Lulus Sastra Korea Kerja Apa? Ini Info Kuliah & 7 Prospek Kerjanya

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sastra Korea– Saat ini, banyak orang yang tergila-gila dengan segala hal menyangkut Korea, baik itu makanan, hiburan, bahasa hingga kebudayaan. Maka tidak heran belakangan ini jurusan sastra Korea jadi salah satu yang paling digemari di kampus.

Apakah kamu salah satu yang juga tertarik untuk masuk jurusan sastra Korea? Jika ya, sudahkah kamu tahu universitas yang menyediakan sastra Korea di Indonesia? Bagaimana dengan prospek kerjanya? Simak jawaban lengkapnya berikut ini.

Apa Sih Jurusan Sastra Korea Itu?

Info jurusan sastra Korea

Jurusan sastra Korea adalah jurusan yang mempelajari dan mendalami tentang sastra dan kebudayaan Korea. Kamu akan diajari tentang bahasa Korea mulai dari cara bicara, dialek, mendengar, membaca maupun juga menulis. 

Jika kamu sudah menguasai bahasa Korea, barulah kamu akan mempelajari mengenai kebudayaan Korea yang sudah ada lebih dari 4000 tahun lalu. Kamu juga akan belajar mengenai kesusastraan Korea.

Mengapa Memilih Jurusan Korea?

Sangat banyak keuntungan yang akan kamu dapat dari mengambil jurusan sastra Korea. Apa lagi saat ini negara Korea Selatan sedang sangat disenangi, baik dari industri hiburannya maupun juga industri kecantikannya. Hampir semua orang saat ini begitu menyukai makanan, musik, tontonan, dan segala hal berbau Korea.

Ketika kamu mengambil jurusan sastra Korea, kamu akan mengenal lebih jauh tentang negara ini.  Selain itu, hubungan bilateral Indonesia dan Korea Selatan juga sangat baik, sehingga prospek kerja sastra Korea cukup menjanjikan di negara ini.

Kalau kuliah jurusan sastra Korea di Indonesia saja tidak cukup, kamu bisa juga mengajukan exchange ke Korea langsung, lho! 

4 Universitas yang Menyediakan Sastra Korea di Indonesia

Universitas yang menyediakan sastra Korea

Bagi kamu yang tertarik berkuliah di jurusan sastra Korea, saat ini sudah ada beberapa universitas unggulan yang bisa kamu pilih, diantaranya:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM membuka program studi S1 Bahasa dan Kebudayaan Korea pada 2008. Jurusan ini lebih terfokus pada bidang keilmuan bahasa Korea dan penggunaanya dalam pengembangan ilmu pengetahuan. 

Jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UGM saat ini sudah mendapatkan akreditasi A. Tidak heran jika jurusan ini tidak pernah sepi peminat. 

2. Universitas Indonesia (UI)

Sama seperti UGM, jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea di UI juga sudah mendapatkan akreditasi A. Di jurusan ini kamu tidak hanya akan belajar tentang bahasa Korea, tapi juga mengenal tentang sastra dan masyarakat Korea. 

Mata kuliah jurusan Bahasa dan Kebudayaan Korea antara lain Sejarah Korea Kontemporer, Pengkajian Prosa Korea, Pengkajian Drama Korea (mempelajari karya sastra bentuk drama, bukan drakor), dan serangkaian mata kuliah Bahasa Korea.

3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Jurusan Bahasa Korea di UPI lebih berfokus untuk menghasilkan lulusan yang bisa terjun dalam bidang pendidikan bahasa Korea. Nantinya, kamu akan dibekali dengan kemampuan bahasa Korea serta pengetahuan seputar pendidikan dan pengajaran.

Selama kuliah, kamu akan mendapatkan mata kuliah seperti telaah kurikulum dan perencanaan pembelajaran bahasa Korea, belajar dan pembelajaran bahasa Korea, serta psikologi pendidikan.

4. Universitas Nasional (Unas)

Awalnya, program studi Bahasa Korea di Universitas Nasional hanya untuk jenjang D3. Namun, sejak pertengahan 2017, Unas membuka jurusan Bahasa Korea untuk jenjang S-1. Walaupun terbilang baru, jurusan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang memang ingin kuliah jurusan sastra Korea. 

Baca Juga: Prospek Kerja Manajemen dengan Gaji yang Menjanjikan

7 Prospek Kerja Sastra Korea Paling Menjanjikan

Prospek kerja sastra Korea

Setelah tahu apa saja universitas yang menyediakan sastra Korea di Indonesia, kali ini saatnya kamu tahu anak sastra Korea kerja apa setelah lulus. Berikut beberapa prospek kerja sastra Korea paling menjanjikan dalam 10 tahun terakhir:

1. Interpreter

Prospek kerja sastra Korea pertama yang paling dicari adalah profesi interpreter, atau penerjemah.

