Sudah Sesuaikah Gaji yang Kamu Peroleh dengan UMR Jakarta 2021?

Close Pop up

Isi Artikel

Negosiasi gaji menjadi tahap yang terkadang membingungkan bagi para pekerja. Apa lagi ketika kita tidak mengetahui standar gaji perusahaan atau juga UMR yang ditetapkan pemerintah. UMR sendiri tiap tahunnya mengalami kenaikan, termasuk UMR Jakarta 2021 yang sudah ketok palu mengalami kenaikan.

Mengetahui berapa UMR terbaru yang ditetapkan pemerintah bisa memberikan kamu gambaran standar gaji yang semestinya kamu dapatkan baik sebagai pekerja atau juga pencari kerja. Yuk, pelajari berapa UMR Jakarta di tahun 2021!


Mengapa Harus Tahu Berapa UMR Jakarta 2021?

Sebagai seorang pekerja atau sedang mencari kerja, penting bagi kamu untuk mengetahui informasi seputar UMR. 

Informasi seputar penetapan UMR ini penting untuk memastikan apakah kamu mendapatkan gaji yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah atau tidak.

Pun begitu juga bagi seorang pelamar kerja, mengetahui UMR ini bisa menjadi salah satu acuan kamu saat proses negosiasi gaji dengan perusahaan atau bisa juga mencari peluang karir di daerah dengan UMR yang tinggi.


UMR Jakarta 2021

Sebagai catatan untuk kamu, UMR atau Upah Minimum Regional sebenarnya secara resmi sudah diganti menjadi UMP atau Upah Minimum Provinsi dan UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten).  Tapi masih banyak orang yang menyebutnya UMR.

Melalui Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Baru Tahun 2021 pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Ida Fauziah selaku Menteri Ketenagakerjaan menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2021.

Beberapa daerah mengalami kenaikan, tidak terkecuali Jakarta. UMR Jakarta 2021 juga mengalami kenaikan sebesar 3,27 persen. UMR Jakarta 2021 yang ditetapkan secara resmi sebesar Rp4.416.186,00

Namun, kenaikan UMR Jakarta 2021 ini hanya ditujukan kepada bisnis yang tidak terdampak pandemi Covid-19. 

Penentuan upah minimum ini ditetapkan dengan perhitungan dengan melihat inflasi per tahun dan Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal III dan IV tahun sebelumnya dan kuartal I dan II tahun berjalan. 


Bagaimana Jika Perusahaan Memberikan Gaji di Bawah UMR?

Pada prinsipnya, perusahaan tentunya harus membayar pekerja sesuai dengan kesepakatan. Dengan catatan, upah yang dibayar perusahaan tidak boleh lebih rendah dari UMR.

Bagi pengusaha atau perusahaan  yang membayar upah di bawah upah minimum akan dikenakan sanksi pidana penjara minimal 1 tahun dan maksimal 4 tahun dan/atau denda minimal Rp100 juta dan maksimal Rp400 juta

Selain itu, bila kamu sebagai pekerja mendapatkan upah misalnya 70% dari upah minimum, kamu berhak untuk menuntut selisih upah minimum yang belum dibayar, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (“UU PPHI”)

Tapi,  ketentuan upah minimum  ini ada pengecualian bagi usaha mikro dan kecil. yang Untuk para pengusaha mikro dan kecil, penentuan upah diperbolehkan berdasarkan kesepakatan antara pengusaha dan pekerja

Sehingga, jika kamu bekerja atau melamar di perusahaan yang termasuk dalam kategori mikro atau kecil, maka perusahaan diizinkan untuk memberikan gaji di bawah UMR yang besarannya sesuai dengan kesepakatan antara perusahaan dengan pekerja.


Jenis Karyawan yang Mendapatkan Gaji UMR

Jika perusahaan yang kamu lamar tidak termasuk dalam sektor usaha mikro dan kecil, maka kamu berhak mendapatkan upah sesuai dengan UMR Jakarta 2021. Namun, perlu kamu ketahui juga, tidak semua karyawan diperbolehkan untuk mendapatkan gaji UMR. 

Gaji UMR hanya diperbolehkan untuk jenis karyawan yang memenuhi hal-hal berikut ini:

  1. Karyawan dengan level jabatan atau pekerjaan terendah;
  2. Masa kerja karyawan kurang dari setahun;
  3. Karyawan dengan status lajang atau belum menikah.

Sedangkan, untuk gaji karyawan di atas setahun harus didiskusikan lagi antara pekerja dan perusahaan. 


Perbedaan Gaji Pokok dan UMR

Masih banyak yang kebingungan perbedaan antara gaji pokok dan UMR. Apakah besar gaji pokok harus sesuai dengan UMR? 

Gaji pokok sendiri adalah imbalan dasar yang ditetapkan antara kamu sebagai pekerja dan perusahaan. Penentuan gaji pokok atau upah pokok ini diukur berdasarkan tingkat atau jenis pekerjaanmu.

Sedangkan, UMR adalah upah terkecil, sesuai dengan yang tertulis dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 15 Tahun 2018 Pasal 1 Nomor 1.

UMR bisa bisa terdiri dari upah tanpa tunjangan. Akan tetapi, jumlahnya juga bisa berupa upah pokok ditambah tunjangan tetap.

Lalu, apakah gaji pokok harus sama besarnya dengan UMR? Jawabannya: bisa iya, bisa tidak.

Besarnya gaji pokok boleh sama persis dengan nilai UMR, bisa juga tidak. Tapi dengan catatan ada tunjangan tetap yang menambah nilainya.


Apakah Fresh Graduate Bisa Mendapatkan Gaji Sesuai UMR?

Negosiasi gaji seringkali membuat fresh graduate bingung. Jika kamu pernah bingung saat negosiasi gaji, tidak perlu khawatir, karena hal ini sangat wajar terjadi. 

Banyak fresh graduate bertanya-tanya, apakah wajar bila mendapatkan gaji sesuai UMR, padahal belum punya pengalaman apalagi skill? 

Tenang saja, fresh graduate bisa mendapatkan gaji sesuai UMR! Justru perusahaan wajib untuk menggaji kamu sesuai dengan UMR yang ditetapkan. Kenapa? Karena fresh graduate termasuk dalam karyawan dengan masa kerja kurang dari setahun, yang artinya kamu memang termasuk karyawan yang menerima gaji UMR.

Jadi jangan ragu untuk meminta gaji sesuai dengan UMR, ya!

Itulah penjelasan lengkap tentang UMR Jakarta 2021. Ingat, menerima gaji sesuai UMR merupakan hak kamu sebagai pekerja. Semoga kamu bisa mendapatkan gaji sesuai UMR Jakarta 2021 ya!

Nah, untuk kamu yang domisil Jakarta dan sedang cari kerja, bisa banget untuk dapat lowongan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Caranya dengan download aplikasi KitaLulus sekarang.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play