Seru Banget! Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula yang Bisa Bantu Karirmu

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Pasti kalimat seperti “Bisa berbahasa Inggris” atau “Menguasai  bahasa Inggris lebih diutamakan ” sering kamu temukan dalam iklan lowongan kerja. Jika mungkin saat ini kamu masih belum menguasai bahasa Inggris, jangan dulu berkecil hati. Lebih baik kamu mulai belajar bahasa Inggris untuk pemula.

Memang sudah bukan rahasia lagi kalau di dunia kerja bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan. Walaupun tidak dipergunakan sebagai bahasa percakapan di lingkungan kerja, tapi bisa saja bahasa Inggris  dipergunakan untuk mengoperasikan mesin atau sebagai standar operasional perusahaan. Untuk itulah belajar bahasa Inggris jadi suatu keharusan bagi kamu pencari kerja.


Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Dunia Kerja

“Memang penting ya belajar bahasa Inggris untuk dunia kerja?” Mungkin pertanyaan seperti itu pernah terlintas di pikiranmu. Tapi memang bahasa Inggris sangat penting di dunia kerja.

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat, membuat tiap kandidat harus punya nilai plus untuk bisa menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris. Tidak jarang HRD akan menanyakan dan melakukan tes sederhana dalam wawancara apakah kamu bisa bahasa Inggris atau tidak. 

Selain itu, ada beberapa alasan lainnya mengapa kamu harus belajar bahasa Inggris untuk dunia kerja. 


1. Kesempatan Kerja Lebih Besar

Menguasai bahasa Inggris memberikan kamu kesempatan kerja yang lebih besar. Lho kok bisa? Sekarang ini, mampu bahasa dasar menjadi salah satu syarat wajib dalam berbagai perusahaan. Bidang pekerjaan yang mengharuskan karyawan menguasai bahasa Inggris juga semakin banyak.

Semakin bagus bahasa Inggrismu, tentu akan semakin besar juga peluang untuk mendapatkan pekerjaan.


2. Memberikan Peluang untuk Mengembangkan Karir

Setelah diterima kerja, tentu kamu tidak ingin berhenti di situ saja, bukan? Tentunya kamu ingin mengembangkan karir, naik pangkat, atau juga mencari peluang karir di perusahaan lainnya. 

Nah, kamu perlu sekali belajar bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat bermanfaat untuk mengembangkan karir dan memperlebar kesempatanmu untuk mencari peluang karir di perusahaan lainnya, menambah networking, dan kesempatan untuk menambah pengalaman.


3. Menunjukkan Profesionalitas

Belajar bahasa Inggris membuat kita lebih siap ketika terjun ke dunia kerja. Dengan bahasa Inggris kita semakin terlihat profesional dan dianggap sebagai kandidat yang punya nilai lebih, apalagi bila perusahaan yang kita lamar adalah perusahaan multinasional, menguasai bahasa Inggris akan sangat berguna.


4. Akses Terhadap Berbagai Informasi

Untuk terus bisa mengembangkan karir, tentunya kamu harus banyak belajar mengenai bidang pekerjaan yang kamu geluti. Salah satunya adalah dengan banyak mencari informasi dari berbagai sumber salah satunya  internet. Tapi, tahukah kamu, dilansir dari Regent50 persen halaman internet itu ditulis dalam bahasa Inggris.  

Kalau kamu bisa bahasa Inggris otomatis kamu bisa mengakses lebih banyak informasi terkini tentang bidang pekerjaanmu. Dengan begitu kamu bisa menambah skill yang berguna untuk karir kamu kedepannya.


5. Membantu Menyelesaikan Pekerjaan

Buat kamu yang bekerja pada bagian produksi sebuah pabrik sekalipun, bahasa Inggris akan sangat membantu. Sebagai bahasa Internasional tentu banyak mesin di pabrik yang menggunakan bahasa Inggris untuk pengoperasiaanya, begitu juga buku petunjuk, pastinya menggunakan bahasa Inggris.

Dengan menguasai bahasa Inggris dasar kamu bisa mengoperasikan mesin dengan baik, bahkan saat mesin ada kendala kecil kamu bisa mengerti bagaimana melakukan perbaikannya. Tentu kamu jadi terbantu untuk mencapai target produksi setiap harinya. 


