Cara Daftar Tiktok Shop, Keunggulan, dan Tips Berjualannya Agar Laris

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Cara daftar TikTok Shop– Saat ini, media sosial menjadi salah satu tempat untuk promosi yang paling efektif. Salah satunya adalah TikTok. Bahkan di aplikasinya ada TikTok Shop yang memungkinkan Anda untuk menjual produk. Apakah Anda mengetahui cara daftar TikTok Shop?

TikTok Shop bisa menjadi wadah untuk Anda berjualan online. Sama seperti media sosial lainnya, toko online Anda akan dipromosikan di laman utama atau for your page untuk menarik perhatian pelanggan.

Lalu bagaimana cara daftar TikTok Shop? Bagaimana membuat akun TikTok Shop? Pelajari lebih lanjut terkait cara membuka toko melalui akun TikTok Anda di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula, Gampang Banget Kok!

Apa itu TikTok Shop

Cara berjualan di tiktok shop

Tahukah Anda, ada sekitar 92.07 juta pengguna aktif TikTok di Indonesia? Hal ini membuat TikTok menjadi salah satu media sosial yang bisa digunakan untuk keperluan promosi

Meskipun pada awalnya TikTok hanya media sosial untuk berbagi konten video. Namun ternyata TikTok mulai menyelami celah toko online yang dimuat di aplikasinya, yang dikenal dengan sebutan TikTok Shop.

Apa itu TikTok Shop? Menurut informasi yang dilansir dari situs resminya, TikTok Shop adalah platform e-niaga sosial yang bisa memfasilitasi penjual menawarkan produknya kepada pengguna aktif TikTok.

Tiktop Shop dibuat secara khusus untuk memudahkan penjual untuk mendapatkan akses ke pusat penjual dan memanfaatkan fitur yang disediakan. Tidak hanya itu, penjual juga bisa mengunggah hingga mengelola informasi produk yang akan ditawarkan kepada pengguna aktif TikTok.

Sama seperti ecommerce umumnya, sistem yang berlaku di TikTok Shop pun dimulai dengan penjual menerima pesanan yang dipesan oleh pelanggan. Kemudian penjual akan mengirimkan barangnya dan sistem akan melacak pengiriman tersebut.

Tidak hanya itu, penjual juga bisa mengatur penyusunan promosi, penggunaan fitur lainnya, hingga mengatur etalase toko. TikTok bekerja sama dengan Shopify untuk merilis layanan belanja online TikTok Shop ini.

Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan

Cara daftar tiktok shop untuk jualan

Jika Anda berminat untuk melebarkan sayap toko online melalui TikTok Shop, maka Anda harus mengetahui cara daftar TikTok Shop untuk memulai bisnis. Namun, sebelum Anda mendaftar tikop shop, Anda harus membuat akun terlebih dulu.

Berikut cara daftar TikTok Shop melalui aplikasi TikTok, yaitu:

  • Buka aplikasi TikTok. Jika Anda belum memiliki akun TikTok, sebaiknya daftarkan diri terlebih dulu. Namun jika sudah punya, Anda bisa login dengan akun yang sudah terdaftar
  • Kemudian Anda bisa membuka situs seller-id.TikTok.com/account/welcome
  • Pilih login dengan menggunakan akun TikTok yang sudah didaftarkan sebelumnya
  • Selanjutnya lakukan verifikasi data sesuai yang diminta
  • Setelah proses verifikasi, baru Anda bisa mengatur alamat toko dan nomor kontak yang bisa dihubungi
  • Tambahkan produk yang ingin Anda jual dengan mengunggah beberapa dokumen atau gambar
  • Jangan lupa untuk melakukan verifikasi dokumen seperti KTP jika Anda adalah penjual individu. Namun jika usaha yang dimiliki berbentuk badan usaha atau koperasi, Anda bisa melakukan verifikasi data Nomor Induk Berusaha
  • Setelah verifikasi dokumen disetujui, langkah selanjutnya adalah memasukan rekening bank yang Anda miliki
  • Dan akun TikTok Shop Anda siap digunakan

Hal yang harus Anda perhatikan dalam cara membuat akun TikTok Shop ini adalah, segala informasi bisnis yang sudah didata tidak dapat diubah. Maka dari itu, pastikan Anda sudah memasukan semua informasi data dengan benar dan lengkap.

