Cari Tahu Kemampuanmu! Ini 11 Situs Tes Bahasa Inggris Gratis Bersertifikat

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Apakah kamu tidak percaya diri dengan kemampuan berbahasa Inggris kamu? Padahal, lowongan incaranmu mensyaratkan bisa menguasai bahasa Inggris. Nah, cara membuktikannya dengan tes bahasa Inggris gratis.

Iya, kamu tidak salah baca kok, tesnya gratis. Mungkin kamu belum tahu kalau sekarang sudah banyak tes bahasa Inggris online yang bisa kita ikuti secara cuma-cuma. Bahkan bisa dapat sertifikat yang bisa kamu lampirkan di CV. Tes bahasa Inggrisnya juga beragam, penasaran? Simak di bawah ini!


Situs Tes Bahasa Inggris Gratis

Kemampuan bahasa Inggris bagi pencari kerja dan karyawan adalah sebuah nilai plus tersendiri di mata perusahaan. Oleh karenanya, tidak heran bahwa banyak perusahaan yang memasukan persyaratan menguasai bahasa Inggris dalam lowongan.

Selain itu, bahasa Inggris juga jadi salah satu keterampilan yang bisa kamu masukan ke dalam CV. Nah, jika kamu tahu seberapa jago penguasan Inggris yang kamu miliki, tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti tes bahasa Inggris gratis melalui situs-situs berikut ini.


1. EF SET

Tes bahasa Inggris gratis pertama bisa kamu lakukan di EF Set yang merupakan situs miliki pelatihan bahasa Inggris terkenal English First. Tidak cuma gratis, setelah menyelesaikan tes, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat yang telah diakui secara internasional, Common European Framework of Reference (CEFR).



Saat ini, ada dua jenis materi  tes yang tersedia yaitu listening dan reading. Di mana kamu bisa memilih tes Quick Check yang berlangsung selama 15 menit, dan EF SET berlangsung selama selama 50 menit. Untuk Quick Check bisa langsung kamu coba tanpa perlu mendaftarkan email. Sedangkan EF SET, kamu perlu mendaftar menggunakan email terlebih dahulu. 


2. Tracktest 

Sama seperti EF SET, tes bahasa Inggris online gratis ini juga akan memberikan kamu sertifikat gratis yang sudah diakui CEFR. Tentu sertifikat ini sangat berguna untuk kamu gunakan sebagai pelengkap CV dan lamaran kerja.  Tracktest akan memberikan hasil nilai berupa level dari A1 (beginner) sampai C2 (advanced mastery).  Tes ini bisa kamu ulang setiap bulan apakah ada peningkatan kemampuan atau tidak. 


3. Duolingo English Test

Mungkin selama ini kamu tahu aplikasi ini adalah untuk belajar bahasa Inggris. Tapi, tahu nggak sih, ternyata Duolinggo juga memiliki tes bahasa Inggris gratis yaitu Duolingo English Test (DET) yang memiliki 4  materi tes yaitu listening, reading, speaking, dan writing. Tes bahasa Inggris di DET berbentuk adaptive test sehingga pertanyaan yang muncul menyesuaikan hasil jawabanmu sebelumnya. 

Sebagai contoh, bila kamu salah menjawab, kamu akan diberikan soal yang lebih mudah. Namun, jika kamu mengerjakan soal dengan benar, maka kamu akan mendapatkan soal yang semakin sulit.

Kamu bisa mengikuti tes yang berlangsung selama sekitar 45 menit, namun kamu juga bisa mencoba Quick Test yang berdurasi 15 menit untuk latihan terlebih dulu. Untuk mencoba, kamu cukup mendaftar dengan email saja.


4. EnglishRadar

Tes bahasa Inggris gratis bersertifikat ini telah diakui oleh CEFR. Setelah menyelesaikan tes, kamu akan mendapatkan nilai level A1 hingga C2.


5. ESL Language Studies Abroad

Tes ESL punya 40 soal tes yang akan menguji seberapa mahirkah kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki. Lalu hasilnya akan diberikan dalam bentuk sertifikat gratis. 

Di akhir tes, kamu akan melihat mana saja jawaban yang benar. Jadi, jika ada jawaban yang salah, kamu bisa belajar untuk memperbaikinya.


6. YEC English Test & Exercise

Di YEC (Yureka Education Center) ada sekitar 247 latihan bahasa Inggris gratis yang bisa kamu kerjakan untuk mengetahui seberapa jago kemampuan kamu berbahasa Inggris. YEC juga menyediakan latihan-latihan bahasa Inggris secara umum dan juga latihan-latihan soal persiapan tes TOEFL ITP.


7. BridgeEnglish

Ada 50 sampai 100 soal tes bahasa Inggris gratis dengan durasi pengerjaan selama 65 menit di BridgeEnglish.  Tes yang disediakan sangat beragam, mulai dari grammar dan vocabulary, sampai tes listening dan reading comprehension.