6. Skill yang Perlu Dicantumkan pada CV

Dalam CV, agar terlihat sebagai salah satu kandidat yang kompeten, kamu perlu mencantumkan beberapa skill. Bahasa Inggris menjadi salah satu skill yang bisa kamu cantumkan dalam CV, kamu bisa sebutkan dan beri penjelasan dimana keunggulan bahasa Inggris kamu, misalkan di speaking, writing, atau presentasi. Ini bisa jadi nilai plus kamu, di mata HRD.


BACA JUGA: Cara Membuat Presentasi Menarik dengan HP


Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Belajar bahasa Inggris akan terasa mudah bila kamu menguasai dasar-dasarnya. Bila mungkin kamu belum menguasai dasar, belajar bahasa Inggris untuk pemula bisa membantu. Dengan belajar bahasa Inggris untuk pemula, kamu akan banyak hal-hal dasar, seperti dasar percakapan, bentuk kata, dan masih banyak lagi.

Berikut ini belajar bahasa Inggris untuk pemula yang bisa kamu lakukan secara otodidak.


1. Mulai dari Kata-kata Percakapan Dasar

Belajar bahasa Inggris untuk pemula pertama bisa dimulai dari percakapan dasar atau basic conversation yang digunakan sehari-hari. 

Contohnya Thank you (Terima Kasih), Your Welcome (Sama – Sama), How Are You (Apa kabar) dan lainnya. Mulailah dengan cara pengucapan masing-masing kata tersebut, dan kapan kata tersebut digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Memulai belajar bahasa Inggris untuk pemula seperti ini sangat sederhana dan juga efektif untuk belajar materi lainnya.


2. Memahami Bentuk Kata/Tense

Tense adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukan kondisi waktu terjadinya sebuah peristiwa. Dalam bahasa Inggris, setiap waktu punya susunan kalimat yang berbeda.

Jika kamu berhasil memahami tense, maka bisa dikatakan kamu sudah bisa menguasai bahasa Inggris sebanyak kurang lebih 60 persen. Dengan menguasai tense kamu juga sudah bisa berinteraksi baik tulisan atau percakapan bahasa Inggris dengan benar.

Beberapa tense yang harus kamu pelajari seperti:

Waktu:

  1. Present / Sekarang.
  2. Past / Masa lalu.
  3. Future / Masa yang akan datang.
  4. Past Future / Rencana dimasa lalu.


Peristiwa:

  1. Simple / Aktifitas sederhana.
  2. Continuous / Aktivitas yang sedang berlangsung.
  3. Perfect / Aktivitas yang telah usai.
  4. Perfect Continuous / Aktifitas yang sedang berlangsung dengan durasi waktu.


Dari gabungan dua komponen waktu serta peristiwa di atas, kamu bisa menggabungkannya, contoh rumus tenses sebagai berikut:


3. Belajar Bahasa Inggris dengan Mendengarkan 

Belajar bahasa Inggris untuk pemula selanjutnya adalah mendengarkan atau listening. Listening merupakan salah satu skill yang penerapannya adalah dengan cara mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa Inggris. 

Dengan mendengarkan, nantinya kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah bahasa Inggris dan juga memahami bagaimana cara mengucapkan kata tersebut dengan benar.

Ada beberapa cara terbaik untuk melatih listening dengan mudah dan menyenangkan, bisa dengan mendengar lagu atau menonton film.  


4. Melatih Cara Pengucapan/Pronunciation dengan Rekaman

Pronunciation adalah salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk pemula yang efektif dan menyenangkan. Dengan merekam apa yang kita ucapkan dan mengulangi kembali untuk menentukan apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya, ini juga dapat meningkatkan kemampuan belajar lebih cepat sesuai dengan target yang kita inginkan. 

Cobalah rekam cara pengucapan kamu sampai selesai, lalu ulangi beberapa kali hingga benar. 


