkan oleh perusahaan. Terlebih sekarang pengguna media sosial dan internet semakin meningkat.

Inilah mengapa strategi dan sistem pemasaran digital akan sangat berguna untuk meningkatkan revenue perusahaan.

Jadi, jangan kaget ketika di 2024 nanti akan ada banyak lowongan kerja di bidang pemasaran digital, khususnya content creator dan social media analyst.

3. Data Analyst

Dalam sebuah perusahaan, pengambilan keputusan harus diambil berdasarkan data. Namun, data yang besar dan kompleks mengharuskan mereka melakukan pengelolaan dengan baik. Inilah mengapa perusahaan membutuhkan seorang data analyst.

4. Business Analyst

Selain data analyst, salah satu pekerjaan paling dicari di 2024 adalah business analyst. Posisi ini dibutuhkan dalam rangka pengembangan bisnis perusahaan.

Business analyst bertugas menganalisis proses, sistem, produk, dan layanan perusahaan agar mampu bersaing dengan kompetitor dan membuat keputusan yang menguntungkan berdasarkan analisis data.

5. Software Developer

Di era digital saat ini, permintaan tenaga kerja software developer pasti akan terus bertambah. Software developer adalah seseorang yang bertugas mengembangkan perangkat lunak untuk bisnis dan konsumen.

Salah satu kemampuan yang wajib dikuasai software developer yaitu bahasa pemrograman, misalnya Python, Java, C++, atau SQL.

Baca Juga: 18 Pilihan Kerja Online dari Rumah Tanpa Modal, Gaji Tinggi!

6. Pekerja di Bidang Kesehatan

Tidak ada yang bisa memprediksi penyakit di masa depan, sebagaimana di tahun 2019 yang tidak ada prediksi bahwa 2020 akan muncul virus pandemi yang bisa melumpuhkan banyak usaha dan bisnis hingga dua tahun lamanya.

Kondisi tersebut membuktikan bahwa pekerjaan di bidang kesehatan akan terus menemukan tantangan sehingga dibutuhkan para ahli di bidang kesehatan. Contoh profesi yang banyak dicari mencakup ilmuwan, dokter, perawat, dan bidan.

7. Cybersecurity

Semakin canggihnya teknologi akan beriringan dengan kejahatan yang bisa saja terjadi di bidang tersebut, salah satunya adalah pencurian data secara digital.

Inilah mengapa cybersecurity banyak dicari untuk menjadi garda depan dalam melindungi data perusahaan.

8. Financial Officer

Pekerjaan yang berpeluang besar di tahun 2024 berikutnya adalah financial officer. Mereka bertugas mengelola anggaran bisnis dengan benar dan tepat.

Meskipun ada banyak perangkat lunak yang muncul, manusia akan tetap menjadi kunci dalam bidang keuangan yang dipercaya untuk menangani penghitungan finansial perusahaan.

9. Web Developer

Web developer banyak dilirik perusahaan karena mereka memiliki kemampuan di bidang pengembangan website yang erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjadi web developer, kamu harus memiliki pengetahuan dasar seperti coding, HTML dan CSS, serta UI/UX.

10. Digital Content Creator

Tahukah kamu konten kreator Jimmy Donaldson alias MrBeast? Dilansir dari laman Statista, ia termasuk salah satu konten kreator yang memiliki penghasilan tahunan tertinggi, yaitu sebesar Rp823 miliar.

Tak heran di tahun 2024 nanti, digital content creator merupakan pekerjaan yang berpeluang besar dan cukup menjanjikan. Content creator adalah orang yang membuat konten di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube.

Siapapun bisa menjadi konten kreator, tak harus memiliki syarat pendidikan tertentu. Kamu hanya perlu memiliki keterampilan komunikasi dan kreativitas tinggi.

Baca Juga: 11 Jurusan Kuliah yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan, Catat!

Itulah daftar 10 pekerjaan paling dicari di 2024. Adakah bidang pekerjaan yang memang sudah kamu geluti? Atau kamu memang mengincar salah satu pekerjaan di atas dan ingin mempelajarinya lebih dalam?

Nah, buat kamu yang sedang mengincar pekerjaan di atas, kamu bisa nih melamarnya melalui aplikasi KitaLulus. Kamu bisa menggunakan filter nama posisi, kota domisili, tingkat pendidikan, hingga rentang gaji untuk mempermudah menemukan pekerjaan yang cocok.

Tunggu apalagi? Segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone sekarang juga!

KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!