Pentingnya Contoh Sikap Percaya Diri Di Tempat Kerja dan Cara Meningkatkannya

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sikap percaya diri begitu penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dunia kerja. Contoh sikap percaya diri membantu kamu dalam memasuki dunia kerja yang memiliki persaingan yang ketat. Namun, rasa percaya diri bukanlah sesuatu yang kita bawa sejak lahir. Makanya terkadang sikap percaya diri kita bisa turun, entah karena melakukan kesalahan, atau kita tidak dapat melakukan tugas dengan baik.

Tapi perlu kamu ketahui, rasa kepercayaan diri bisa berkembang atau menurun itu ditentukan oleh cara kita merespons kritik, kemampuan belajar, serta keputusan yang kita ambil sehari-hari. Jika kepercayaan dirimu sedang menurun di tempat kerja. Coba ketahui cara mengatasinya, di sini!


Apa Arti Percaya Diri?

Percaya diri adalah keyakinan atas kemampuan diri sendiri, sehingga dalam melakukan suatu tindakan dapat melakukannya dengan baik dan tidak terlalu sering mengalami cemas. Walau bukan suatu hal yang bisa mengukur skill, contoh sikap percaya diri sangat penting. 

Percaya diri membuatmu mengeluarkan energi positif ke sekitar, berbeda dengan orang yang rendah diri biasanya membagikan negative vibe kepada sekitarnya. 

Selain itu, orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik sehingga dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki. Jadi orang yang percaya diri bisa lebih unggul daripada yang tidak percaya diri, padahal belum tentu kemampuan yang dimiliki lebih baik. 

Sikap percaya diri juga membantu kamu untuk berani mengambil risiko yang dapat meningkatkan kualitas hidupmu. Sebaliknya, ketika kamu merasa tidak percaya diri, kamu takut untuk bergerak mengambil risiko. 


Mengapa Sikap Percaya Diri Penting?

Contoh sikap percaya diri bisa menjadi bekal kamu untuk meraih kesuksesan di dunia kerja. Ini jadi satu nilai yang membedakan kamu dengan mereka yang memiliki skill tapi tidak rasa percaya diri, oleh sebab itu, sikap percaya diri begitu penting. Dari orang-orang yang memiliki percaya diri, kita bisa memerhatikan beberapa hal berikut:


1. Menumbuhkan Motivasi

Orang yang percaya diri memiliki motivasi yang kuat, sehingga mereka akan terus memperjuangkan tujuan atau target mereka dengan sungguh-sungguh.

Terkadang, sebuah tujuan gagal dicapai bukanlah karena ketidakmampuan, tapi karena kurangnya motivasi. 


2. Membuat Orang Berpikir Positif

Orang yang percaya diri selalu mampu berpikir positif, bahkan disaat gagal sekalipun. Gagal tidak membuat mereka menyalahkan diri sendiri dan menyerah karena mereka yakin akan kemampuan yang mereka miliki. 


3. Membangun Hubungan Sosial yang Baik

Orang percaya diri dapat berinteraksi dengan orang sekitarnya dengan baik. Mereka dapat meyakinkan orang lain terhadap kemampuan yang dimilikinya. Karena mampu membangun hubungan sosial yang baik, mereka lebih diakui dibanding dengan orang yang tidak percaya diri. 



Contoh Sikap Percaya Diri

Masih banyak orang yang salah sangka bahwa sikap percaya diri itu adalah suatu kesombongan atau keegoisan yang ditunjukkan untuk dipamerkan kepada orang lain. Tentu itu salah, kepercayaan diri adalah bentuk dari keyakinan dari kemampuan yang dimiliki. 

Sikap percaya diri bukanlah suatu hal yang diturunkan dari langit begitu saja, namun kamu perlu melatih dan membangunnya. Ada beberapa contoh sikap percaya diri yang bisa kamu tunjukkan di tempat kerja.


1. Utarakan Isi Pikiranmu

Contoh sikap percaya diri pertama adalah berani untuk menyampaikan apa isi pikiranmu. Kamu berani untuk mengutarakan pendapat dalam rapat, meski pasti awalnya sulit tapi lama-lama kamu terbiasa. Dengan berbicara, kamu bisa melihat bagaimana reaksi dari atasan dan rekan kerja terhadap pendapat dan idemu.

Begitu juga ketika kamu tidak paham tentang apa yang disampaikan dalam rapat atau juga ketika mendapatkan tugas, kamu tidak segan untuk bertanya agar semuanya menjadi jelas.


2. Tidak Ragu dan Yakin pada Diri Sendiri

Dibandingkan ketidakmampuan, keraguan lebih sering membuat seseorang berhenti melakukan sesuatu. Seseorang yang percaya diri tidak pernah ragu dengan langkah atau keputusan yang telah ia ambil. Ia selalu yakin bahwa dirinya bisa dan mampu melakukan hal tersebut. 


