7 Cara Membangun Kultur Perusahaan yang Baik, Kuat, dan Produktif

Shirley Candrawardhani

Berkarir sebagai penulis profesional sejak 2012 yang berantusias menulis topik seputar bisnis, keuangan, dan hukum.

hrd
Isi Artikel

Membangun kultur perusahaan– Tahukah Anda bahwa, membangun kultur perusahaan yang baik bisa menentukan kesuksesan perusahaan? Memang tidak mudah, tetapi jika Anda bisa melakukan dengan baik, hal ini akan memberikan dampak positif untuk perusahaan.

Membangun kultur perusahaan yang baik tidak hanya berdasarkan pada kerja keras dan banyaknya jam terbang dalam mengelola sebuah perusahaan. Ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan.

Sebab, membangun kultur perusahaan sama saja dengan membangun jalan hidup orang-orang yang berperan di dalamnya. Hal ini jugalah yang nantinya akan menentukan bagaimana perusahaan Anda berjalan.

Simak penjelasan terkait cara membangun kultur perusahaan dan berbagai aspeknya yang perlu Anda ketahui, di bawah ini.

BACA JUGA: Apa Itu Employee Relation? Ini Pengertian, Fungsi, & Cara Meningkatkannya

Pengertian Kultur Perusahaan

Pengertian kultur perusahaan

Budaya perusahaan atau kultur perusahaan adalah sebuah kepribadian perusahaan yang menggambarkan lingkungan kerja karyawannya.

Selain itu, ada banyak aspek yang terkandung di dalamnya, seperti nilai perusahaan, tujuan perusahaan, sikap, hingga praktik kerja bersama yang menjadi ciri khas dari perusahaan itu sendiri.

Setiap perusahaan tentu memiliki kultur budaya yang berbeda-beda. Perusahaan yang bergerak di bidang IT tentu akan memiliki budaya perusahaan yang berbeda dengan perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

Oleh sebab itu, Anda tidak bisa membandingkan kultur perusahaan Anda dengan perusahaan lain. Sebagai HR, Anda harus bisa mengidentifikasi sendiri bagaimana kultur atau budaya kerja paling sesuai dengan perusahaan Anda.

Manfaat Kultur Perusahaan

Manfaat adanya kultur perusahaan

Saat ini, banyak para pencari kerja yang melihat perusahaan dari sisi kulturnya. Mereka lebih memilih perusahaan yang bisa memberikan work life balance. Bahkan mereka juga tidak terlalu memikirkan mengenai upah dan tunjangan yang diberikan.

Berkaca dari fenomena saat ini, membangun kultur perusahaan adalah hal yang sangat penting. Akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh perusahaan, diantaranya:

1. Meningkatkan Employee Engagement

Manfaat pertama dari membangun kultur perusahaan yang baik adalah dapat meningkatkan employee engagement. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa, perusahaan dengan kultur yang baik bisa meningkatkan employee engagement lebih dari 50% dibandingkan yang tidak.

Artinya, kultur perusahaan dan berbagai aspeknya sangat mempengaruhi bagaimana seorang karyawan bisa merasa bersemangat, termotivasi, dan terhubung dengan pekerjaan dan perusahaan mereka.

2. Menurunkan Angka Turnover

Salah satu penyebab meningkatnya angka turnover adalah kultur perusahaan yang tidak baik atau merasa tidak cocok. Hal ini bisa saja disebabkan dengan kultur perusahaan yang tidak menyatu dan kurangnya bentuk apresiasi.

Tidak sedikit dari karyawan yang memutuskan untuk bertahan di sebuah perusahaan karena memiliki kultur perusahaan yang baik. Maka dari itu, manfaat membangun kultur perusahaan adalah bisa menurunkan angka turnover.

3. Menarik Perhatian Para Pelamar Kerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa, kultur perusahaan adalah hal yang pertama kali dilihat oleh pelamar kerja. Meskipun perusahaan tersebut bisa memberikan peluang kerja yang menjanjikan, jika kultur perusahaan dan berbagai aspeknya tidak bagus, maka bisa dilewatkan begitu saja.

Manfaat membangun kultur perusahaan yang baik adalah untuk menarik perhatian para pelamar kerja. Maka Anda harus betul-betul membangun kultur perusahaan dan berbagai aspeknya dengan sebaik mungkin.

4. Meningkatkan Produktivitas

Tahukah Anda bahwa, karyawan yang merasa nyaman dan bahagia dengan tempat kerjanya bisa membuat mereka untuk bekerja lebih keras lagi? Hal ini tentunya akan memberikan dampak baik bagi perusahaan.

Meningkatkan produktivitas kerja adalah salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan ketika membangun kultur perusahaan yang baik. Tidak hanya produktivitas saja, tetapi hal ini juga bisa mendorong karyawan untuk aktif terlibat dengan kegiatan operasional perusahaan.

BACA JUGA: Jenis Kepemimpinan Dalam Perusahaan. Anda Termasuk yang Mana?

Cara Membangun Kultur Perusahaan yang Baik dan Kuat

Cara membangun kultur perusahaan yang baik dan kuat

Membangun kultur perusahaan yang baik tidak hanya berbicara mengenai tata ruang kerja atau lingkungan kerja saja. Melainkan hal-hal yang berhubungan dengan sosial budaya lingkungan kerja.

Artinya perusahaan Anda sebisa mungkin harus terbebas dari toxic partnership, micromanaging, atau hal-hal yang bisa menimbulkan perselisihan dan persaingan tidak sehat antar karyawan.

Tahukah Anda bahwa, kultur perusahaan dan berbagai aspeknya yang dibangun dengan baik bisa memberikan kesempatan bagi karyawan untuk terus berkembang dan mengeksplor kemampuan terbaiknya?

