Close Pop up

Sales Counter Adalah: Ketahui Pengertian, Tugas, Kualifikasi hingga Gaji, Di Sini!

Isi Artikel

Sales counter adalah salah satu senjata perusahaan untuk meningkatkan penjualan secara langsung. Setiap perusahaan biasanya memiliki sales counter yang bertugas untuk menjual produk di konternya. Staf tersebut memiliki tugas untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen, agar konsumen tertarik membeli langsung di konter.

Sales counter biasanya menjadi posisi yang dibutuhkan oleh dealer-dealer motor, perusahaan logistik, dan hampir di semua lini industri membutuhkan staf ini. Lowongan sales counter juga selalu terbuka dengan gaji yang menjanjikan. Jika kamu tertarik untuk melamar sebagai sales counter, pastikan kamu baca ulasannya berikut ini!


Sales Counter Adalah

Sales counter adalah staf yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen agar menarik minat mereka untuk membeli produk yang ditawarkan. Profesi sales counter memang punya tugas untuk menjual dan melayani konsumen yang berkunjung langsung ke konter atau toko. 

Selain itu, tugas sales counter juga memiliki tugas yang hampir serupa dengan sales executive maupun account executive yang tugasnya menjalankan dan mengevaluasi rencana marketing untuk mencapai target.

Sales counter tidak hanya mementingkan penjualan, tapi juga harus berorientasi kepada kepuasan konsumen dalam membeli suatu produk maupun jasa yang ditawarkan. Dengan memberikan pelayanan terbaik sehingga konsumen merasa senang, ini dapat membuat citra perusahaan terlihat baik, serta bisa juga menumbuhkan minat konsumen lainnya untuk membeli produk langsung ke konter.

Oleh karena itu, sales counter haruslah punya sikap ramah dan rendah hati, sehingga konsumen merasa puas, dan juga dapat bisa melakukan pembelian kembali bahkan membuat mereka menyebarkan pengalamannya ketika membeli produk sehingga membuat orang lain tertarik untuk membeli.


Perbedaan Sales Counter dan Sales Executive

Sebenarnya perbedaan keduanya sangat terlihat jelas. Sales counter bertugas untuk menjaga counter atau toko ketika konsumen datang, sedangkan sales executive lebih sering melakukan mobilitas untuk bertemu konsumen atau menjalin kerjasama dengan klien.

Sales counter bertugas untuk melayani konsumen yang datang ke toko sedangkan sales executive bertugas untuk mempresentasikan produk kepada calon klien yang ingin bekerja sama.


Tugas Sales Counter 

Sales counter adalah orang yang bertugas untuk menjual produk, namun selain itu ia juga memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab lainnya. Apa saja tugas sales counter? Mari simak di bawah ini!


1. Menjual Produk

Ini menjadi tugas utama seorang sales counter. Biasanya perusahaan akan memberikan target penjualan tertentu yang harus dicapai oleh sales counter. Misalnya, setiap hari seorang sales counter harus mampu menjual produk dalam jumlah  diatas 10 buah. Target penjualan ini berbeda-beda disetiap perusahaan, sesuai dengan kebijakan yang mereka tentukan.


2. Memberikan Informasi Produk

Tugas sales counter adalah memberikan informasi selengkap dan sedetail mungkin terhadap konsumen yang tertarik untuk membeli produk. Memberikan penjelasan ini juga menjadi salah satu taktik sales counter untuk meningkatkan angka penjualan produk. 

Kamu harus mampu memberikan semua informasi secara rinci tentang produk, sehingga konsumen dapat menilai apakah produk tersebut mereka butuhkan dan memenuhi kebutuhan mereka atau tidak.


3. Menawarkan Produk 

Agar mencapai target penjualan, tugas sales counter juga menawarkan produk. Tentu angka penjualan tidak akan meningkat dan mencapai target bila sales counter tidak menawarkan produk kepada konsumen. Namun, penawaran ini juga tidak boleh dilakukan asal agar dapat memikat hati konsumen. 

Tidak lupa juga saat menawarkan produk kamu harus memberikan pelayanan terbaik, karena pelayanan juga termasuk dalam penawaran yang dapat memikat hati konsumen. Karena tidak jarang minat membeli konsumen bertambah setelah mereka mendapatkan pelayanan yang prima dari sales counter.


4.  Melaporkan Aktivitas Penjualan

Sales counter adalah orang yang juga bertanggung jawab terhadap laporan dari aktivitas penjualan. Dalam hal ini, semua barang yang berhasil terjual, sisa produk, dan barang mana yang belum terjual harus tercatat dengan baik dan dilaporkan kepada atasan. 

Laporan aktivitas penjualan ini disampaikan dalam bentuk dokumen. Dokumen tersebut biasanya memuat beberapa data, seperti jenis produk yang terjual, jumlah produk yang terjual, hingga nilai jual yang berhasil didapatkan.


5. Menjaga Hubungan Baik

Selain menjual sales counter adalah orang yang juga bertanggung jawab untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Tujuannya adalah supaya mendapatkan loyalitas konsumen. Konsumen yang sudah mendapatkan pelayanan dan produk yang baik biasanya akan sulit pindah membeli merek lainnya.

Makanya, sebagai sales counter kamu harus dapat memberikan pelayanan yang baik, agar meninggalkan kesan di hati konsumen.