Tidak cuma test biasa saja, di sini kamu juga dapat mencoba untuk melakukan simulasi tes IELTS atau TOEFL 


8. FluentU

Tidak hanya menyediakan kelas belajar bahasa Inggris, FluentU juga punya tes bahasa Inggris bersertifikat gratis. Bahkan tes bahasa Inggris yang disediakan sangat menyenangkan dan berbeda dari yang sudah ada. FluentU menilai pengetahuan bahasa kamu dengan video bahasa Inggris real, seperti trailer film, video musik, pidato inspirasi, dan banyak lagi.


BACA JUGA: Serunya Belajar Bahasa Inggris Online untuk Pemula


9.  EU English

Tes bahasa Inggris online gratis ini cocok untuk kamu yang mungkin sibuk, karena di EU English, tes hanya akan berdurasi 20 menit namun kamu sudah bisa mendapatkan sertifikat. 


10. Stafford House International

Tes bahasa Inggris online gratis satu ini juga cukup singkat. Karena kamu hanya akan menjawab 25 pertanyaan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris kamu. Walaupun singkat tapi tes ini sangat berguna bahkan Stafford House International juga akan memberikan kamu sertifikat setelah selesai melakukan tes.


11. Canadian College of English Language

Tes bahasa Inggris gratis lainnya bisa kamu ikuti di Canadian College of English Language. Kamu hanya membutuhkan waktu 60 menit untuk mengikuti tes lalu setelahnya kamu akan mengetahui tingkat kemahiran kamu dalam sertifikat tes.



Apa Saja Tes Level Bahasa Inggris

Tes level bahasa Inggris memiliki beberapa ujian yang telah diakui secara internasional. Mungkin beberapa dari jenisnya pernah kamu ikuti waktu di bangku sekolah. Tiap tes level sendiri memuat tujuan yang berbeda-beda. Bagi kamu yang belum tahu, apa saja tes level bahasa Inggris, berikut ini daftarnya. 


1. IELTS

IELTS atau International English Language Testing System adalah tes level bahasa Inggris yang paling banyak digunakan. Bisa dibilang, tes ini juga yang paling bergengsi di antara yang lainnya. Tes ini biasanya wajib dilakukan untuk keperluan imigrasi ke negara-negara pengguna bahasa Inggris atau sebagai syarat beasiswa.


2. TOEFL

TOEFL merupakan singkatan dari Test of English as a Foreign Language. Biasanya tes ini dilakukan dengan menggunakan komputer. TOEFL sendiri punya banyak jenis dan tiap jenis punya skor yang berbeda-beda. Jenis TOEFL  ada iBT, PBT, dan CBT, ITP, dan Prediction.

Untuk tes TOEFL PBT dan ITP, skor tertinggi yang bisa didapatkan adalah 600. Sedangkan iBT memiliki nilai maksimum sebanyak 120.

Tes TOEFL dengan skor tertentu biasanya jadi hal wajib kamu lampirkan ketika melamar di perusahaan multinasional. 


3. Cambridge

Cambridge Assessment English adalah tes yang diterima di seluruh Inggris Raya. Tes ini cocok untuk kamu yang mungkin punya rencana kerja di Inggris. Nantinya kamu akan mendapatkan hasil berupa A1 (beginner) sampai C2 (advanced mastery), sesuai dengan Common European Framework of Reference for Languages.


4. TOEIC

Test of English for International Communication  adalah tes yang secara spesifik digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris sehari-hari untuk lingkungan kerja.


Tips Mengerjakan Tes Bahasa Inggris Gratis

Agar kamu bisa lancar mengerjakan semua soal sehingga mendapatkan hasil yang kamu harapkan, saat mengerjakan tes cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.


  1. Tidak boleh terlalu lama membaca teks bacaan.
  2. Konsentrasikan pikiran selama membaca teks. 
  3. Meningkatkan kecepatan membaca.
  4. Memperhatikan kalimat pertama dari suatu bacaan untuk mengetahui gagasan utama.
  5. Tidak perlu panik ketika kita tidak bisa mengerti arti dari setiap kata yang diucapkan dalam percakapan. Cukup pahami ide atau inti dari pembicaraan tersebut.


Jika kamu merasa sudah PeDe dengan kemampuan bahasa Inggris kamu, kamu bisa memasukannya sebagai keterampilan yang kamu kuasai di CV. Dengan begitu, kamu punya nilai tambah di mata HRD. Jangan tunda lagi untuk segera melamar pekerjaan impian kamu di aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus punya banyak lowongan dari berbagai industri yang tersebar di kota-kota besar Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Gowa, Medan. 


Tidak cuma itu, dengan sistem yang canggih, lamaran kamu akan langsung masuk ke WhatsApp HRD jadi sangat mudah bila ingin follow-up. Gimana, menarik, bukan? Yuk, langsung aja download aplikasinya di Playstore.

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.