Oh Ternyata Begini Lho, Tugas Staff Accounting di Sebuah Perusahaan

Putri Prima

Bermimpi hidup di dunia Harvest Moon. Senang menulis tentang seputar karir dan bisnis.

Isi Artikel

Staff accounting adalah salah satu posisi yang paling dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Seorang staff accounting akan bertanggung jawab untuk menjaga kondisi keuangan perusahaan dengan cara mengelola keuangan dengan tepat. 

Menjadi staff accounting merupakan posisi yang kompleks dengan tugas yang bermacam-macam. Oleh sebab itu, orang yang ingin mengisi posisi ini haruslah mengerti apa saja tugas dan keahlian yang dimiliki. Spesial untukmu, kami sudah siapkan daftar lengkap tugas staff accounting, berikut ini!


Mengenal Apa Itu Staff Accounting

Staff accounting adalah jabatan di sebuah perusahaan yang bertugas dan bertanggung jawab melakukan pencatatan serta pengklasifikasian semua transaksi sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan secara tepat dan akurat. Pencatatan serta pengelompokan semua transaksi ini memiliki standar aturan tersendiri. 

Laporan keuangan yang telah dibuat staff accounting terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Pada laporan laba rugi tersebut akan menggambarkan suatu hasil dalam menjalankan bisnis para satu periode waktu tertentu. 

Tugas Staff Accounting

Pekerjaan staff accounting di sebuah perusahaan sangat kompleks dan beragam. Seringkali ketika kamu menjadi staff accounting, kamu harus bekerja multitasking. Lebih jelasnya, berikut ini tugas staff accounting secara umum.


1. Membuat Pembukuan Keuangan Kantor

Tugas seorang staff accounting adalah membuat pembukuan keuangan kantor. Untuk membuat pembukuan sendiri ada berbagai formatnya, namun biasanya perusahaan sudah menyiapkan standar pembukuan laporan akuntansi lengkap dengan kebutuhan perusahaan.


2. Melakukan Posting Jurnal Operasional

Tugas accounting selanjutnya adalah melakukan posting jurnal. Posting jurnal adalah melakukan pencatatan segala aktivitas pengeluaran dan pemasukan dari kegiatan operasional perusahaan, setelah itu memasukannya kedalam buku besar akuntansi perusahaan. Buku besar sendiri adalah kumpulan data dan rekapitulasi laporan akuntansi yang dimiliki perusahaan. 

Melakukan posting jurnal sendiri bisa menggunakan Microsoft Excel atau Accurate. 


3.  Membuat Pembukuan dari Transaksi Keuangan Perusahaan

Staff accounting tugasnya juga membuat pembukuan dari transaksi perusahaan yang telah terjadi. Segala bentuk pengeluaran ini harus tercatat dengan tepat. Hal ini agar dapat mendukung pembuatan pembukuan. Seluruh pencatatan transaksi perusahaan ini juga harus dibuat dengan mengacu kepada standar pelaporan akuntansi perusahaan.


4. Membuat Laporan Keuangan

Ini adalah tugas utama staff accounting. Laporan keuangan ini berisi data rekapitulasi keuangan perusahaan yang sudah ditandatangani dan akan diserahkan langsung kepada pimpinan. Biasanya pimpinan memang tidak melakukan pengecekan secara langsung namun melalui laporan keuangan yang kamu buat. 

Setiap perusahaan juga sudah punya format akuntansi tersendiri untuk membuat laporan keuangan ini.  


5. Melakukan Filling Dokumen ke Dalam Sistem Perusahaan

Proses filling dokumen atau data entry ke dalam juga menjadi tugas staff accounting untuk keperluan keuangan perusahaan. 

Nantinya staff accounting kerjanya akan memasukan dokumen ke dalam sistem yang telah disediakan oleh perusahaan. Pekerjaan ini mungkin terlihat sederhana, tapi jangan salah saat melakukan filling dokumen. Kamu juga harus benar-benar teliti dan hati-hati agar data yang kamu masukan akurat dan tepat. 

Untuk mendukung pekerjaan ini biasanya memerlukan beberapa dokumen pendukung seperti data jurnal akuntansi, yang di dalamnya terdapat transaksi keuangan perusahaan, atau mungkin juga memerlukan jurnal operasional.


6. Melakukan Verifikasi Kelengkapan Dokumen Keuangan Perusahaan

Pekerjaan staff accounting juga melakukan verifikasi terhadap kelengkapan dokumen keuangan. Verifikasi kelengkapan dokumen ini meliputi berbagai kegiatan pengecekan terhadap dokumen kuitansi dan faktur serta invoice ataupun nota. 

Tugas accounting staff di sini memastikan seluruh dokumen-dokumen tersebut lengkap kemudian accounting perlu menyimpannya dengan rapi. Jangan sampai ada dokumen yang hilang, karena dokumen tersebut adalah bukti pengeluaran yang sah yang akan tertuang dalam laporan keuangan perusahaan. 


