Sistem Remunerasi Karyawan, Tujuan, dan Aturan Pemberiannya

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Remunerasi adalah— Remunerasi adalah suatu upah yang diberikan kepada pekerja atas tugas dan tanggung jawab yang telah dilaksanakan sebelumnya. Remunerasi sangat penting untuk bisa menunjang produktivitas dan kepercayaan karyawan terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

Apakah remunerasi sama dengan gaji? Pertanyaan itu akan terjawab dalam artikel ini. KitaLulus sudah merangkumkan tentang berbagai informasi untuk menjelaskan mengenai remunerasi, mulai dari pengertian, tujuan pemberiannya, hingga aturan pemberian remunerasi.

Jadi, jangan skip artikel ini dan baca hingga selesai ya.

BACA JUGA: 15 Cara Nego Gaji Terampuh untuk Job Seeker dan Fresh Graduate

Apa Itu Remunerasi?

apa itu remunerasi karyawan

Secara umum, remunerasi adalah uang yang diberikan kepada karyawan sebagai balas jasa perusahaan terhadap pekerjaan yang telah diselesaikan. Bentuk remunerasi pada umumnya memang uang. Namun, tidak menutup kemungkinan remunerasi bisa berupa benefit lain yang memang diberlakukan oleh perusahaan.

Penjelasan ini didukung oleh definisi yang diberikan oleh Komaruddin dalam bukunya yang berjudul Ensiklopedia Manajemen yang diterbitkan pada 1983. Komaruddin menjelaskan bahwa remunerasi bentuk pemberian balas jasa atau hadiah tertentu atas jasa yang sudah dipergunakan.

Dalam pengertian tersebut tidak dijelaskan bahwa benefit yang didapat dari remunerasi adalah dalam bentuk uang. Jadi, nantinya perusahaan bisa memberikan bentuk apresiasi lain kepada karyawan sesuai kesepakatan bersama. 

Tujuan Pemberian Remunerasi

tujuan remunerasi diberikan

Salah satu tujuan pemberian remunerasi adalah untuk memelihara produktivitas sumber daya manusia dalam perusahaan. Tidak hanya itu, perusahaan yang memberikan remunerasi dengan baik kepada karyawan biasanya memiliki tujuan lain, yaitu sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kualitas Karyawan

Apresiasi yang baik oleh perusahaan terhadap kerja keras yang dilakukan oleh karyawan biasanya akan menimbulkan semangat. Mereka akan berpikir bahwa apa yang telah dilakukan memang sudah dalam track yang benar sehingga perusahaan melihatnya sesuai dengan semestinya.

Maka, dengan demikian, karyawan akan terus meningkatkan kinerja baik yang dia lakukan. Sehingga nantinya kualitas kerja karyawan akan terus terjadi.

2. Memotivasi Setiap Karyawan

Tujuan pemberian remunerasi yang kedua adalah memotivasi setiap karyawan. Memotivasi disini maksudnya adalah supaya setiap karyawan tahu bahwa perusahaan akan senang ketika mereka menyelesaikan tugas dan tanggung jawab. Jadi, mereka akan diberi apresiasi yang sepantasnya, sesuai kinerja yang dilakukan.

3. Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Bagi perusahaan yang menyadari bahwa apresiasi itu penting, maka kesejahteraan karyawan akan selalu diperhatikan. Oleh karena itu, peningkatan kesejahteraan karyawan, baik dalam kehidupan individu maupun keluarga akan menjadi tujuan utama perusahaan dalam pemberian remunerasi.

4. Menciptakan Persaingan yang Positif

Yang keempat dalam tujuan pemberian remunerasi adalah untuk menciptakan persaingan yang positif. Namun, perlu diketahui bahwa persaingan positif ini juga perlu literasi bahwa seluruh karyawan akan diberi remunerasi sesuai dengan hasil kinerja. Penilaian yang dilakukan objektif dan tidak ada hal yang perlu dibuat-buat.

5. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Maksud dari meningkatkan keuntungan perusahaan sebagai tujuan pemberian remunerasi adalah ketika karyawan merasa puas atas apresiasi yang diberikan, kinerja mereka akan meningkat.

Dengan peningkatan kinerja ini, tentu saja perusahaan akan mendapatkan performa perusahaan juga ikut meningkat. Jadi, menjadi keuntungan bagi perusahaan dalam segi ide yang didapat, audiens yang meningkat, hingga peningkatan sales yang lebih dari biasanya.

BACA JUGA: Apa Itu Etos Kerja? Ini Manfaat, Ciri, dan Cara Menumbuhkannya dalam Diri Sendiri

Aturan Pemberian Remunerasi

aturan pemberian remunerasi berdasarkan undang undang

Perusahaan tentu saja tidak bisa asal memberikan remunerasi kepada karyawan. Ada beberapa pertimbangan dan aturan dalam pemberian remunerasi. Nah, aturan pemberian remunerasi adalah sebagai berikut.

