5 Manfaat Membangun Networking dalam Dunia Kerja & Cara Melakukannya

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

Isi Artikel

Networking dalam dunia kerja – Menurut kamu, seberapa penting sih membangun networking dalam dunia kerja itu? Banyak orang beranggapan bahwa membangun relasi atau networking itu penting. Tapi apakah betul seperti itu?

Banyak orang beranggapan bahwa, ketika kita membangun banyak networking dalam dunia kerja, artinya kita bisa mendapat kemudahan dalam mencari kerja. Tapi ternyata, manfaat dari membangun relasi itu ada banyak, lho.

Terutama di era digital seperti saat ini. Membangun networking dalam dunia kerja akan membantumu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan mudah. Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya terkait networking, manfaat, dan cara membangunnya di bawah ini.

BACA JUGA: Kerja Pakai Orang Dalam: Fenomena, Etika, & Dampaknya

Apa Itu Networking?

Apa itu networking

Jika diartikan secara garis besar, networking artinya jaringan. Sebuah jaringan relasi dengan orang lain yang diharapkan bisa membantu dan menguntungkan satu sama lainnya.

Membangun networking dalam dunia kerja bisa mempermudah pekerjaanmu. Sebab dengan semakin luas jaringan yang kamu jalin, maka akan memberikan banyak dampak positif di dunia kerja atau kehidupan pribadi.

Jika kamu mampu mengembangkan networking, kamu akan memiliki banyak teman atau kenalan dari berbagai macam latar belakang. Nah, hal yang harus kamu lakukan ketika sedang membangun networking adalah menjaga hubungan baik.

Hubungan baik ini tentunya akan memberikanmu banyak manfaat. Tidak hanya kamu akan mendapatkan banyak teman baru, tetapi juga bisa untuk perkembangan karir kamu selanjutnya.

Membangun networking dalam dunia kerja bisa dilakukan saat kamu berkenalan dengan rekan kerja baik di dalam dan di luar perusahaan. Misalnya, klien, pemilik vendor, investor, media, dan pihak-pihak lainnya di luar perusahaan.

5 Cara Membangun Networking dalam Dunia Kerja

Cara membangun networking di dunia kerja

Bagi kamu yang masih ragu terkait cara membangun networking dalam dunia kerja, tidak usah bingung lagi. KitaLulus sudah menyiapkan beberapa cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk membentuk networking-mu sendiri.

Tahukah kamu bahwa, hasil penelitian menunjukan ada 70% karyawan yang diterima di sebuah perusahaan melalui koneksi atau networking yang dimiliki? Artinya, kamu harus benar-benar berusaha membangun networking dalam dunia kerja. Tidak boleh main-main, ya!

Berikut beberapa cara atau tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun networking dalam dunia kerja:

1. Berani Berkenalan dengan Orang Baru

Cara atau tips pertama dalam membangun networking dalam dunia kerja adalah dengan memberanikan diri berkenalan dengan orang baru. Dalam dunia kerja, kamu akan bertemu dengan banyak orang yang memiliki latar belakang, pengalaman, dan watak yang berbeda-beda.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memperkenalkan diri. Lalu biasakan menyapa atau bisa ikut dalam obrolan yang dilakukan. Tapi pastikan untuk melihat situasi terlebih dulu sebelum kamu ikut dalam suatu obrolan, ya.

2. Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas

Bergabung dengan organisasi atau komunitas bisa menjadi cara untuk membangun networking dalam dunia kerja. Organisasi atau komunitas bisa menjadi tempat yang efektif untuk menemukan orang-orang yang memiliki hal yang sama denganmu.

Usahakan untuk mencari organisasi atau komunitas yang sesuai dengan karir yang kamu pilih. Maka kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan baru yang bisa berguna untuk karir kamu di masa mendatang.

3. Mendekatkan Diri

Cara atau tips untuk membangun networking dalam dunia kerja selanjutnya adalah dengan mendekatkan diri. Networking artinya kamu memiliki hubungan baik dengan orang-orang yang sering kamu temui.

Salah satunya adalah dengan mendekatkan diri kepada rekan kerja, atasan, senior, atau klien. Lakukan dengan jangan berlebihan dan jangan malu untuk sekedar memulai percakapan atau bertanya mengenai pekerjaan.

4. Bangun Kualitas Percakapan

Networking adalah komunikasi. Artinya, untuk memabngun networking dalam dunia kerja, kamu harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Hal ini adalah yang paling utama untuk membuat suatu relasi.

Tidak hanya itu, kamu juga harus membangun kualitas percakapan. Berdasarkan sebuah penelitian, kamu harus memiliki faktor know, like, and trust untuk membangun networking dalam dunia kerja. Hal ini harus kamu lakukan dalam waktu lima menit saat bertemu seseorang.

