11 Ciri-Ciri Penjilat di Kantor dan Cara Menghadapinya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Apakah kamu punya rekan yang suka mencari muka di depan atasan? Orang semacam itu biasanya disebut memiliki karakter sebagai penjilat. Penjilat adalah public enemy di kantor. Umumnya mereka tidak akan menampakkan sifat aslinya dan justru akan bersikap humble sehingga banyak karyawan menyukainya.

Padahal, dia tidak segan-segan memperlakukan rekan kerja dengan sikap buruknya, lho. Lantas, bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang adalah seorang penjilat? Dan bagaimana menghadapinya jika kita menjadi sasaran penjilat sehingga reputasi kita di perusahaan menjadi buruk?

Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Ciri-ciri Penjilat di Kantor

Ciri-Ciri Penjilat di Kantor
Sumber: Fairygodboss

Sebelum membahas tentang cara menghadapi penjilat di kantor, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri seorang penjilat. Meskipun banyak penjilat adalah sosok yang ramah dan mudah berbaur, tetapi penjilat memiliki pattern yang bisa kamu ketahui dengan mudah.

Berikut 11 ciri-ciri penjilat di kantor yang perlu kamu ketahui.

1. Selalu Ingin Tahu Urusan Orang Lain

Penjilat adalah sosok yang FOMO atau tidak mau ketinggalan berita di kantor.

Berita ini bukan hanya tentang informasi berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabnya, tetapi berbagai berita, apa pun itu, termasuk urusan orang lain yang sebenarnya bukan urusan mereka.

Ia akan melakukan banyak cara untuk mendapatkan informasi supaya tidak tertinggal gosip.

2. Memuji Secara Berlebihan

Siapa sih yang tidak senang dipuji? Nah, penjilat adalah orang yang paham tentang sifat manusia ini. Oleh karena itu, penjilat umumnya akan dengan mudah memberikan pujian bahkan secara berlebihan agar seseorang merasa senang akan kehadirannya.

3. Hanya Tampil Baik di Hadapan Atasan

Bersikap baik dan menunjukkan kelebihan kepada atasan adalah suatu hal yang wajar. Namun, para penjilat adalah orang yang hanya menunjukkannya kepada atasan. Dia akan secara otomatis bersikap tidak bertanggung jawab jika tidak diawasi oleh atasan.

4. Memberikan Argumen yang Tidak Sesuai Kapasitas

Sedang berada di rapat divisi lalu salah satu rekan memberikan pendapat ketika rekan kerja lain sedang ditegur? Itu adalah sifat penjilat. Dia akan cenderung memberikan penilaian dan argumen yang tidak perlu.

5. Menjelekkan Karyawan Lain saat Kumpul

Biasanya, momen makan siang adalah hal yang dinanti karena kamu bisa berbincang santai dan beristirahat sejenak dari kerjaan. Namun, momen ini akan dimanfaatkan oleh penjilat untuk menjelekkan karyawan lain yang tidak ada di sana.

6. Hanya Mendukung di Depan

Berkaitan dengan ciri-ciri penjilat di kantor pada poin kedua, ciri ini adalah kelanjutannya yang bisa kamu deteksi dengan mudah. Penjilat adalah sosok yang bermuka dua.

Selain hanya bersikap manis ke atasan, dia juga bisa saja hanya bersikap manis jika ada di hadapan seseorang dan akan menjelekkan ketika orang itu tidak ada.

7. Menyombongkan Kemampuan

Tidak jarang penjilat adalah sosok yang berbakat. Namun, yang tidak elok adalah membanggakan kemampuannya sepanjang waktu.

Jika untuk memotivasi rekan kerja lain mungkin tidak masalah, tetapi pada umumnya sikapnya tersebut akan memberikan tekanan kepada rekan kerja lain yang pencapaiannya dinilai kurang oleh atasan.

8. Tidak Memiliki Rasa Simpati

Ciri-ciri penjilat di kantor selanjutnya yaitu tidak punya rasa simpati. Ketika ada karyawan di kantor yang melakukan kesalahan lalu ditegur atasan, para penjilat tidak segan untuk memberikan argumen tak perlu sehingga karyawan tersebut semakin dinilai negatif.