6. Mencari dan Mempersiapkan Prospek

Tugas lainnya dari sales counter adalah mencari dan mempersiapkan konsumen baru. Biasanya cara yang dilakukan oleh sales counter adalah menyebarkan selebaran di daerah sekitar konter. 

Jika dilihat dari tugas sales counter di atas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa sales counter adalah orang yang berhubungan konsumen dari awal hingga akhir agar dapat menjual produk dan membangun citra positif perusahaan.

BACA JUGA: Apa Itu Sales Promotion dan Seperti Apa Contohnya


Kemampuan yang Harus Dimiliki Sales Counter

Di atas sudah kita bahas apa saja yang menjadi tugas seorang sales counter. Nah, tugas-tugas tersebut tentunya tidak akan bisa terselesaikan dan berjalan dengan baik tanpa memiliki kemampuan yang menunjang. Berikut ini beberapa kemampuan dan keterampilan yang harus dimiliki sales counter.


1. Mampu Mencapai Target

Sales counter adalah pekerjaan yang dituntut untuk mencapai target penjualan. Sehingga, bila kamu berminat untuk menjadi seorang sales counter, kamu harus mempunyai orientasi terhadap hasil penjualan. Biasanya untuk mencapai ini, kamu harus punya strategi pendekatan yang mereka sukai, kamu juga harus memiliki penguasaan produk seperti mengetahui keunggulan.


2. Komunikasi yang Baik

Seorang sales counter harus memiliki kemampuan yang baik untuk dapat menawarkan produk. Mereka juga harus mampu mempresentasikan produk dengan baik dan menarik. Kamu harus mampu menjelaskan bahwa produk yang kamu tawarkan adalah solusi yang mereka butuhkan. Komunikasi yang baik inilah yang mendorong calon konsumen untuk membeli produk.


3. Memahami Produk

Pada praktik di lapangan, sales counter dituntut untuk menguasai produk mulai dari keunggulan, update fitur terbaru, harga produk hingga program promosi yang sedang diadakan untuk mendorong penjualan.


4. Teknik Closing Sales

Skill sales counter ini juga penting yaitu bagaimana melakukan closing sales. Closing sales ini adalah tahap yang memastikan bahwa calon konsumen melakukan pembelian atau tidak. Bila seorang sales counter tidak dengan cepat melakukan closing, maka kemungkinan calon konsumen atau prospek membatalkan niatnya untuk membeli produk. Oleh karena itu, kemampuan persuasif dan meyakinkan calon konsumen menjadi sangat penting ketika melakukan closing sales.



5. Memahami Grooming

Profesi ini biasanya harus berpenampilan menarik, mampu merias diri. Tujuan dari penampilan menarik dan merias diri ini adalah untuk menunjang penampilanmu di depan calon konsumen. Biasanya konsumen akan lebih menarik pada sales counter yang berpenampilan rapi dan bersih, bukan yang acak-acakan.


Gaji Sales Counter

Gaji sales counter berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan. Namun, pada umumnya gaji sales counter adalah di kisaran Rp2.00.000 sampai Rp5.000.000. Selain mendapatkan gaji pokok, sales counter juga akan mendapatkan uang per cost unit.

Per cost unit adalah bonus yang diberikan untuk setiap unit yang berhasil dijual, besarnya uang bonus kembali lagi kepada kebijakan perusahaan. Seperti contohnya sales counter Honda, setiap jumlah unit motor tertentu yang berhasil dijual sales counter maka dealer akan diberikan bonus.

Jadi, setiap bulannya sales counter akan menerima gaji pokok dan juga bonus insentif hasil penjualan.


Kualifikasi Sales Counter

Ada kualifikasi tertentu yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan ketika mencari seorang sales counter. Salah satunya adalah sales counter Honda, yang banyak sekali membuka lowongan.  Jika kamu tertarik untuk melamar menjadi sales counter Honda, pastikan kamu memenuhi kualifikasi berikut ini:

  1. Berpenampilan menarik, Usia maksimal 30 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA/SMK atau sederajat.
  3. Berpengalaman min 1 tahun sebagai sales di bidang Retail/Consumer Good, Asuransi, Multifinance, Perbankan, Medical Representative, Properti.
  4. Memiliki keterampilan komunikasi yang bagus
  5. Memiliki motivasi kerja yang tinggi, berorientasi pada target, rajin dan tekun
  6. Jujur dan bertanggung jawab

Selain sales counter Honda, perusahaan lainnya yang jadi idaman adalah sales counter Samator. Banyak sekali yang ingin menjadi sales counter Samator karena fasilitas yang diberikan, dan kesejahteraan yang terjamin. 

Untuk menjadi sales counter Samator sebenarnya tidak sulit, karena lowongan pekerjaan terbuka di berbagai daerah dan terbuka juga untuk fresh graduate baik untuk pria dan wanita.


Untuk menemukan lowongan sales counter pastikan kamu sudah download aplikasi KitaLulus. Aplikasi KitaLulus punya banyak lowongan sales counter dari berbagai perusahaan dan industri.  Kamu juga bisa pilih lowongan sesuai domisili, saat ini lowongan KitaLulus sudah ada di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Gowa. Melamar di KitaLulus juga mudah, cepat, dan aman. Yuk, download aplikasinya di Playstore sekarang!

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!