Bagi lulusan sastra Korea dan penggemar K-Pop, pekerjaan satu ini bisa dibilang impian. Karena bisa berkesempatan untuk menjadi interpreter idol K-Pop bila sewaktu-waktu datang ke Indonesia. 

Pekerjaan satu ini selalu dibutuhkan di banyak tempat. Ketika kamu menjadi seorang interpreter, kamu dituntut paham setidaknya dua bahasa dan mampu menerjemahkan dengan cepat.

2.  Translator

Selain menjadi interpreter, peluang kerja lainnya bagi lulusan sastra Korea adalah translator. Apa perbedaannya dengan interpreter? Jika interpreter bekerja menerjemahkan secara langsung dari ucapan, translator memiliki tugas menerjemahkan teks secara tertulis. 

Peluang kerja menjadi translator juga banyak, kamu bisa bekerja di penerbitan, perusahaan-perusahaan multinasional Korea atau bisa juga menjadi translator independen.

3. Jurnalis

Prospek karier jurnalis untuk lulusan sastra Korea

FYI, lulusan sastra Korea juga bisa bekerja menjadi jurnalis, lho. Kini jurnalis tidak harus mereka yang memiliki background studi Ilmu Komunikasi atau Jurnalistik. Asalkan kamu memiliki kemampuan menulis yang bagus, kreatif, dan berpikir kritis, kamu bisa menjadi jurnalis. 

Jika kamu ingin terjun ke dalam dunia jurnalis, ada baiknya kamu mencoba magang menjadi jurnalis agar memiliki pengalaman. Mengutip Oxford Royale Academy, pengalaman kerja sangat penting untuk menjadi seorang jurnalis.

4. Tour Guide

Prospek kerja tour guide dan gaji

Ingin bekerja sambil traveling bersama oppa dan unnie dari Korea? Profesi tour guide bisa jadi pilihan kariermu. 

Menjadi seorang tour guide juga tidak bisa diremehkan, sekadar informasi untuk kamu, penghasilan tour guide yang sudah memiliki sertifikat asosiasi bisa mendapatkan Rp450.000 per hari. Jika kamu sudah memiliki pengalaman, kamu bisa mendapatkan Rp1 juta per harinya, lho.

Anyway, selain bahasa Korea, akan lebih baik lagi jika kamu juga bisa bahasa asing lain saat jadi tour guide, ya. Minimal bahasa Inggris, akan tetapi bagus juga jika kamu bisa menguasai bahasa-bahasa asing lain.

5. Content Writer

Pekerjaan lainnya yang cocok untuk sastra Korea adalah menjadi content writer. Profesi content writer terbuka untuk semua jurusan selama kamu bisa menulis, kreatif, dan peka terhadap tren terkini.

Apalagi sekarang banyak dari media sosial yang menyediakan rubrik khusus yang membahas tentang Korea, pasti lulusan sastra Korea cocok sekali dengan pekerjaan satu ini. 

6. Tenaga Pengajar

Prospek karir guru bahasa Korea

Apakah kamu punya ketertarikan sebagai seorang pengajar? Jika iya, profesi menjadi ini cocok sekali untukmu. Saat ini, ada banyak lowongan guru bahasa Korea yang bisa kamu isi, baik untuk level anak-anak hingga profesional.

Apa lagi saat ini Korea menjadi salah satu negara yang digandrungi, semakin banyak orang yang ingin bisa berbahasa Korea, pasti ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk kamu membuka les privat bahasa Korea.

7. PNS

Lulusan sastra Korea juga bisa menjadi PNS, lho! Yap, kamu bisa bekerja menjadi abdi negara, ada beberapa instansi yang membuka kuota untuk lulusan sastra Korea, khususnya instansi Kementerian Luar Negeri.

Itulah informasi seputar prospek kerja sastra Korea dan info universitas yang menyediakan jurusan sastra Korea di Indonesia! Bagaimana, apakah kamu sudah siap berkarir di salah satu bidang bahasa terpopuler ini?

Buat kamu para lulusan sastra Korea yang khawatir kesusahan cari kerja, jangan takut! KitaLulus siap bantu kamu berjuang mencari lowongan kerja sesuai passion-mu. Cukup instal aplikasi, isi CV, dan kamu bisa memanfaatkan KitaLulus buat cari kerja dengan #LebihMudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!