3. Selalu Melakukan Kebaikan

Contoh sikap percaya diri lainnya adalah tidak malu untuk melakukan kebaikan. Karena ia merasa apa yang ia lakukan benar, barulah ketika ia melakukan kesalahan, ia merasa malu dan berusaha memperbaiki kesalahannya.


4. Tenang di Situasi Sulit Sekalipun

Kesulitan yang dihadapi di tempat kerja biasanya gugup ketika diminta presentasi atau menunjukkan pengetahuannya. Saat kamu memiliki rasa percaya diri, kamu bisa mengendalikan situasi tersebut dengan tenang dan melakukannya sebaik-baiknya dengan persiapan yang matang. 


5. Tidak Putus Asa saat Gagal Sekalipun

Dalam dunia kerja, ada kalanya kita mengalami kegagalan, entah itu tidak mampu memenuhi target penjualan atau juga gagal lainnya. Hal yang membedakan adalah bagaimana cara kita menyikapinya. 

Orang yang percaya diri melihat kegagalan bukan sebagai hal yang menghentikannya. Ia tidak akan putus asa dan langsung menyusun strategi kembali untuk memperbaiki kegagalan tersebut.



Cara Meningkatkan Percaya Diri di Tempat Kerja

Rasa kurang percaya diri bisa berdampak pada pekerjaan yang kamu lakukan sehari-hari. Oleh karena itu, jika kamu sedang merasa rasa percaya diri menurun, cobalah lakukan beberapa cara berikut ini untuk meningkatkannya.


1. Identifikasi dan Memanfaatkan Kekuatan

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan diri adalah mengenali kekuatan yang kamu miliki dan menemukan cara untuk mengintegrasikan kekuatan tersebut dengan tugas yang kamu lakukan setiap hari. 

Ketika kamu mengenali apa yang menjadi kekuatanmu, kamu menjadi lebih berenergi dan percaya diri.


2. Identifikasi Kelemahan

Tidak hanya mengenali apa yang jadi kekuatanmu, tapi coba identifikasi juga sisi kelemahanmu. Tentu ini berguna untuk menghilangkan atau menguranginya. 

Kamu tidak harus fokus kepada kekurangan ini, tapi kamu mencari cara agar dapat mengurangi sis kelemahan ini karena bisa jadi kelemahan inilah yang membuat kamu jadi tidak percaya diri.


3. Hilangkan Kebiasaan Meremehkan Diri

Cobalah katakan yang baik-baik tentang dirimu sendiri. Tidak ada seorangpun yang bisa menjadi berhasil dengan selalu meremehkan dan menyalahkan diri sendiri. Hindari juga selalu berpikir negatif tentang dirimu. Cobalah pikirkan hal positif tentang diri sendiri


4. Beri Tahu saat Telah Selesai Menyelesaikan Tugas

Dilansir dari Inc, cara yang tepat untuk meningkatkan rasa percaya diri di tempat kerja adalah dengan memberi tahu atasamu bahwa kamu telah menyelesaikan tugas. Sebagai contoh, setelah menyelesaikan tugas harian mu, segera beritahu atasamu bahwa tugas tersebut telah selesai dikerjakan. 

Dengan begitu, kamu telah menunjukan bahwa kamu adalah individu yang bertanggung jawab atas pekerjaan. Melalui cara ini, rasa percaya diri bisa perlahan tumbuh di dalam dirimu. 


5. Pelajari Skill Baru

Dalam dunia kerja, menguasai berbagai skill penunjang sangatlah penting. Tidak hanya sebagai penunjang untuk meningkatkan produktivitas mu, tapi pelajari skill yang belum kamu kuasai juga bisa meningkatkan rasa percaya diri. 

Apalagi sekarang sangat banyak tempat mengasah skill di internet yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari desain grafis, bahasa Inggris, sampai Microsoft Excel juga ada.


BACA JUGA: Rekomendasi Situs Belajar Desain Grafis untuk Pemula


6.  Tantang Diri Sendiri

Mencapai hal yang sebelumnya kamu pikir sulit dilakukan bisa meningkatkan kepercayaan diri. Seorang ahli pelatih karier, Deborah Brown-Volkman, menyarankan cobalah untuk mencari tugas atau proyek yang memungkinkan kamu bisa menguras kekuatan dan menantang diri. 


Sikap percaya diri juga bisa menuntunmu untuk menemukan pekerjaan terbaik. Aplikasi KitaLulus dengan fitur barunya akan membantumu menemukan pekerjaan yang sesuai dengan profil dan pengalaman mu. Sehingga kamu akan diarahkan menemukan lowongan yang sesuai. Lamaran kamu juga akan langsung dikirim ke WhatsApp HRD, agar kamu mudah untuk follow-up. Kamu jadi tidak perlu ragu lagi saat melamar.  Ayo download aplikasinya sekarang di Play Store!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.