Para penjilat adalah sosok yang seperti itu, tidak memiliki simpati dan empati sehingga senang melihat orang lain kesusahan.

9. Selalu Memberikan Opini yang Tak Diminta

Selain memberikan argumen tak sesuai kapasitas, ciri penjilat adalah orang yang suka memberikan opini padahal tidak diminta. Ia akan dengan percaya dirinya mengatakan hal-hal di luar batas yang seharusnya hanya dia simpan sendiri.

10. Sangat Oportunis

Manusia adalah sosok yang oportunis. Namun, penjilat adalah sosok yang jauh lebih oportunis dari batas sifat manusia normal pada umumnya.

Dia akan memanfaatkan berbagai momen demi melancarkan tujuannya, mulai dari yang baik ataupun bahkan merugikan orang lain.

11. Iri Atas Pencapaian Orang Lain

Karyawan Iri Atas Pencapaian Orang Lain
Sumber: Employment Solutions

Mungkin, penjilat adalah sosok yang pertama kali memberikan selamat kepadamu saat kamu mendapatkan suatu pencapaian.

Namun, sikap tersebut bisa saja hanyalah topeng dari ketidaksukaannya atas pencapaian yang kamu dapat tersebut. Hal ini dikarenakan penjilat selalu iri dengan orang lain yang lebih beruntung dibanding dia.

Baca juga: 6 Ciri Lingkungan Kerja Toxic dan Cara Menghadapinya, Apa Saja?

Cara Menghadapi Rekan Kerja Penjilat

Menghadapi penjilat tidak bisa dilakukan dengan emosi. Karena penjilat adalah sosok yang akan dengan mudah memutar balikkan fakta, jika kamu menjadi korbannya, kamu tentu harus menyusun strategi yang baik.

Namun, jika kamu bukan sosok yang menjadi target penjilat, kamu hanya perlu diam dalam menghadapi segala tingkah mereka.

Untuk lebih jelasnya, cara menghadapi rekan kerja yang penjilat adalah sebagai berikut.

1. Selalu Menilai dari Dua Sisi

Katakanlah kamu justru sosok yang disukai oleh penjilat dan dia akan dengan serius membicarakan rekan kerja lain di hadapanmu.

Maka hal yang perlu kamu lakukan adalah jangan mempercayainya. Senantiasa nilai perkataan rekan kerja dengan analisis yang baik. Nilai dari dua sisi untuk membuktikan kebenaran dari suatu informasi.

2. Fokus dengan Jobdesc Pribadi

karyawan fokus dengan jobdesc pribadi

Kamu tidak perlu mengikuti arus di lingkungan kerja jika itu bukan tentang suatu hal yang terkait pekerjaan. Berikan energimu dengan sepenuhnya hanya untuk mengerjakan jobdesc yang harus kamu selesaikan.

3. Puji Pencapaian Rekan Kerja 

Fokus mengerjakan jobdesk bukan berarti tak acuh kepada lingkungan kantor. Berikan atensi pada rekan kerja yang memiliki pencapaian yang baik. Berikan pujian seperlunya, tidak perlu berlebihan.

Ini juga berlaku pada sosok penjilat yang memiliki pencapaian. Sebab, penjilat adalah orang yang cenderung langsung fokus pada orang yang tidak memberikan selamat padanya ketika dia memiliki kelebihan untuk dibanggakan.

4. Berkomunikasi dengan Rekan Kerja Lain Seperlunya

Biasanya, penjilat adalah orang yang akan akrab dengan semua orang. Itu dilakukan sebagai caranya untuk mendapatkan berbagai informasi dengan mudah.

Nah, agar terhindar dari target para penjilat, kamu bisa lakukan komunikasi seperlunya dengan rekan kerja lain. Hal ini bisa menjadi trik jitu untuk tetap mendekatkan kamu dengan rekan kerja lain, tetapi juga memiliki rem untuk bersosialisasi di kantor.

5. Buktikan dengan Kinerja

Jika ternyata kamu mendengar kabar kurang baik tentang kamu, buktikan dengan kinerja kamu secara disiplin dan teliti.

Hindari buat kesalahan yang tidak perlu sehingga atasan dan rekan kerja lain bisa menilai sendiri bagaimana kemampuan kamu dalam mengerjakan suatu tanggung jawab.