Selain itu, kamu juga harus mengusahakan untuk memberi perhatian kepada lawan bicaramu. Artinya, dengarkan apa yang mereka ucapkan, berikan tanggapan yang baik, dan tentunya tidak ada waktu untuk bermain ponsel saat sedang berbicara.

6. Manfaatkan Media Sosial

Di era digital seperti saat ini, media sosial bisa digunakan untuk membangun networking dalam dunia kerja, lho. Terutama LinkedIn.  Di LinkedIn, kamu bisa menemukan banyak praktisi dan para profesional di bidangnya.

Tidak hanya LinkedIn, tapi kamu juga bisa menggunakan media sosial lainnya. Misalnya Instagram untuk dijadikan portofolio di bidang foto, desain grafis, video, dan lainnya yang berhubungan dengan media.

BACA JUGA: Mengenal Sertifikasi Profesional & Perbedaannya dengan Sertifikasi Kompetensi

5 Manfaat Membangun Networking dalam Dunia Kerja

Manfaat networking dalam dunia kerja

Selain menggunakan beberapa cara di atas, kamu juga akan mendapatkan banyak manfaat ketika membangun networking dalam dunia kerja, lho. Tidak hanya untuk kepentingan karir kamu saja, tetapi juga ada manfaat lainnya, misalnya:

1. Mendapatkan Referral Karir

Manfaat yang pertama dari membangun networking dalam dunia kerja adalah mendapatkan referral karir. Networking artinya kamu akan mendapatkan rujukan atau rekomendasi dari pihak profesional lainnya.

Perlu diketahui bahwa, dalam membangun networking referral atau rujukan ini adalah hal yang penting. Rekomendasi ini bisa diberikan secara lisan maupun tulisan dari satu pihak ke pihak lainnya.

2. Mendapatkan Pekerjaan Baru

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, membangun networking dalam dunia kerja bisa membantumu untuk mendapatkan pekerjaan baru. Dari jangkauan yang luas inilah kamu akan mendapatkan banyak kenalan yang bisa membantumu.

Hal yang perlu diingat adalah, bukan berarti mereka selalu siap untuk memberikanmu pekerjaan. Kamu juga tidak boleh terlalu memaksa atau mendesak, ya. Bangun relasi sebanyak-banyaknya dan nanti kamu akan merasakan manfaatnya.

3. Promosi Jabatan

Membangun networking artinya kamu bisa saja dipromosikan untuk naik jabatan. Kamu akan merasakan manfaat ini ketika networking dalam dunia kerja kamu sudah banyak dan memiliki cakupan yang luas.

Salah satu caranya adalah dengan membangun networking dengan atasanmu. Tapi bukan seperti menjilat, ya. Kamu bisa menunjukkan kemampuan dan bakat kamu dalam menyelesaikan pekerjaan hingga akhirnya atasan akan menyadari potensi kamu.

4. Membuat Peranmu Terlihat

Pada praktiknya, ada beberapa karyawan yang tidak terlalu terlihat oleh atasan atau manajernya. Biasanya dikarenakan karyawan ini tidak terlalu menonjol dari karyawan lainnya dan cenderung berada di zona nyaman alias di posisi itu-itu saja.

Padahal, jika kamu bisa membangun networking dalam dunia kerja dengan baik, kamu bisa mendapatkan bantuan untuk memperbaiki kinerja, lho. Nantinya lama kelamaan peranmu akan terlihat oleh orang yang tepat.

5. Memberikan Perkembangan Karir yang Positif

Satu lagi manfaat dari membangun networking dalam dunia kerja yang bisa kamu rasakan adalah perkembangan karir yang positif. Kamu tentu akan merasa terpacu untuk belajar ilmu baru dari orang-orang yang telah sukses dalam karirnya.

Tidak hanya itu, kamu juga akan merasa lebih percaya diri dalam setiap hal. Hal ini terjadi karena kamu ingin mendapat pengakuan dan dukungan dari orang lain atas semua pencapaian dan kerja keras yang kamu lakukan.

Nah itulah penjelasan mengenai membangun networking dalam dunia kerja, cara atau tips yang bisa kamu gunakan, dan manfaat yang akan kamu rasakan ketika bisa membangun networking yang baik.

Selain dari networking kamu juga bisa mencari pekerjaan baru dari aplikasi KitaLulus, lho. Ditambah saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi KitaLulus dari Play Store dan lengkapi profil kamu. Setelah itu, tinggal lamar pekerjaan yang kamu inginkan. #LebihMudah, bukan? Yuk, lamar pekerjaan di KitaLulus mulai dari sekarang!

Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
KitaLulus Andoid App available on Google Play

Lihat ribuan lowongan kerja dan berkomunikas secara langsung dengan HRD atau pemilik usaha

Download Aplikasi KitaLulus sekarang!

#MulaiSekarang demi masa depan yang lebih baik!