7. Menyusun Laporan Mengenai Perpajakan Perusahaan

Staff accounting adalah orang yang bertanggung jawab membuat laporan mengenai perpajakan perusahaan. Pembuatan atau penyusunan laporan mengenai perpajakan ini meliputi penghitungan keseluruhan pajak, misalnya pajak penghasilan yang dikenakan pada setiap pegawai.


8. Melakukan Rekonsiliasi dan Penyesuaian Data

Seorang staff accounting tugasnya juga melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian data finansial terkait dengan pengeluaran perusahaan yang mengacu kepada buku kas, buku bank, atau buku rekening. Tidak sampai di situ saja, dalam pembuatannya kamu juga bisa mengacu pada aktiva tetap perusahaan dan transaksi keuangan lainnya yang dilakukan perusahaan.


9. Melakukan Perhitungan Gaji Karyawan Perusahaan

Terkadang staff accounting perlu mengetahui dengan secara lebih jelas dan rinci mengenai gaji dari tiap karyawan di perusahaan, karena di beberapa perusahaan, staff accounting harus melakukan perhitungan gaji karyawan secara detail. Perhitungannya biasanya meliputi gaji pokok, uang lembur, bonus serta hal lainnya seperti pajak. 


10. Melakukan Surat Menyurat

Melakukan surat menyurat di sini maksudnya, staff accounting akan melakukan komunikasi dengan pihak internal dan eksternal yang ada hubungannya dengan hal perbankan ataupun juga keuangan perusahaan.


Keahlian yang Harus Dimiliki Staff Accounting

Untuk dapat mengerjakan seluruh tugas staff accounting dengan baik, tentu harus didukung dengan keahlian tertentu. Berikut ini beberapa keahlian yang perlu kamu miliki untuk menjadi staff accounting.


1. Latar Belakang Pendidikan Akuntansi

Lata belakang pendidikan akuntansi merupakan sebuah kualifikasi yang wajib dimiliki staff accounting karena segala pekerjaan staff accounting sangat erat kaitannya dengan ilmu akuntansi.


2. Skill Administrasi

Keahlian lainnya yang perlu dimiliki untuk jadi staff accounting adalah administrasi. Tugas staff accounting juga erat kaitannya dengan pekerjaan administrasi seperti surat menyurat, data entry, sehingga kamu wajib memiliki keahlian administrasi bila ingin jadi staff accounting.


3. Ketelitian

Pekerjaan staff accounting tidak lepas dari menghitung dokumen keuangan perusahaan dan menuangkannya ke dalam laporan. Untuk melakukan pekerjaan ini tentu dibutuhkan ketelitian agar tidak ada salah input atau salah hitung yang dapat merugikan keuangan perusahaan. Jadi, ketelitian juga jadi poin penting dalam mengerjakan tugas.


4. Menggunakan Microsoft Excel

Setiap tugas membuat laporan akan dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel, bukan hitung manual. Tentunya di sini kamu dituntut untuk bisa menguasai berbagai rumus Microsoft Excel yang umum digunakan dalam accounting


5. Komunikasi yang Baik

Seorang staff accounting juga harus dapat berkomunikasi dengan baik. Kemampuan maka akan lebih mudah untuk kalian menyampaikan laporan yang dibuat, sehingga pimpinan akan lebih mudah memahaminya. Selain itu pula, dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu juga akan lebih mudah untuk bekerjasama dengan rekan kerja ini akan sangat menunjang performa kalian di dalam pekerjaan.


Persyaratan Pendidikan Staff Accounting

Untuk dapat melamar menjadi seorang staff accounting, setidaknya kamu harus memiliki latar belakang pendidikan minimal D3/S1 Jurusan Akuntansi/Perpajakan. Namun sekarang pun masih banyak perusahaan yang membutuhkan staff accounting lulusan SMK Akuntansi. 


Tips Mendapatkan Pekerjaan Staff Accounting

Bila kamu ingin bekerja sebagai staff accounting cobalah tingkatkan skill dengan mengikuti beberapa program sertifikasi seperti CIMA, ACCA / ACA, AAT, CIPFA, IFA, ICAS. Sertifikat ini akan menambah nilai kamu di mata HRD. 

Tidak ketinggalan juga, kamu harus terus meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan rumus-rumus Ms. Excel agar dapat bekerja dengan baik nantinya. 

Ketika kamu mencari lowongan staff accounting, pastikan kamu selektif memilihnya. Karena hari ini banyak sekali lowongan palsu staff accounting. Untuk menghindari kamu terjebak di lowongan palsu, kamu bisa coba melamar melalui aplikasi KitaLulus. 

Aplikasi KitaLulus dapat membantumu menemukan lowongan staff accounting terbaik yang pastinya aman karena semua lowongan sudah melalui tahap verifikasi. Lamaran yang masuk juga langsung terhubung ke HRD perusahaan, jadi kamu bisa mendapat tanggapan yang cepat. 

Gratis gak? Gratis dong, melamar di KitaLulus tidak dipungut biaya, kamu hanya perlu download aplikasinya di Play Store dan isi data diri. Yuk, install aplikasi KitaLulus sekarang juga!

Ikuti BangLulus di sosial media

KitaLulus on Facebookinstagram kitalulusTiktok
Close Pop up
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!