Close Pop up

UMK Serang 2023 Naik Hingga 6,59% Berlaku Mulai 1 Januari

Putri Prima

Lulusan Ilmu Komunikasi yang mendalami dunia content writing, khususnya di bidang karir dan bisnis.

Ditinjau oleh
Isi Artikel

Apakah Serang menjadi tujuan kamu mencari kerja? Atau kamu adalah salah satu yang saat ini bekerja di Serang? Jika ya, kamu perlu tahu informasi UMK Serang 2023 dan perkembangannya dari tahun ke tahun.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 ini nominal UMK Kota Serang mengalami kenaikan terendah kedua se-Provinsi Banten. Sedangkan untuk Kabupaten Serang memiliki kenaikan yang lebih tinggi dan masuk ke dalam 4 besar wilayah dengan kenaikan tertinggi di Provinsi Banten.

Meski demikian, sebagai seseorang yang punya minat berkarir di Serang, ada beberapa informasi lain tentang UMK Serang yang KitaLulus bahas dalam artikel ini, jadi pastikan kamu menyimak sampai akhir, ya!

Berapa UMK Serang Terbaru di Tahun 2023?

Serang adalah salah satu kota yang masuk dalam wilayah Provinsi Banten. UMK Serang, baik tingkat kota maupun kabupaten sudah ditetapkan oleh Gubernur Banten pada 7 Desember 2022 lalu.

Ketetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur Banten Nomor 561/Kep.318-Huk/2022 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Provinsi Banten Tahun 2023. 

Berdasarkan keputusan Gubernur Banten, UMR Kota Serang mengalami kenaikan sebesar 6,24 persen dari tahun sebelumnya. Sebuah kenaikan yang cukup tinggi sehingga sekarang upah minimum tembus di angka empat juta dengan nominal tepatnya menjadi Rp4.090.799 dari yang sebelumnya Rp3.850.526.

Sedangkan UMR Kabupaten Serang memiliki kenaikan lebih tinggi, yaitu 6,59 persen atau setara Rp277.781. Jadi, sekarang UMK Kabupaten Serang menjadi Rp4.492.961 dari yang sebelumnya Rp4.215.180.86.

Nominal ini menjadikan Kabupaten Serang sebagai wilayah dengan UMK tertinggi kelima setelah Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan Kota Cilegon.

Baca juga: UMP Banten 2023 Resmi Naik Sebesar 6,4% dari Tahun 2022

Kenaikan UMK Serang Gunakan Aplikasi Penghitungan

kenaikan umk serang

Kenaikan UMK Serang ini sudah sesuai dengan Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan UMP 2023. Permenaker ini merupakan landasan kenaikan upah terbaru khusus untuk upah minimum 2023, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, yang dirancang khusus sesuai keadaan Indonesia tahun ini.

Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, khususnya nilai alfa yang tidak ada di aturan PP Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan yang merupakan turunan dari UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Nilai alfa ini merupakan nilai kontribusi penyerapan tenaga kerja terhadap perekonomian wilayah terkait. Faktor penentuan UMK lainnya sama dengan yang ada di aturan sebelumnya, yaitu pertumbuhan ekonomi dan nilai inflasi.

Karena faktor-faktor itulah yang membuat kenaikan upah minimum memiliki nilai berbeda-beda di wilayah Provinsi Banten. Bahkan, untuk Kota dan Kabupaten Serang pun berbeda.

Dikutip dari press release dalam website biroorganisasi.bantenprov.go.id, Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar menyatakan bahwa penentuan UMK di Provinsi Banten menggunakan aplikasi dengan sistem yang sudah dirancang sesuai faktor penentu kenaikan UMK.

Dengan begitu, Upah Minimum Kota Serang dan Kabupaten Serang sudah pasti sesuai dengan keadaan wilayah tersebut sesuai perhitungan yang dilakukan. Data-data yang dilakukan menggunakan data pertumbuhan ekonomi, nilai inflasi, dan penyerapan tenaga kerja dari September 2021 hingga September 2022 atau secara year on year.

Baca juga: Perbedaan UMR, UMK, dan UMP - KitaLulus

Apakah kamu sudah jelas dengan UMK Serang terbaru? Melihat gaji yang cukup besar, apa kamu jadi tertarik bekerja di sana? Jika ya, KitaLulus bisa membantumu menemukan lowongan terbaik di Serang dan sekitarnya, lho!

Selain itu, kamu juga berkesempatan berkomunikasi dengan HRD secara langsung. Jadi, tidak perlu tunggu lebih lama lagi, yuk melamar kerja di KitaLulus sekarang dan dapatkan karir impianmu dengan lebih mudah!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!