Info Jurusan, Kelebihan, dan 8 Prospek Kerja Manajemen Menjanjikan

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Prospek kerja manajemen– Pernahkah kamu berpikir, prospek kerja manajemen apa saja? Apakah peluang kariernya luas? Nah, kamu tidak perlu khawatir, karena pada faktanya, prospek kerja jurusan manajemen ternyata luas, lho!

Jurusan manajemen memang salah satu jurusan yang banyak diminati.  Ketika kamu mengambil jurusan ini,  kamu akan belajar bagaimana pengaturan manajemen di perusahaan. Bisa dikatakan jurusan ini yang menjadi roda penggerak perusahaan. Maka tidak heran jika prospek kerjanya cukup luas. Ingin tahu lebih lanjut apa saja prospek kerja jurusan manajemen? Simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen adalah jurusan yang mempelajari kegiatan perusahaan atau korporasi yang masih masuk dalam lingkup ilmu ekonomi dan bisnis. 

Dalam jurusan manajemen, kamu akan mempelajari metode atau cara penanganan tanggung jawab suatu perusahaan. Tidak cuma itu saja, kamu juga akan mempelajari proses mencapai tujuan mulai dari proses pengarahan, perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian di dalam sebuah perusahaan dalam rangka mencapai tujuan.

Jurusan manajemen sangat cocok bagi kamu yang menyukai kepemimpinan dan perencanaan strategi untuk memajukan perusahaan.

Daftar Mata Kuliah Jurusan Manajemen

Daftar mata kuliah jurusan manajemen

Ketika kamu mengambil jurusan manajemen, kamu akan bertemu dengan beberapa mata kuliah yang membicarakan bisnis. Agar kamu tidak penasaran apa saja mata kuliah umum yang akan dijalani, berikut beberapa contoh mata kuliah jurusan manajemen:

  • Pengantar ekonomi makro
  • Pengantar bisnis
  • Matematika bisnis
  • Statistika bisnis
  • Akuntansi keuangan dasar
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen operasional dan rantai pasok
  • Analisis optimasi
  • Akuntansi biaya
  • Penganggaran bisnis
  • Perilaku organisasi
  • Akuntansi manajemen
  • Ekonomi manajerial
  • Komunikasi bisnis
  • Sistem informasi manajemen
  • Studi kelayakan bisnis
  • Manajemen strategik
  • Bisnis internasional
  • Perilaku konsumen
  • Kewirausahaan

Sebagai informasi, daftar mata kuliah di atas adalah yang umum saja. Jika kamu sudah mengambil penjurusan (SDM, pemasaran, keuangan, operasional, atau yang lain), biasanya kamu akan dapat mata kuliah lebih spesifik.

Kenapa Kamu Harus Pilih Jurusan Manajemen?

Dari semua jurusan, manajemen bisa jadi salah satu pilihan terbaik untuk menunjang karier kamu kedepannya. Bukan hanya jadi manajer, seorang lulusan manajemen juga bisa mengisi posisi penting seperti specialist, perancang strategi, pengawas lapangan, ekonom, bahkan analis data.

Selain itu, mahasiswa jurusan manajemen biasanya sudah digembleng materi kepemimpinan sejak dini. Jadi tidaklah heran jika banyak lulusan manajemen memiliki jiwa leadership bahkan meski belum punya pengalaman kerja.

Baca Juga: Intip 8 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi Di Indonesia Untuk Wanita

8 Prospek Kerja Manajemen Paling Menjanjikan dan Kisaran Gaji

Prospek kerja manajemen dan kisaran gaji

Nah, sekarang mari kita bicarakan prospek kerja manajemen. Seperti yang sudah disinggung di atas, ada banyak sekali peluang berkarier untuk jurusan manajemen.

Hal ini karena setiap perusahaan pasti membutuhkan seseorang yang memiliki latar belakang pendidikan manajemen. Baik itu perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan, semuanya membutuhkan jurusan manajemen. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai prospek kerja manajemen.

Jika mungkin kamu belum tahu, berikut ini beberapa prospek kerja manajemen yang bisa kamu lamar:

1. Business Development

Prospek kerja manajemen pertama adalah business development. Posisi ini tidak sulit ditemui, biasanya perusahaan besar memiliki bagian pengembangan bisnis. Bahkan, sebagian besar job desk untuk jurusan manajemen berkaitan dengan pengembangan bisnis baik itu internal maupun eksternal. 

Kisaran gaji untuk posisi ini mulai dari Rp6 juta hingga Rp8 juta per bulan. Akan tetapi, semakin besar perusahaannya, gaji business development bisa mencapai 2 digit.