BACA JUGA: Inilah Cara Mudah Laris Jualan di Shopee Food, Syarat, & Keuntungannya

Keunggulan Berjualan di TikTok Shop

Keunggulan berjualan di tiktok shop

Setelah Anda mengetahui cara daftar TikTok Shop, kini saatnya kita membahas keunggulan berjualan di TikTok Shop. Sama seperti ecommerce lainnya, TikTok Shop juga memiliki beberapa keunggulan yang bisa dinikmati oleh penjual dan pembeli.

Berikut beberapa keunggulan berjualan di TikTok Shop:

  • Pengguna tidak perlu membuat akun di platform yang berbeda. Cara membuat akun titkok shop bisa dilakukan melalui aplikasi dengan menyambungkan akun TikTok yang sudah terdaftar
  • Mudah diakses dan bertransaksi karena terintegrasi langsung dengan media sosial
  • Potensi pasar tinggi, karena pengguna aktif TikTok semakin bertambah
  • Adanya layanan gratis ongkos kirim
  • Bisa untuk bisnis sendiri atau badan usaha
  • Cocok untuk bisnis yang memiliki target pasar generasi muda atau remaja. Sebab pengguna aktif TikTok adalah generasi Y dan Z sekitar 14-24 tahun
  • Fitur TikTok ads untuk promosi berbayar

Tips Berjualan di TikTok Shop Agar Laris Manis

Tips berjualan di Tiktok Shop agar laris manis

Tidak hanya cara daftar TikTok Shop, KitaLulus juga akan membagikan tips berjualan di TikTok Shop untuk Anda pengguna pertama. Seperti bisnis pada umumnya, berjualan di toko online pun membutuhkan strategi agar produk bisa laku dan dikenal oleh masyarakat luas.

Berikut beberapa tips berjualan di TikTok Shop yang bisa Anda coba:

1. Optimalkan Katalog Produk

Tips berjualan di TikTok Shop yang pertama adalah dengan mengoptimalkan katalog produk. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa, TikTok Shop memiliki fitur etalase untuk memajang produk yang dijual.

Perlu diketahui bahwa, kesan pertama sangat penting untuk pelanggan. Maka dari itu, sebaiknya Anda memberikan gambar produk yang memiliki kualitas bagus. Hal ini juga bisa menjadi ciri khas dari toko online Anda.

Selain foto produk, berikan deskripsi produk yang jelas dan lengkap. Usahakan jangan terlalu panjang. Anda cukup memberikan deskripsi produk secara detail. Pastikan ada nama produk dan deskripsi produk yang jelas.

2. Promosikan TikTok Shop Anda

Setelah Anda sudah melakukan cara daftar TikTok Shop dan sudah mendapatkan verifikasi, maka tips selanjutnya adalah mempromosikan TikTok Shop Anda. Jangan tunggu sampai pelanggan yang menemukan toko Anda.

Anda bisa menggunakan TikTok Ads atau LIVE untuk mempromosikan toko online Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media sosial lainnya untuk mempromosikan TikTok Shop.

3. Kerjasama dengan Influencer

Satu lagi tips berjualan di TikTok Shop adalah melakukan kerjasama dengan influencer. Sebagai aplikasi berbagi video, pasti ada beberapa influencer yang bisa dijadikan rekan untuk kerjasama.

Terutama jika Anda baru saja menyelesaikan cara daftar TikTok Shop dan membuka bisnis. Melakukan kerjasama dengan influencer merupakan salah satu cara untuk menjangkau audiens dan target pelanggan Anda.

Demikian penjelasan terkait cara daftar TikTok Shop, keunggulan, hingga tips berjualan di Tiktok Shop agar laris manis. TikTok Shop bisa menjadi salah satu alternatif untuk melebarkan sayap bisnis Anda di online.

Jika Anda tertarik, Anda bisa membuka lowongan admin TikTok Shop di platform KitaLulus. Sebagai tambahan informasi, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang, Medan, dan Gowa.

Segera daftarkan diri Anda untuk memasang iklan lowongan kerja secara gratis di KitaLulus. Dapatkan admin untuk mengelola TikTok Shop Anda dengan #LebihMudah, bersama KitaLulus mulai dari sekarang!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd