Waiter dan Waitress : Pengertian, Tanggung Jawab, dan Detail Gaji

Nisa Maulan Shofa

Penulis profesional sejak tahun 2017. Berspesialisasi dalam penulisan di bidang karir dan seputar dunia kerja.

Isi Artikel

Waiter adalah seseorang yang akan memberikan pelayanan saat kamu berkunjung di sebuah restoran. Merekalah yang akan menghampirimu saat baru masuk untuk memberikan buku menu, memberikan rekomendasi menu terbaik, hingga siap sedia saat kamu membutuhkan hal lainnya selama di restoran.

Akan tetapi, ternyata tugas waiter tidak hanya itu loh. Mereka memiliki tanggung jawab lebih kompleks daripada yang kamu duga. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak artikel ini.

KitaLulus juga akan menjelaskan tentang perbedaan waiter dan waitress, fungsi waiter untuk perusahaan dan pelanggan, jenis posisi waiter, tips menjadi waiter profesional, hingga informasi gaji terbaru mereka.

Yuk, langsung disimak saja artikel ini hingga selesai!

BACA JUGA: Apa Itu Customer Relation Officer? Ini Tugas, Skill, dan Info Gajinya

Apa Itu Waiter dan Waitress?

Perbedaan waiter dan waitress

Di dunia hospitality, waiter adalah salah satu profesi terpenting, terutama dalam proses pelayanan konsumen. waiter dan waitress bertugas untuk melayani pelanggan yang berkunjung di  kafe, restoran, hotel atau rumah makan. Banyak orang mengira waiter sama dengan pelayan, padahal tugasnya lebih luas dari itu.

Lalu apa perbedaan Waiter dan Waitress? Dalam proses pelaksanaan tugasnya, waiter biasanya terbagi menjadi waiter laki-laki dan waiter perempuan, atau waitress.

Pada dasarnya, perbedaan waiter dan waitress tidaklah signifikan, baik dari segi tanggung jawab maupun tugas. Akan tetapi, umumnya waiter bertugas melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti mengangkat barang.

Tanggung Jawab Waiter dan Waitress

Tanggung jawab waiter tidak sekadar mengantarkan makanan ke konsumen, lho! Selengkapnya tentang tanggung jawab waiter adalah sebagai berikut:

1. Tanggung Jawab Waiter Pada Pelanggan

Tugas waiter paling utama adalah menyediakan layanan secara total pada pelanggan, dengan detail sebagai berikut:

  • Membantu untuk memilihkan tempat duduk yang sesuai, baik dari kapasitas maupun kondisi yang diinginkan.
  • Membantu memesankan makanan, terlebih jika merasa bingung karena itu pertama kali datang ke restoran, waiter akan merekomendasikan makanan yang paling favorit di restoran.
  • Membantu menjelaskan menu yang dipilih sehingga tahu apa saja perbedaan antara menu satu dengan menu lainnya.

2. Tanggung Jawab Waiter untuk Restoran

Bagi restoran, waiter adalah wajah terdepan untuk dikenal oleh pelanggan. Tanggung jawab waiter untuk restoran antara lain:

  • Menjaga nama baik restoran dalam sisi pelayanan untuk membuat pelanggan menjadi loyal customer.
  • Meningkatkan citra restoran sehingga pelanggan dapat merekomendasikan ke orang lain.

BACA JUGA: 7 Jenis Gaya Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui, Penting untuk Karir!

Tugas Waiter dan Waitress

Tugas waiter dan waitress

Tugas dan tanggung jawab waiter tidak hanya menyambut pelanggan dan memberikan rekomendasi menu, tetapi lebih kompleks daripada itu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak tugas lengkap waiter berikut:

1. Sebelum Restoran Dibuka

Sebelum restoran dibuka, waiter sudah harus bersiap. Maka dari itu, waiter tentu saja tidak datang di jam restoran dibuka, tetapi jauh sebelum itu, bisa satu atau dua jam sebelum restoran beroperasi. Tugas yang perlu dikerjakan waiter saat restoran dibuka antara lain:

  • Menata ruangan dan meja restoran.
  • Memastikan ruangan dan meja bersih sehingga pelanggan nantinya merasa nyaman.
  • Menata meja dengan rapi dan memastikan kelengkapannya sudah tersedia di sana, seperti napkin hingga alat makan yang diperlukan.

