Ternyata Begini Cara Mudah Daftar NPWP Online

Close Pop up

Isi Artikel

NPWP merupakan salah satu syarat kelengkapan untuk melamar pekerjaan di beberapa perusahaan. Karena keterbatasan akses, tidak semua pelamar pekerjaan memiliki NPWP. 

Nah, artikel ini akan menjadi panduan untuk menjelaskan cara mendaftar NPWP secara online. Yuk pelajari sampai habis!


Apa itu NPWP?

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai identitas dan sarana dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Wajib Pajak adalah setiap orang atau karyawan perusahaan yang memiliki penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Bila kamu sudah memiliki penghasilan atau  telah  memenuhi persyaratan,  kamu wajib mendaftarkan diri untuk diberikan NPWP sebagai identitas perpajakan tersebut.


Cara Cek NPWP 

Cek nomor NPWP tidaklah sulit, kamu bisa melakukannya secara offline atau juga cek NPWP online.  Jika kamu belum tahu caranya, mari simak di bawah ini:


Cara Cek NPWP Offline

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pajak (DJP), pajak.go.id. Kamu bisa cek NPWP secara offline melalui Kring Pajak 1500200 dan mendatangi Kantor Pajak.

1. Cek NPWP Melalui Kring Pajak

Kring Pajak 1500200 adalah hotline resmi yang dapat kamu hubungi dan aktif selama 24 jam.

Segala data yang kamu sebutkan saat menghubungi Kring Pajak dijamin aman, jadi kamu tidak perlu takut data kan bocor. 

Kamu juga akan dilayani dengan operator yang ahli perpajakan, sehingga segala masalah perpajakan kamu juga akan selesai dengan tepat.


2. Mendatangi Kantor Pajak

Kamu bisa mendatangi Kantor Pajak terdekat atau yang sesuai dengan domisili KTP kamu.

Saat kamu mendatangi Kantor Pajak, jangan sampai lupa membawa KTP asli yang sesuai dengan data di NPWP.

Apakah prosesnya akan lama? Oh tentu tidak, proses pengecekan akan berlangsung cepat  jika data lengkap, petugas akan memvalidasi datamu secara cepat.


Cara Cek NPWP Online

Jika kamu tidak ingin repot menelpon atau juga mendatangi kantor pajak, tenang kamu masih bisa cek nomor NPWP secara online. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk cek NPWP online, antara lain:


1.  Cek NPWP Online Melalui Email

Cek NPWP dapat dilakukan dengan mengirim email melalui alamat pengaduan@pajak.go.id. .

Beberapa dokumen yang harus dilampirkan dalam e-mail, yaitu scan KTP, data-data pajak, dan surat-surat dari kantor pajak.

Tulis surat keperluan alasan kamu memerlukan nomor NPWP. Kirim semua dokumen tersebut melalui  e-mail, tunggu beberapa waktu sampai mendapat balasan dari kantor pajak.


2. Cara Cek Nomor NPWP Melalui Website

Dirjen Pajak juga menyediakan laman resmi yang bisa kamu gunakan untuk mengecek nomor NPWP kamu dengan mudah. Berikut ini caranya:

  1. Akses situs ereg.pajak.go.id. 
  2. Isi kolom NPWP dengan lengkap dan benar.
  3. Jika nomor NPWP masih aktif, akan muncul nomor dan identitas secara otomatis.
  4. Apabila identitas kamu tidak muncul, artinya NPWP Anda sudah tidak aktif lagi.

Jika nomor NPWP dinyatakan tidak aktif, kamu harus langsung datang ke kantor pajak terdekat untuk meminta konfirmasi.


Cek NPWP Melalui Aplikasi

Cara ketiga untuk cek NPWP bisa kamu lakukan melalui aplikasi M-Pajak DJP. Aplikasi ini sudah tersedia untuk pengguna Android atau juga iOs. 

  1. Download aplikasi DJP dan masuk ke dalam aplikasi tersebut dengan menggunakan akun yang telah terdaftar di website
  2. Buka dashboard yang ada di dalam halaman web
  3. Kemudian, cek NPWP. Bila muncul identitas secara lengkap, maka NPWP aktif. Sedangkan bila tidak muncul, maka NPWP Anda belum aktif.

Selain mengecek nomor NPWP, akun DJP Online tersebut bisa Anda gunakan untuk lapor SPT tahunan (e-Filing) dan membayar pajak (e-Billing).

Itulah cara cek NPWP, nah jika kamu bisa menemukan berapa 15 digit nomor NPWP-mu, berarti kamu sudah siap untuk mencari kerja. Temukan lowongan kerja terbaikmu segera.

Apabila sudah berhasil, cara mengecek NPWP bisa dengan melihat nomor yang tertera berjumlah 15 digit.


Cara Membuat NPWP untuk Melamar Kerja

NPWP menjadi salah satu dokumen identitas yang diminta perusahaan ketika kita mengisi form lamaran. Bila kamu saat ini sedang giat mencari kerja, dan belum memiliki NPWP, ada baiknya kamu segera membuatnya. 

Bagi pencari kerja, nomor NPWP menjadi berkas yang penting untuk dimiliki. Berikut cara mudah mendaftar NPWP:

  1. Meminta Surat Keterangan dari Kelurahan. Jika kamu saat ini belum bekerja dan ingin membuat NPWP, disarankan untuk meminta surat keterangan dari kelurahan setempat. Nantinya, pada bagian status pekerjaan, disarankan untuk mengisinya sebagai pekerja lepas atau wiraswasta.
  2. Lalu mendaftar secara online melalui situs www.ereg.pajak.go.id.  Isi semua kolom pada formulir online yang disediakan, termasuk melakukan scan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Pada kolom data pekerjaan, bila kamu belum bekerja sebaiknya mengisi kolom ini dengan keterangan “Pegawai Swasta” atau “Wirausaha”.
  3. Setelah kamu mengikuti semua  semua langkah-langkah yang disyaratkan, tinggal menunggu apakah pengajuan disetujui atau ditolak. Kamu bisa mengecek melalui e-mail yang digunakan ketika mendaftar Kantor Pelayanan Pajak (KPP) mana yang akan nantinya mengeluarkan NPWP. Biasanya NPWP dikeluarkan oleh KPP sesuai domisili pada KTP.
  4. Apabila pengajuan disetujui, maka akan ada notifikasi pada e-mail. Notifikasi tersebut kemudian dicetak dan dibawa ke KPP untuk dilanjutkan dengan proses pencetakan kartu. Kamu hanya perlu menunggu 3 sampai 7 hari kerja dan nantinya NPWP akan dikirimkan ke alamat rumahmu.

Itulah cara mendaftar NPWP secara online dan mengeceknya. Langkah berikutnya bagi pencari kerja bisa mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Gunakan aplikasi Kita Lulus untuk mendapat pekerjaan dengan mudah dan terpercaya. Yuk, download sekarang!



Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

KitaLulus Andoid App available on Google Play