Mengenal Sertifikasi Profesional & Perbedaannya dengan Sertifikasi Kompetensi

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Isi Artikel

Sertifikasi profesional— Selain skill mumpuni dan pengalaman kerja, hal lainnya yang membuat kamu dapat dilirik HRD perusahaan adalah sertifikasi profesional. Mengapa tidak? Dengan memiliki sertifikasi tersebut, itu menandakan bahwa kamu adalah seseorang yang kompeten di bidang tersebut. 

Bahkan, beberapa bidang pekerjaan memasukkan persyaratan memiliki sertifikasi sebagai nilai plus pada kandidat. Nah, untuk kamu yang mungkin belum tahu apa itu sertifikasi profesional kali ini KitaLulus akan membahasnya untuk kamu secara mendalam. Simak, ya!

Apa Itu Sertifikasi Profesional?

Sertifikasi profesional adalah sertifikasi kerja yang dibutuhkan untuk mendapatkan atau meningkatkan kompetensi di suatu bidang tertentu. Pemberian sertifikasi ini tidak sembarangan, untuk mendapatkannya seseorang harus memiliki kemampuan atau kualifikasi tertentu berdasarkan atribut atau kriteria yang tertentu, dan diberikan oleh lembaga resmi dan terpercaya.

Dengan memiliki sertifikasi ini berarti orang tersebut memang memiliki kualifikasi dalam melakukan tugas atau pekerjaan tertentu. Misalnya, pemberian sertifikasi profesional kepada para guru sebagai proses uji kompetensi, yang dirancang untuk mengetahui seberapa jauh penguasaaan kompetensi guru tersebut sebagai landasan pemberian sertifikat pendidik. 

Di Indonesia, ada lembaga resmi yang mengeluarkan sertifikasi profesional salah satunya adalah LSP atau Lembaga Sertifikasi Profesi. LSP adalah salah satu lembaga yang sudah terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi atau BNSP. 

Contoh Sertifikat BNSP

Perbedaan Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Profesional

Di dunia kerja, kamu juga akan mendengar tentang sertifikasi kompetensi, bahkan mungkin sertifikasi kompetensi lebih sering kamu dengar.

Antara sertifikasi kompetensi dan sertifikasi profesional itu berbeda. Sertifikasi kompetensi adalah pengakuan terhadap tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan. Serta sikap kerja sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional atau internasional yang telah dipersyaratkan.

Sementara itu, sertifikasi profesional adalah sertifikasi kerja yang menunjukkan bukti peningkatan kompetensi pada suatu bidang tertentu.

Mengapa Memiliki Sertifikasi Profesional Sangat Penting?

Sudah bukan jadi mengagetkan lagi bila saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Nah, dengan adanya sertifikasi profesional ini akan sangat berguna bagi kamu untuk menunjukan bahwa kamu memang memiliki keahlian di suatu bidang. 

Apalagi yang mengeluarkan sertifikasi tersebut bukanlah lembaga sembarangan. Mereka memang memahami secara pasti mengenai suatu keahlian atau kompetensi dalam suatu bidang. Dengan memiliki sertifikasi profesional menandakan bahwa kamu adalah seorang yang ahli pada bidang tersebut.

Baca Juga: Situs Tes Bahasa Inggris Gratis dan Bersertifikat

Manfaat Memiliki Sertifikasi Profesional

Manfaat sertifikasi profesional untuk karir

Sertifikasi profesional dapat memperlancar urusan administrasi dan meningkatkan nilai jual mu di bursa lowongan pekerjaan. Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memiliki sertifikasi profesional, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki Keunggulan Kompetitif

Ketika kamu telah memiliki sertifikasi profesional, kamu selangkah lebih maju dari pesaingmu. Hal ini karena sertifikasi yang kamu miliki menjadi pembeda seorang individu profesional dengan profesional lainnya pada bidang yang sama.

Sertifikasi profesional juga menunjukkan bahwa kamu memiliki komitmen pada bidang mu, yang ditunjukkan dengan memahami dan unggul dalam profesi tersebut.

2. Menjamin Peningkatan Karier di Masa Depan

Ketika kamu telah memiliki sertifikasi profesional yang menjadi penanda bahwa kami memiliki keahlian tertentu, tentu itu dapat menjamin karier pekerjaan di masa depan akan semakin baik. 

Hal ini karena keahlian kamu telah terbukti dan seiring berjalannya waktu, kamu melakukan pekerjaan semakin baik, tentu ini dapat menjamin karier di masa depannya.

3. Memiliki Nilai Jual Tinggi

Saat kamu telah melakukan sertifikasi profesional, kamu jadi memiliki nilai jual dan daya saing yang tinggi. Perusahaan juga akan lebih mempertimbangkan pekerja yang memiliki sertifikasi.

4. Dapat Menyelesaikan Pekerjaan dengan Baik Secara Profesional

Karena kamu telah mendapatkan pelatihan dan uji kompetensi saat proses sertifikasi, maka dapat dipastikan kamu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik secara profesional. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika perusahaan akan merasa puas dengan hasil pekerjaanmu.

5. Kesempatan Karier Lebih Luas

Kamu tidak hanya dapat mengembangkan karier di dalam negeri saja, kesempatan kamu untuk mengembangkan karier yang lebih luas, misalnya dengan bekerja di luar negeri juga terbuka dengan memiliki sertifikasi profesional.

Jenis Sertifikasi Profesional di Indonesia

Jenis sertifikasi profesional di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa sertifikasi profesional berdasarkan skema BNSP, yaitu sebagai berikut:

1. Sertifikasi Profesi KKNI

BNSP sudah menetapkan sembilan level sertifikasi pada masing-masing profesi. Di mana lewat sertifikasi jenis ini tingkat kompetensi angkatan kerja disesuaikan dengan standar nasional serta pasar kerja internasional.

2. Sertifikasi Profesi Kualifikasi Okupasi Nasional

Sertifikasi ini lebih fokus pada kompetensi yang wajib dimiliki tenaga kerja pada suatu jabatan. Sebagai contoh, profesi mekanik, petugas gudang, hingga satpam, standar kompetensinya bisa diukur sesuai dengan jabatan.

3. Sertifikasi Profesi Paket

Untuk jenis sertifikasi ini adalah perpanjangan dari skema sertifikasi okupasi nasional. Hal ini karena sertifikasi profesi paket lebih pada penekanan angkatan kerja terhadap industri yang lebih spesifikasi,sesuai standar nasional.

Nah, bagaimana sekarang kamu sudah dapat mengertikan mengenai apa itu sertifikasi profesional, jika ada kesempatan tidak ada salahnya kamu mengikuti proses sertifikasi profesional yang bisa menunjang kariermu kedepannya.

Walau saat ini kamu belum memiliki sertifikasi profesional, tenang! Kesempatan untuk menemukan pekerjaan terbaik tetap terbuka bersama aplikasi KitaLulus. Di platform ini, kamu bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan dari berbagai industri, dengan atau tanpa sertifikasi!

Berbeda dari job portal lainnya, lowongan yang kamu lamar akan langsung terkirim ke WhatsApp HRD. Dengan begitu akan sangat memudahkan kamu follow up lamaran. Tunggu apa lagi, yuk kejar karir idamanmu di KitaLulus!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!