Berikut beberapa cara membangun kultur perusahaan yang baik yang perlu Anda lakukan.

1. Terbuka dan Kolaboratif

Cara membangun kultur perusahaan yang pertama adalah dengan mengubah tata letak atau desain perusahaan Anda menjadi lebih terbuka. Artinya Anda harus menghilangkan sekat-sekat pembatas meja kerja para karyawan.

Dengan melakukan hal ini, komunikasi antar karyawan bisa semakin bebas dan bisa menimbulkan rasa kolaboratif. Hal ini tentu sangat diperlukan agar para karyawan bisa saling bertukar pendapat dan saran terkait pekerjaan mereka.

2. Konsep Rumah Kedua

Seperti yang kita tahu, mayoritas orang menganggap kantor atau perusahaan adalah tempat untuk bekerja dengan sejumlah rutinitas yang membosankan. Jika dibiarkan dengan konsep seperti ini, maka produktivitas karyawan pun akan menurun karena rasa bosan.

Maka dari itu, cara membangun kultur perusahaan yang baik selanjutnya adalah dengan mengubah konsep kantor atau perusahaan sebagai rumah kedua. Anda bisa memulai dengan mengubah pandangan karyawan.

Jika tadinya mereka beranggapan kantor atau perusahaan sebagai tempat yang membosankan, maka Anda bisa mulai dengan menyediakan fasilitas pendukung. Seperti ruang bersantai, ruang olahraga, ruang bermain, ruang khusus ibu menyusui, dan hal lainnya. Anda bisa menyelesaikannya dengan kebijakan perusahaan.

3. Berikan Kesempatan Karyawan untuk Berkembang

Salah satu kunci sukses membangun kultur perusahaan yang baik adalah dengan memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkembang. Anda bisa memulai dengan memberikan pelatihan pengembangan skill dan lainnya.

Tanamkan di perusahaan Anda bahwa setiap karyawan memiliki hak untuk mengembangkan karirnya dan tumbuh bersama untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini juga tentunya akan membawa dampak positif bagi perusahaan, bukan?

4. Kultur Perusahaan yang Inovatif

Inovasi merupakan bagian dari kunci sukses sebuah perusahaan. Saat ini banyak perusahaan yang masih terus bertahan dan berkembang karena terus berinovasi. Maka dari itu, cara membangun kultur perusahaan yang baik adalah dengan menciptakan budaya yang inovatif.

Anda bisa mulai dengan membangun lingkungan kerja yang nyaman sehingga karyawan bisa menciptakan dan menghasilkan ide dan gagasan baru untuk inovasi. Sebisa mungkin buatlah karyawan senyaman mungkin saat berada di kantor atau perusahaan.

5. Fleksibilitas

Salah satu cara membangun kultur perusahaan yang baik adalah fleksibilitas. Artinya Anda bisa mulai meninggalkan aturan kuno seperti cara berpakaian, peraturan jam kerja, tempat kerja, dan hal lainnya.

Kultur perusahaan dan berbagai aspeknya yang fleksibel bisa memberikan kebebasan kepada karyawan untuk bekerja sesuka hati mereka. Namun, perlu Anda ingat dan perhatikan, jika Anda sudah bisa mengelola karyawan secara efisien maka Anda bisa memberlakukan fleksibilitas jam dan tempat kerja.

Sebab, fleksibilitas jam dan tempat kerja artinya setiap kebijakan yang berlaku bisa dikontrol, diawasi, dan direkap dengan baik. Meskipun saat ini sedang tren remote working dan work from anywhere.

6. Tentukan Standar Sikap yang Harus Dilakukan

Setiap perusahaan pasti memiliki visi dan misinya. Tugas Anda adalah memberitahukan kedua hal tersebut kepada seluruh karyawannya. Setelah itu, barulah Anda menentukan standar sikap yang harus dilakukan untuk membangun kultur perusahaan.

Kultur perusahaan dan berbagai aspeknya haruslah sesuai dengan visi misi perusahaan. Misalkan, jika perusahaan Anda bergerak di bidang jasa pelayanan, maka Anda bisa membangun kultur perusahaan dengan memberikan pelayanan terbaik, ramah, dan tercepat untuk pelanggan.

7. Pemimpin Adalah Contoh

Tugas seorang pemimpin tidak hanya sebatas memimpin perusahaan saja. Tetapi mereka juga berperan sebagai suri tauladan atau contoh bagi seluruh bawahannya. Maka dari itu, untuk memvangun kultur perusahaan yang baIk, jadikanlah pemimpin sebagai contoh.

Misalnya, kultur perusahaan yang ingin dibangun adalah ramah dan bersahabat. Maka sebagai seorang pemimpin, Anda harus bisa mencontohkan hal tersebut kepada karyawan. Nantinya, karyawan yang melihat akan mencontoh apa yang dicontohkan oleh pemimpinnya.

Demikianlah penjelasan terkait cara dan pentingnya membangun kultur perusahaan yang baik. Perlu diingat kembali bahwa, kultur perusahaan dan berbagai aspeknya merupakan kunci penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan.

Setelah Anda bisa membangun kultur perusahaan yang baik, maka reputasi perusahaan tentu akan bertambah di mata pencari kerja. Hal ini tentu memudahkan Anda dalam proses rekrutmen. Terlebih jika Anda memasang lowongan kerja di platform KitaLulus.

Saat ini, KitaLulus sudah beroperasi di Jabodetabek, Bandung, Makassar, Surabaya, Medan, Semarang, dan Gowa. Daftarkan diri Anda sebagai rekruter di KitaLulus sekarang juga dan dapatkan talenta terbaik dengan #LebihMudah!

cari karyawan
Ikuti BangLulus di sosial media
KitaLulus on Facebook
instagram kitalulus
Tiktok
chat whatsapp hrd