5. Melatih Tata Bahasa dengan Menulis

Tata bahasa atau grammar bertujuan untuk mempelajari penggunaan bahasa yang terstruktur. Mulai dari susunan kalimat,  penggunaan kata, hingga frasa yang digunakan.

Dalam bahasa Inggris, grammar terbagi dalam 8 bagian atau juga disebut dengan part of speech. Bagian tersebut terdiri dari Pronoun (kata ganti), Noun (kata benda), Verb (kata kerja), Adjective (kata sifat), Adverb (kata keterangan), Determiner (kata pembatas), Preposition (kata depan), dan Conjunction (kata hubung).

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula, terutama belajar grammar bisa dengan cara melatih menulis sebuah cerita. Cobalah menulis sebanyak 300 sampai 500 kata dalam bahasa Inggris setiap hari. 



6. Banyak Membaca/ Reading

Cara belajar bahasa Inggris untuk pemula dengan membaca sangat efektif dan sederhana. Kamu bisa membaca teks kalimat atau artikel dalam bahasa Inggris sehingga kamu bisa semakin mengenali berbagai jenis struktur kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. 

Dalam tahap ini, kamu juga akan mempelajari dan menemukan banyak kosakata baru yang tentu akan sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.

Untuk kamu yang masih pemula, cobalah mulai dari membaca hal-hal sederhana seperti buku cerita anak-anak,artikel koran berbahasa Inggris. Cobalah luangkan waktu setidaknya 1 jam setiap harinya untuk membaca bacaan dalam bahasa Inggris sehingga pada akhirnya bisa menjadi sebuah kebiasaan dan tentunya semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.


Metode Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Belajar itu tidak melulu harus di dalam kelas, sekarang ada banyak sekali metode atau cara mudah belajar bahasa Inggris untuk pemula. Metode belajar ini juga bisa kamu sesuaikan dengan hal-hal yang kamu sukai seperti berikut ini.


1. Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Siapa sih yang tidak suka menonton film, pasti semua suka menonton film. Jadikan kegiatan menonton ini salah satu metode kamu untuk menguasai bahasa Inggris. Caranya adalah dengan menonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia, tapi menggunakan bahasa Inggris. Proses ini bertujuan agar kamu dapat memahami makna setiap percakapan dari mendengarkan dialog dalam film. 

Bila kamu menemukan beberapa kata atau kalimat yang tidak dimengerti, cobalah untuk mencatatnya kemudian cari artinya di kamus atau aplikasi penerjemah. 


2. Belajar Bahasa Inggris Lewat Bermain Game

Metode lainnya yang bisa kamu coba dalam proses belajar bahasa Inggris untuk pemula adalah bermain game. Ketika memulai sebuah game, pasti kamu diminta untuk memilih bahasa, jika biasanya kamu bermain dengan bahasa Indonesia, cobalah ganti dengan bahasa Inggris. Cara ini efektif untuk kamu menambah kosa kata bahasa Inggris. 


3. Menggunakan Aplikasi 

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi yang sangat membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris yang bisa kamu dapatkan secara gratis. 

Sebuat saja aplikasi seperti Duolingo, Learn English, Grammarly, bisa membantu kamu sebagai pemula untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan menyenangkan. 


BACA JUGA: Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis

4. Gabung Grup atau Komunitas Bahasa Inggris

Bila kamu kurang percaya diri belajar secara otodidak tapi juga tidak punya budget yang cukup untuk mengikuti les, gabung ke komunitas bahasa Inggris bisa jadi metode belajar yang pas. Saat ini tidak sulit menemukan komunitas belajar bahasa Inggris, biasanya bisa dengan mudah ditemui lewat aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line, atau Telegram. 


Jika skill bahasa Inggris kamu sudah jadi lebih baik, jangan ragu atau mundur lagi untuk melamar kerja di berbagai perusahaan. Tenang, caranya gak susah kok, kamu tinggal download aplikasi KitaLulus di Play Store lalu isi data diri. Di KitaLulus, ada banyak lowongan yang tersedia, bahkan lowongan kamu langsung masuk ke HRD lho!  

Dapatkan konten Kitalulus

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!

Close Pop up

Bagaimana kepuasan anda dengan konten kami?

Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.