2. HRD

Prospek kerja jurusan manajemen SDM

Selanjutnya, kamu juga bisa melamar ke divisi Human Resources Department. Posisi HRD ini cocok untuk kamu yang saat kuliah mengambil peminatan yang berhubungan dengan SDM. Sebagai HRD, kamu akan bertugas mengurus urusan internal perusahaan. 

Kisaran gaji posisi HRD ada di angka UMR hingga Rp7 juta untuk level pemula.

3. Marketing

Prospek kerja manajemen juga bisa dan sangat cocok menjadi seorang marketing. Apalagi selama kuliah kamu juga mengambil materi-materi seputar pemasaran. 

Bagian marketing akan mengurusi tentang pengembangan bisnis perusahaan serta bagaimana membangung kesadaran merek dari perusahaan.

Dibanding prospek kerja jurusan manajemen lain, profesi marketing adalah yang paling bervariasi kisaran gajinya. Di level pemula, gaji marketing berangkat dari UMR hingga Rp10 juta. Akan tetapi, semakin tinggi levelnya, gaji seorang marketing bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan.

4. Management Trainee

Posisi lainnya yang bisa cocok untuk jurusan manajemen adalah management trainee atau MT.Belakangan ini, prospek kerja manajemen trainee semakin dicari oleh berbagai perusahaan baik itu dalam negeri atau juga multinasional. 

Sebagai MT, kamu akan mengikuti masa pelatihan sekaligus kerja selama satu tahun hingga dua tahun. Selama masa kerja tersebut, kamu akan ditempatkan di berbagai divisi, setelahnya akan diadakan evaluasi dan menilai mana posisi yang cocok untukmu. 

Jika lolos, maka kamu akan diangkat sebagai karyawan tetap. Kisaran gaji yang bisa kamu dapatkan bervariasi, mulai dari UMR sampai belasan juta rupiah.

Baca Juga: Apa Itu Management Trainee? Ini Tugas, Keuntungan, dan Gajinya

5. Teller Bank

Prospek kerja manajemen keuangan dan akuntansi

Jurusan manajemen juga bisa melamar menjadi teller bank. Kamu akan punya tugas melayani nasabah bank baik itu yang ingin menyetor atau transfer uang ke bank. Gaji seorang teller bank juga cukup besar yaitu ada di angka Rp5 juta hingga Rp8 juta untuk fresh graduate. Bank-bank multinasional bahkan bisa menggaji dengan kisaran lebih tinggi.

6. Risk Manager

Kisaran gaji risk manager jurusan manajemen

Prospek kerja manajemen berikutnya adalah risk manager. Sebagai seorang risk manager kamu akan bertanggung jawab dalam mengidentifikasi penyebab kerugian, melakukan rekomendasi dan melaksanakan tindakan pencegahan dari kerugian yang bisa dialami perusahaan. Kamu juga harus menyusun suatu rencana untuk meminimalkan biaya dan kerusakan jika terjadi kerugian. 

Profesi ini bisa bekerja secara langsung di perusahaan maupun bekerja independen sebagai konsultan.

7. Data Analyst

prospek kerja manajemen bidang data analyst

Sebagai seorang lulusan manajemen, kamu bisa menjadi seorang data analyst. Peluang karier seorang data analyst begitu menjanjikan, apalagi sekarang perusahaan membutuhkan data sebelum mengambil suatu keputusan. 

Beberapa tugas yang akan kamu emban sebagai data analyst antara lain melakukan analisis tren pasar, menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui gambaran suatu tren, menyajikan hasil analisis tersebut, dan tugas lainnya yang berkaitan dengan data. 

8. Staff Finansial

Prospek kerja manajemen berikutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi staff finansial. Sebagai seorang staff finansial, kamu punya tugas untuk memastikan permasalahan keuangan perusahaan berjalan baik. 

Kisaran gaji seorang staff finansial untuk fresh graduate ada di nominal UMR hingga Rp8 juta. Selain itu, staff finansial umumnya punya karir mapan karena tingkat turnover-nya rendah.

Demikian penjelasan tentang apa saja prospek kerja manajemen paling menjanjikan. Sangat luas, kan? Bagaimana, apakah kamu tertarik mencari kerja dan berkarir di bidang manajemen? Jika ya, yuk mulai cari lowongan kerja jurusan manajemen bersama KitaLulus!

Di KitaLulus, ada banyak lowongan kerja jurusan manajemen dari berbagai daerah, dekat maupun jauh dengan tempat tinggalmu. Selain proses lamarannya yang mudah, kamu juga berkesempatan follow up lamaran langsung ke HRD perusahaan tempatmu melamar, lho!

Penasaran apa saja fitur keren lain yang akan menunjang pencarian kerjamu? Coba instal aplikasi KitaLulus sekarang juga dan dapatkan pengalaman mencari kerja mudah dan cepat.

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!