2. Saat Restoran Dibuka

Saat restoran sudah dibuka, tugas waiter tentu saja jauh lebih sibuk. Waiter harus gerak cepat untuk melayani pelanggan, terlebih ketika di jam makan siang saat pelanggan sedang sangat ramai.

Untuk lebih lengkapnya, berikut tugas waiter saat restoran dibuka.

  • Menyambut pelanggan di area yang sudah ditentukan.
  • Memberikan rekomendasi tempat duduk sesuai kebutuhan pelanggan, apakah mereka datang beramai-ramai atau sendiri, waiter harus mengetahui memberikan rekomendasi tempat duduk yang sesuai.
  • Memberikan buku menu ke pelanggan.
  • Memberikan rekomendasi menu favorit ketika pelanggan merasa kebingungan.
  • Mengulang kembali pesanan pelanggan untuk memastikan pesanan sudah sesuai kebutuhan.
  • Sigap membersihkan meja yang sudah ditinggalkan pelanggan.
  • Mengatasi komplain dengan baik.
  • Memberikan arahan dengan baik jika pelanggan ingin membutuhkan sesuatu, seperti ingin pergi ke toilet atau membutuhkan perlengkapan makan tambahan.
  • Bekerja sama dengan staf lain di restoran, seperti kasir hingga koki.

3. Setelah Restoran Tutup

Setelah restoran ditutup, waiter tidak langsung pulang, tetapi harus tetap di restoran untuk satu atau bahkan dua jam setelahnya. Hal ini karena tugas waiter masih berlanjut meskipun restoran sudah tutup, yaitu sebagai berikut.

  • Membersihkan area restoran, terutama meja makan.
  • Memastikan semuanya kembali ke tempat semula, terutama buku menu.
  • Mengevaluasi kinerja bersama, terutama ketika ada komplain sebelumnya.
  • Membuat laporan kinerja pribadi dalam log book.

BACA JUGA: Berlaku untuk Semua Karyawan, Ini Aturan Cuti Menikah dan Contoh Suratnya

Skill yang Harus Dikuasai Waiter/Waitress

Skill yang harus dikuasai waiter dan waitress

Waiter harus benar-benar bisa bekerja dengan cepat, baik dalam hal bergerak maupun mengingat. Sebab, waiter harus berhubungan langsung dengan pelanggan sehingga jika pelanggan tidak menyukai cara pelayanannya, restoran akan mendapatkan dampak negatif secara langsung.

Maka dari itu, jika kamu ingin menjadi waiter, kamu harus benar-benar menguasai beberapa kemampuan berikut ini ya!

  • Kemampuan berkomunikasi yang baik
  • Detail oriented
  • Memiliki manajemen emosi yang baik
  • Mudah beradaptasi
  • Memahami product knowledge dengan baik

Jenis Posisi Waiter/Waitress

Jenis waiter dan waitress dari job desknya

Posisi waiter dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan tugasnya, yaitu sebagai berikut.

1. Greeter

Greeter adalah waiter yang bertugas untuk menyapa pelanggan saat baru tiba di restoran. Greeter juga harus mengarahkan pelanggan ke tempat duduk yang tepat. Tapi sebelum itu, waiter perlu menanyakan ada berapa yang datang atau apakah sudah membuat reservasi sebelumnya.

2. Taking Order

Seorang taking order akan langsung menghampiri pelanggan saat greeter sudah menyelesaikan tugasnya. Namun, taking order harus memahami situasi, apakah pelanggan akan langsung memesan, membutuhkan bantuan selama memesan, atau memberikan mereka ruang untuk memikirkan pesanannya.

Ketika pelanggan membutuhkan panduan untuk pemesanan, taking order harus bisa memberikan rekomendasi menu yang sesuai. Rekomendasi tersebut bisa dari menu favorit restoran, menu paling mahal, hingga menu yang disesuaikan dengan kondisi pelanggan. 

Setelah pelanggan sudah memutuskan untuk memesan menu, taking order harus mencatatnya dengan baik. Di sini, taking order harus paham menu apa saja yang masih tersedia sehingga pelanggan lekas mengetahui menu-menu yang tidak bisa dipesan karena stok habis.

3. Food Checker

Setelah pihak taking order menyerahkan menu yang dipesan pelanggan, food checker harus memulai tugasnya. Dia nantinya akan mengecek menu setelah selesai dimasak oleh koki untuk memperhatikan kualitasnya baik atau tidak.