1. Kebijakan Perusahaan

Kebijakan perusahaan tentu saja menjadi aturan pemberian remunerasi yang pertama. Kebijakan ini biasanya sudah dijelaskan kepada karyawan di kontrak kerja. Atau, ketika remunerasi yang diberikan bersifat mendadak, penjelasan bisa diberikan ketika rapat karyawan.

2. Kinerja Karyawan

Setiap karyawan tentu saja memiliki key performance index dalam bekerja. Nah, bagi karyawan yang memiliki kinerja yang bagus, bisa mencapai target atau bahkan melebihi target yang ditetapkan, perusahaan bisa memberikan remunerasi sesuai dengan kinerja yang dicapai.

3. Prestasi 

Karyawan yang berprestasi tentu saja berhak mendapatkan bonus, kan? Prestasi yang dicapai bisa berdasarkan hal baik atau hal besar apa yang telah dilakukan sehingga menguntungkan perusahaan.

4. Pengalaman

Aturan pemberian remunerasi selanjutnya adalah berdasarkan pengalaman karyawan. Pengalaman ini ditentukan dari berapa lama karyawan bekerja di perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang menetapkan aturan untuk memberi kenaikan gaji dan bonus ketika karyawan sudah bekerja sekian tahun di perusahaan.

Bentuk Remunerasi

bentuk remunerasi karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak selamanya remunerasi berbentuk uang. Namun, ada pula perusahaan yang memberikan remunerasi dalam bentuk perjalanan hingga fasilitas pribadi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan tentang bentuk remunerasi di bawah ini.

1. Gaji

Remunerasi yang pertama dan paling umum adalah gaji. Bentuk remunerasi ini adalah yang utama dan semua karyawan wajib mendapatkannya. Namun, tentu saja besarannya akan berbeda di setiap karyawan. Perbedaan nominal gaji akan tergantung pada loyalitas, pengalaman, jabatan, hingga kinerja yang dilakukan.

2. Bonus

Bonus akan diberikan kepada karyawan dalam bentuk uang yang biasanya langsung diberikan bersamaan dengan gaji. Bonus ini juga akan terlampir pada slip gaji sehingga jelas detailnya.

3. Kompensasi

Bentuk remunerasi selanjutnya adalah kompensasi. Jika bentuk gaji, bonus, dan remunerasi lainnya dikenai pajak, biasanya kompensasi tidak dikenai pajak. Hal ini akan diatur dalam peraturan perusahaan sesuai dengan kesempatan yang telah dilakukan di awal perjanjian kerja.

4. Komisi

Komisi ini pada umumnya sama seperti dengan bonus. Sama-sama memiliki perhitungan persentase tertentu ketika karyawan melakukan capaian target yang disepakati.

Remunerasi dalam Bentuk Fasilitas dan Benefit

remunerasi karyawan non uang

Jenis remunerasi lainnya inilah yang bisa bukan berupa uang. Pada umumnya, perusahaan akan memberikan paket perjalanan tertentu atau remunerasi dalam bentuk lain yang memang sudah diatur oleh perusahaan. Dan tentunya sesuai dengan kemampuan finansial perusahaan ya.

Namun, yang pasti, fasilitas dan benefit remunerasi yang bisa perusahaan berikan kepada karyawan adalah berupa:

  • Tunjangan hari raya.
  • Uang lembur.
  • Asuransi kesehatan.
  • Cuti kerja.
  • Pesangon.
  • Tambahan uang lunch.
  • Tunjangan kesehatan.
  • dan masih banyak lagi sesuai kebijakan perusahaan.

BACA JUGA: Anti Penipuan, Ini 7 Aplikasi Lowongan Kerja Terbaik untuk Jobseeker

Itulah berbagai informasi tentang remunerasi. Sebagai suatu hal yang sangat penting, remunerasi adalah hal yang perlu diperhatikan bersama. Sebab, bagaimanapun setiap karyawan membutuhkan validasi dan apresiasi atas kerja keras yang dilakukan untuk perusahaan.

Nah, jika kamu merasa bahwa apresiasi kerja keras yang kamu dapatkan kurang dan ingin mengajukan surat resign kepada perusahaan, kamu harus memastikan bahwa kamu memiliki dana darurat yang aman ya. Atau kalau bisa, pastikan juga bahwa kamu telah memiliki posisi baru sehingga tidak menganggur terlalu lama.

Tidak perlu bingung, kamu bisa mencari informasi lowongan pekerjaan di KitaLulus. Kamu cukup instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Nantinya, kamu bisa mengakses 50.000+ informasi lowongan pekerjaan di aplikasi KitaLulus.

Cukup pilih berdasarkan nama posisi yang diinginkan, nama perusahaan yang dituju, atau kota yang kamu ingin tinggali nantinya. Bahkan, di KitaLulus bisa melakukan filter berdasarkan gaji tertinggi, lho. Jadi, bisa menjadi pertimbangan posisi mana yang ingin kamu lamar, kan?

Tunggu apalagi? Yuk, langsung unduh aplikasi KitaLulus di Playstore yuk. Dapatkan pengalaman mencari kerja dengan #LebihMudah sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!