Dengan begitu, kabar tak baik yang sengaja diembuskan oleh penjilat bisa menghilang secara natural.

6. Simpan Informasi Pribadi

Tidak perlu membeberkan siapa kamu secara detail kepada rekan kerja di kantor. Biarlah informasi pribadi kamu hanya diketahui oleh atasan dan bagian personalia untuk urusan perusahaan.

7. Jangan Curhat dengan Teman Kantor

cara menghadapi penjilat

Jangan jadikan rekan kerja sebagai musuh, tetapi juga jangan anggap mereka sebagai teman akrab. Sebab, kamu tidak akan pernah tahu bagaimana sifat seseorang, terlebih jika bersangkutan dengan karir.

Akan bahaya jika kamu mengeluhkan tentang rekan kerja lain kepada orang di kantor. Bisa jadi hal tersebut justru bocor dan kamu yang akan menanggung akibatnya.

8. Jangan Ikut Bergosip

Sebagaimana tips kedua, kamu hanya perlu fokus pada tugas dan tanggung jawab kamu. Tidak perlu mengikuti arus di kantor tentang informasi tidak baik, apalagi ikut aktif bergosip dan membicarakan rekan kerja lain.

Ciri-ciri penjilat adalah orang yang senang mengadu domba, jadi jangan berikan mereka ruang untuk melancarkan niat tidak baiknya, ya.

9. Jadi Diri Sendiri

Percaya diri dan jadi diri sendiri merupakan cara menghadapi penjilat di kantor. Hal ini akan menghindarkan kamu dari segala tuduhan tak berdasar yang dilakukan oleh penjilat. Pasalnya, penjilat adalah orang yang suka membuat kabar tak baik untuk melakukan fitnah.

Nah, jika kamu menjadi diri sendiri, informasi seperti itu akan dengan mudah kamu buktikan karena gosip tentangmu sama sekali tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

10. Kumpulkan Bukti jika Kamu Menjadi Korban

Jika kamu telah menjadi bulan-bulanan para penjilat, kamu bisa susun rencana cerdik untuk menghentikannya.

Kumpulkan bukti hingga saksi tentang kabar hingga fitnah yang kamu dapatkan. Nantinya, bukti dan saksi ini bisa kamu gunakan untuk membuat tindakan tegas guna memberi pelajaran kepada para penjilat.

11. Ambil Tindakan Tegas

Mungkin penjilat adalah orang yang tidak akan berhenti jika belum diberi hukuman tegas, sehingga kamu bisa melaporkan tindakan mereka ke bagian personalia atau atasan yang berwenang. Laporan ini akan diurus oleh perusahaan untuk menemukan solusi terbaik.

Baca Juga: Sebelum Putuskan Resign, Coba 17 Cara Menghadapi Atasan Toxic Berikut Ini

Itulah berbagai ciri-ciri penjilat di kantor dan cara menghadapinya. Karena kamu tahu bahwa penjilat adalah seorang yang akan merugikan orang lain, kamu juga jangan menjadi sosok tersebut, ya.

Dan jika kamu sudah melakukan berbagai upaya, tetapi kamu justru dirugikan dengan hal-hal yang dilakukan penjilat dan tak ada tindakan tegas dari kantor, itu artinya waktunya kamu mencari perusahaan baru.

Carilah perusahaan yang memahami kebutuhan para karyawannya dengan baik dan memperlakukan setiap karyawan dengan adil sehingga tidak menimbulkan lingkungan toxic.

Untuk mencari lowongan kerja aman, kamu bisa menggunakan aplikasi KitaLulus. Ada 92.000 lebih lowongan kerja tersedia yang dapat kamu akses secara gratis.

KitaLulus juga memiliki sistem verifikasi unggulan sehingga semua perusahaan yang tergabung aman. Jadi, kamu tidak akan bertemu dengan perusahaan bodong yang kerap melakukan penipuan kepada pelamar.

Instal aplikasi KitaLulus untuk mendapatkan berbagai fasilitas menarik dari KitaLulus yuk! Dengan KitaLulus, kamu dapat melamar kerja dengan aman, terpercaya, dan mudah, di mana pun dan kapan pun kamu mau!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!