Food checker juga harus memastikan bahwa pesanan pelanggan sudah selesai dengan baik untuk kemudian diserahkan kepada runner.

4. Runner

Runner bertugas untuk mengantarkan pesanan kepada pelanggan. Tidak sesederhana itu, runner harus memastikan pesanan sudah tersaji semua dengan baik.

SOP Penampilan Seorang Waiter

Seorang waiter harus benar-benar memperhatikan penampilan agar pelanggan tidak merasa risih. Oleh karena itu, restoran biasanya memberikan sebuah SOP penampilan yang harus diperhatikan waiter. Bagian diri yang harus waiter perhatikan adalah sebagai berikut.

  • Seragam harus selalu bersih, rapi, dan wangi.
  • Kebersihan badan harus selalu dijaga, jangan sampai tidak mandi sebelum ke bekerja ya.
  • Kulit harus benar-benar dijaga agar selalu tampak segar dan tidak kusam.
  • Rambut harus ditata dengan rapi, tidak masalah jika panjang, tetapi harus dikuncir atau sanggul dengan baik.
  • Tidak memiliki kumis dan jenggot bagi laki-laki.
  • Tangan dan kuku harus selalu dalam kondisi bersih dan rapi.
  • Pastikan selalu menggosok gigi sehingga senyum kamu selalu tampil baik di depan pelanggan, pastikan tidak bau mulut.
  • Jaga kebersihan sepatu.

Tips Menjadi Waiter Profesional

Untuk menguasai skill yang dibutuhkan sehingga menjadi waiter profesional, KitaLulus punya tipsnya nih. Langsung cek yuk tips menjadi waiter profesional berikut ini.

  • Berpenampilan menarik, rapi, dan bersih. Menarik bukan tentang cantik atau tampan, tetapi bagaimana pembawaan diri kamu kepada pelanggan ya.
  • Terus berlatih untuk menguasai kemampuan berkomunikasi yang baik, jika perlu belajar juga bahasa Inggris terlebih ketika kamu ingin menjadi waiter di kapal pesiar atau restoran/hotel bintang lima.
  • Kuasai product knowledge dengan baik, tidak hanya nama menu dan harganya, tetapi manfaat dan bahan makanan/minuman tersebut.
  • Selalu ramah dan harus mampu menahan emosi dengan baik. Jika kamu berada di situasi tak terkendali, kamu bisa memanggil bantuan, seperti manager hingga keamanan.

Gaji Waiter/Waitress

Rata rata nominal gaji waiter dan waitress

Jika kamu sudah menjadi waiter profesional dan memiliki pengalaman yang lama, kamu tidak perlu memikirkan tentang gaji. Sebab, semakin kami memiliki pengalaman, kamu akan mudah untuk melamar menjadi waiter di tempat elite, seperti hotel internasional, kapal pesiar, hingga restoran unggulan.

Untuk waiter pemula, rentang gaji yang bisa kamu dapatkan adalah Rp2.500.000 hingga Rp5.000.000. Jika sudah memiliki pengalaman yang baik dan bekerja sebagai waiter di kapal pesiar, gaji kamu bisa mencapai hingga empat kali lipatnya, lho!

BACA JUGA: 5 Manfaat Membangun Networking dalam Dunia Kerja & Cara Melakukannya

Itulah berbagai informasi tentang waiter yang bisa kamu pelajari. Karena waiter adalah posisi yang krusial di sebuah restoran, jadi kamu harus mempersiapkan diri dengan baik jika ingin menjadi waiter profesional ya.

Jika sekarang kamu sedang mencari lowongan pekerjaan sebagai waiter, kamu bisa mencarinya di KitaLulus. Selain waiter, di KitaLulus juga memiliki banyak informasi lowongan pekerjaan dengan berbagai posisi.

Cara melamar pekerjaan di aplikasi KitaLulus sangat mudah kok. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi KitaLulus melalui Playstore. Lalu lakukan registrasi dengan cara log in dengan akun Google kamu.

Di aplikasi KitaLulus juga terdapat fasilitas lainnya, seperti fitur komunitas dan soal-soal psikotes. Jadi, kamu bisa menambah jaringan serta pengetahuan dalam satu aplikasi.

Yuk, segera instal aplikasi KitaLulus di smartphone kamu. Dengan KitaLulus, melamar pekerjaan #LebihMudah dan terpercaya!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!